Jumat, 06 Februari 2015

Selamat Ulang Tahun Gustitiara An Nisaa



Artikel ditulis oleh Gustyanita Pratiwi pemilik blog Gembulnita

Waktu kelas 4 SD, ibu memberiku adik yang sangat lucu. Namanya Gustitiara An Nissaa. Sesuai pedoman penamaan anak dalam keluarga kami, diapun musti menyandang predikat Gusti di kata depan namanya. Hal ini juga berlaku pada namaku maupun nama kakakku. Mungkin itu jadi paten atau identitas dari anak-anak orangtuaku. Padahal dulu aku tahu kalo dia sempat akan dinamai Tri Nur An nissa pas selamatan kelahirannya. Untung ga jadi ya...kalo jadi, bisa-bisa kita ga jadi Trio Gusti deh..Hahhahaha...

Nah, usiaku dengannya memang terpaut cukup jauh. 10 tahun. Pas masih bayi, mukanya mirip semut. Apalagi kalau dia lagi merem. Pasti tambah-tambah deh. Matanya juga paling sipit. Lain dari aku dan kakak yang punya mata belo. Tapi kalo alis sih sama-sama tebel, dan gigi juga berantakan hahahaha.... Kalo bibirnya lain lagi. Waktu balita dia tukang manyun. Nah, kalo lagi manyun, biasanya langsung kuteriakin "Maju-Majuu-Majuuu!!!!",layaknya tukang parkir yang lagi ngarahin truk atret. Udah gitu kakinya juga mirip busek (bahasa Jawanya penghapus) karena telapakannya kayak ga ada jelongannyah. Rata semua Hahahhaha... Makanya aku demen banget nggodain dia....Maafkan sifat usil kakakmu ini yaaaa.

Nah, beranjak besar adikku yang satu ini menampakkan satu per satu keistimewaannya. Waktu TK, dia udah bisa ngaji dengan cepat, baca tulis juga langsung mulus. Nyampe bahasa Inggrispun--yang di daerahku notabene jarang dikuasai anak-anak seumurnya--dilahap juga walau kala itu masih tahap menghapal kosa kata.

Waktu SD, makin kelihatan lagi arah kecerdasannya ke mana. Selain konsisten rangking 1, dia juga sering menang lomba-lomba, entah itu akademik maupun kesenian. Lebih takjub laginya adalah kemampuannya merangkai tulisan Arab dengan sedemikian indahnya. Ini atas ajaran Bapakku sih yang tahu trik menulis indah bagaimana...hihihi. Alhasil seringkali ia memenangi kontes penulisan kaligrafi.

Prestasinyapun ga mandek hingga ia masuk ke bangku SMP. Di tingkat ini, ia mulai dilibatkan dalam lomba-lomba yang cukup serius, macam olimpiade sains,. Bahkan waktu itu dia sampe tembus nasional loh untuk wakil mapel biologi. Padahal waktu itu uda deket UN. Tapi tetep dihajar ama dia. Dan UN pun ga dipandang enteng juga loh herannya. Meski ngaku capek karena sering dikirim lomba, diem-diem dia belajar dengan caranya sendiri yang ga bisa diduga orang hingga membuahkan nilai yang sangat sempurna. Pas UN keluar, tararrarraaaaaa....dari beberapa mapel, matematika dan bahasa inggrisnya aja dapet 10. Cuma bahasa Indo aja si yang katanya susah, tapi nyatanya dapat 9 koma juga. Coba ga seneng darimana kita sebagai saudara hehehhe...

Dari situlah akhirnya adikku bisa tembus SMA yang digadang-gadang sebagai SMA favorit di daerahku, SMA N 1 Purworejo. Ga tanggung-tanggung, kelas akselerasi juga diraih olehnya. Pas kemaren uts dan uas, lagi-lagi dia dapet peringkat 1. Jadi ga jenius darimana coba. Hahhaha---keseret bangga kakaknyah...

Nah, tepat tanggal 6 Februari 2015 ini, dia menginjak usia yang ke 16 tahun. Belum sweet seventeen nehhh. Jadi aku anggep masih kecil juga lohh Hahahha. Bahkan kalo aku pulang, aku ngerasa kalau dia masih kayak anak SD. Mungkin karena dia masih kekanak-kanakan. Jarang dandan. Pake bedak aja kudu disuruh. Tapi pesti ga mau. Kalau ke sekolah ga pernah mau telat. Ga pernah mau melanggar barang sekecil apapun karena takut dapet point. Bahkan disuruh bawa hape aja ga mau, padahal kadang penting juga kalo bapak mau jemput..... Suka nongkrong di atas (karena kamar kami--sebelum aku merried-- bentuknya tingkat, aku di bawah, dia di atas). Nah sarangnya itu ampun-ampunan. Banyak banget barangnya. Mulai dari komik, buku pelajaran, novel-novel, dll. Pokokknya mah istilahnya ruang pribadinya. Kalo diobrak-abrik, bisa keluar sungutnya dia hahahha...Tapi karena sekolahnya sekarang agak jauh, dia kudu ngekos. Moga-moga ini bisa melatih dia hidup mandiri karena sebentar lagi masuk perguruan tinggi ya...

coba tebak adekku yg mana?

Nah.... dari tadi ngoceh mulu, tapi belum ngucapin selamat ama yang punya hajat. "Jadi selamat ulang tahun adikku yang paling keyelan. Mudah-mudahan diberi umur panjang, kesehatan, rezeki yang halal, manut sama orang tua, ga cepet nesuan, tambah pinter, tambah banyak teman, dan baik dalam segala hal".


P.S. Boleh jadi Ai Haibara Wanna Be. Tapi tiru sifatnya yang baik-baik aja yah...

--salam kangen--
dari Kakak yang selalu bawel

4 komentar:

  1. hemmm kren juga tuh ceritanya

    beritipssehat.com
    solehudincc.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Woooo ternyata kakanya gustitiara :3
    Gue mah kenal. Adek kelas gue smp. Tahik kan errr :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ヾ(  ̄▽)ゞ (((´^ω^`))) J( ‘ー`)し

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...