Jumat, 27 November 2015

Oseng-Oseng Labu Ebi Petai



Jelang siang sobat Beby Mbul semua....



Kali ini aku mau asah kemampuan dalam hal mengoprek dapur. Itung-itung sebagai ajang pengiritan di tanggal tua  pembuktian diri kalau anak emak yang satu ini ga cuma demen jajan kuliner, tapi juga bisa mengolah sedikit bahan makanan yang ada di dapur *keplok-keplok dong...

Ngupasnya ampe emosi jiwa bhwahahha (foto : Gustyanita P)


Really love pumpkin... (foto : Gustyanita P)


Kebetulan yang ada di kulkas cuma labu. Hal ini dikarenakan oleh intensitas hujan yang kian hari kian tinggi (ceileh bahasanya) sukses menyulap seorang Beby Mbul malas untuk berbecek-becek ria di pasar (yang sudah becek). Medingan memanfaatkan sisa bahan yang ada sekalian diikutkan lomba *Ooops...lomba lagi...

#SiapSiapDibullyYangKomen 
#SoalnyaAkuLombaMelulu 
#OkehhBodoinAmat 


Bingung mau dibikin apa ni labu


Kembali ke topik awal. Labu memang sedikit agak membingungkan tatkala aku akan mengkategorikannya sebagai sayur ataupun buah. Aku pikir dia itu buah. Tapi kadang-kadang kalau pas mampir ke warteg kok ada yang bilang, "Mau beli sayur labu, Bu." Hahhaha...kacau memang. Ampe dipikirin segitunya. Mending sekarang kita olah saja bagaimana? *Kedip-kedip minta persetujuan.

Berhubung, si oranye yang satu ini kerap dibikin desert (yang tentunya sudah sangat menstrim), jadi kali ini aku akan bikin dia menjadi sayur. Sayurnya juga yang simpel-simpel saja ya mengingat yang makan juga cuma 2 biji, antara aku dan Tamas.

Oke...beginilah resepnya. Pantengin baik-baik ya. Jangan sampai pindah channel !!


Oseng-Oseng Labu Ebi Petai

Bahan :
Separuh labu kuning tua 
(sengaja banget Tamas ngebeliinnya yang sudah tuir #melatih kemampuan tanganku untuk memotek kulitnya yang sangat keras dan tebal)
1 renteng petai 
1 lambar ebi  
5 siung bawang merah 
(dominasi bawang merah kulebihkan sedikit ketimbang bawang putih...tapi ini suka-suka sih)
3 siung bawang putih
Cabai rawit
Minyak goreng
1 sendok garam
1 sendok gula pasir
Satu gelas air



Iris seperti korek api (foto : Gustyanita P)
Item pete memang ga boleh kelewat (foto : Gustyanita P)



Ebi (foto : Gustyanita P)




Cara Membuat :

Potong korek api labu yang sudah dicuci dan dikelupas kulitnya
Iris Tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit
Panaskan minyak
Masukkan irisan bawang dan cabai rawit, oseng-oseng hingga harum
Taburkan garam dan gula pasir
Masukkan potongan labunya dan juga air
Tambahkan ebi dan petai, masak hingga lunak

Tumis hingga harum (foto : Gustyanita P)
Ga terlalu lunak lebih enak. Sayang suami suka yang lodong (foto : Gustyanita P)
Masukin ebi (foto : Gustyanita P)
Jadi deh.... (foto : Gustyanita P)

Jujur ini resep ngawur-ngawuran. Bahan yang dimanfaatkan juga seadanya banget. Pete, kebetulan kami berdua memang hobi makan makanan yang orang justru hindari yaitu pete dan jengkol. Nah, karena adanya cuma pete, ya sekalian aja masukin sebagai mood booster. Alhamdulilah kata suami sih wuenaakkkk....rasanya mirip ama labu sodaranya sih...(walo jipang). Cuma yang ini lebih mencolok mata karena warna oranye-nya.



