Jumat, 11 Desember 2015

Lebih Suka Dikomen di Blog Ketimbang di Facebook






Aku ini orangnya ga terlalu ingin ‘tampil’ di facebook. Beneran. Makanya jarang banget kan liat aku kasih like atau komen kalau ga di status teman atau saudara yang deket-deket banget. 


Kenapa? Karena bagiku facebook itu cakupan pemirsanya lebih luas. Lebih beragam, dari yang profesi A B C, umur D E F, sampai yang status G H I. Belom lagi preferensi minatnya yang beda-beda. Ga semuanya doyan nulis sejarah hidupnya sendiri kayak kami as a personal blogger


Meme created by Gustyanita Pratiwi





Salah-salah, kalo nampang atau pas kebetulan update status tentang sesuatu (misalnya reportase jalan-jalan berdua dengan suami (yaiyalah secara belum ada buntut) yang niatnya buat promoin blog), lalu kebetulan si X baca (padahal doi statusnya kurang piknik atau bisa dibilang baperan), ya tamatlah sudah. Bisa jadi langsung dicap pamer, penganut gaya hidup hedon, terlalu lebay, ga ngeliat dia kerepotan momong anak, masih singgel, dan sebagainya-dan sebagainya. Tindakan selanjutnya kemudian diperjelas dengan rajin mengcapture meme berisi sindiran. Rempong yeay ???!!!

Terlebih lagi, aku sedang mengalami masa peralihan dari yang tadinya Working Wife (asyeg bikin istilah baru) menjadi Stay at Home Wife... jadi berasa takut gimanaaaa gitu...kalau misal ada yang mbatin...eh la pantesan dia fesbukan mulu...la wong sekarang jadi IRT. Huhu...syedih amat yak.. PADAHAL PADA GA TAU AJA, KAMI INI SEBAGAI IRT KERJAANNYA BANYAK...GA ADA HABIS-HABISNYA.
Itulah budaya nyosmed.

Ihik.

Nah, beda cerita kalau tujuannya adalah menggunakan facebook sebagai media untuk meworo-worokan hasil tulisan kita di blog. Itupun dengan sedikit tengak-tengok siapa saja yang sedang online. Hahaha...Biar tepat sasaran gitu. Kalau sesama blogger lagi banyakan online, ya setor promosi. Kalau ga, ya mending urung sekalian. Sekali lagi, cuma karena males dibatin tadi. Huhuhu..

Padahal teman-teman yang rajin naikin DA, Alexa Rank, atau apalah apalah itu lewat facebook tetep anteng-anteng aja tuh unjuk gigi di dunia yang katanya bernama Maya ini. Apalagi pas statusnya banjir komen.  Yang isinya menuai pro dan kontra. Wih...bisa panjang kali lebar kali tinggi (itu mah rumus balok atu) dan nongkrong lama di pejwan. Hihi... Iya sih, beda kepala, beda pula isi pemikiran. Aku??? Teteup ga terlalu suka kelihatan ‘tampil’ di facebook.

Mengenai komentar juga. 

Kan biasanya ada tuh yang komen di kotak komen facebook pas kita lagi promo blog...nah itu juga sebenarnya aku ga gitu antusias dan sewelkam pas dia bersedia meluangkan waktunya untuk komen di kotak komen blog (MAAF YA). Karena apa? Namanya juga sudah ada wadahnya sendiri....tulisannya kan ada di blog, ya sebaiknya........(kalau aku tapiiiiih......), lebih enak dan nyaman dikomen di blognya juga. Habis kalau di facebook ga tahan lama. Suka ketutup ama status-status baru. Lama-kelamaan ketilep juga. Kalau di blog kan bakal kekal abadi. Udah gitu bisa dibaca-baca lagi. Bisa bikin senyam-senyum lagi, oh aku merasa diperhatikan ya...banyak yang nyediain waktu buat sekedar komen. Bikin semangat nulis yang lebih baik juga pastinya. Segitu dahsyatnya efek komen, warbyasaaaak..

Intinya, jika ingin komen, aku akan sangat senang n happy kalau tarohnya di kotak komen blog......

Gitu sih...

Kalau kalian sendiri punya pendapat kayak mana teman-teman?



