Kamis, 13 Agustus 2015

Kapan PDAM Tangerang Nyala ??


Entah tersugesti oleh berita di TV atau bukan, tiba-tiba saja air di kompleksku tinggal mendadak ngadat. Padahal berdasarkan pengamatanku selama ini, air yang mengalir selalu lancar. Bete? Sudah pasti. Aktivitas sesimpel pipis aja jadi keganggu. Apalagi mau ngerjain yang lebih berat kayak nyuci, masak, ngepel, dll ??  APALAGI KALAU MAU PUP ??? Bingung kan???

Ember kosong melompong


Ada apa nih sama PDAM? Perasaan udah dibayar saban bulan?
Sudah 4 hari ini loh?? Apa Bumi Tangerang ikutan kekeringan seperti kota-kota lain yang ada di TV? Sebenarnya air tu ada. Tapi adanya di dalam tanah. Sementara di lingkungan kami tidak ada yang punya sumur (ngenes).

Selidik punya selidik ternyata ada berita kayak gini nih...juga gini, terus gini.

Sedetik kemudian bengong. Kayak bebek potong mau dirica-rica. ((Mang bebek potong masi bisa bengong??? Dudul juga guweh))

Jadi abis baca itu berita, ekspresinya jadi kayak gini :

Apaaaaahhhhh ??? Sungai Cisadane keriiing??? JENG-JENG-JEEEENG (backsound ala sinetron-sinetron yang menampilkan muka pemain antagonisnya pun diputer).

Hampir. Hampir kering. Belum nyampe sat kok (sat itu bahasa jawa dari habis tak bersisa).

Kalau sudah kepalang basah kehabisan, ya mau ga mau harus nyetok begitu kerannya nyala. Nah, masalahnya nyalanya itu jam 2-3 malam. Otomatis kami harus gotong-royong menampung ember demi ember air untuk antisipasi keesokan harinya. Kami harus rela jadi burung hantu sementara demi kelancaran acara yang melibatkan penggunaan air. 

Itu masih mending. Hari ke-2 sampai dengan tadi malam, sama sekali tak ada air yang menetes. Arrrrrrrghhh...harusnya kami punya sumur nih. Tapi kalaupun punya, juga mau ditaruh di mana itu sumur, ho ho ho... (pucing pala balbie..). Soalnya kan halaman depan sudah dikeramik semua. Terus belakang juga ga ada lahan. Karena dempetan sama ruko. 

Jadi kapan nih PDAM Tangerang nyala?

Kapan? (masih rada sabar)

Kapan ?? (uda mulai baper)

Kapan ??? (uda mulai KZL)

Kapaaaaan ???? (udah hampir hilang akal)

Searching di internet, nemunya jawaban kayak gini...

Sumber : http://www.pdamtkr.co.id/v4/
Baiklah saya coba !!!!

Hmmm....sayangnya pas ditungguin pada jam-jam segitu ((yaitu KEMAREN)) tetep aja ga nyala juga. Keran yang biasanya bunyi 'grojok-grojok' mendadak bungkam. Membisu, membatu. Memilih mundur satu-satu. Dan ia malah memilih untuk istirahat sejenak dari aktivitas biasanya dalam membantu manusia. Ahhhhh malah berpuisi gini. 

Kenapa ya? #korek-korek tanah siapa tau nemu jawaban. Padahal biasanya daerah ini banjir bandang loh. La kenapa sekarang kekeringan? Banyak juga ya ujiannya. Maklum aku kan pendatang baru, yang tadinya hidup di tempat air yang berlimpah (baca : kampung), jadi begitu bermukim di tempat yang hanya mengandalkan PDAM sebagai sumber penghidupan, rasanya kaget. 

Baiklah, kalau sudah begini, apa coba yang musti diperbuat. Doa. Minta sama Alloh supaya diturunkan hujan, dilancarkan kerja pemerintah Tangerang dan jajarannya yang tengah bekerja keras melakukan perbaikan bendungan. Serta tak ketinggalan, disabarkan para warganya dalam menghadapi ujian. AZEEGH...


