Sabtu, 08 Agustus 2015

Manfaat Apel

Empat butir apel sisa tamu besuk kemarin masih tersimpan dalam kulkas. Sambil menunggu gigitan, tiba-tiba saja ada ide yang melintas lewat kepala. Gimana kalau dibikin suatu ulasan. Kabarnya apel ini kan banyak manfaatnya ??? Siapa tahu bisa menggenjot statistik search engine dengan pencarian kata 'apel'.

Apel. Kata ini bukan menjorok pada makna yang sering digunakan muda-mudi saat mau nyamperin pacar, melainkan dalam arti sebenarnya yakni buah berwarna merah yang moncer berkat dongeng Putri Salju yang kena racun akibat jampi-jampi sang nenek sihir berhidung bengkok. Tapi aku bukannya mau mendongeng sih sekarang, hehehhe..

Ini putri saljunya


Waktu masih bocah, aku suka berangan yang aneh-aneh. Saking katrok dan udiknya, jujur, dulu aku pikir apel ini adanya cuma di kota. Kota Jakarta lebih tepatnya. Lalu, yang namanya makan apel musti nunggu beberapa tahun sekali. Kadang cuma mengharapkan saat ibu pulang dari diklat di kota karena biasanya beliau membawa oleh-oleh satu kantong kresek besar berisi apel. Apel hijau sih kebanyakan. Kalau apel merah biasanya sudah tergolong 'wah'. Dan itu jarang-jarang terjadi. Makanya, pas lihat ada poster pohon apel yang digantungi tangkai-tangkai yang telah memerah, ga ragu lagi aku sobek-sobek aja poster tersebut. Tujuannya satu, kupikir dengan disobek, apel yang ada dalam poster bisa keluar sendiri, hahahha....

Aduh, udah ah becandanya. Kali ini mau nulis yang seriyus.

Mmmm...menilik dari kandungannya, apel ini ternyata buanyaaak banget manfaatnya. Tapi aku mau jabarin dari segi masalah yang aku hadapi aja ya.  

Pertama, pas hamil kemarin, aku banyak baca tentang macam-macam nutrisi pada makanan. Dan ternyata yang kudu diperhatikan dengan sangat adalah kecukupan asam folat. Selain mengkonsumsi vitamin dari dokter, asam folat juga bisa didapat dari buah-buahan. Salah satunya ya apel ini. Nah, berhubung kehamilan kemarin berakhir dengan kuretase, maka untuk menyiapkan kehamilan berikutnya aku harus tetap menjaga pola makan sehat. Ngemil apel ini bisa banget dilakuin ketimbang ngemil Ciki, iya ga?


Apel merah dan apel mandarin. Enakan mana hayo??

Kedua, apel bisa jadi pasta gigi alami buat mulut. Kalo kamu males sikat gigi, gih kunyah apel sering-sering. Soalnya kasiatnya lumayan tokcer juga bray... Habis ngunyah apel, rasanya jadi fresh dan kesat. Cobain aja !!

Ketiga, bisa menangkal sembelit ato susah boker. Soalnya kan dia kaya akan serat. Terus banyak airnya lagi. Jadi kalau ada masalah dengan perut, bisa deh dicoba banyak-banyak makan apel.

Keempat, bisa buat diet. Siapa di sini yang punya bobot gembul? "Aku !!! Akuu !!!" ((( ngacung sendiri ))). Karena eh karena, dia ini ternyata bersifat sebagai penambah energi. Lagipula kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi bisa sebagai penambah imun tubuh serta mempercantik kulit.

Sudah ah, Dedek Gembul mau di-apel-in suami dulu. Saatnya berbakti. Hahai...


28 komentar:

  1. manfaat apel memang sangat baik untuk kesehatan yaa mba :)

    BalasHapus
  2. Saya baru tau kalo apel bsa jadi pasta gigi alami mbak. Hehee :)
    Dulu pas kecil saya suka makan apel, tapi sebelum makan apel kulitnya harus dikupas dulu. Agak gimana gitu pas makan kulitnya mba, gak enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru aku lebih suka makan langsung dari kulitnya Lan, soalnya bunyi krauuk krauknya itu yang bikin nagih hahhahah

      Hapus
    2. Hahahaaa kayak makan kerupuk gitu ya mbak?
      tapi pas ditelan rada nyangkut gitu mbak dileher. Gak enak kulitnya hikss

      Hapus
  3. Kasian banget mbak jadi dikuret, semoga selanjutnya bisa tumbuh sehat dan jadi anak yang baik yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya amin, makasih atas doanya yabjovi :)

      Hapus
  4. Wah lumayan tuh abis bangun tidur makan apel, hitung2 pasta giginya bisa dihemat *perhitungan anak koss* :D

    BalasHapus
  5. Makan apel saat pagi hari lebih bagus lagi. Bisa menjadi pengganjal perut dan membuat langsing.

    BalasHapus
  6. Berarti gue nggak boleh makan apel. Itu kan buat diet, ya? Kan gue mau gemuk. :/

    BalasHapus
  7. wah, aku baru tau apel bisa menangkal sembelit... Boleh juga nih dicoba ^_^ Thx for sharing ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um mb ria, di aku lgsung lancar ke belakang sih ^____^

      Hapus
  8. an apple a day keeps the doctor away ^^

    BalasHapus
  9. aku suka apel mbak gembul. tapi yang apelnya digigit di pinggirnya itu. biasanya apelnya warna perak2 alumunium gitu. coba tebak apa? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti makan laptop or mobile phone apple ya kan ? Hahhaha

      Hapus
  10. iya kalau dulu waktu masih kecil, apel itu termasuk buah mahal, jarang banget makan apel, paling banter jeruk, jadi kalo pas beli apel rasanya seneng banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii iya banget mbak don, apalagi aku emang tinggal di dusun waktu kecil, makan apel berasa uda mewah banget, palagi yang apel merah :)

      Hapus
  11. ngemil apel aa, siapa tau bisa hamil. hahahah

    BalasHapus
  12. makan apel satu saja sudah kenyang ya, benar-benar cocok buat yang lagi diet..

    oya, sekalian mau info, aku lagi syukuran blog.. ikut yaa giveaway-nya http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma

    BalasHapus
    Balasan
    1. GA-nya mba Rahma udah aku ikutin mb, Judulnya Yang Test Pact itu sempet positif, di kolom komentar pengumuman GA-nya uda kudaftarin :)

      Hapus
  13. makan apel minimal satu hari sekali bisa digunakan untuk detox loh mbak :D

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...