Rabu, 27 Januari 2016

Oleh-Oleh Khas Medan



Biar ga drama pas ditinggal dines ke luar kota, biasanya Tamas nyogok aku pake oleh-oleh. Ya, walau ditinggal barang sehari doang di pulau sebelah (berangkat pagi pulang malem), tapi tetep aja mahluk Gembul berinisial TY ini berderai-derai air matah #BukanSambal Matah. Kekanak-kanakan memang, tapi begimana dong, akuh memang paling kepikiran klo urusannya dah naek-naek pesawat. Paling banter ya mewek dulu ampe dicep-cepin kalo doi ngumumin berangkatnya dadakan. Karena kan biasanya opening ceremony project kerjaannya selalu jatuh tempo sewaktu-waktu, dan itu musti ada kehadiran doi. Jadi apa boleh buat, sebenarnya aku pengen ikut, tapi kan aku tidak dikover sama kantor....Nanti kalau budgetnya jebol buat hanimun terus atuh itu rumah type 21, kapan bisa direnovnya..hihihi. 

Mau makan pancake kok deg-degan gini yah?? abaikan jempol pisang ambon admin


Alhamdulilah wasyukurillah, Alloh masih bersama kami. Jadi begitu doi pulang bukannya oleh-oleh yang aku rindukan, melainkan sosok yang membawanya #eaaaakk.
Etapi, oleh-oleh penting juga sih buat tambah-tambah isi postingan. Jadi buat yang pada bingung kalo ke Medan mau bawa buah tangan apa, intip hasil buruan Tamas berikut :
Manisan Jambu Medan
Sebenarnya manisan ini banyak kutemui di ITC Mangga Dua...yang jual cicik-cicik kokoh-kokoh gitu....dan ternyata aku baru tau kalau ini happening banget dai Medan. Karena orangnya suka kuliner yang ekstrem-ekstrem, akhirnya Tamas beliin ini 2 bungkus lengkap dengan saus kincanya. Rasanya asem-asem sepet manis gitu sih. Mirip asinan. Tapi yang ini khusus pakai jambu kristal ijo yang gede-gede itu.
manisan jambu yang kecut kecut segerr

Bika Ambon
Padahal namanya ada Ambon-Ambonnya ya?? Tapi kok jadi oleh-oleh khas Medan?? Hihii...yang jelas aku suka banget ama teksturnya yang berserat namun rasanya legit ini. Kalau sentra oleh-oleh bika yang paling kesohor diantaranya Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jalan Mojopahit No. 62 dan 96 DEF. Cobain deh kalo pas mampir ke sono?? Ukuran bikanya gede-gede..
maap ya kalo yang foto belom mandi

Bolu Gulung Special, Durian Corner
Kue bolu yang satu ini punya bentuk fisik yang unik. Ukurannya panjaaaaaang banget, udah gitu warnanya kayak pelangi...di dalem gulungan bolunya terselip adonan durian yang biar awet kudu dimasukin ke freezer. Rasanya lembuuuuttt banget di lidah...Kalo lokasi tokonya ada di Jl. Mojopahit No. 55/57 A, Medan.
itu berkabut karena kudu dimasukin freezer

Pancake Durian
Memang ya....Medan itu terkenal banget dengan raja buah yang satu ini à DURIAN. Dan olahan durian yang wajib beli menurut versiku adalah pancake. Rasa lembut durian yang berbalut kulit (entah terbuat dari apa), rasanya bikin lidah terasa melelehhhhhhh.
Uda cocok jadi brand ambassador pancake durian medan belom??

Syrup Kurnia
Tau sirup kece ini dari eks tempat kerja dulu yang ngliput profiling ni sirup. Yang aku suka dari sirup ini adalah aromanya yang haruuuuummm banget, kayak ada essense pisangnya (yang mana aku memang syuukaa ama pisang hihi). Uda gitu warnanya juga merah menggoda dan seger banget buat campuran segala jenis es yang ada di Republik tercinta ini....ahahhahai.
sebenarnya ini di supermarket juga ada sih

Durian Ucok
Sebenernya masi ada durian ucok sih, tapi fotonya masih ada di hape Tamas, belon dipindahin...kabarnya di durian ucok ini, segala janis rasa durian ada semua. Dari mulai yang manis legit, manis pahit, pahit, dll. Pokoknya uda ada profesonal yang milihin dah. Kalo pas kedapetan ga sesuai ekspektasi, bia dituker gratis gitu. Dan per glundung hanya dikenakan Rp 40 rebuan gituh...mancaaappp bukan??