Blogwalkingnya aku rapel yaaahhhh (sambil nyicil) 
 atu-atu...
Balesin komennya juga ntar abiz bw...hhaiihaii

 

110 komentar:

  1. aku dikomenin di mana aja okeh2 aja (ciiiih, gampangan banget...hihihihi). Kdg2 yg di komen di Fb itu buat jadi bahan postingan di blog :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii....iyak mb ria, kalau aku lebih suka hawa blogsphere sejauh ini...karena saling memberi motifasi..Kalo difesbuk kayak numapang baca judul thok soalnya...hmm..

      Hapus
    2. bener emang cuma kayak judul.

      Hapus
    3. Takutnya gitu cuma baca judul..hmmm

      Hapus
  2. Ak sbg reader (bkn blogger) 'terbiasa' komen d lama pesbuk. Berhubung permintaannya minta dikomen d blog y skrg kukomen di blog. Anyway, tulisan yg bgus, other preference ")

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh afdhol main ke sini, jadi malu aku..makasih ya dah mampir n meluangkan waktu untuk tulisanku yang acak adut ini ahhahah

      Hapus
  3. setuju... klo komen di blog rasanya lbh abadi :D

    BalasHapus
  4. aku suka semua..kan aku anak socmed..heheh. buat dokumentasi emang paling enak di blog,,tapi promonya mah aku ke FB, Twitter, Path (kadang), pinterest, G+, instagram, tumblr...Line..fiuhh...hahha.
    soal dinyinyirin kayaknya udah rada kebal. wes biasaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tjie anak sosmed komen tjieee...
      ah aku mah anaknya ga mudengan In...twitter aja ga ngerti cara makenya gimana, instagram baru bikin kemaen, selain itu ga ngertiiii
      aku lebih suka promo di gugle pleus sekarang...lebih menjaring pemirsa lebih tepat sasaran...
      dinyinyirin itu bikin sepet...makanya aku mending abis promo langsung close tab

      Hapus
  5. saya biasanya suka kasih like pada status teman-teman blogger yang diposting di grup dan biasanya yang saya like itu pasti saya kunjungi & beri komen pada blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, ini yang aku suka...abis dilike ya sebisa mungkin dikomen..klo dilike doang aku berasa diphp..hahahaiii
      kiss buat mb ira

      Hapus
  6. Hihi...semakin kesini...semakin banyak yang baperan ya...apa2 di komenin, apa2 di omongin...hadeuh
    kalo aku cuek wae lah...yang penting kita nggak menyakiti siapa2, nggak nyalahi siapa2...oke..oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem...iyak...tapi biasanya kena generalisasi judgmental mb ika..hihii (apa pula ini istilahnya, wkwkwk)

      Hapus
  7. jadi inget sama fb ku dan aku juga lupa kapan terahir buka fb.

    sependapat mba nit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Di, fb kadang bikin hati cenat cenut kayak ketusuk paku...banyak oorang rempong yang suka nyinyir

      Hapus
  8. Iya yah sekarang kalau ada yang komen di fb rasanya males banget etapi tergantung komennya juga sih kalau penting ya bales kalau nggak ya baca aja #dikitsadis hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yang penting ada related postnya gituu sama artikel yang kita share..kan biasanya kita main trik, bikin judul yang beda ama isi postingan gitu kan?

      Hapus
  9. Aku malah nggak pernah promosi blog di Facebook, Mbak Nit. Soalnya kakak-kakakku masih main Facebook, dan aku nggak mau mereka sampe tau kelakuanku di blog. Hahahaha.

    Aku promosinya di twitter sih. Dan ya, aku sependapat sama Mbak Nit. Tapi biar nggak dikomen juga nggak papa, ada yang mau baca aja udah syukur. Hehe. Asal jangan kakak-kakakku aja yang baca. Lah komenku kenapa jadi ngenes gini ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau chaaa, tau alesannya kenapah ahhahaha

      di twitter, aku followernya dikit soale, nda aktif juga di situh

      kakak kakak icha tipe alim soalnya ya hahhahaha

      Hapus
  10. Aku juha kalo liat temen posting tulisan blog di Facebook, lebih seneng komen di blognya. Kecuali kalo: blognya susah dibuka di HP, susah dikomenin. Hiks, soalnya hari2 megang HP. Jarang buka laptop kecuali ngerjain tugas sekolah. Ngeblog juha pake HP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kecuali dalam keadaan super duper genting...kalo yang ga bewe balik menurut mb gimana? atau yang ga ngebalesin komen? hehehehh

      Hapus
  11. aku ga pernah lg nulis status fb. Fb isinya buat tebar link doang or postingan otomatis dr instagram. maklum, pencitraan. bnyk temen mulai dr temen masa kecil, temennya suami, sampe temennya kedua ortu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. akooh juga sama mb ina,, aku banyak pencitraan doang kok wkwkkw

      Hapus
  12. haaaiii, main sini kalau sudah jadi IRT, hihiiiii...pantesan gak pernah nongol di Facebook, sukanya di sini tow, hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaakkk hihii, di pesbuk banyak yang ga sepaham hihihi..atut akuuh

      Hapus
  13. komen di blog lebih asyik mbak Nit, lebih tepat sasaran...

