Minggu, 08 November 2015

Ubi Cilembu



Sore itu, sehabis bobok siang perut aku dan Tamas keroncongan. Maklum habis olahraga malam. TEEET !!! Maksudnya lomba molor, astagfirullah..

Lalu ga ada angin ga ada ujan, tiba-tiba gambar ubi cilembu anget uda terlintas dalam kepala.



Karya : Gustyanita Pratiwi


Ubi Cilembu ini rupanya udah menginvasi otak kami buat ngirim sinyal ke mulut (berupa iler yang menetes) hingga akhirnya lari ke perut (bunyi krucuk-krucuk). Cacing pun pada orkestra.

Well, sebenarnya hasrat ngemil jenis umbi-umbian yang satu ini terbilang cukup absurd. Tahu ga, awal mulanya ya cuma dari kebanyakan liat komik Sinchan, yang mana di beberapa scene selalu ada adegan mobil pick up yang neriakin Ubi Bakar pake toak. Sungguh alasan yang amat sangat tidak berdasar. 







Ya pokoknya itu.





Akhirnya ketimbang bengong, kami beranjak dari hasutan kasur tercinta yang seolah enggan dicampakan begitu saja. Ceritanya mau jalan-jalan sore. Siapa tahu nemu cimol, batagor, pempek, siomay, bakso malang, dll buat digasak. Ingat tu pipiiiie Mbuuuuullll !!!!

Selanjutnya kami keliling pakai motor ninja yang sudah jarang banget dioperasikan karena udah hampir sebulan businya dipretelin seseorang. Seseorang yang dimaksud adalah orang yang sangat aku cintain yakni suamiku sendiri *DRAMA*.





Oke, balik ke perburuan tentang ubi cilembu. Biar kesannya agak berbobot dikit (sungguh kalimat yang sangat tidak efektif), aku jelasin dulu deh salah satu anggota keluarga dari jenis umbi-umbian ini. Jadi, pas pertama kali nyobain itu ya gara-gara belanja di salah satu unit usahanya CeTe. Pada tahu kan siapa itu CeTe? Itu loh yang mantan mentri yang punya bisnis Tipi, pusat hiburan, plus retail yang kesohor itu. Inisialnya Carrefour (((Inisial tapi disebutin))).



Dibelah wowww

Manis legitt


Jadi ketika masih lajang jaman dulu kala, saking malesnya nanak nasi (karena ekspektasinya kalo udah masak di mejikom bakalan ga kemakan), akhirnya aku malah sering ngegado ubi cilembu. Belinya ga tanggung-tanggung lagi. Satu biji (Kalau hal ini diberlakukan pada masa sekarang pasti bakal ditabok Tamas karena terlalu ngirit). 




Pembaca yang budiman....(tumben ya bahasa gua?),

Ternyata ubi cilembu ini memang enaknya cuma dioven. Karena pada saat dipanggang atau dibakar, cairan lengket madunya bakalan meleleh sehingga manisnya nampol bangeuutt. Berbeda halnya dengan proses pematangan dengan cara direbus atau digoreng. Rasanya memang lebih nikmat kalo dioven tadi. 

Siapa mau???


La di Tangerang sendiri memang ada? Ada dong... Kedai Ubi Cilembu yang kami temukan adanya di daerah Regency. Kedai ini ditunggui olah anak-anak muda yang selalu ramah dengan senyumnya pada saat kami datangi, syukur-syukur kalo ngresekinnya banyak. Tapi biasanya kami cuma beli 1 kilo aja dengan banderol Rp 10 ribuan. 


Ubinya sendiri ada yang dijual mentah, ada pula yang dijual matang. Nah, karena kami ga mau repot, akhirnya pilih yang matang saja. Lagian di rumah juga ga punya oven hughughug (ketawa ala burung hantu).




Kalian sendiri kalau kebanyakan makan ubi suka kentut-kentut ga setelahnya ((((Pertanyaan macam apa iniiihh???)))





Note : muuph ya teman teman, aku baru sempat blogwalking besok...(hari sudah malam soalnya)


106 komentar:

  1. hujan-hujan baca beginian, gantian cacing di perut saya yang orkestra XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii pas banget jadi temen ngemil saat ujan ya mb Oka ;D

      Hapus
  2. Ubi itu baru saya dengar hari ini.. okeeh makasih infonya.. Jadi pengen nyobain... Kayaknya enak banget...!!

    Jadi kalo abis olahraga ranjang (lomba molor) itu laper juga yaa...? (Pertanyaan macam apa ini?! Minta ditabok.. pake ubi cilembu :D)

    Iyaa... kalo makan ubi perut rasanya agak kembung jadi pengen kentut kentut.. huaahahaaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah...ini terkenalnya di Puncak Rum...main-main deh ke Jabar hihii

      Hapus
  3. Begitukah bunyi ketawa burung hantu? Gue malah pas baca itu pengin dipeluk ujan-ujan gini. Hughughug.