118 komentar:

  1. Duta duren nih mbak nit, pasti demen belah duren juga ..??
    Mbelah buah durian maksudnya .. Kan itu makanan khasnya mayoritas durian .. hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. duren memang favorittt..hahahha
      kmaren duta bogor, mungkin sekarang duta duren *eh..

      Hapus
    2. Bahahahaha. AZKA. BELAH DUREN :'D

      Hapus
    3. Klo di kalimantan makanan khasnya apa ni cha

      Hapus
    4. Amplang sih biasanya, Mbak Nit. Apalagi yaa.... kayaknya itu aja deh. Bahahaha kasihan :'D

      Hapus
    5. Amplang yang mirip krupuk kan yaa

      Hapus
    6. Iya, Mbak Nit. Ntar kapan-kapan main ke Samarinda yaaaaak! :*

      Hapus
    7. Iya cha pingin nyobain kepiting dandito klo ke kalimantan #eh itu balikpapan ya bukan samarinda hihi

      Malah ngomongin kalimantannn ^_^

      Hapus
  2. wuuiidiiih banyak banget oleh-olehnya. berderai-derai air mata duhh..
    durian ucok, kalo yang rasa soto ada gak mba, durian rasa soto pedas manis misalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa soto...kalo di riau adanya gulai durian malahh...

      Hapus
  3. Oleh"nya banyak bener, Tolong itu bolu gulung medannya kirim" ke pekalongan ... *ditimpuk pancake duren

    BalasHapus
  4. Ampuun deh...pamer oleh-oleh, marai pengen ki... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kaligesing jarene murah murah ya mb ika hihihi

      Hapus
  5. semua nya berbau durian ya, kalau aku suka bawa/belinya rujak aceh llf. favorit orang kantor banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhhh di medan ada rujak aceh juga ya ta?

      Hapus
  6. woww... oleh2nya benar2 pengen nyicip :)

    BalasHapus
  7. Manisan jambunya, pengen nyicipin kakk

    BalasHapus
  8. bulu gulung rasa keju wah itu kesukaan anakku banget dia cepet bisa habisin kuenya

    BalasHapus
  9. Aaaaaa Bolu gulung, pancake durian, bika ambon. SUBHANALLAH MBAK. LAPAR :'D

    Hahaha kalo tamasnya mba pulang, bukan oleh olehnya yg dirindukan, tapi orang yg membawanya. Aciyeee so sweet.
    yaudah itu semuanya untuk aku aja mba. Hahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonnya di kasir ya lan wakakakka

      Klo di riau makanan khasnya apa ni??
      Aku taunya lempok :D

      Hapus
  10. Balasan
    1. Nanti klo dah ketemu fotonya kutambahkan ya

      Hapus
  11. ko temen saya yg dari medan gk pernah bawa oleh oleh kaya gini ya heehe

    BalasHapus
  12. Hmmm. Mbak Nita tegar ya pas LDR-an sama Mas Tamas. Cukup disogok pake makanan aja udah nggak berderai air mata. Huahahahahahaa. *kabur naik buraq*

    Eh ampun, Mbak Nit, masih mau lanjutin komennya nih. Itu oleh-olehnya enak-enak ya kayaknya. Yang bolu gulung itu lucu, bentuknya nggak ngebosenin kayak bolu-bolu gulung pada umumnya. Rasanya nggak ngebosenin juga deh kayaknya.

