Sabtu, 10 Oktober 2015

Ngomik Di Blog??? Siapa Takut, Go For It !



Ngomong-ngomong soal cita-cita, dulu sih sempat nyemlong pengen jadi komikus ya. Sedari SD malah. Maklum terlahir dari keluarga yang agak-agak nyrempet ke dunia seni. Alm. Kakek jago lukis, Bapak sering dimintain tolong design rumah (lulusan teknik sipil rasa arsitek). Sementara itu, ketiga anaknya (termasuk aku) dikaruniai kemampuan menggambar dengan teknik dan cita rasa yang berbeda. 


Kalo jaman sekolah nih (pas di jam kesenian), teman-teman kan pada seragaman gambar gunung 2 biji tuh. Lalu di tengah-tengahnya nongol matahari. Nah, aku pengennya lain dong. Mencoba untuk antimainstream yaitu dengan menggambar orang. 


Gaya banget memang. Ngomongnya juga rada songongan. Padahal kemampuan ma... cetek. Beloman sekaliber para mastah dunia macam Aoyama Gosho, Eiichiro Oda, Isshiki Makoto, Ono Eriko, Emak Gaoel (azeegh) dan lainnya. Aku mah apa atuh??? Upilnya Aoyama aja masih jauh. 


Ya kurang lebih, baru bisa gambar indil-indil doang dikasih mata, terus tancep-tancepin balon dialog. Masalah latar atau perintilan-perintilan penunjang lainnya mah.....menyusul (alesan, padahal ga bisa). Ya intinya memang kudu digenjot abis-abisan. Misalkan kayak gini nih :
 
Karya : Gustyanita Pratiwi

Keterangan :


Judul : Soal Rambut Hanya Sekedar Wacana


Tokoh Utama 1 : Tiyem (berasal dari namaku sendiri Gustyanita Pratiwi dipelesetin jadi Pratiyem alias Tiyem ini nama panggilan sayang ledekan suami sih lebih tepatnya) 


Tokoh Utama 2 : Tamas (nama panggilanku ke Pak Suami).


Genre : Kehidupan sehari-hari (after merried)


Metode menggambar : Manual pake tangan.


Tapi yang namanya mimpi pemirsa, siapa sih yang ngelarang. Di era globalisasi inih? Kalo kata henpon kenamaan macam Smartfren sih Go For It !! Ngapain mandeg lantaran kena cibir? Dipandang sebelah mata langsung cemen. Dikatain belom nerbitin buku satu pun pundung...hahah (terkadang sih). Paling tidak aku masih punya semangat !!! Semangat untuk menarik perhatian penerbit untuk berpaling ke blog ini dan melihat contoh-contoh gambarku *kedip-kedip. 


(Lihat contoh gambarku yang lain di sini atau klik kategori karikutur pada blogku).


Sengaja aku bikin blog memang salah satunya untuk pamer taroh portofolio gambarku ini. Barangkali ada yang berniat menjalin mitra. Atau butuh ilustrasi untuk buku-buku bergambarnya. Eaaa.....

Sampe cover buku tulispun bikin sendiri


Oh iya, setiap pehobi komik, pastinya punya sosok yang menginspirasi ya. Kalo aku terus terang masih demen sama bikinannya Mbak Ono Eriko. Itu loh yang terkenal dengan Hi Miko!-nya. Makanya, jangan heran kalo gambar-gambar komikku yang bantet-bantet itu masih menerapkan sistem ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) dari contoh karakter-karakter yang ada di Miko! Karena sejatinya, style komikku masih meraba-raba. Namanya juga hobi. Masih amatir (pake banget). Belom juga dibisnisin. Kalo toh semisal ada yang tertarik ni, entar akunya pun bakal putar otak lagi biar bikin karakter yang fresh from the oven ala aku.


Jujur memang susah sih. Apalagi ketambahan dengan masih culunnya aku di dunia digital. Toko sebelah udah melesat dengan bisnis header-nya, sedangkan aku? Masih manual cyyyiiiint

Berbekal pinsil, pulpen dan kertas A4, aku tuangkan segala resah dan gelisah ide yang ada dalam kepala. Setelahnya apa lantas beres? Enggak juga. Aku kudu pontang-panting nyari scan-an. Beruntungnya masih bisa nodong si Tamas biar mau dititipin nge-scan di kantornya (penganut asas manfaat). Paling-paling yang baru aku kuasai adalah Ms.Word. Haha...anak SD juga katam. Maklum ngehemat kuota biar pas postingan udah beres, langsung copy paste ke dashboard, terus publish deh.   

