Selasa, 29 Desember 2015

Review RM Galuga, Bogor






Menepati janjiku buat posting makan malam waktu singgah ke Bogor beberapa bulan lalu *keliatan banget malas ngapdet ni anak*, berikut pengalamanku icip-icip kuliner di Galuga.

Sebenarnya, ke Galuga ini ga ada dalam agenda awal jalan-jalan. Maklumlah, sudah keburu ngacir ke pinggiran Bogor karena keasyikan nostalgia di kampus IPB, alumni tercinta. Ketimbang musti balik lagi ke kota (yang notabene banyak tempat makan namun dihantui oleh kemacetan plus kudeta dari cacing-cacing kami), akhirnya kami memilih untuk mengefisienkan waktu dengan mencari alternatif makan di deket-deket situ.

Sekitar magrib kami tiba di tempat. Cukup melelahkan juga hunting tempat makan kalau sudah jam-jam begini, jam-jam nyamuk pada dines malam #mulai frustasi. 


Otak otak bakar yang maknyus poolll



Begitu napakin kaki ke salah satu saung (dengan model lesehan), serta-merta mas-mas pelayan berbaju ijo-ijo pun datang membawakan buku menu. Akupun seperti biasa cukup lemot dalam hal memilih. Karena gemes, Tamas jadi ambil alih duluan. Dia pesen ayam. Ayamnya yang 1 ekor lagi. Hooh. 1 ekor ayam kampung. GEDE. 324r7555776542 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons  Ckckkckc....(hati ini sudah feeling, klo porsi kayak gitu ngalamat ga bisa masuk ke perut kami yang sispact  lambungnya kecil ini). Yah, apa boleh buat, karena yang potongan biasanya masuk ke menu paket. Dan paket, seperti biasa pasti rasanya jauh dari kata istimewa. Kebanyakan sih gitu #kemudian berspekulasi.


Satu ekor ayam kampung

2 macam sambel cetar ini sudah tersedia di meja


Oh ya, ayam yang Tamas pesan bentuknya dipanggang. Catat ya, dipanggang ! Bukan dibakar. Aku ga mau tau kalau nantinya kayak rasa ayam oven, hahahhaha... Padahal kami senengnya yang model bakar madu. Sebenarnya menu favorit di sini adalah ikan-ikanan, tapi berhubung aku ga suka ikan (walau dirayu sampe pake rayuan maut pun), tetep rasanya lidah ga bisa sahabatan sama ikan. Nasibmu ikan... #pukpuk.324r75557765421 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons

Sementara itu aku pesan menu lainnya kayak sayur kangkung, jus wortel, dan es lidah buaya. Adapun menu intermezonya ada otak-otak bakar yang bikin kami khilap ngambil lagi dan lagi....huhuu, pintar banget nyediain menu kayak gini karena ga bakal diacuhin sama pelanggan sih. Sambal kacangnya juga nyus banget. Kami juga disuguhi teh tawar gratis di awal booking makanan.

gratisan teh tawar n kobokan *yekali..kobokan juga dimasukin

Sembari menunggu masakan diracik, aku ijin sholat magrib dan menuju ke belakang. Kujelajahi seluruh pandangku untuk menilai keadaan resto. Aku merasa Galuga 7 tahun lalu (jamannya aku masih unyuk-unyuk pacaran), dengan Galuga yang sekarang cukup berbeda jauh. Space untuk sholatnya dibikin cukup luas dengan persediaan mukena yang wangi-wangi. Alhamdulilah, hal ini sangat membantu para pelancong sepertiku yang sering kelupaan membawa mukena. Area lain lebih dimanfaatkan untuk pembiakan ikan-ikan air tawar, yang tentu saja menjadi menu andalan dari  resto bernafaskan Sunda ini. Ikannya gede-gede boook. Makmur kayaknya dipiara di kolam-kolam yang terbilang cukup banyak itu. 

 Duh sayang ku tidak sempat foto-foto kolamnya *kemudian galau.

Parkirannya luas, sukaaaa deh
di kasir ada foto ini, lucu ya...semacam pendirinya mungkin


Selepas sholat, aku pun kembali ke saung. Beberapa menu sudah nampak di meja. Sambil menunggu lengkap, giliran Tamas yang kemudian kusurung sholat.