    * sama dengan mbak Ira, kalau di FB like aja post teman tapi tetap saya BW-in dan komen-in... (waa.. bahasanya jadi mirip-mirip sama yang punya blog ni... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, di blog lebih bisa nulis panjang juga tanpa dikepoin orang asing hihii

      nah, kalo dilike terus dikomen, itu aku baru suka...double kiss buat mb anjar..:D

      Hapus
  14. Bikin kolom name dan url dong, biar komennya lebih enak lagi, karena kalau ngandelin account google, dari smartphone suka lemot:) Ini aku saja komen dari web/laptop.
    Sering baca postinganmu tapi jarang komen karena nggak ada fasilitas name/url :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh tersanjung bagian 10 ini aku dikomen makpuh KEB, sungkem hihii

      aku belum tahu cara bikin name url gitu makpuh...ntar deh tapa dulu cari tutorialnya

      Hapus
  15. hahaa iya mba. Kalo di fb kadang banyak yang salah paham. Posting tentang A, eh yang lain tanggapannya malah B.
    Kalo di blog kan enak, bisa sharing tulisan.
    Pokoknya bener deh mba, lebih rileks nulis dan komen di blog. Bisa saling tau cerita dari masing2 blogger. Tukar pikiran, saling kasih saran.

    Wkakaa iya iya mba. Dirapel aja bw nya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, multi perception jadinyah, males juga neranginnya...capek..
      Hayati lelah ahahahhahahha

      iya, sesama blogger itu biasanya lebih wise dalam menyikapi artikel, kecuali apes dapat pembaca yang cuek

      Hapus
  16. OWalah, jadi ceritanya gak suka promot blognya di dikomentarin di FB. Buat gue sendiri, ya fine aja, deh. Kadang gini, mereka berkomentar bisa secara cepat di FB (mereka punya akun) dan bahkan pembaca gue juga banyak yang gak koment, karena itu tadi. Mereka gak tau caranya, akhirnya mereka berkomentar di FB. Gue sih, fine aja. Asal gak nyelewang sama judul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih u...cuma kadar kepuasannya tentu beda ama yang komen pada tempatnya...

      klo yang ga punya akun, hmmmm sayang banget, biasanya cuma kasih like...
      akuuh sukanya dikomen, ga sekedar dilike *ngotot *minta ditabok

      Hapus
  17. Aku malah gak suka kalo promosi blog di fb (kalau di grup sih suka, sering malah) biarbeberapa orang aja yang tau kalo aku punya blog. Sebenarnya banyak temenku yang tau tapi gak pernah buka, nah kalo mereka tau terus buka kebongkar semua dong.

    Btw itu kursina sama kayak di rumahku, beneran cuma kakinya sudah dicat biar gak karatan sama alasnya sudah robek-robek gara-gara sering didudukin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mending di grup biar tepat sasaran..tapi kudu di jam yang tepat biar banyak yang klik...
      anjirrr ni anak matanya awas juga ya sama benda-benda yang memalukan gini hahah..iya karaten itu, maklum korsi tua cuy..

      Hapus
  18. Udah kebal hahahaaa.... Jadi blogger harus tabah okey *pukpuk

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. huum teh, pengen say goodbye, tapi masih butuh...

