Minggu, 13 Desember 2015

Arisan



Dunia ibu-ibu tu ga lengkap ya kalau tanpa arisan. Kampret, agak gimana gitu kalo nyebutnya sudah ibu-ibu *kayaknya lebih enak kalok tungguin sampe resmi beranak dulu,....(deh)..
Ho ho ho...

Arisan memang tak bisa lepas dari budaya kita. Salah satu jenis kelompok sosial dalam mata pelajaran sosiologi ini memang ngeheits di kehidupan pasca pernikahan. Termasuk juga yang dialamin oleh kakakku dan keluarga besar suaminya yang dari Jakarta. 


Iya, orang yang dari kecil selalu dikatain orang sebagai kembaranku, hihihi... Aku Gustyanita, kakakku Gustitia Putri (Dia ini blogger juga lho...Blognya bisa di cek di sini) #AdekYangBaik #AdekYangBantuPromosiinBlogKakaknya


Disogok pakai makanan enak, jelas mau dateng (foto : Gustyanita Pratiwi)



Kakakku ini memang termasuk orang yang lincah. Bisa jadi badannya yang ramping ini kebentuk berkat aktivitasnya yang super duper padat. Bayangin aja, udah Senin-Jumat gawe dengan model laju antara Bekasi-Cikarang (salut ama semangatnya ini), sampai hari libur yang biasanya dimanfaatkan untuk kumpul arisan keluarga. 

Ntaaabb !!! 

Amat sangat berkebalikan dengan adeknya yang nomor 2 dan berbadan gembul inih. Biasanya kalau hari libur, aku dan suamiku yang pekerja keras itu memilih untuk hibernasi seperti beruang sepanjang hari. Bangun-bangun biasanya uda mau Senen lagi. Langit tiba-tiba udah menampakkan semburatnya yang keoren-orenan tanda hari sudah petang. 

 ****




Sampai suatu ketika : 

“Tul.....!!” (Sebentar-sebentar....—INI NAMAKU YANG INDAH BEGINI KOK DIPANGGIL ITUL SIH, HAHAHAHAHA, BELOM LAGI AME SUAMI BIASANYA MALAH DIPANGGIL YEM kependekan dari TIYEM).
Padaaa tegaaaa...

Tapi ini memang nama panggilan sayang kok....(asilnya)


“Tul...minggu besok ke rumahku ya! Makan-makan?” bunyi whatsap dari kakak sore itu.
HAH....Makan-makaaaan ???
“Memang dalam rangka apa?”
“Pokoke teko ae. Arisan keluarga sih. Kejatah di tempatku.”
Waduh....acara keluarga besar suami kakak? Sungkan laaaaahhh. 
“Wajib teko ya, ada semur jengkol kook, tar tak gawani!” (terus merayu)

Hmm...kok tau..kalo aku mempannya disogok ama semur jengkol....!! Apa boleh buat kalau sudah begini (bangkehhh kamu Mbul !)


***


Pada Minggu yang sudah dijanjikan, akhirnya aku dan Tamas nyatron juga ke Bekasi. Kira-kira pukul 10.30 WIB kami berangkat dari rumah. Sungkem dulu karena bangunnya kesiangan kebanyakan ronda malam-à nonton film (maksudku). Terpaksa deh ga bisa bantu-bantu *uhuk* #adikTidakTahuDiri.

Di jalan juga kebetulan macet dan ada serombongan ‘oknum’ seragam loreng yang safari pakai motor. Sempet kaget juga, kok ada ya, jalan tol dilalui motor? Baru tau. Ah...husnudzon aja dah, sapa tau lagi ngawal pejabat, eaaaa....


Pemandangan yang membuat bertanya-tanya.....


Akhirnya setelah mendaki gunung lewati lembah, kami sampai juga ke lokasi. Alamaaakk....acara udah mulai, tamu-tamu undangan sudah mbleber-mbleber sampe ke teras. Duh malunya....Adik macam apa akoooh, datengnya telat beginiiih.....huhuuu..*lalu ngibrit ke belakang sambil salim-salim kilat.

Sambil mendengarkan petuah sesepuh keluarga, celingak-celinguk kucari dimana kakakku berada. O...katanya lagi beli es batu. Lalu mata ini menyapu seluruh ruangan. 

Keren....kakakku udah bisa menjamu tamu segambreng-gambreng ini dengan sajian yang cukup lengkap. Usut punya usut, ternyata semuanya masak sendiri. Aaaaah...andai datangnya lebih pagi, pasti aku bisa bantu-bantu, huhuhu..