    Ho'oh. Pasti kentut-kentut kalo gue, Mbak. :(
    Makanya agak jarang makan ubi. Muahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu burung hantu gaul Yog :D

      Tapi bikin nagih Yog, palagi pas makannya ujan-ujan...

      Hapus
  4. ini kalau dipanggang enak banget terus diminum ama matcha.... weuuunnndanggggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. matchaa...jadi kepikir martabak matcha...:DD

      Hapus
  5. Aku juga suka ubi cilembu.. jadi kepingin...ih..nita tanggung jawab ah... ugh..besok ke carrefour ah nyari

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihiii....iya mb ade..tapi di Carrefour mahal yakk

      Hapus
  6. Awas mbak kentutnya bisa bikin pingsan loh wkwk
    Jadi keingat dulu pas SD suka masak ubi di dalam tanah terus diatasnya dikasih bara api, tapi bukan ubi cilembu tapi soal kentut boleh di adu kok mbak ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti bomolotop yak....
      waduh ga boleh diadu mas nanti pada semaput wkkkk

      Hapus
  7. untung barusan sudah makan mie sebelum dateng kesini jadinya, cacing nggak pada demo :)
    biasa ajha mbak, nggak ngaruh sampai ke ken**t² :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jangan sering sering makan mie mb nandira...hihi

      Hapus
  8. Enaknya tuh ubi kalau digoreng terus dijadikan sarapan pagi atau gak dijadikan cemilan saat sedang asyik mengutak atik blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas arif, cocok kalo pas males makan nasi :D

      Hapus
  9. Duuuh enak bangeeeet yaa mak Nita.. Ubi cilembu ditemani teh manis hangat apalagi pas ujan..
    *lari ke dpur cari cemilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh manis atau coklat panas yang masih ngebul ....mantabbb jadi temannya ya mak sinta :)

      Hapus
  10. ubi cilembu pertama kali ngerasainnya di puncak. uennnaak. giliran beli bibit dan nanem di Pekalongan, kok ya biasa aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakkk...klo di puncak kerasa banget ngegigitnya ...hihii

      Hapus
  11. Pertama kali makan ubi cilembu waktu nengok suami yg kerja di Purwakarta. Kalau oven sendiri kok susah matangnya ya? Enakan beli yg sudah matang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo oven sendiri malah takut meledug...kurang profesional akuh...mending belik jadi :))

      Hapus
  12. ubi cilembu di dekat rumah saya banyak yang jual mbak Nita... memang enaknya dioven bukan diapa-apain lagi... :)

    * itu termasuk karbohidat komplek jadi lebih bagus daripada nasi putih... (kayaknya sih begitu...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mb anjar tinggal di tempat dingin yak ??
      asyiik dapet ilmu baru tentang ilmu gizi ah

      Hapus
  13. makan ubi ini enaknya pas tengah malam, dingin2 dan hujan sambil nyetel bola
    hi hi hi

    terakhir saya beli pas lebaran kemaren mampir ke cadas pangeran di sumedang
    emang sih kalo ubi cilembu enakan beli di lokasi, kalo udah di jakarta atau toko, meski tetap enak tapi rasanya udah berubah gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahha teteup yak bola :DDD

      klo aku mending noonton korea. asiiig

      iyak kurang greget kalo ga di tempat asalnya ya mas Irul D

      Hapus
  14. Wow masih suka Bobok siang ya. Heiheiie Bobok siang yang dalam bahasa Inggrisnya "nap" ini memang kadang diperlukan tubuh, Biasanya sih kalau tidur normal kita di malam hari terasa kurang, atau kerja lembur, biasanya tubuh minta istirahat di siang hari. Bobok siang. Dulu waktu saya kerja lembur juga sering tidur siang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak mumpung hari minggu lo Kang Asep jadi bobok siang sepanjang hari bahahhahah

      Hapus
  15. kang lembu juragannya :)

    ubi cilembu memang nikmat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya saya juga berpikir begitu kang.
      kirain mang hadi (ubi cilembu) ngadain GA :)

      Hapus
    2. wong crewchild : kang lembu dagang ini juga yak ??