      Hapus
  20. Aku pas lagi gak ada kerjaan aja baru nongkrongin fb. Itupun kalo komen ke temen2 aja. Utk wall sendiri jd tempat nitip link blog, artikel n cuap2 jugalah kdg2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaa...kita sehati berarti ..hihi
      paling aku jadi silent reader doang abis promo (biasanya gitu)

      Hapus
  21. aku mah dimana aja..kalau perlu tak jawab ya tak jawab kalau nggak ya gpp *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh ka echa...sesuai kenyamanan memang

      Hapus
  22. aku mau nyapa dulu sebentar, belum sempet bw. Senin aku rapel ya

    BalasHapus
  23. wah perdebatan kucingnya seru ya mbak, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas tiap mampir ke sini kok salam kenal ya? perasaan dah sering mampir, hahahha
      iya kucingnya memang bakal jadi pakar sosmed ini mah

      Hapus
  24. hehehehe....kucingnya pada uptodate bangeeet tuh..selalu ikutan timelinenya FB yaaah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucing masa kini sejati mb indah ...;D

      Hapus
  25. Kalo saya, blog ya buat majang tulisannya panjang.
    Kalo fb buat status2 yang diharapkan tidak menuai controversial, yg pastinya lebih pendeklah drpd postingan di blog. Tapi aku jg jarang posting di fb, kecuali promo link blog buat lomba wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..kalo terkadang nulis status gapapa sih,...tapi kalau keseringan aku jadi suka nyesel sendiri ..eh kenapa aku sering banget up date status, gitu hahahha...(labil memang )

      Hapus
  26. aku dimana aja boleh mbak, di hatimu jg bisa *gombyalpret. tp memang kalok dikomenin di blog tuh rasanya seneng bgd,
    'yeayyy..blog aku rameeee'...

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah isi aja hatiku mb indaa...isi...hahahaii

      Hapus
  27. Saya juga jarang update di pesbuk mba... soalnya disana banyak sodara dan temen deket, paling cuma ngeshare apa aja yang perlu di share. bener juga tuh, ngepost di pesbuk, nanti takut banyak yang baper....agak sedikit bosen juga sih main FB, mending ngeblog, walau ngga ada ide, tapi bisa mampir liat info dari men temen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha iya, malesnya kalo ketahuan ma temen deket n keluarga, misal pas lagi nulis alay..curhat gitu hihihi

      Bagian menyebalkan dari fb adalah, sekarang di sana banyak yang statusnya sindir menyindir, entah itu tentang ibu bekerja vs ibu tidak bekerja, pikik dan kurang piknik, lomba blog lalala..banyak yang menjadikannya perang..dan aku ga mau dikenal karena statement yang negatif sih..

      Hapus
  28. Sabar Mba, "penghakiman" di media sosial emang bisa luar biasa banget menohoknya hehe. Yang penting niatnya baik, untuk promoin blog. Selebihnya... fokusin pikiran ke blog aja, toh di blog ketemu sama orang-orang yang sepaham, yang emang tahu bahwa blog itu digunakan untuk sharing sesuatu yang personal dan dirangkai dengan bahasa yang kreatif :-)

    Saya punya FB tapi jarang banget di-update hehe (kurang suka juga "tampil" di Facebook). Promosi blog lebih banyak lewat Twitter atau Google Plus (belom merambah ke media sosial lain). Yup, segitu dahsyatnya emang sebuah komentar berpengaruh ke kita ya, si empunya blog, bisa bikin kepercayaan diri meningkat dan makin semangat untuk terus nulis :D

    Oke sip, comment ini saya taro di kolom comment blog ya (as usual), siapa tahu bisa Mba Nita baca-baca lagi, termasuk comment blogger yang lain juga hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bay...kadang karena ingin menjelaskan kehidupan si X ini lebih baik, lebih ideal, makanya golongan ini sering ngeshare cuplikan ceramah-ceramah macam Tere Liyelah, atau siapa gitu...atau bikin meme berisi sindiran, kan males banget...
      FB kok isinya negatif thinking mlulu ahhahaiii

      Aku juga sama, sukanya promo di gugle pleus, lebih banyak menarik pembaca soalnya

      Siipppp, thengs ya Bay..:D

      Hapus
  29. Samaan Mbak. Gue juga seneng aja kalo dapet komen di blog. Makanya gue rajin blogwalking buat komen. Selain nambah pengetahuan, nambah orang seneng juga yg ketiban komenan gue. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaakk, di blog lebih kerasa feelnya, klo urusan komen mengomen, apalagi kalo komennya berbobot..

      Hapus
  30. Dulu sih sering posting status di FB, jaman-jaman masih jadi mahasiswa galau. Sekarang lebih seneng di blog dan di komentar di blog dong pastinya hihihi. Kadang kalau postingan blog di share ke FB suka ada yang komen di link sharenya dan komennya suka gak nyambung. Terus belum dibaca udah nanya duluan. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu lagi, kucingnya lucu tuh ekspresinya hahaha

      Hapus
    2. hahah sama fasenya Lang...aku sering update juga pas jaman mahasiswa alay..maklum kan jaman itu fb baru muncul (duh ketahuan tuanya akuuh)

      iyaakk bukannya ngomenin tulisan kita, malah curhat gitu atau tanya tanya sesuatu yang dah ada di postingan huhuhu

      Hapus
    3. eh lupa ketinggalan, kucingnya itu bakat jadi artis sinetron kaaahhnd?

