Sabtu, 22 Agustus 2015

Perawatan Mudah dari Rumah

Setelah bergumul sekian lama dengan debu jalanan paska purna tugas sebagai wartawan, saya kok ngerasa kulit saya jadi jelek banget. Kusem, item, jerawatan, rambut juga lepek karena ketutup kerudung terlalu lama. Ya kurang lebih hampir separoh hari. Pokoknya seribu satu ciri-ciri kulit tidak sehat nemplok semua pada wajah. Selain kerjaannya riweuh, dan jam terbangnya tinggi, kerjaan saya dulu juga sukses membuat saya acuh sama penampilan. Mikirnya kerja, kerja, dan kerja. Perawatan buat apa sih? Dengan gaji yang tak seberapa, mending dialokasikan buat beli gadget. Pikir saya waktu itu.

Ketimun
Namun, setelah ngaso di rumah dan memutuskan resign kemarin, OMG !!!, saya jadi terkaget-kaget sendiri saat ngaca. Ibaratnya kayak ibu tiri dalam dongengnya putri salju yang ga terima karena dibilang jelek sama cerminnya. Bayangkan dong, masa iya, tangan yang dulunya putih mulus jadi kering bersisik *jangan-jangan saya udah menjelma jadi ular* setelah rutin terpapar sinar UV. Tau sendiri kan ganasnya ibukota kayak apa? Mungkin telor bebek yang diceplok di jalanannya langsung bisa mateng dalam sekejap.  

Treatment !!! Yaapp !!! Saya butuh treatment. Utamanya treatment kecantikan. Bukannya apa-apa, saat ngeliat wajah sendiri awut-awutan rasanya udah bete. Apalagi orang lain yang ngliat???? Rasa percaya diri bakal hilang ditelan bumi, akhirnya malah mending mundur teratur dalam lingkup sosial. 

Muka kucelll
Menjadi cantik tidak harus mahal. Saya memilih perawatan mandiri dari rumah. Ada 2 model perawatan yang saya jalani. Pertama, perawatan alami. Ngimpi punya wajah kenyel bin kinyis-kinyis kayak para madam sosialita jadi pemicunya. Semangat banget pengen kayak mereka. Kok bisa umurnya udah kepala berapa, wajah masih pada glowing. Kulit bisa buat plesetan nyamuk. Saya juga mau, heheheh...

Kalau suntik serum Vit C yang populer di kalangan orang berduit mungkin ga bakal kejangkau sampe Lebaran tapir. Jadi saya pilih yang murah meriah sajalah kas kelas rakyat. Yaitu dengan masker buah. Biasanya saya paling emosi kalau sudah liat mata panda. Kalau lucu kayak yang di film Kungfu Panda sih ga papa ya. Ini jadinya swereeemm...Berasa zombie yang dilempar-lempar sayuran dalam games Plant vs Zombie. Pinginnya langsung terbang ke Temanggung buat jalanin Ammara Face Treatmant-nya Ammara Beauty Care. Sayang jauuuhhh...saya sendiri ada di Tangerang.


Mata kembali segar
Saya kemudian memanfaatkan ketimun sebagai peredamnya. Caranya dengan memotong ketimun dengan ketebalan 1 cm lalu dijadikan bantalan pada mata. Apalagi ketimun yang sudah didinginkan. Beuhhh, nyess banget lah pokoknya.

Buah lain yang saya manfaatkan adalah belimbing. Belimbing ini ngefek juga buat ngatasin jerawat-jerawat bandel yang menghias wajah. Caranya yaitu dengan menggosok-gosokkan secara perlahan ke bagian yang berjerawat. Setelah itu diamkan selama semalam dan bersihkan pada saat bangun tidur. Jangan lupa, basuh sebentar wajah yang akan dikasih treatment dengan menggunakan air hangat supaya fresh dan bebas kotoran.

Bukan untuk dimakan !!