Karya : Gustyanita Pratiwi
Karya : Gustyanita Pratiwi
Karya : Gustyanita Pratiwi

Yang aku pengen tau lebih dalam lagi sebenarnya adalah aplikasi Water Mark nih, yakali ada yang khilap mau colong gambar saia. Pokoknya banyak banget PR-nya.


Tapi, pada akhirnya memang semua kudu dijalanin pake proses sih. Mudah-mudahan suatu ketika mimpi besar ini kesampaian.



Tulisan ini diikutsertakan dalam 
BlogCompetition Go For It With Blog Emak Gaoel




120 komentar:

  1. Kakoi mba hasil gambarnya, tapi yang naik motor itu kesan'a kaya animasi tahun 90an yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motornya model Honda lama. Yang gede itu lo, lupa namaya.

      Hapus
    2. Hahaaa itu motor ninjae swamiku lebih tepatnya, cieeh

      Hapus
  2. Owalah ternyata mb'e pinter gambar komik toh. Boleh lah ak digambarin.

    Semoga menang mba .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha...sa ae lu jiz...
      ini masi kudu banyak ditatar kok..
      dikau wani piro?

      Hapus
    2. berbakat banget jadi komikus...lanjutin dah

      Hapus
    3. lanjutkann !! thx kang cilembu

      Hapus
  3. Tiyem, nama yang khas asal kebumen :)
    Sesekali aku atau blogku dibuatkan kartun biar aku pasang di widget blogku. Boleh dong minta !

    BalasHapus
  4. Waaahhhh baru tau kalo pinter gambar.
    Gambarnya bagus2lho, keren ih.
    Smoga menang ya.

    BalasHapus
  5. Ajarin aku gambar dong Mbak hehehe


    Suksesss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masi cupu sayangku... >_____<

      Hapus
    2. Cupu aja hasil gambarnya bagus sekali, apalagi kalau udah mahir.... mau dong di ajarin...
      Semoga menang dalam kompetisi nya... lagi banyak banget nih ikut lombanya yak... hihihi.. saya turut support selalu...

      Hapus
    3. sini saya lesin wkkkk engga ko bercanda mas fazri...
      iya nih lagi kejer setoran biar dapur tetep ngebul, eaaaa

      Hapus
  6. Bagus-bagus gambarnya, nggak coba pindah ke media lain?

    BalasHapus
  7. Iiih keren banget Mbak Nita. *.* Kali aja bisa nyusul jejaknya Mak Irits deh yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiii ika :* :*
      Hihiii da aku mah apa atu...mak irits ma uda seantero jagad hihii

      Hapus
  8. aku suka gambar orangnya, apalagi yang cover buku itu, kayak gambar cewek di komik-komik jepang, yang cantik, langsing tinggi semampai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankiyu mb dona...itu buku tulis bikinan sendiri padahal..
      Bikinnya pake Tumpukan A4 dibendel trus covernya digambarin, paling depan kasi sampul plastik ^______^

      Hapus
  9. Waduh hebatnya mba nita nih, lebih ditingkatkan lagi atuh jangan ATM terus :)
    semoga saha mba mimpinya tercapai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke depannya memang ingin seperti itu mas awan :)

      Hapus
  10. Kereeeen gambarnya, dek..eh mbak *abis wajahnya masih kayak bocah sii..
    Suamiku juga suka gambar, tapi seringnya karikatur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipanggil dek juga gpp mb ika ,...ihiww #ngrayu
      Wahhh keren y mb, klo karikatur ma uda maestro pastinya suami mb

      Hapus
  11. gemes sama yang bisa narik narik pensil jadi gambar...iih cakep banget gambare

    BalasHapus
  12. gambar gunung 2 biji tuh. Lalu di tengah-tengahnya nongol matahari ---> ini tamplate kayaknya :D
    btw cover bukunya keren tuh, kayak usagi

    BalasHapus
  13. Seruuuuu, nulis postingan trus ada diselipin gambar komik gitu. Sayangnya aku gak bisa gambar. Bisanya niruin gambar :(

    Pertahanin terus Mbak, kalau bisa tiap postingan ada gambarnya, disesuaikan sama isi postingannya. Bisa jadi ciri khas tuh, Mbak. Oh iya, moga menangin Blog Competition-nya ya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pingiinnn cha..pingin bgt punya ciri khas..
      Doain yak hihii

      Hapus
  14. widih.. masih berbau smartfren aja nih. keliatan dari judulnya :)
    kayaknya mbak ini emang seharusnya ngambil jurusan dkv atau arsitek waktu kuliah... bukannya manajemen :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha teteup ya jev, smartfren..aseeg

      Mmmm bisa jadi

      Hapus
  15. aku suka gambar2nyaaaa... untuk watermark coba pake di sini http://www.watermark-images.com/

    BalasHapus
  16. Subhanallah....keren bgt gbr2nya mbak.... baiknya diksh watermark mb.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii iya mb aku masi belajar watermark :*

      Hapus
  17. Suka banget ama gambarnya2, coba deh mbak aku dikaruniakan bakay begitu.. ntar kalo ada project bisa booking kah? Semisal buat cover novel.