      Hapus
  31. Saaaammaaaa. Aku juga lebih suka di blog daripada FB. Gak nyaman aja kalo komentarnya di FB, makanya sekarang membatasi nulis status di FB. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, komen komenan di fb kadang bikin aku ngerasa dibatin, ih ni anak kok fban mulu ya, hahahha gitcuuuu mb nisa..

      Hapus
  32. aku dimana aja oke dehhh.. kan mungkin temen yg komen di fb itu yg gak punya blog atau akun google heheh,, tapi emang lebih suka di blog sih,, lebih mantebb kwwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, tapi kadang risih juga soalnya kalo sahut sahutan, tar kepasang di timeline nya lama, terus jadi banyak yang kepo, terus ngebatin kehidupan kita yu...aku malesnya gitu hahahai

      Hapus
  33. aku sendiri sekarangt malah jarang buka facebook, menurutku banyak orang aneh disana, aku lebih suka ngeblog, tapi sepertinya agak jarang sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...ada beberapa oknum menyebalkan di sana hahahah

      Hapus
  34. iya... sebenernya sedih gitu kalau pada komennya di fb hahahhaa... terus blognya jadi terlihat seakan-akan berdebu dan penuh laba-laba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan, emon ngerasa gitu juga, hihii iya..... samaa

      Hapus
  35. Kalau blognya banyak yg komen tu kesanya rame banget walaupun pv/ harinya gak seberapa.. Tapi asyik kalau yg komen itu berisi gak cuma thnx info, nice share, nyimak dll. Kadang sebel sih... Hehehe
    Kadang nyampah juga di fb dan kalau isi blognya dibaca temen sendiri agak malu sih daripada dibaca orang lain yg gak dikenal. wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa...aku juga sih...pejview masih bisa diitung dengan jari..tapi kalau ada interaksinya kok ya bikin semangat nulis ya mas eksa..
      iyaaa kalo dibaca temen yang dikenal kadang bikin salting...ini malu maluin ga ya kira-kira? hahaha

      Hapus
  36. saya jarang maen FB paling cuma buat share postingan ,,, itupun di grup blogger doank,,,, kalaupun ada yang komentar ora tak ambil hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa...pengennya di grup aja, tapi kadang nyebar di postingan juga biar menjaring klik gitu aku mas irwin

      Hapus
    2. biar banyak pengunjung yah,,, hahahaha banyak cara ko tuk dapat pengunjung :p

      Hapus
  37. mbak, ukuran font ini 11 ya ? besarin dikit dong mataku perih T.T

    aku suka kirim link postingan terbaru di blog mbak, tapi kapok, ga ada yg like atau komentar haha. FB mah enaknya dipake maen game deh kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda benar...
      makasih erd atas sarannya..

      tapi klo kegedean kok agak ga enak dilihat ya, ukuran hurufnya?
      iyaa, di fb mah ga ada yang komen membangun kalo nitip link blog...cuma dibaca judul doang kebanyakan. Ngenesnya paling dilike...aku pengennya selain dilike ya diklik biar pejview nambah :D kebanyakan mau aku anaknyaaaa hahahaha

      Hapus
    2. ya kalau bisa sih haha.

      iya bener mbak aku juga gitu, dilike doang kayaknya. dibaca mah engga -_-
      ya banyak mau nya juga enak, kan ada suami :v

      Hapus
    3. iya, rada gemes juga sih...masa dilike doang, kan kita kita pengen dikomenin juga yes hahahahii

      Hapus
  38. Waah.. Ramainya di sini...
    Mbaaaa... Semangat ah.

    Aku masih eksis nih di fb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah mirip pasar blom mbak Citra?
      Smangaaatttt

      Aku cuma buat promo blog, habis itu close tab seringnya...

      Hapus
  39. Saya suka dengan gambar meme-nya... hehe :D
    Sangat kreatif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya, ini sederhana banget padahal..

