Minggu, 29 Maret 2015

Cuma Begitu Doang


Hari ini, detik ini juga, saia sukses bikin nasi kuning. YEAAHH !!! YEAH !!! YEAH !!! (tereak lagu Chris Brown). Ini pencapaian yang cukup menggembirakan bagi anak yang tukang gagal masak kayak saia. 
Pasalnya dulu pernah bikin nasi kuning dan gagal jadi bubur. Bisa dibayangkan dong, tentu bentuknya menyedihkan.

Nah, karena masi penasaran, akhirnya saia kumpulin tekad lagi buat bikin. Kali ini ga boleh gagal. Melek pagi-pagi buta, pipis, terus nongkrong di samping rice cooker. Ahelah !!! Nasinya abis. Dan sisa-sisanya masi lengket kayak daki nempel di kulit. Huft. Terpaksa kan musti kosek itu tempat rice cooker buat dicuci dan dimanfaatkan lagi sebagaimana mestinya. 

Kelar nyuci, jalan balik ke kamar.
Kembali molor.
zzzz.

Bangun-bangun, YA ALLOH uda siang. Matahari uda di atas kepala. Dan dapur belum mengepul. Ya udah, langsung bersih-bersih, mandi bebek, dan kembali beraksi. 
Oke fix. Kali ini gue mau masak nasie kuning. Uda lama ga uji coba lagi nih. Mumpung hari minggu kan? Kalopun gagal masi ada waktu buat bikin nasi putih.

Resep nasi kuning simpelku :
Bumbu yang dihaluskan :
bawang merah, bawang putih, miri, garem.

Cara masak :
Setelah beras dicuci, ambil santen encer dan bumbu tadi, aduk-aduk. Terus kasi aer lagi ampe sukuran ibu jari dalemnya. Karena ga ada salam atopun sereh, yodah gapapa lah. Habis itu masukin ke rice cooker. Tunggu sampe tombolnya nyeklek lagi dan mateng.

Bis dikukus nih...

dikasi topping dadakan en ngebut...

(Ditulis oleh Gustyanita Pratiwi pemilik Gembulnita)
Eiitt jangan seneng dulu. Nasinya kan masi lembek tuh. Biar mateng dan jadi nasi kuning yang sesungguhnya, baiklah saia kukus dalam subluk (apa ya bahasa Indonesianya..mmm mungkin dandang). Tunggu mpe kukusan tersebut mengepul  dan matang.

Uda gitu doang. Simpel kan??

Setelah dicobain. Rasanyaaa.....HAMBAR.Mmmm..baiklah besok akan terus berusaha bikin nyampe gurihh !!! SMANGADDH!!

Penutup : starfruit

70 komentar:

  1. Waaaaa.. Aku kangen nasi jkuning yang di Jogja, Mbak Niiiit.. :( Mau bikin sendiri malah males.. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi kuning jogja dimana beb lokasinya? wajib disamper tu klo enak

      Hapus
    2. kalau males bikinnya, mau devy bikinin gak mbak beby.?

      Hapus
    3. Di mana aja ada kok, Mbak.. Cumak favorit ku yang di Kaliurang, sebelum UII.. :D

      Mau, Mbak Dev.. Hihihi :P

      Hapus
    4. Terutama yang gutihnya berasa yaa, pasti endess

      Hapus
  2. Bakalan lebih bagus kalau nasi kuningnya di masak dulu di panci atau kuali (yang ini lebih bebas ngaduknya biar santannya gak mengental dan jadi bubur). Masaknya ampe setengah matang atau hampir matang. Baru deh di kukus di dandan. Di jamin hasilnya lebih enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini teknik baru nih, makasi ya, besok2 dicobainn :d

      Hapus
  3. wah lagi eksperimen mba :)
    ntar klo sudah dapet rasa yang sempurna, mau dong..

    BalasHapus
  4. hambar?
    wkwkwkwkwkwkw

    kirain rasanya legit gimana gitu :)

    itu belimbing buat menguningkan nasi (bukannya pake kunyit?)
    atau dessert?

    BalasHapus
  5. gampang banget tuh, tapi prakteknya saya gak bisa :)

    BalasHapus
  6. yaiyalah pake rice cooker, coba pake panci -___-a
    coba diliat dulu resepnya... wah kalo ada waktu atau tidak lupa, ntar tak bikinin tutorial nasi kuning via rice cooker ala anak kosan

    BalasHapus
  7. mantep.. kapan2 bikinin buat aku ya mbak.. hahaha

    BalasHapus
  8. Apaan pake rice cooker, langsung dari pancinya dong. Telur dadar suwirnya mana? Nggak lengkap nih..... *anarkis*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ketutupan kacang tanah..
      wkkkk, pancinya males Kena lengketan

      Hapus
  9. perna gagal dan jadi bubur... bentuknya menyedihkan....
    boleh minta resep yang gagal non.