    Oh ia saran nih mba. Blognya kurang resposive nih untuk mobile user. Agak susah mau komen harus ganti desktop view. Mungkin supaya makin mudah untuk pengunjung kasih komen mbakmyabisa bantuin kasih solusi dgn tempaltenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeeh atuuh

      Oh iya ya, aku bingung mb modifikasi komen kolomny

      Hapus
  18. Kenapa enggak dikembangin mbak :D
    bagus bagus hlo karyanya..
    dulu sempet mau nyebur ke dunia komikus tapi kandas gara gara udah ketagihan traveling. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msklum mas eksa bingung mulainya dari mn..

      Hapus
  19. menggambar, kemampuan yg dulu pernah kukuasai.
    kalau sekarang, mau buat ilustrasi postingan saja sudah setengah mati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehheh jd pnasaran gambarnya kayak apa

      Aku juga ni kadang rempong dulu bikin ilustrasinya

      Hapus
  20. Pantesan udah ada unsur keturunan jadi jiwa seni... bagus-bagus gambar komiknya, emang berbakat sekali mba tiyem...mudah mudahan komik hasil karyanya ada yang ngelirik, sehingga bisa diajak kerjasama, sekaligus bisa mengembangkan bakat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe...tapi dibandingkan seniorku alias bapak n alm. simbah sih aku nda ada apa-apanya ni mas Fazri :)

      Hapus
  21. komiknya bagus mbaaakk..
    aku pernah sih mikir pengen bikin ilustrasi sendiri. Tapi kok.. males yha! gambarku juga ga bagus pula. Hiks...

    BalasHapus
  22. wah ternyata mbak pratiwi punya bakat menggambar ya.
    lanjutkan mbak dan semoga sukses dengan kontesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnnn semoga pulang-pulang bawa hape dari Emak Gaoel aseegg

      Hapus
  23. Wah, keren nih, mba komik2nya.

    Semoga menang yah

    BalasHapus
  24. Gambarnya bagus, terus berkarya jangan sampe down

    BalasHapus
  25. Mbak...jadi ingat buku2 komik anakku terbitan mizan....kecil2 punya karya....itu ada dua komikusnya. Yang versi asli anak, trus yang dewasa... Gabung aja coba! Bagus2 gmbarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh jadi tertarik ni mb sulis..beneran...

      Hapus
  26. kalau dikau adalah upilnya Aoyama terus daku yg gak bisa gambar jadi apaaa? HaHaHa

    BalasHapus
    Balasan
    1. dakuuu mmm... ga kok mb rani daku beloman ada apa apanya, suwerrr heheh

      Hapus
  27. Jujur ya, aku suka envy sama yang punya skill gambar kece kayak dirimu,mak. Keren sangat! Semoga bisa jadi komikus yang femes, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii bisaan aja ni si teteh...
      Amiin ya alloh , feimess

      Hapus
  28. Jujur ya, aku suka envy sama yang punya skill gambar kece kayak dirimu,mak. Keren sangat! Semoga bisa jadi komikus yang femes, ya.

    BalasHapus
  29. aku ga bisa menggambar kayak mba.. moga segera mendapat sponsor ya..

    BalasHapus
  30. Keren ih gambarnya Nit ^^ aku juga suka gambar orang lohhhh tapi buka manga gitu si. Lebih suram :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku uda kepoin gambarmu kak, satu kata...badaiiiii

      Hapus
  31. lah mbak satu ini mah superkreatif banget :)
    he he he

    dulu saya sering iseng2 bikin komik pas tertarik baca detektif kindaichi
    tapi sekarang mah tangan udah kaku, apalagi dibanding nulis, bikin komik susah banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh mas irul, sampeyan jgn2 jago gmbr kindaichi,..