Saya jadi cuti mandi huft
Aku jadi inget mata pelajaran yang membahas tentang kelangkaan. Apabila sudah terjadi yang dinamakan kelangkaan, itu artinya benda tersebut bisa dianggap sebagai barang mewah. Pun demikian dengan air. Padahal kan selama ini air selalu dipandang remeh. Nah, pada saat kekurangan inilah orang bakal berduyun-duyun membawa jinjingan jerigen atau tempat penampungan lainnya untuk mencari keberadaan air bersih. Ah, kalau sudah begitu mari kita jaga SDA yang ada di sekitar kita ini. Kalau lagi melimpah, sebaiknya jangan boros-boros ya makenya.





52 komentar:

  1. Hahaha, masalah air, ya? Waktu aku liat berita, katanya mau ada hujan buatan gitu deh... di daerah Jabodetabek. Udah belum, itu?
    Di daerahku sih Alhamdulillah, belum krisis air... Emang ya, air itu walau dimana-mana, tapi kalo udah rada susah dicari, susah ketemu. Harus nimba dulu lah. Banyak do'a aja biar diturunkan hujan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa iya ni riska, aku pucing banged memikirkannya
      air oh air, sekarang dia jadi barang mewah

      Hapus
  2. loh...tinggal di Tangerang sekarang? ke Surabaya kapan??aku baru tau kalo ada di Tangerang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um mb dwi...hihihi
      ahhh kapan ya bisa nyangkut ke suroboyo...pingin jew

      Hapus
  3. Ditempat saya sekarang juga udah mulai kekurangan air bersih. Dari beberapa media malah udah himbau untuk menggunakan air dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas arif, kudu dihemat hemat ntar ah

      Hapus
  4. Resiko kalo air dari PDAM gini yah mba :D
    untung di rumah saya masih dari sumur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoih mas chis...saya jd bingung ini hahaha

      Hapus
    2. pake air Galon aja mba :D
      yang isi ulang'a jangan yang asli :D

      Hapus
    3. Alhamdulilah dah nyala kemarin malam
      #langsung nampung berember-ember

      Hapus
  5. Di Bekasi juga sudah mulai sering ngadat dan sesekali airnya keruh. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm klo tempatku lumayan bening biasanya mb wiwiek, nah tapi 4 hari ini bener2 mogok aernyah huhu

      Hapus
  6. tempatku malah airnya mengandung minyak. yes raja minyak. haha

    *gawe pompa bor ae, gak makan tempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pompa bor??? Bole juga idene
      Kok ono minyake???
      Trus nggo masak ra?

      Hapus
  7. Iya nih lagi banyak kekeringan. Komplek sebelah juga ngadat airnya. Pada nggak mandi. Kesian :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ni musti tahan2 ga mandi hahaaa

      Hapus
    2. Semoga cepet ngalir lagi, deh. Kasian amat bidadari ga mandi.

      Hapus
  8. Bener.. orang2 tuh sering lupa atau gak peduli kalo air lancar jaya mengalir. Saking gak pedulinya dibiarin aja gitu mengalir tanpa guna. Duh mudah2 cepat mengalir lagi yaaa airnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilaah mb Vita, aer tadi malam dah nyala...Hiks...bahagia sujud syukur #padahal cuma denger bunyi grujug grujug

      Hapus
  9. cuti mandi hahaaa,, pake parfum yg banyak..
    aku di sini pake sumur tp alhamdulilah arinya bersih dan gak bau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semprotin Dolce Gabbana banyak banyak... #inicumamimpi

      Hapus
  10. sabarnya jangan cuman 3x mbak kalau bisa 10x nanti lama2 air PDAM nya bakal ngalir juga.
    kalau nggak besok ya besoknya lagi :D

    BalasHapus
  11. duh sedih daerah Tangerang sulit air. Aku baru nonton beritanya tadi pagi. Berarti ini cobaan mba. Soalnya kita sering menghambur-hamburkan air.