Oh iya, buat referensi kalian-kalian yang mau bikin arisan tapi bingung menunya apa, mungkin bisa dicontoh nih :



Semur Jengkol
Tiada duanya memang makanan yang dipandang sebelah mata sama sebagian kalangan ini. Padahal gengsi....sebenarnya semur jengkol ini enaknya luar biasaaah lho. Tekstur daging jengkol yang empuk dipadu padan dengan kuah santan yang kental semi legit pedas pasti mampu membangkitkan selera makan Anda. Apaseehh bahasa marketing akooohh..


Sampe rumah kutambahin lagi gulanya, biar manisss (foto : Gustyanita Pratiwi)


Tumis Daun Pepaya
Hidangan yang sangat Indonesia banget ya (maaf kalimatnya sangat tidak efektif). Menjajal menu masakan yang cukup ‘rumahan’ justru bisa dibilang tepat sasaran. Modelnya sih dibikin prasmanan, jadi bisa cidak-ciduk sesuka hati. Oh, ya, sensasi pahit pedas gurih tumisan yang satu ini dijamin bisa bikin jam makan siang terasa lebih berselera.



Katanya ini bisa melancarkan ASI. (foto : Gustyanita Pratiwi)



Ayam Goreng
Meski ayam yang disajikan adalah jenis broiller, tapi teteup nikmat. Soalnya bumbunya juga ngresep sampe ke tulang. Wuih....apalagi kalau ketemu yang bagian lemaknya, itu kesukaan aku banget (pantesan ga sadar kalo badan uda membengkak Mbul).

 
Kelihatan gurih bukan? (foto : Gustyanita Pratiwi)


Palagi bagian kulitnya, uuuhh (foto : Gustyanita Pratiwi)


Tempe Goreng
Kayaknya kalau ga ada tempe, makanan apapun rasanya kok ada yang kurang ya, hahahah...Iya lah Indonesiaa banget gitu loh. 


Uda instagramable belom tempenya? (foto : Gustyanita Pratiwi)


Tahu Berontak
Paling pas untuk dicemal-cemil ya gorengan. Salah satunya adalah tahu berontak. Oke deh, sebut saja tahu isi. Hahahhanjer...

Baru diangkat dari penggorengan (foto : Gustyanita Pratiwi)


Bakwan Jagung
Ini sifatnya sebagai barang substitusi kayaknya. Kalau ga suka daging bisa comot jenis lauk yang satu ini. Gituuu maksudnya.


Bakwan jagung manis (foto : Gustyanita Pratiwi)


Sop
Isinya sih kurang lebih bahan sop biasa kayak wortel, kobis, kentang. Paling pelengkapnya ditambah bakso dan sosis yang diiris-iris hingga menjadikan siang Anda tambah segaarrr. Sayang banget ni sopnya ga keburu kefoto dah tandas aja dalam hitungan detik.



Kacang Rebus
Berhubung kudapan ini gampang banget dibikin, dan tentunya banyak orang suka, kayaknya ga salah deh kalau menyertakannya sebagai bagian dari jamuan arisan.

Kacang rebus (foto : Gustyanita Pratiwi)


Kue Sus, Gethuk Lindri, Klepon
Keren banget kalau dalam waktu yang singkat jenis kekuean yang njlimet ini bisa dibikin. E tapi yang gethuk kayaknya beli dink..




Kerupuk
Ibarat kata : tanpa kerupuk, apalah arti sepiring nasi kamuh....Setujuuhh? Jenisnya sih paling-paling yang pas buat makanan Indonesia ya keupuk udang.


Kerpuknya ga gitu kelihatan ya (foto : Gustyanita Pratiwi)


Es Sirop Merah
Pas banget disantap di hawa Bekasi yang sesuatu gerahnya. Palagi es batunya fresh banget baru dibeli. Hahahhahaii.. Ini juga ga ada gambarnya. Dah keburu abizzzzz...


Kayak ginilah kurang lebih (foto : Gustyanita P).


 Semangka Potong
Yang pasti sama banget fungsinya sebagai pengusir dahaga di siang bolong yang cukup membakar ini.

Gerrrrrr (foto : Gustyanita Pratiwi)


Okeeehhh....dengan adanya jamuan yang menggugah selera di atas, kemeriahan arisan di tempat kakakku semakin terasa. Setiap tamu yang datang, pulangnya masih dibawain lagie, hihihi....Aku?? Tentu saja nyiduk sendiri semur jengkolnya sampe 1 plastik gedee....(Paraaahhh).