Pepaya juga jadi senjata saya dalam hal bereksperimen. Berhubung kulit wajah saya rada sensi kalau dipakein krim aneh-aneh, makanya saya lebih milih pepaya aja yang kandungannya cakep buat kecantikan wajah. Kalau mau lebih nampol lagi bisa ditambahkan madu ke dalam masker yang kita bikin.

Kedua adalah perawatan kosmetik. Kosmetik yang saya maksudkan di sini adalah khusus untuk perawatan tubuh dan rambut. Yaitu lulur bengkoang, Body Butter Bali Ratih rasa cokelat, Matrix Sensoria Care rasa cokelat, Mustika Ratu Facial Wash rasa Pepaya, dan juga sunblok Biore SPF 50.

Saya biasanya luluran dengan rentang waktu 2 minggu sekali. Karena kan regenerasi kulit juga ga berlangsung instan. Kalau ngasih treatment-nya kehebohan, bisa-bisa kulit jadi gradakan. Lulur bengkoang jelas saya pilih karena saya paling cepet kesihir sama iming-iming putih yang tertera dalam kemasannya. Hehehh.... *gitu ya cewek*

Perawatan badan

Nah untuk memaksimalkan efek lembab dari hasil lulur tersebut, biasanya saya kombinasikan dengan pemakaian Body Butter Bali Ratih yang rasa cokelat. Saya suka banget sama aromanya, karena berasa kayak makanan. Makanan kan wangi ya. Jadi kalau tuh kulit dilabur pake Body Butter Bali Ratih rasa cokelat, serasa kayak jadi cokelat beneran deh. 

Untuk masalah rambut yang lepek, sebisa mungkin setelah keramas saya memakai Matrix Sensoria Care. Lumayan waktu itu dapat gratis dari demo produk saat peluncuran pertamanya, hihihi... Soalnya kalau di pasaran agak mahal yah...Cara pakenya yaitu dipijit-pijitkan sampai kulit kepala dan bilas bersih setelahnya. Hasilnya, rambut lembuuuttt banget kayak iklan-iklan shampoo di tv. Tentunya setelah dikeringkan dan disisir rapi ya.

Sabun mandi ?? Sebenarnya saya suka gonta-ganti sabun. Ada varian wangi rasa baru kepincut. Jeleknya gitu. Jadinya kalau lagi kumat coba-cobanya, begitu ada sabun terbaru yang kisaran harganya cukup mahal, saya langsung penasaran. Kali ini saya lagi nyobain Mustika Ratu yang rasa pepaya. So far, di kulit enak dan wanginya kece. Jadi nunggu abis dulu, siapa tahu nanti ada yang lebih cihuy lagi.

Semua perawatan tadi tidak akan berhasil jika pada saat ke luar rumah kulit tidak mendapatkan benteng pertahanan. Sunblock ini cocok-cocokan ya. Sebenernya kalau nemu sunblock yang semakin tinggi SPF-nya, hati saya tambah galau. Saya pikir kalau SPF-nya nyampe 100-an kulit bakal aman-aman aja kebawa matahari. Cuma kok ya rasanya ga enak. Terlalu lengket. Kesannya malah jadi berminyak. Tapi setelah menemukan Biore Aqua Rich kayak ga mau cobain yang lain. Saya dulu nemu ini di Guardian, Gajah Mada Plaza. Tapi beberapa bulan setelah habis, dan balik lagi ke sana saya dah ga nemuin lagi sunblock tersebut. Sempet stop pakai sunblock gara-gara putus asa ga dapat yang Biore. Untungnya kakak ipar pernah dinas ke Jepang. Jadi saya nitip aja sekalian buat stok. Ga taunya di Jepang dijualnya lebih murah. Rp 60 ribuan. La di sini bisa 2 kali lipetnya...

Nah, semua perawatan di rumah di atas homey banget kan. Ga yang mahal-mahal kayak seleb punya hhihihii.