    Smoga cepat lancar lg airnya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Airnya sudah ngucur Rul
      #buru buru cuci piring kotor dan tampungin ember

      Hapus
  12. Sama, Mba.

    Jakarta juga sering begitu.

    Di rumah Mama Mertuaku air cuma nyala jam 11 siang jam tiga sore udah susah lagi. Tentang malam baru ada.

    Sedia bak penampungan jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwaaa samaan ya Mba Citra,

      Moga krisis air bersih segera berakhir..
      dilimpahkan air dari langit, amiien

      Hapus
  13. Wah, setuju sama closing statementnya. Ngingatin pelajaran ekonomi aja haha.

    Pokoknya bersyukur aja deh dengan apa yang kita anggap remeh. Soalnya, kalau itu sudah mulai langka, kita sendiri yg malah kesusahan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya ni Peter
      habis aku lulusan Ekonomi pembangunan, jadi bawa-bawa almamater gini

      Hapus
  14. mudah-mudahan PDAMnya cepat kembali menyala ya

    BalasHapus
  15. Gimana teh Nita? Sudah nyala belum? Kalau belom sini sini ke jogja aja, mau mandi sepuasnya juga masih melimpah ka Nita :D... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaaay sudah nyala ni kemarin, alhamdulilah sesuatyu :)
      #gaya Syahrini

      Hapus
  16. Dulu pernah gini nih, tapi karna mesin pompanya rusak. jadinya kalau mau pup pakai air galon -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hua hua iya yak, segitu ngenesnya kalo PDAM mokad...untung aja kemarin dah nyala, alhamdulilah

      Hapus
  17. Semakin langka maka semakin berharga, ini masih air. Bagaimana kalau oksigen ikut"an langka yah -_-

    Memang bener kadang kalau terlalu banyak malah dianggap sepele dan malah kurang disyukuri. Semoga air PDAM Tangeran lekas mengalir.. hehe jd inget skripsi ku, ambil kasus jaringan pipa PDAM :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh syerem juga klo sampe oksigen bakal jadi barang rebutan
      #langsung kelintas ide bikin film ilmiah

      wahh skripsinya mantabb sekali Citra, pesti dapat A ya?

      Hapus
  18. Waduh serem juga ya CIsadane kering mah. Semoga cepet tuurn hujan ya dan PDAMnya bisa nyala yaa. \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana dengan Tangsel? Aman-aman aja ga?

      Hapus
  19. untung di rumah gue gak macet, ya sepertinya pdam sama sumur dua duanya penting, di rumah gue ada dua duanya

    BalasHapus
  20. Kalo udah urusan air. Udah deh berabe yah... air benar2 sumber kehidupan banget. Penting bangettt. Semoga cisadane baik-baik saja.

    BalasHapus
  21. widiih ngeri ya mbak. Kalo air sampe gak ada, semua kegiatan dirumah bener2 harus berhenti mbak. Mau apa-apa juga gak bsa ya :(
    Di daerah saya juga prnh gitu mba, bahkan sampe seminggu lamanya. Huhuu :(

    kasian mbak nita, harus bangun tengah malam untuk nampungin air.
    Semangat mbaaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwaaaa ini lebih parah lan, setelah 4 hari mokad, 2 hari nyala, sekarang mokad lagi airnyaah coba bayangkah...muahahahhaha

      Hapus
    2. wadduuh mbak.. Pasti paya itu ya buat ngapa-ngapain. huhuu

      mbak nita kesini aja deh, pindah rumah deket saya.
      Heheee :D

      Hapus
  22. Foto makanannya ditambah Gust...
    In fact, more interesting in food. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehhh ada pak ketuuu, asyyyiaaapp segera diposting kulinerane yaa

      Hapus
  23. Foto makanannya ditambah Gust...
    In fact, more interesting in food. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kolom wisata kuliner lebih lengkapee

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...