****

Oke sekarang gilirannya riview. Catat baik-baik ya Anton Egonya Rattatoile mau ngomong !
Masalah rasa sebenarnya standar ya. Ya seperti resto Sunda pada umumnya. Ayam panggang yang kami pesan kebetulan rada melenceng dari ekspektasi Tamas (tapi sesuai dengan firasatku). Dominasi rasa agak asam (mungkin pake tambahan air asem jawa kalik ya). Dan manisnya kurang lebih hanya tercecap sekitar 30%. 


Tumis kangkung
Eitt itu yang lebar-lebar daun mint lho...


Tumis kangkung juga agak kaku. Mungkin karena stok hari itu tinggal yang tua-tua kali ya. Tapi lumayanlah, ada sayur-sayurnya, setidaknya niat ingsun diet ga gagal-gagal amat. Eh satu lagi, lalapannya juga seger-seger dan variatif ding. Soalnya aku baru tahu kalo ada daun mint-nya juga selain mentimun dan juga kemangi yang sudah mainstream.


Aku yang orens, Tamas yang putih...icik kiwiiir


Yang paling pas sepertinya minumannya ya. Kebetulan aku memang suka jus wortel karena cukup ngebantu mata ini agar agak segeran setelah cukup lama berjibaku dengan layar leptop. 

Es lidah buayanya Tamas juga cespleng...(ini hasil ngrampok). Tapi habis itu langsung kenyang dalam satu waktu setelah 2 potong paha ayam masih tersisa  di piring dan meninggalkan lirikan yang tersirat *ABISIN TAMAS !!*. 324r75557765434 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons  Hahahahha... 

Lalu dengan ekspresi mirip beby kurang kasih sayang, akhirnya doi terpaksa memotek suwir demi suir daging ayam ke dalam mulut. Semangat anti mubazir dunk yaaaa.....

RM Galuga, Bogor

Jl. Raya Dramaga, Bogor Bar, Kota Bogor, Jawa Barat 16116, Indonesia
Phone:+62 251 8624288
Jam buka: jam 10.00 – 22.00 Harga: Rp 5.000 – Rp 155.000


Blogwalking dan balesin komennya dirapel besok yaaaa kawannnn *sungkem atu atu

144 komentar:

  1. Sambelnyaaaa... bikin mupeng nih, Mba Nita

    BalasHapus
    Balasan
    1. antaaabbb ya mb citra, dicocol cocol ke nasi fanasss nyuumm

      Hapus
  2. Kudeta dari cacing-cacing termasuk salah satu faktor yang akhirnya membuahkan review kuliner ya Mba, mantap lho hehe.

    Aih, ayam kampung. Satu ekor pula :p
    Wah, Mba Nita ngga suka ikan? Saya mah suka banget makan ikan, menu wajib hampir setiap hari hehe. Otak-otak bakar untuk menu intermezo kedengerannya oke banget tuh, jadi pengen nyobain. Kebalikannya Mba, saya malah kurang suka jus wortel (fix, mata ini udah minus sekian sekian :p).

    Semangat anti mubazir, soalnya sayang ya makanan disia-siakan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah kedenger serem ga bay bahasanya?
      iya satu ekor, huhuuuu

      padahal ikan bergizi tinggi ya, aku sukanya yang ga bau tanah Bay...tapi klo seafood si sikaatt
      otak otak tu kayak nugget ya ternyata

      hahah iya bay...pulang pulang aku bungkus juga itu paha (ayam)

      Hapus
  3. Ebuset satu ayam kampung dipesen... Edyan, perut apa karet itu? Ngoahahahaha....

    Sambelnya yang ijo kayaknya enak yaa :)) dicocolin ke suwiran ayam tambah recomended deh...

    Huehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan perut manusia karet kayak di one piece itu lo hahhahaha

      iya, sambelnya berminyak tapi itulah letak guri guri nyoinya

      Hapus
  4. baru ja kemarin main ke bogor..tpi g sempat jalan2... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh besok besok jangan lupa mampir Kang :D

      Hapus
  5. Kesimpulannya..enak yang bakar madu apa panggang mbak..,? Seekor habis buat berdua? *gembul tenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakarr maduuuuu...lebih kerasa manisnyaaa
      *gembul tenan*

      Hapus
  6. seekor habis berdua kereen wan pis, gembul tenan.
    wooww nyami banget.
    pagi pagi baca kulineran, makanane nyammi jadi pingin makan nasi goreng.
    mba nit alumni IPB to, kalo begitu gak sama kita.
    *wooyy dii komentmu ngelinglung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gembul sekaleehh hahaha

      iya, la kowe alumni mana nih?

      Hapus
  7. Sering lewat tapi ga tertarik..hahaha. Ohh gitu tho dalemnya :-)

    BalasHapus
  8. ya ampun pagi-pagi BW kok disuguji makanan hehehe jadi laper. Aku suka semua ini apalagi otak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. otak otak yang langsung turun dari bakaran ya mb lid

      Hapus
  9. Kalau ayam sudah biasa ya mbak Nita, tapi otak-otaknya itu yang bikin ngeces..alias pengin nyoba juga... :)

    BalasHapus
  10. serem banget ada otak bakar, otak siapa yg dibakar tuh?

    BalasHapus
  11. Otak otak tuh makanan kesukaan anak bungsuku nih. Pasti dia suka diajak kesini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya camilan yang ga bikin kenyang dan pingin nambah

      Hapus
  12. Ya ampun, ayam kampungnya kayaknya enak tuh.

    Baca tulisan pas pagi gini jadi laper padahal barusan sarapan. Huft..

    BalasHapus
  13. hi hi jadi ngiler....jadi pengen ke Bogor

    BalasHapus
  14. omigoooooshh.. mampir dimare saat perut sedang heboh2nya minta penurunan sembako, mmg racuun. ngileeerrr.. apalagi sambal cetar sama tumis kangkungnya. sluuuurrrrrppp..

    BalasHapus
  15. Uuuuwww~ Makan ayam kampung gede berdua. So sweet~

    Otak-otak itu gimana rasanya sih, Mbak Nit? Aku belum pernah coba loh.

    Hmm. Kenapa nggak suka makan ikan, Mbak Nit? Semua jenis ikan kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah, ga juga cha, kami makan ala kuli ginih wkwkwkw

      kayak pempek deh menurutku, ikan gitu cha..tapi dah diolah sama tepung tepungan

      ikan....hmmmm mungkin aku ga doyan karena rasanya amis..huhu

      Hapus
  16. padahal minta dibungkus aja sisanya :D

    BalasHapus
  17. waaah sumpah ini lidah berair. ngiler liat makanan nya haha. kapan kapan maen deh kesitu :D

    BalasHapus
  18. otak-otak sama sambel kacangnya tuh yang bikin gue ngiler, tamas ? berati cuci muka mbak haha.
    sorry euy mbak gue baru mampir lagi kesini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahhhh kemana wae ni baru muncul? ayo ramaikan lagi blogsphere

      Hapus
    2. Kerenn...aku juga pingin nyemplung ke perikanan nih

      Hapus
  19. wah ayam panggangnya kayaknya enak banget y mbak...good job u reviewnya keren

    BalasHapus
  20. Jauh dr tmpat tinggal, gk da harapan kesana kayaknya...
    Mringis...
    Tp ayamnya bikin iler tak trkontrol. Heheehh...

    Slm kenal, kunjungan balik nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih dah mampir, awas ntar jatuh ilernya wehehehe

      Hapus
  21. air kobokan enak tuh kayaknya...

    BalasHapus
  22. Alamak,,,, satu ekor ayam utuh itu kak Gembul? yakin itu bisa masuk semua.... Sini kalau nggak masuk, dibagi sama aku juga bisa,.. hahahah (ngarep)

    BalasHapus
  23. ga nahan liat ayam dan tumis kangkungnya, laper deh

    BalasHapus
  24. Mata saya cuma tertuju sama otak-otak. Tapi kalau di sini otak-otak cuma gede daonnya, isinya sekelingking Hobbit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tum tuman daun pisangnya sungguh kedjam :(