Pulang-pulang masi dibawain ini (foto : Gustyanita Pratiwi)

Selain itu, masih dibawain kue sus juga sama brownis ungu. Pukpuk perut gendut !!


Balesin komennya habis Blogwolking yaaa...

75 komentar:

  1. Alamaaak ngiler smua itu menunya mbul. Kcuali jengkol, haha aku ga doyan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. enakk kokkkk cobain sesekali, pasti ketagihan *akuu kok maksa yaaa orangnya wakakaka

      Hapus
  2. alamaak menggoda banget, cuma jengkol yang gak menggoda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa sih di sini pada benci jengkol, jengkol itu enak padahal kayak daging lho wkkwkwkwkkw

      Hapus
  3. Alamaaak...adek macam apah kamuuh....udah ga bantuin masak, malah mbungkus *ala2 mbaknya Mbul..hihi
    itu makanan favorit kalo arisan, dimana2 menunya hampir sama..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihii akoooh aanaknya memang macem kudu dikode dulu inih hahahhaha

      Wah kalo tempate mb Ika, biasane masak apa nih kalo arisan?
      ajarin dong hehehheheh

      Hapus
  4. Aaaahhh. Ngiler, kecuali tumis daun pepaya dan semur jengkol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti suka ama yang mana nih?? xixixiix

      Hapus
  5. Menunya sangat rumahan banget. Ngiler jadinya. Apalagi semur jengkolnya... wahahaha mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak, yang ala rumahan begini biasanya yang dicari malahan :D

      Hapus
  6. Oh My GOD !!! Laperrrr jadinya aku ka Nita...
    Kamu harus tanggung jawab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaii masak dong ri, di kosan ada dapur ga nih wwkwkk

      Hapus
  7. mampirr atuhh ke bekasi ..mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii udah dari bulan lalu, itu latepos say...

      Hapus
  8. Semur Jengkol harus ada tuh di arisan keluargaku. Hahahaha. Tapi aku gak bisa makannya >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaha..memang itu menu yang cocok di lidah indonesia kita ya Lia..eh dirimu doyan ga nih?

      Hapus
  9. Ya ampun berapa modal arisannya tuh? Kalau di kompleks & RT ku nggak ada konsumsi sama sekali :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma modal 55rb aja mba arisannya *bantu jawab*

      Hapus
    2. Mb Lusi : Tuh uda dijawab sama yang empunya hajat hihii, murcee kahhnn

      Hapus
    3. Mb Put : Kok bisa muraah, urunan yaaa

      Hapus
  10. sajiannya meriah bgd mbk nit..keren kakak dikau mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak daku keren ya mb inda hohohoooow

      Hapus
  11. Hahaha, saya tiap sebulan sekali juga ikut arisan. :D Tapi gak sebanyak ini menu makanannya. Kalau sebanyak ini yang setahun sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan ini cuma disuruh makan makan kok mb nisa di tempat kakak...hahhaha

      Hapus
  12. Eemmmm.. kalau arisan panggil diriku juga dong Nit, Masya Allah banget itu makanan kumplit gitu.. Ahh.. jadi laper pagi-pagi..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii iyaakkkk, seratus persen masakan sendiri ni ka irly >>>)

      Hapus
  13. wow ada jengkol :-D aku gak diundang dateng ke arisannya nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ngadain acara kakakku mb lid hehehhe

      Hapus
  14. beloooom, tampilan tempe masih tempe...belum instragramable :))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahhahahazeg...masih oriii itu tempenya mb Ria...

      Hapus
  15. Aku gak suka jengkol, tapi kalo pete mau, ehehe.

    BalasHapus
  16. Makanannya enak-enak semua toh mba, nggak lengkap juga kalau ngadain arisan tanpa banyaknya makanan :D

    BalasHapus
  17. behh!! mantap review-ne... hihiii

    BalasHapus
  18. Kalo ini tinggal makan semua :-D

    BalasHapus
  19. Enak ya dateng-dateng tinggal makan, dasar adik durhaka ku kutuk kau jadi semur jengkol. Hyaaa..

