Selasa, 17 Februari 2015

Belajar Masak

Sore Blogger !!!! (sok-sok nyapa padahal ada yang baca juga kagak) # tetep pede.

Baru sempet nge-post lagi nih. Maklum orang sibuk *bohong. Nah, di sore-sore yang mellow kayak begini, mendingan kita orang kasi postingan yang berbau-bau tentang makanan. Secara kehidupan pengantin baru kayak kita dituntut untuk sigap masalah beginian. Apalagi klo bukan masak-memasak. Pekerjaan yang satu ini nyatanya cukup menguras tenaga ketimbang saat aku kerja di kantor. Mulai dari mikirin besok mau masak apa, beli bahan-bahannya dimana--yang seringnya cuma sempet kebeli di supermarket deket stasiun karena pulangnya selalu kemaleman dan ga sempet ke pasar becek, taraf eksekusi, sampe siapin mental buat dikomen ama 'Anton Egoku tersayang'--> suami.

Sempet bingung sih. Habisnya waktu kecil ga pernah disuruh masak yang bener-bener TOTALLY dari awal sampe akhir. Paling banter cuma disuruh potong-potong ato goreng-goreng doang. Jadinya agak keder deh begitu terjun langsung ke dunia 'nyata'. Tapi ya syudahlah. Namanya juga kehidupan. Yang kata Om Mario Teguh : "Hidup ini sengaja dibuat tidak mudah, untuk memisahkan orang yang mau berupaya, dari orang yang hanya suka mengeluh."

Jyaaaahh baiklah, mumpung lagi insap dan cepet bangkit dari rasa malas keterpurukan, akhirnya aku sering tanya-tanya ke ibu dulu sebelum mengeksekusi bahan. Biasanya yang aku tanyain sih bumbu intinya. Karena percuma kalo tampilannya asyik, tapi rasanya amburadul #ini pengalaman yang berulang kali terjadi sih...hahahhahaha.... Jadi tiap kali ada ide mau masak apa, langsung malemnya telpon ato sms ibu. Klo lagi ga bisa telponan ya searching google--->meski aku lebih percaya apa yang dikatakan ibuku soal bumbu-bumbuan, ketimbang hasil searchingan yang kadang-kadang menipu.

Nah, Kamis minggu lalu, aku terpaksa izin ga masuk kantor. Biasa tamu bulanan datang tanpa permisi *Sebenernya ga pengen dia datang-- untuk sementara ini--klo bisa.... tapi apa daya, ternyata rezeki itu belum datang.  *pahit.

Di hari pertama itu kondisi badanku cukup ngedrop. Bener-bener lemes. Ga bisa ngapa-ngapain selain tidur. Jadi pas pagi-pagi mau mastiin telat pa gak, karena ragu malemnya uda ada flek walo dikit, eh pas dicek...ternyata uda deres aja itu tamu #berderai air mata....

Hmmm daripada bergalau-galau ria, mending melakukan sesuatu yang bermanfaat. Mungkin karena uda terlanjur bangun pagi, niatku untuk membuatkan sarapan tamas langsung muncul. Ga pake lama, aku langsung cabcus ke dapur, ngecek kulkas, ada stok sayur apa aja yang bisa diolah. Ternyata cuma ada katuk, lembayung, bayam, dan wortel. Ya udah deh, gue masak bobor ajah. Huft...moga-moga di tengah melilitnya rasa perut ini, proses masak-memasak berjalan lancar. Amiiinnn #eh apa sih?