      Hapus
  25. Ayam kampungnya bikin ngiler :-D

    BalasHapus
  26. Galuga di 7 tahun yg lalu jaman mba NIta masih pacaran unyu-unyu. Hahahaa lucu bacanya mba. Bayangin mba Nitanya lucu. Gemes pasti. Wkwkw

    Konsepnya sederhana ya mba. Santai, makanannya juga bikin perut meronta-ronta. Huhuuu
    Bhahahaa hasil minuman lidah buaya hasil ngerampok juga di tulis. Hahahaa yaoloh mbaa :'D

    Kirim kirim ke sini dong mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unyuk unyuk tanpa m fi depan y lan (kan gawat klo jadi munyuk)
      Iya bisa makan sambil angkat kaki (lho)
      Siniii lan, klo dikirim bisa basi wkwk

      Hapus
  27. jadi pengen es lidah buayanya juga mba.. hehhe

    BalasHapus
  28. Eh buset, komennya udah 60 aja!!!!
    Gokilll.
    Aku kalo seporsi segitu Kayanya habis deh :D *tutupmuka lalu makan*
    Eh aku baru tau daun mint ada di lalapan, emang enak?
    Kok Kayanya nyunda tapi agak kebarat2an gitu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gokieelll, berkat bw kok mb ratu hihii
      Hihii kok kita samaan yaak

      Iya aku juga takjub, e sda juga daun mint di piring lalapan, kupikir adanya buat perasa permen doang
      Ini sunda asli kayaknya deh hiiihi

      Hapus
  29. BTW akupun ga tau kenapa itu gambar paha yang muncul di g+ huahahaha. Akupun syok. Wakakaka

    BalasHapus
  30. Mba Nitaaaa itu otak otak panggang nyaaaa huaaa kiriminnnn

    BalasHapus
  31. ajib.. sambelnya, ditinggal dimeja,.. ama gw abis itu .. :D

    BalasHapus
  32. Ihh, daun mint-nya kalau dibikin minuman pasti seger semriwing tuh mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp minumnya mbil tutup idung ya mb, cz kayak jamu pasti

      Hapus
  33. Dari gue baca awal sampai akhir entah berapa kali gue nelen ludah.

    Kalau ikan gue juga cuman beberapa jenis ikan yang gue suka, dan itu pun doyan.hehehe apalagi kalau dibakar doyan banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh keren bisa demen ama ikan, pingin suka ikan tapi kadang jeleh gitu jiz...

      Hapus
  34. ayamnya ituloh yang bikin gue jadi mendadak laperss :'D

    BalasHapus
  35. Mmm, ayamnya sedap lezatt banget, bisa di cobain nih kalau mampir ke Bogor.

    BalasHapus
  36. agak sonoan dikit ada iitu rm aroma...murmer dan enak juga
    aku pernah kemari secara lama di dermaga --"
    btw jadi kangen bogor *elap air mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiikkk..ada rekomendasi rm baru..
      Hihiii iyo ka echaa,
      # sodorin tissue

      Hapus
  37. Haduh... bikin keroncongan... :D
    Saya mesti merapat kemana nih Mba :)

    BalasHapus
  38. sederhana cuy makanannya... sederhana tapi anggun. ayam goreng rasanya emang sulit untuk tidak menggoda. untung itu menunya ayam kampung... bukan ayam kam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa lu leh uga jev

      Aaaa ayam kam..a sudahlah

      Hapus
  39. Kesalahan buka postingan ini malam2 Mbak Nit, sambelnyaaa gak kukuhhh :'(

    BalasHapus
  40. gagal fokus gara" ayam bakar T.T

    BalasHapus
  41. ayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaammmm oh ayam bakar. :p

    BalasHapus
  42. Paling gak najan klo liat lalapan,,,bawaannya laparrrr aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti fix ni, maunya lalapannya aja ya?