      Hapus
    3. hahhahah....pasti pada mikir kalo ini tulisan lomba yah wkkkk

      Hapus
    4. udah cape mungkin ikut lomba #Pisss

      Hapus
  16. saya biasanya panggang ubi sendiri mba, nikmaaat, muraaaah, semua orang rumah juga suka. kadang kadang aja beli ubi cilembu kalo suami abis jalan :)

    BalasHapus
  17. Belum pernah cobain .... jadi pengeeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak loh mb niar *mencoba ngiming-mgimingin

      Hapus
  18. manis nya legiit enak banget . saya suka saya suka :D

    BalasHapus
  19. Kayak ada manis-manisnya gitu pas di belah gitu aduhhhh ngiler pengen nyobain :G

    BalasHapus
  20. tampangnya menggugah.... tapi gue gak pernah suka sama yang namanya ubi (hadeh, taunya cuman coklat melulu sih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuiii coklat...aku ga gitu suka coklat mb ria, kecuali minuman coklat panas hihihi

      Hapus
  21. murah banget harga ubi cilembunya mbak, hanya Rp. 10.000-an/kg jadi pengen beli tapi jauh banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak mb ira...murmer...kadang kasihan ama petani...dah nanem susah dijualnya murah hihi

      Hapus
  22. belum pernah cobain mbak, padahal mah dulu tiap hari ngelewatin tukang ubi cilembu yang di paninggilan ciledug ;)

    BalasHapus
  23. Wuaaaa ubi cilembuu!! Makanan kedoyananku nih! *apasih makanan yg gak aku doyan? Keknya doyan smua.wkwk*
    Bisa gtu ya, ngiler gara2 baca komik. Tp emg iya sih, bkin ngiler._. Kalo aku malah sering nemu ubi gtu di komik miiko, pas white day si miiko bukannya beli coklat buat tappei malah dia beli ubi bakar._. Udh gtu paroan pula sama Kenta. Wkwk.

    Aku kalo udh makan ubi cilembu gini mah 5 biji aku sndiri yg ngabisin jg bsa tuh. Wakakak. Tp kalo drmhku gak ada yg jual sih ubi cilembu. Aku kira malah adanya di bogor doang tuh ubi? Wktu itu sih aku makan ubi pas lg mampir ke rmh org, trs disuguhin ubi cilembu. Udah di rmh org, makannya kalap pula :'D hughughugg..
    Ubi cilembu khas banget ya rasanya, kayaakk... Ada madu madunya. Nyam bangetlaahh. Beda sama ubi biasa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah si Lulu numpang curhat ya... :D
      emang enak ubi cilembu...

      Hapus
    2. Lulu : Ternyata Mikoo juga suka ya Luk...dan Mikoo dalam ujud manusia yaitu kamu...ahahaiii juga suka ma ni ubi...

      iya yang ini seratnya ga kasar...juga ga bikin boring (ceileh bahasa gue) ngunyahnya...
      warna kuningnya juga mencolok mata. :))

      Hapus
    3. mas fazri : gapapa luluk biasa curhat kok *lah... :D

      Hapus
    4. @mbak nita: Hahaa, bisa aja. Tapi aku masih belum menemukan Tappei atau Yoshidanya nih. Wkwk. Ah, udah pokoknya ubi cileumbu emang top abis deh!

      @Achmad fazri & mbak nita: Hahahaa, maafkan diriku krna trbiasa curhat di kolom kmentar org._.v Wahaha.

      Hapus
    5. yosida itu nyebelin ya mik....eh luk....dia mah ga berani terus terang hahaah

      Hapus
  24. Regency mana nih Mba Nit??? di balaraja malah numpuk plus sama susu jahe nya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihhh balaraja jauh juga ya mas irwin?

      Hapus
    2. hehehehehe yahhhh kali kali jalan jalan mengenal daerah Tangerang lebih luas lagi

      Hapus
    3. boleh juga ah tar kubek kubek tangerang dan seisinya

      Hapus
  25. Ah hujan hujan gini enaknya makan ubi bakar sama segelas kopi hitam, ah rasanya mantap sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi hitam kalo aku ga doyan, hahahahha..enakan susu coklaat panas kayak milo

      Hapus
  26. Uwahahaa. Aku suka umbi cilembuuu. Habisnya manis banget kayak akuu. Hohoho.

    Mbak di Tangerang? Deket dong sama Serang? Kapan-kapan meet up bolehlaah. Sambil nongki-nongki makan umbi cilembu. Huhuhu. :3
    Tapi mbak yang traktir yaaaak. Ahahahahakk.
    Biar kita kentut-kentut bareng. Aw~

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahahhaha kudu pede ya rim mengaku diri manis...iya deh kamu emamng manis ayeeeey

      Hapus
  27. Sering denger sih ubi itu, tapi belum pernah coba. Harganya juga cukup terjangkau, kapan" kalo sempet coba ahh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kudu n wajib coba klo gitu *kok aku maksa ya hahhahaha

      Hapus
  28. Belum pernah coba nih ubi cilembu, kirim pake jne kesini bisa gak ya :D

    Baru tau kalo ubi ada madunya, hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya istilah aja sih ki...tapi memang semanis madu sih kalo kataku..
      ini indonesian food punya, kudu cobain sekali-kali

      Hapus
  29. Ubi cilembu itu klo direbus dan merekah rasanya auw awuw auw

    Maknyus dah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. merekah dan bikin nambah ayey ayey ayey...