    Mbak Nita suka pisang? Huaaaa sama. Tosss manja, Mbak Nit! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa akuh tidak sesetrong ldr an km sama zai chaa, wakaakk...
      Bolu gulung itu kudu dibekuin itu cha biar awet, jd dingiiiinnn

      Iyaaakkk suka dibikin cake pisangg,

      Hapus
  13. AKKK DURIAN DURIAN EVERYWHERE, udah lama pengen makan durian nih. bagi ica kalee kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa sebiji 50rebuu ya,...#otakbisnislagijalan

      Hapus
  14. Wahh malemmalem ngeliat ginian :'D

    BalasHapus
  15. Untung aku bukan pencinta durian hahahahhaha klo gak bisa stres hahahahhaha. Btw itu jajanan wajib emang klo ke Medan. Tapi sekarang udah banyak di Jkt juga jadi enaknya ngga usah jauh - jauh lagi nunggu yang pergi/pulang ke/dr Medan. Selamat makan enakkkkkkk Nita :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii iyaaak, tapi kkayaknya enakeun mam langdung di medannya ya ksk :D

      Hapus
  16. pancake durian bikin ngiri, serius. seumur2 belum pernah nyoba. kalau bika ambon mah.. lumayan sering. dan masih jadi misteri kenapa namanya bika ambon.. bukan bika medan.. kan makanan khas medan tuh yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia yg masih jadi tanda tanya :D

      Hapus
  17. sy pengen pancake durian nih ,,,hehehe
    medan oh medan ,,, jauh skeli kau punya lokasi ,,ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga pengen liat medan ni hehe

      Hapus
  18. Bolunya cakep! Tapi kenapa isi durian sih? :'D #BukanTimDurian

    BalasHapus
  19. Ngiler liat boku gulung yang panjangnya ituhhhh. Makan segulung bisa bisa kenyang mungkin kali yaaa hahahaha....

    Btw, pancake durian besok mau dibawain temen gue sekelas yang dari medan. Wuhuuuuuu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh uda banyak temen dari berbagai daerah sekarang ya yu, begitu kuliah...sip sip
      jangan lupa sisain buat gue :D

      Hapus
  20. Liat bika ambon jadi inget trypophobia :(
    Nau dong durennyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuhhh renggo bikin jebakan kayaknya nih #feeling try pophobia

      Hapus
    2. Bangkeeer trypophobia wkwkwk...
      Bedalah bang

      Hapus
  21. Durian mania ya ni nita n tamasnya... Yang pernah tak makan bika ambon * ga doyan duren aku. Eneg sama baunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb sulis, maniak duren sejati xiixixiix
      kalo nangka gimana mb?

      Hapus
  22. suka durian ya mba? mampir sini dong..www.duranduren.com

    BalasHapus
  23. Banyak sekali oleh2 nya mbaaa, jadi ngiler sama manisannya

    BalasHapus
  24. Balasan
    1. hihiiii, iya mb, ukurannya agak gede pula

      Hapus
  25. padahal baru kelar makan siang..langsung ngiler lagi...tidakkkkkk

    BalasHapus
  26. Manisan kampret, gue pengen mbak. Berhasil lagi bikin anak orang kabita~
    Bika ambon itu kayak gimana mbak nit ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabita itu bahasa sunda ya erd?
      bika ambon itu manis legit berserat gitu dehh

      Hapus
    2. iya mbak haha.
      kaya bolu ? eh bukan ya ?

      Hapus
    3. Kayak bolu banyet mungkin yakkkk apa lapis giyu perpaduan lah

      Hapus
  27. pernah ngerasain bika ambon, awalnya ga suka karena ga biasa kue kok rasa karih, eh pas lama kelamaan karena dikasih oleh2 kue ini sama orang tua akhirnya suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bika ambon rasa kari??? wah ada variasi baru ya..

      Hapus
  28. wahahahaha, semuanya duriaaan :))) Kok gak pesan bolu meranti?