      Hapus
  40. Woah kucing-kucingnya lucu, mirip kucing aku yang namanya Nala. Itu nama kucingnya siapa, mbak? kirim salam ya ke mereka~

    Aku sekarang males buka fb, males update status apalagi ngoment di status orang wkwkw, lebih nyaman di blog ya mbak. Biasanya di fb kalo terus-terusan update status (apalagi pas satnite) bakal di katain jones. Aihh, mendingan di blog,bisa langsung menuangkan resah gelisah dalam satu tulisan huehue :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya (dari kiri atas ke kanan bawah) : Coki, Bundel, Srunthul, dan Nining...keren kan?
      Iyaaakkk, aku buka fb kebanyakan buat promo blog aja....
      kalo buat status malesss, tar semua orang tau kehidupanku lagi, wakakaka geer mode on

      Hapus
  41. Saya juga gitu mbah lebis sering kunjungin blog ketimbang fb , saya rasa lebih familiyar komen di blog ya...karna kalau diblog itu lebih kebanyakan memuat informasi dan seputar tips...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MBAHHH ????

      (masi percaya kok ini cuma typo wkwwk)
      iyak, setuju lah sama panjenengan

      Hapus
  42. Ini kayak aku deh. Huehehe. Aku sih bukan karena nggak mau komen di blog, masalahnya, kadang buka link dari hp. Kalau yang blogspot nggak bisa dikomen langsung. Kalau yang wordpress masih lebih gampang. Daripada nggak komen (soalnya udah baca, biasanya cepet lupa), aku komen di fb. Kalau inget sih aku komen juga di blog. Makanya aku juga nggak masalah kalau ada yg komen di fb Itung-itung ngasih tau kalau udah datang. Hehe. No offense loh, ya. ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaakkkk no prooblemoo, yang penting di blognya jugah adaaa..hihihiii...(anaknya memang banyak mau akuuhhh)

      komen mengomen kadang jadi isu seksi juga ya di kancah blogger :)))

      Hapus
  43. 90 komentar:
    + saya jadi = 91

    aiiiih, banyak bener yang komen
    ga salah nih kalo temen2 julukin mbak tya sebagai salah satu seleb blogger 2015

    eh ada penghargaannya ga sih?
    kalo ada saya mau ajuin mbak tya salah satunya nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahhahah...ini mah terlalu memujiii

      ga kok belom apa apa ini mah, kontennya aja masih acak adut...wkwkkwk
      beda dengan tulisanmu mas irul sudah berbobot, kelas penulis pro

      Hapus
  44. aku sih semuanya tp alhamdulilah belum ada komen yg menyebalkan atau apalah yg ditakutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiiii, komen yang menyebalkan itu klo menurutku yang ga baca artikel dah maen komen mb Tira, hihii

      Hapus
  45. jarang facebook an dan menurut saya usernya beda karakter juga..
    kalau di blog komentar2nya lebih intelek...*mentang2 komentar nih* salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, setujuhhhh
      FB cuma buat promo aja si sejauh ini, malesss....lama lama
      iya komentator di blog ga banyak ga nyambungnya yaa

      Hapus
  46. Kayaknya aku pernah komen...
    tapi kok ilang yah?

    apa waktu itu belum kepencet publish....
    lah... auk ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan aku lo yu yang ngapus...soalnya paling yang takhapus link hidup doang

      iyakk pasti itu, belom kepencet publish atau jaringan lola

      Hapus
  47. Gue bahkan sudah hampir nggak pernah buka pesbuk. Gak tahu kenapa udah males aja. Pernah promosi ke pesbuk, dibaca temen SMP, eh dia langsung komentar yang enggak-enggak di-chat. Bilang cerita gitu aja ditulis. :')

    Lebih enak promosi blog di Twitter sekarang, sih. Orang-orangnya lebih jelas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kaannnn
      yoih yog, komentar di promo blog fesbuk malah dikomen yang bukan sesuai isi artikel....hadeuuhhh

      klo twitter kebetulan aku jarang buka, beda email, males bukaa

      Hapus
  48. Wow. Banyak amat yg komen. Seleb blog nih..

    BalasHapus
  49. kalo saya sudah gak punya akun FB mbak, pernah sih tapi dihapus karena sering ditandai status gak bener, pernah juga dapet pesan gituan (tau sendiri lah...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di fb ga sukanya banyak orang nyinyir mas haha

      Hapus
  50. saya mending fokus nge-blog aja mbak, di fb juga lodingnya alot

    BalasHapus
  51. Fb sudah lumutan mungkin gak pernah dibuka hehe
    nyaman di blog juga komennya

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...