Kalau kalian sendiri perawatan badannya kayak gimana, boleh loh dishare di kotak komen :)

67 komentar:

  1. kalau buahnya itu dimakan perawatan juga kan mbak namanya? perawatan dari dalam..soalnya saya lebih suka makan tu buah daripada melumuri ke badan hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga mb eva...saya juga suka ngemilin buahnya heheh

      Hapus
  2. btw, itu lebaran tapir biasanya jatuh pada tanggal berapa, Mba? :D ;)

    Dan itu perawatannya lengkap bener hehe, saya malah lupaaaaa terus udah 3 bln ga scrub badan, hadeuuuh...:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngggg..Ga bisa diprediksikan
      Hehe niat mb, biar makin disayang yg di rumah

      Hapus
  3. Dulu pernah mau ngedeketin cewe tp muka jerawatan, akhirnya pake masker jeruk nipis tiap hari padahalkan gak boleh yaa buakakaka

    mbak itu yang pepaya digimanain caranya ;;)

    BalasHapus
  4. Kalo saya perawatan wajahnya cukup dengan air wudhu, Mbak. #halah..

    BalasHapus
  5. emang kalau mata lelah di tutupi pake irisan timun itu ngademin banget euy. asal aja, setelah itu irisan timunnya jangan di makan, hahaha. saya dulu rajin luluran pake bengkuang. sekarang jarang. baca postingan ini jadi pengen rajin lagi, karena kulit sudah mulai kusam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii iya mb rebellina, lumayan biar wajahnya segeran

      Hapus
  6. O ya mbak, kasih tips dong, perawatan yang homey buat cowok.
    kan banyak juga tuh para cowok2 (kalau saya sih gak) yang suka perawatan seperti yang mbak lakukan diatas untuk mendapatkan kulit bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh klo cowo apa ya

      Yang penting wangi n bersih kali ya hahhaha

      Hapus
  7. wah hihi walaupun aku perawatan di rumah cuma kalo acara pajama's party sama temen-temenku, tapi enak yaa hihi pengen coba lagi euy perawatan di rumah, kalah sama males siih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dibuang jauh jauh malesnya hihii
      Padahal aku juga suka males hahah

      Hapus
  8. Perawatan fari rumah jadi pilihan saya nih Mbak karena ya lebih hemat. Walapun kadang ada yang komentar bikin ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski ribet yang pentingvfresh ya mb ika

      Hapus
  9. waaahh kayaknya saya mesti punya tuch paket perawatannya..etapi saya suka ga telaten kalau urusan luluran euy...heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kadang mood moodan mb widhi hehehhe

      Hapus
  10. rajin banget perawatan nya..

    BalasHapus
  11. Betul juga, dengan memanfaatkan bahan herbal dan ada dirumah sehingga keuangan keluarga hemat hehe.

    Makasih banget idenya mau saya coba.

    BalasHapus
  12. selain ketimun, bisa pake kentang buat ngatasin kantong mata
    saya dulu pernah coba, tapi pas tidur malah bikin kasur berantakan

    untuk belimbing saya belom pake, tapi kata temen sih berkhasiat gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kentang, kayaknya boleh coba saya cobain kapan kapan :)

      Hapus
  13. jd malu nih, saya udah lama ga perawatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi, aku juga lagi mulai kok mb nath..

      Hapus
  14. Itu megang timun kayak megang.... terong.