      Hapus
  43. yeaaay semua yang dipoto kok sama persis dengan seleraku hehehe, ayam bakar, tumis kangkung. Nah itu cara foto kuliner biar cakep banget seperti itu gimana ya?Pake DSLR ato HP merek apa?*memborbadir dengan pertanyaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mb crish...ini camera digital biasa, yg pocket kok, ^______^

      Hapus
  44. Sebentar aku ijin mencerna dan memahami perbedaan panggang dan bakar itu dimana ya ? pada umumnya ayam bakar kalau ditempatku menyebutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panggang itu serasa dioven mas
      Klo bakar yg pake areng trus dikipas kipas

      Hapus
  45. tumis kangkung-nya bikin ngiler mbak :)
    eh sambelnya lagi, kebetulan sebagai urang sunda da saya mah ga ketinggalan sama sambel sama lada

    nanti deh kalo mau ke leuwiliang saya mampir lewat dramaga
    *makasiiih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata urang sunda ya, leuwiliang tempat siapa ni mas irul?

      Hapus
  46. Masya Allah.. ayamnya porsi bezar. gue yg suka makan daging ayam, kalo segitu mah jadi g minat

    BalasHapus
  47. otak-otak ya Allah udah lama banget gak makan itu. di semarang gada. apa ada tapi aku gak nemu yak. ayam pangganggnya segede gitu buat mbak nit semua? *sembah* *tepuk tangan*

    habis berapa tuh mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semarang adane tapi lumpia rebung ya tom, aku mslah jd ngiler lumpia nih

      Hapus
  48. pas lagi laper pas nemu giniaaa hadeee serasa makin laper hehehe

    BalasHapus
  49. Tumis Kangkung sama Ayam panggangnya bikin baper, ngiler. wkwk *-*

    BalasHapus
  50. Aku padahal sering main ke daerah situ loh mbak. Tapi nggak pernah mampir. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo skali kali mampir dek # malah aku promosi yak
      -________-"

      Hapus
  51. Wah ayamnya enak banget kelihatannya, Mbak..

    BalasHapus
  52. Ayamnya.. beuh!
    Tanggung jawab, mbak. Pengen, nih. Pengen makan ayam bakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayook menuju ke bogor nnggo...mumpung libur panjang ini

      Hapus
  53. Lapeeeerrrr...

    Sebutsajatius.blogspot.co.id

    BalasHapus
  54. itu pepes bener bener enak..klo ayam udah bosan hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dibungkus? Bukaaaan...bukan pepes

      Hapus
  55. mbk nit, pesenannya udh panjang bgd tuh, ada yg komen naksir otak2, ada yg ayam bakar, bahkan sambelnya pun ada yg mau jg...
    aku kebagian apanya donk...*lapiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana klo mb inda kejatah nasi sebakul???? >_____<

      Hapus
  56. senang kalau rumah makan ada mushola yang nyaman,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakk, itu bonus penilaian jadi tinggi ya mb astin :)

      Hapus
  57. Belum pernah nemu lalapan mint di madiun :)

    BalasHapus
  58. kebetulan sedang ke bogor... *datengi gak ya?* *datengi gak ya?* O_O

    BalasHapus
  59. Tempatnya keliatan sederhana ya tapi ternyata makanannya cukup menggugah selera hehe

    BalasHapus
  60. Dapet tempat makan yg ada mushollanya jadi aman ya, Mba.
    Wooo kangkunge atos? Tapi enak kan hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting lidahnya bisa adaptasi mb pit, hihi

      Hapus
  61. Mukenanya emang diciumin segala, Mbak? Tumben wangi. Hahaha. Gue biasanya minjem sarung aja apeknya bukan main. :(

    Yang terpenting itu, sih. Disediakan toilet atau musala, kecil juga gapapa. Yang penting ada. Soalnya gue pernah tuh, makan di mana lupa. Nggak ada musalanya. Ribet, kan. :(

    Gue lebih suka wortel disayur aja daripada dijus. Agak gimana gitu, sih. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaaa ya kagak juga kalik

      Pan kecium dengan sendirinya itu mukena wkwk

      Iya toilet..itu super duper penying. Dan harus bersih juga, biar ga ilang feeling pas mampir kencing trus balik lg mau maksn

      Ah padahal enak lhooo jus wortel ini

      Hapus
  62. mauuuuu otak-otaaaak...ayooo neng tanggung jawab, kirim ke NYC yaah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii ongkose muihil mb indah
      Kikikik

      Hapus
  63. Makanannya keliatan enakkk bangettt... boleh ini buat mampir kalo jalan-jalan ke Bogor.... hemmm ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyak list wajib kuliner bogor juga

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...