      Hapus
  30. ubi yang satu ini memang mantaaap...semanis maduuu :)

    BalasHapus
  31. haha iya katanya kalo makan ubi kebanyakan suka bikin kentut2 ya hahaha.
    Aku kalo beli ubi cilembu ini biasanya di carefour juga. Memang enak yang di oven :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakk konon katanya begitu mb lianny hihihiii
      di carefour tapi mahal yak...

      Hapus
  32. Aak...aq juga suka ubi cilembu cuma sayang yang jual deket rumah udah pindah aja huhuhu

    BalasHapus
  33. Dioven? Wah kalau gue biasanya dibakar langsung. \:p/

    BalasHapus
  34. Saya mencoba berfikir, olahraga malam yang dimaksud....
    Mba nita suka nyemil, berarti harus sedia makanan di dapur...
    Itu businya di ambil, supaya aman motornya dari maling ya.. hehe
    Kenapa ngga pesan sama mang Hadi cilembu thea. siapa tau lebih murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha olahraganya di skip saja mas...nanti malah kepikiran
      iya saya suka banget ngemil hingga pipi ni seperti bakpao sekarang ajegileee...

      wah ide bagus tuh, kang hadi juragannya yak?

      Hapus
  35. Enaaaak! Mama juga suka nyediain ubi cilembu. Apalagi kalau masih panas, masih ada asapnya, duh endesss...

    BalasHapus
  36. ngiler banget kebayang dimakan pas anget-anget lagi hujann.... kalau ubi ungu lebih enak lgi lho mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hujan apalagi udah mulai rutin, sedia cemilan yang banyak yuk...*ajaran sesat si gembul

      Hapus
  37. malem2 baca beginian,, hhmmmm, jadi pengen ngemil ubi cilembu nih,hayoo tanggung jawab =D

    BalasHapus
  38. gambarnya kok kering ubinya, kayaknya kurang legit gitu manisnya, klo ak suka yg agak basah2 ubinya soalnya jadi lebih manis

    BalasHapus
  39. Pembukanya konyol pengin makan Ubi gegara habis lomba. lombanya menang apa kalah? Eh

    BalasHapus
  40. belum pernah nih nyoba ubi cilembu dari dulu mbak.. pengen banget sih sebenernya..

    BalasHapus
  41. Menginvasi. Yo oloh bahasanya Mbak Nit :'D
    Huaaaaa!!!!!!!! Aku, Mbak sama Shizuka, sama ya, Mbak. Sama-sama suka ubi.Tapi aku belum pernah nyobain yang dioven gitu. Pernahnya yang direbus aja, Mbak. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga yak cha, pernah baca komik dimana sizuka suka ubi bakar tapi tengsin gitu hahhahaha

      direbus katanya ga gitu manis cha...mau yang lebih manis lagi? pantengin admin blog inih :D

      Hapus
  42. Cocok nih dimakan selagi panas ditambah cuaca yang dingin musim hujan
    Oh iya kalo yang warna'a Ungu itu Ubi apa mba nama'a?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ubu ungu mungkin ya mas hahhahahahahah

      Hapus
  43. Ubi ! aku sukaaa ubi juga mbak :D tapi ya itu, habis itu ngentutnya jadi bauk banget -_-

    BalasHapus
  44. Aku menyesal waktu beli Ubi Cilembu di deket Bogor waktu dari Sukabumi. Waktu itu belinya cuma sekilo, dimakan sepanjang perjalanan pulang ke Tangerang, Fira juga mau waktu itu...duh, nyesel abis dach.

    Sampai di Tangerang, plastik item bekas ubi cilembu tinggal sampahnya. Nyeselnya tambah, kenapa belinya cuma sekilooooooooooooooooooooooo!!!!? jediiis

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii iya....padahal udah jauh jauh ya mb astin, sekalian beli sekarung terus dijual lagi hihihiiii
      *otak bisnis bicara

      Hapus
  45. Hahahaaa ketawa ala burung hantu. :D ngakak mba.

    Itu bukan ubi kayu ya mba? Atau beda ya dgn ubi cilembu?
    hasrat pengen nyemil cilembu karena baca komik shincan? hahaaa sampe segitunya mba. Hastagahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. burung hantu gahul hihihi

      beda lan sama ubi kayu, yang ini dagingnya lebih lembut dan manis di gigitan pertama dan seterusnya...*elaahh kayak iklan yak hahahaha

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...