    Timun serbaguna, ya. Selain bisa buat lalapan, bisa juga buat perawatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan nonton D'Terong ya hahahha

      Iya, bisa juga buat lalap

      Hapus
  15. Aku juga bali ratih yang coklat mba. Wanginyaaa sukaaa.
    Kalau mata panda, aku lebih suka pakai seduhan teh yang didinginkan. Itu berasa banget bedanya setlah dipakai.
    Trus kalau wajah.. . Pakai madu! Itu bisa bikin glowing banget lah.
    Jerawat... Nah kemaren kan aku jadi pagar ayu nikahan senior, kulitku sensitif banget sama make up, jadi timbul jerawat. Sekarang lagi pake krim dokter, alhamdulillah berkurang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seduhan teh juga ampuh ya

      madu...bingung cari yang bener-bener alami Dar...

      wah krim kriman aku ga berani, wajahku kan sensi hahah

      Hapus
    2. Untungnya aku tinggal di Kalimantan, mba. Minta kirimin keluarga yang tinggal di kampung, madu hutan asli. Hehe

      Kulitku juga sensitif parah, makanya pakai krim dokter. Kalau pake krim yang dijual di pasaran itu pasti langsung breakout, makin banyak jerawatnya :(

      Hapus
    3. Untungnya aku tinggal di Kalimantan, mba. Minta kirimin keluarga yang tinggal di kampung, madu hutan asli. Hehe

      Kulitku juga sensitif parah, makanya pakai krim dokter. Kalau pake krim yang dijual di pasaran itu pasti langsung breakout, makin banyak jerawatnya :(

      Hapus
    4. wihh pengen tapi mahaal bingit pastinya yak kalo yang asli

      Hapus
    5. Malah murahan yang asli, mba. Madu sebanyak satu botol sirup marijan itu harganya sekitar 80 ribuan aja. Alamiiii :D

      Hapus
    6. oh ya.....mata belo *pingin beli*

      Hapus
    7. Aku mencium aroma bisnis nih mba haha

      Hapus
  16. kenapa buahnya bukan untuk dimakan, bukankah perawatan dirumah yang paling efektif dengan cara memperbanyak makan buah-buahan?

    BalasHapus
  17. kadang merasa eman buahnya untuk perawatan, akhirnya dimakan aja deh...hehe
    waaahhh...panas sekali ya jakarta sampek telur ceplok bisa masak di jalanan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii kadang kadang aku juga gitu kok mb

      Hapus
  18. Waaw rajin bener mba ..saya emang suka males perawatan full treatment ngga heran badan jadi melar dan kulit kusam hihihi

    BalasHapus
  19. komplit mba mulai dari paku buah"an sampe pake kosmetik :D

    BalasHapus
  20. kalau aku sih mending dimakan aja kak

    BalasHapus
  21. boleh dicoba nih mba :D

    gak perlu perawan di salon - salon jadinya

    BalasHapus
  22. samaaa...aku juga pake mentimun..selain murce pun mudah didapat :)

    BalasHapus
  23. Mukanya Baby face banget sich mbak...

    BalasHapus
  24. Buah yg pernah saya pakai utk perawatan adalah tomat dan ketimun dan sbts utk di wajah. Diiris tipis kemudian di usapkan ke wajah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya banyak vit.c ya mb ririe, jadi lumayan ngefek meski ga instan :)

      Hapus
  25. Oh.. salah baca judul, saya kira semacam tips mudah merawat rumah.. :D

    BalasHapus
  26. Hehe...bunda sebulan sekali (kalo lagi gak males) perawattan tubuh doank, luluran di kamar mandi pake lulur bengkoang. Setelah itu rasanya segaaar bukan main. Tapi namanya juga luluran sendiri, ya gak kurang afdhol-lah. Jadi sekali-sekali ya luluran panggil tukang lulur ke rumah, bebas, sampe ketiduran malah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang ya bunda kalo abis luluran, rasanya seger ^___^

      Hapus
  27. kalo aku suka oles2 jeruk nipis kalo mau tidur. Ga rutin sih, kalolagi rajin aja hahaha

    BalasHapus
  28. Produk perawatan Nita komplit juga ya? Makasih dah ikutan GA Fenny :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii...lagi niat soalnya Ka Fenny
      Sama-sama :)
      ditunggu pengumumannya :D

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...