52 komentar:

  1. wah heubat..pinter masak juga ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe...yang ini tapi belum berhasil 100% mb...kikikik...masih kudu belajar banget

      Hapus
  2. manis dong Nit..
    aku paling suka labu itu ya dikolak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh aku juga ada bikin kolak labu loh, lain kali aku posting ah....uwuuuw

      Hapus
  3. mantap.. nyamii.
    yang jelas labu bukan ubi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakkk...ini labu kuning yang kayak di film film hallowen... :D

      Hapus
  4. Saya kaguum bisa masaknlabu di oseng-oseng. Jadi penasaran pengen ngerasain deh oseng-oseng labu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya lumayan mirip labu siem mas dani

      Hapus
  5. wah... kayaknya enak nich mbak oseng2nya. Kapan2 coba ah....

    BalasHapus
  6. Ngiler Mak, izin catet ya resepnya :)

    BalasHapus
  7. huwaaa..ini enak sekaliii...oseng2 aku suka sekali :)

    BalasHapus
  8. Ciyeeeh...yang udah mulai jago masak...bikin resep ala cheff ..*uhuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuk

      Batuk batuk bis dipuji mb ika >_________<

      Hapus
  9. Hmmmm... kayaknya enak tuh...

    Labunya terlalu lembek apa emang masaknya kematengan yaa?
    Gue kirain labu itu teksturnya kayak jipang, rada keras-keras gitu.... Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yu..kelodongen nih..tp lumayan enak kok ahaai

      Hapus
  10. Kak Nita.. itu labunya 1/2 apa 1/4 kok di fotonya 1/4? :-)

    Satu lagi, kak labu itu kan udah manis terus yang buat juga manis kok masih ditambah gula ?! Gak kemanisan kah? Atau emang sukanya yang manis manis..? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. O iya ya rum 1/4....bhihihii...jeli jg kamu
      Iyaa tp ada gurih gurihe jg rumm karena pke ebie

      Hapus
  11. aku suka labuuuuuu....kmaren dikasih tapi direbus sama mamaku...blm pernah dioseng gitu...

    BalasHapus
  12. Manfaatin bahan yang ada ya untuk dijadiin masakan. Hebat Mba Nita (*prok prok prok). Pete dimasukkin sebagai mood booster? Haha. At least menikmati masakan hasil olahan sendiri ya :D

    Kayaknya enak tuh hasil masakannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyikk ada yg kasi appplause..
      Iyaa perceya ga percaya, pete n jengkol bisa jd moodbooster gegegek

      Hapus
  13. Kalau cuma liat foto, pasti aku ngira nya wortel hahaha eh ternyata labu :D

    BalasHapus
  14. Kreatif..sy msh bingung nih bikin apa dr labu....

    BalasHapus
  15. wah ga kepikiran. tumis labu siam suka, kalo mirip2 kapan2 mau coba juga ahhh....

    BalasHapus
  16. wah ga kepikiran kalo labu bisa dtumis juga, biasanya sih saya masak sayur bening ato malah saya jus =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadine mau kubikin kolsk...hihii...tp uda sering

      Hapus
  17. keren kreaatifffff.... mudah2an menang ya dek :)

    BalasHapus
  18. wahhh...ternyata pinter masak juga nie mbak Nita...

    * semoga menang lagi ya mbak GA nya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blum setaraf sisca suwitomo kok mb anjar bhihihi

      Hapus
  19. jadi ngiler saya lihat foto masakannya. kayaknya enak benar untuk di santap tuh sista. makasih udah berbagi
    . oseng-oseng labu, ebi, dan petai....pas kesukaan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiiii enakkk vocok tuk santab siang mbh dinan ;)

      Hapus
  20. Huwaaa...pakai pete, alamaaak
    Aku belum pernah nyobain labu kuning dibikin sayur, seringnya kolak, kue lumpur :)

    BalasHapus
  21. Wah labu dioseng-oseng blom pernah nyobain. Pasti enak nih rasanya, kreatif banget, biasanya labu dibuat kolak, puding atau kue :)

    BalasHapus
  22. baru tahu kalau labu bisa dioseng-oseng :D enak nih, mba. cobain ah :D

    BalasHapus
  23. mbak serius labunya bisa dibiin sayur oseng2 begini? apalagi dipaduin sama pete. wooo rasanya kaya liat sambel goreng labu pete. hehehehhe nyobain ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih rasanya agak nyerempet ke situ hihihi

      Hapus
  24. wah bisa dimasak gitu ya, taunya hanya dibikin kolak haha
    coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hihi, resep kolaknya menyusul kakaa

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...