      Hapus
  32. keren mba karikatur nya, di bikin komik, semoga lomba nya menang ya mba

    BalasHapus
  33. Balasan
    1. Wah aku mlh blum mudeng ada ink tober dunk hihii

      Hapus
  34. aiyooooh alamaaaak ngeliat ini keinget jaman SD, punya temen pinter banget kalo bikin gambar beginian. Akupun nggak mau kalah ikut2an lah, getoool banget deh. Sebulan dua bulan baiklah okeh okeh berusaha berusaha lama2 nyadar "Neng neng, helooo ini mah semacam bakat terpendam"

    dan aku takjuuub selalu takjub ngeliat org pny bakat pinter gambar kek gini, hebat!!! sukses yaaaa ngontesnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaaakk sini lah aku kasi kisss ahaiiii

      Hapus
  35. Aku suka gambar tp gak bs gambar.... Keren ih gmbrnyaa

    yg motor itu, bannya aja sedap apalagi yg naik

    BalasHapus
  36. Wah, Mbak. Saya kok malah jadi mau tanya, "Udah pernah membukukan komiknya belum, Mbak? Ada potensi cakep dilihat dari gambarnya." Semoga sukses untuk komik dan lombanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blum mb..blum...ni lg njaring sapa tw ada yg tertarik mengorbitkan ahaii

      Hapus
  37. Wahh... komiknya lucu. Ngeblog sambil ngeblog sepertinya memang menarik ya. Sayangnya saya gak punya bakat. :D

    BalasHapus
  38. kamu kecee bisa gambar komik, dah aku mah apa atuh, bikin gunung kembar dengan matahari nyembul di tengah aja jelek hahah

    BalasHapus
  39. Ckckckcck keren banget dah mak yang satu ini...biar bisa bikin kyk gt mesti punya imajinasi yg tinggi ya mak..saya bisanya nyontek tok hehe..sukses ya mak nita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anuu mungkin ini pas lg kesambet mak kikikik

      Hapus
  40. Gue suka gambar yang nomor dua. Sweet. :))
    Iya, sekarang lagi banyak pengambilan konten tanpa nyantumin sumber, ya. :(

    Gudlak, Mbak! Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaaa..sebagai jombli...apa yg lu rasakan yog?

      Iya euy...takut ni makanya gw mau blajar byk dulu tentang aplikasi pencegah pencuri konten orang...

      Eh lu pas ngomong gud lak mirip kek musuhnya film taken, srius

      Hapus
  41. Keren banget hasil komiknya, Mbak ^^b

    BalasHapus
  42. wah ternyata mbak Nita pinter ngomik juga ya...kereennn...
    saya suka yang gambar macam sailor moon itu lho mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masi culun ko mb anjar hikhik

      Hahaa padahal bukan sailormon wkkkk

      Hapus
  43. Meski manual, jujur... bagus banget kok, Mbak :)

    BalasHapus
  44. Keren Mak gambar2nya. Semoga minpinya tercapai, ya :)

    BalasHapus
  45. mantap kok......terus dikembangkan aja mbak hobinya......

    BalasHapus
  46. Gilaaaa keren banget gambarnya .... Kalo bikin gambar kaya' gitu buat cover buku, biaya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahha ampun kakaa...aku belom pengalaman bikinkan orang gambar secara komersial..jadi bingung klo patokin tarif hahahhaha

      Hapus
  47. Aaa. Jadi malu ngeliat gambar punya saya *lirik blog sendiri*. keren bgt gambarnya... :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jadi pnasaran, mlipir ah ke blognya mb oka :)

      Hapus
  48. kenapa tidak ngomik di ngomik.com aja mbak, gambarnya mbak nita kan keren keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide bagus tu Muh..
      #kepoin websitenya ah

      Hapus
  49. Gambarnya bagus, Mba..
    Sapa tau bisa kayak Mak Irit tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya...jadi pingin kayak Mak Irits hihihi :)

      Hapus
  50. Selalu takjub dengan orang2 yg pandai gambar, apalagi smp bisa bikin komik. Keyen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masi kudu banyak belajar kok mb lusi :)

      Hapus
  51. gambarnya asik mbak, lucu. panteslah kalau favoritnya mangaka hi miko

    tinggal rapiin aja bias nggak penuh dalam satu gambar gitu. saya bingung bacanya darimana ke mana.

    ada aplikasi webtoons . ikutan aja mbak
    ada event berhadiah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari kiri ke kanan kok bacanya

      mmm leh uga idenya

      Hapus
  52. di rumah yang gak suka komik cuma aku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihiii....
      pesti anak anak suka ya mb lid?

      Hapus
  53. nita kamu kan punya bakat ngomik coba bikin cerita terus ajukan ke penerbit, sayangkan punya bakat kalo tidak dikembankan dan di publish

    BalasHapus
    Balasan
    1. pingin sih ka ev...tapiiiiiii.....apa ada yang berminat *eaaaa

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...