    BalasHapus
  10. itu sih masih lumrah mbak, masak nasi kuning jadi bubur, kalau saya masak air malah kering mbak, bukannya mendidih itu air yang dimasak, pas dilihat kok malah kering, ehh...taunya kelamaan matikan kompor. hehe..!!

    tapi hebat donk, bisa masak,apalagi kalau kaum wanita, kudu wajib bisa masak, kalau soal rasa nomor sekian, yang penting bisa masak saja dulu, udah gitu doang

    BalasHapus
  11. enak sekali gambarnya, jadi pengen, hihi...

    BalasHapus
  12. .ini mah kesukaan saya. :D
    .Tapi tidak sama ikan asinnya ya. ga doyan. :v
    .Tapi kalau sambal terinya bolehlah di adu. hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aturan ada ikan peda ya, tambah maknyus

      Hapus
  13. Udah gitu doang? cuma cerita cara masaknya aja? nggak dibagi-bagiin? *tega

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaa iya ni mas haris, soalnya uda keburu habis

      Hapus
  14. Minggu kemarin dikasih nasi kuning sama tetangga, pakai bumbu instan. Enak sih, tapi aromanya nggak sesedap nasi kuning bikin sendiri. Oh, bukan, bukan aku yang bikin sendiri, tapi ibuku. Aku sih belum bisa bikinnya, hihi. Hebat ih kamu udah bisa bikin sendiri dan tampaknya enak.

    Salam kenal, ya, Nita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga nariswari :))

      Wah pasti uenak yaa...kalok di kampungku, sering juga tuh saling tuker makanan antar tetangga..

      Hapus
  15. Wah masih gagal ya. Hmm hmm belajar lagi ya, Nak. (ngocol padahal sendirinya gak bisa masak). \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaph niih dicoba dan dicoba lagiii kresno

      Hapus
  16. Sepertinya lumayan berat ya. Dulu waktu SMA pernah nginep bersepuluh, laki semua. Paginya ada yang punya ide brilian: bikin nasi goreng. Tapi karena nanaknya kebanyakan air dan tetap dibikin juga, jadinya 'bubur goreng'. Rasanya? kayak makan air. Sejak itu kalau kumpul maunya tunggu jadi aja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woww,..bubur goreng, itu terdengar lebih menyedihkan :p

      Hapus
  17. Asik ya nyoba2 resep baru mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ceritanya lagi mengasah skill ni fasya :d

      Hapus
  18. wah.... cocok ini buat mahasiswa kayak gue yang sukanya simple simple hehehe
    jadi cuma gitu doang ya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya ni mas ade, baru segitu doang kemampuan masaknyaa

      Hapus
  19. Hmmm nasi kuning enak buat sarapan nihh :D

    BalasHapus
  20. bagi dong seporsi aja buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. telatt ni mangs adul, uda abis, semalem sepanci kuabisin hahhhaag

      Hapus
  21. itu beneran rasanya hambar mbak?? hehe yaudah gapapa yang penting udah bisa masak urusan rasa mah belakangan.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener devina, hambar...tapi kan yang penting ada rasa cintanya dalam nasi itu, eaaaa

      Hapus
  22. Biasanya Ibu kalau bin nasi kuning, santan yang dipakai yang kani-nya kak. Aku ra ruh bahasa indonesia e apa. Pokoknya santan kental itu. Ntar hasilnya guriiih ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh itu typo, bikin bukan bin.

      Hapus
    2. wah wong jowo juga tah putri??? hihihi kani itu apa put?

      Hapus
  23. Teirma kasih sudah mampir ke blogky ya. AAku belum kesampaian nih bikin nasi kuning

    BalasHapus
  24. Itu kuningnya pake apaan, kok gak disebutin? Bisa ya ternyata bikin nasi kuning di rice cooker. Kalo buat nasgor pake rice cooker bisa kaga ya? *digetok pake entong

    BalasHapus
  25. Udah lama ga bikin nasi kuning nih. saya jg biasamya masak di rice cooker tp ngga dikukus lagi..hihi pemalas..enaaak bgt ya keliatannya apalagi kalo dimaakin...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehati kita mb.,,hidupp rice cooker hihihi

      Hapus
  26. Selamat ya Mbak! Aku sampe sekarang soalnya belom berani belajar maaak nasi kuning :

    BalasHapus
  27. wah aku mauuu, aku juga ada rencana masak, bikin nasi kuning dulu aja kali ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain aja mel, lumayan gampang kok :)

      Hapus
  28. mantab tuh naskun-nya :-D
    bai de wei, kalo di tempat tinggalku saat ini, Gorontalo, nasi kuning biasa disajikan dan dijual setiap hari
    di sini temen-temen biasa kasih nama Nasi KUDA alias Nasi KUning (bungkus) DAun :-D

    BalasHapus
  29. Saya kagum sama cewek yang pinter masak apalagi kalau udah cantik+pintar masak kayak mba yang satu ini :)
    Tapi lebih kagum lagi kalo semua followersnya di bagikan nasi kuning meskipun hambar,hehehe

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...