    Ayam gorengnya enak tuh, keliatan dari warnanya aja udah bikin laper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aa aaaa aaaampunnn ampunnnn

      hahhahahha

      iya nih ki, jadi ga enak
      iyak, protein hewani memang tiada duanya

      Hapus
  20. makanannya enyak-enyak semua mak..:) :)
    kalo setiap arisan makanannya kayak gini terus, saya mah bakalan rajin datang ke arisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaiii...memang di tempate mb ira gimana tradisinya?

      Hapus
  21. SEMUR JENGKOL!! memang tak ada duanya. bumbunya alamak..
    buset itu motor rame amat yang di jalan tol... kacau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahhh cuma si jefferson ni yang tau aku ngepost selain makanan *jadi terharu ginih...

      iyak aku ga tau itu dalam rangka apa, ada oknum masuk jalan tol pake motor

      Hapus
  22. Saya trauma ikut arisan, uangnya di bawa kabur... tapi ortu masih ikut arisan keluarga, paling males kalau buat banyak makanan, tapi yang dateng sedikit, sebaliknya, bikin makanan sedikit yang datang banyak -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh serem amat mas kok bisa dibawa kabur?
      hahahahhah, klo di tempat keluarga besar langsung abis....

      Hapus
  23. wah,ada semur jengkol..kol...kol.... aku dah lama euy gak arisan....
    eh, aku tadi ngintip blog kakakmu, bagus-bagus fotonya, sdh mahir ya kayaknya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak beliau sudah lebih lama ngeblog mb eka, ketimbang adiknya hihihii

      Hapus
  24. Wah.. kalo aku tiap ada arisan dirumah, kerjaannya didapur mbak. Bukan masak.. Bukaan.. Tapi numpang ngabisin konsumsi XDDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahhh kamuuuu
      sudah kudugaaa hahahahha

      Hapus
  25. wah lengkap banget mbak Nit, pasti pulang-pulang pada nggak bisa jalan tuh...*kekenyangan...hehe..

    * paling favorit tetep ayam goreng... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum perut uda kayak semangkaaah mb anjar
      *ayam goreng ala ipin upin yakk

      Hapus
  26. Duh, jadi kangen klepon...
    ayam gorengnya kayaknya enak tuh yaa :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. klepon bikin sendiri yu, dari aci dikasi gulaaa trus parutan kelapa

      Hapus
    2. Iya jubaeah,,, aku tahu itu aku tahuuuuuuu

      Hapus
  27. aduh menggoda banget menunya. mau donkkkk

    BalasHapus
  28. Anjirrr tahu berontak, padahal mah tahu isi. :p
    Loh, boleh itu dateng telat, Mbak? Kalo di keluarga gue, Nyokap pasti udah dateng duluan, bahkan dari sehari sebelumnya. Katanya, sih, ngehormatin kakak. Iya, nyokap gue anak bungsu. Yang repot gue, kudu nganterin terus balik lagi. Habisnya kalo nggak balik lagi, gue males kumpul sama ibu-ibu semua gitu. Biasalah cowok males ribet. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yog, tragis, eyke malah kesiangan hahahhahah

      iya yak, klo cowok mah kudu siap anter jemput wkwkwk

      Hapus
  29. eh, kakaknya blogger juga?
    keren euy, kakak adik jadi blogger

    kalo adik saya malah ga hobi ngeblog, padahal suka nulis
    malah dia lebih suka aktif di forum kayak kaskus, sementara saya ga hobi ngaskus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak, tapi aslinya aku baru eksis ngeblog 6 bulan ini mas irul, sedangkan kakak sudah dari kapan tahu, sudah senior aslinyah hahahhahaiii

      klo ngaskus, aku kok ga ngerti ya cara posting postingnya gimana

      Hapus
  30. Whoaaaa... selain tamunya, makanannya juga rame ya, Mbak Nit :D
    Kalau arisan keluarga, jarang ngadain di rumah. Paling sering Tante yang ngadain. Adeknya Mama. Dan aku biasanya nggak ikut. Huhuhu.

    Keren. Ternyata Mbak Nit punya kakak yang suka ngeblog juga. Coba duet dong, Mbak Nit. Bikin tulisan bareng gitu. Muehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klo makanan lengkap, dijamin tamu puas hehee
      Uwaaa susah cha klo mau duet, doi postingane lebih resmi, sedangkan aku alay wkkkww

      Hapus
  31. Hebat banget nih kakaknya, mbak...sebanyak gitu masak sendiri. Salut deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah hihihiiiii....tapi dibantu keluarga mertua sih mb sulis

      Hapus
  32. brownies blueberrynya menggoda.

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...