Gimana prosesnya? Gampang kok. Pertama aku bikin bumbunya yaitu : bawang merah (kayaknya 2 biji), kemiri (3 butir), ketumbar (dikira-kira aja), garem yang ditumbuk dalam satu waktu. Habis itu petik-petik lembayung, bayam, juga katuknya. Trus wortelnya jangan lupa dipotong-potong. Masak air yang uda dituangin santen (jadi santennya ga terlalu kental). Terus masukkan potongan daun-daunan tadi juga wortelnya. Kasi bumbu yaitu perpaduan antara garem dan gula pasir. Pokoknya nyampe kerasa gurih deh di lidah. Lalu masak hingga matang. Klo lauknya, karena uda dalam keadaan darurat militer, jadi goreng yang praktis-praktis aja yaitu ebi furai. Ga lupa pula ku ngegoreng kerupuk sebagai pelengkapnya. Hehehehe...langsung deh, males cerita panjang-panjang keburu pengen up load fotonya.

Sayur Bobor Bikinanku
Krupuk Finna

Terus komennya gimana?
Nyesek sih pas pagi-paginya ga dimakan gara-gara dia bangunnya kesiangan. Tapi pas jam istirahat kantor, tiba-tiba dia pulang dan mau makan masakanku yang seadanya ini. Pas diambilin, ternyata katanya enak dan habis banyak..........huhuhuu....rasanya terharu.........

Nah, kalo yang di atas masakan yang uda umum di masyarakat, kali ini aku mau bikin masakan resep sendiri alias awur-awuran karena uda mentok. Jadi Hari Sabtunya, aku uda stand bye di dapur nih. Lagi-lagi stok sayur abis. Bukan abis sih, cuma ga ada sayur utamanya. Adanya cuma pelengkap kayak wortel ama kobis. Masak apaan pake kubis. Emang kita kelinci? Hahahahhaa...

Nah, karena di frezeer masi ada sosis. Ya uda deh, dieksekusi aja. Jadinya kita bikin tumis campur-campur pemirsa. Bumbu? Standar aja, kayak bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit diiris tipis. Terus potong sayur-sayuran yang ada. Jangan lupa sosisnya juga. Bicara tentang sosis sebenernya tamas ga doyan sosis. Hmmm suka muncul perdebatan aja sih, jangan bikin sayuran yang ada sosisnya. Rasanya kecut tauk? Hohoooo...tapi berhubung bahan baku lagi pada cupet, akhirnya pake sosis juga. Biarlah aku yang makan, klo mas ga mau. hahahahhaa...

Habis itu ya dimasak standar. Cemplung-cemplungin wajan. Osek-osek sampe harum. Sajikan. Jangan lupa goreng juga lauknya, yang lagi-lagi kali ini harus pake nugget. Maklum lah...namanya juga baru belajar masak. Ya gaa?? Hahahhaha. Pas dicobain, katanya sih enak. Habis satu piring, minta diambilin lagi dengan syarat sosisnya tetep dedek yang makan. Oke baiklaaahhhhh...

Siapkan bumbu dasar

Potong-potong bahan utamanya
Cantik kan warnanya
Jempol gue nampang hahaha
Hampir jadi
Siap saji
Lauknya
tu rice cooker di blakang tinggal diciduk hehe

10 komentar:

  1. kunjungan balik..
    sy rasa tiap wanita mesti tahu memasak atau minimal bisa meracik kopi buat kekasihnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi kunjungannya.. hihihi, iyup bener bgt, lg tahap belajar ni

      Hapus
  2. Penampilan oseng sosisnya cantik pisan, jadi pengen tau rasanya jadinya pengen nyoba sik ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi fieni uda mampir... itu karena ga ada stok bahan...jd ala kadar hehehehh

      Hapus
  3. Baca posting-an ini jadi pengin cari calon istri yang bisa masak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi y uda mampir kmari, ahahaaa.. ayo buruan cari hehe

      Hapus
  4. Thats every wife should do, apapun yang ada di kulkas, mari memasak untuk orang-orang terkasih

    Go go go, mari rajin memasak :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.... punya juga hari masak nasional yaitu sabtu n Minggu... hihihii

      Hapus
  5. saya juga suka mba masak bobor...biasanya daun singkong atau bayam yang dibobor....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya samaan mb nia, klo daun singkong aku belum ahli ni, masi suka keras pas abis direbusnya

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...