    BalasHapus
  29. Duh, mbaaaa! Salah deh nih main ke blog mba lg laper gini. Huhuuuu MAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU! Apalagi itu pancake durian, mau bangeeeeeeetttttttttttttttt! Enak yaah yang udh punya ehemehem, ke luar kota di bawain oleh-oleh banyaakkk hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syamaak akuuh juga suka pancake jhehheheheh

      Hapus
  30. wow mbak nit udah nyampek ke medan aja nih
    nak ekoooottt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaaa akuh blom nyampek medan kok mb hihii

      Hapus
  31. duh enak semua jadi ngeces nih mbak ....

    BalasHapus
  32. pencake durian??? saya mau Mbak Nita.. :D :D

    BalasHapus
  33. Bika Ambon tapi dari Medan, unik gitu ya. Ambon tapi dari Medan, yang buat ini waktu pelajaran geografi pasti main-main di belakang makanya gak tau -> apa ini?

    Bolunya lucu ya, warna-warni kek handuk gitu :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yak, harus ditelusuri asal muasalnya nih :D
      hahahhah, sa ae kayak handuk, tapi emang bener sih kalo diliat-liat

      Hapus
  34. Bika ambooooooooon favoriteeeee kuuuuu! BAGIIII MBAAAK~

    BalasHapus
  35. manis semuaa...whoaa kamu nggak mblenger kan mba? hiiiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dimakannya intens agak mblenger juga sih..

      Hapus
  36. dan semuanya uda saya rasain,hehehe

    BalasHapus
  37. Waaah sempurna sudah buat saya lapar lagi di tengah malam gini mbak nit. Bika ambon ini tuh kesukaan saya, ditambah lagi bolu gulung spesialnya itu loh bikin ngiler bangeeet. Paketin dong mbak nit haha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sekali dah abis, hahhaha, ini sebenarnya oleh-oleh bulan kapan ya, kayaknya pertengahan 2015, latepost banget ya hehhehe

      Hapus
  38. durennya kayanya wueeenakkk tenannnn ya mba!

    BalasHapus
  39. mbak nitaaa, aku favorit banget bika amboon.. Lempar dong satuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bika ambon kalo buat sajian arisan kayaknya cucok ya Mbak Sinta

      Hapus
  40. Istri yang so sweet sekali, bukannya kangen sama kang mas nya, malah kangen oleh olehnya. pfffttt. katanya pengen diet, sini bagi satu oleh olehnya mba. yang mana aja boleh.

    BalasHapus
  41. Aku nggak mau pancake durian, pingin bolunya ajaaaaaaaaa

    BalasHapus
  42. Bika ambon kalau yang asli pasti sangat enak dan mahal ya mbak Nita. Saya sebenarnya suka tapi seringnya rasanya kurang nendang tapi sesuai harganya deng :)

    Pancake duriannya menggoda tuh mbak, ah kapan-kapan cari ah, di supermarket ada ngga ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada harga ada rupa ya mb anjar..:D
      kalo yang bahannya berkualitas dijamin enaakkk

      Hapus
  43. Jadi gak bingung kalo maen ke Medan mau bawa oleh-oleh apa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe, semoga bermanfaat ya mb postinganku yang masih ala-ala ini

      Hapus
  44. Nita sayang, mau dunk, panecake duriannya, pasti yang dai Medan akan lain rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii iya mb :)
      kalo yang dari medannya langsung terasa feelnya *eh..

      Hapus
  45. Serba duren ya mbaa.. pernah dibawain temen bika ambon sih, enak2, manis2 legit

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak, kamu bisa bikin juga kah?? biasanya suka bikin resep hehehhe?

      Hapus
  46. markisaaaaaaaaaaaaaaa :)
    saya paling seneng kalo ada yang ke medan nitip buah yang katanya makanan uler itu

    soalnya di jakarta kurang enak dibanding saat dipetik langsung dari kebun

    btw liat pancake durian jadi pengen nyobain lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhh ehh itu rasberry kok, xixixixiixi
      klo yang markisa bukannya brand sebelah mas irul, wkwkwk

      iya kalo yang durian jatuhan rasanya tentu lebih nendang ya ^_^

      Hapus
  47. ciaa yang lagi seneng dapat banyak oleh2 :-D

    ak juga kemaren dapat oleh2 bika ambon sama durian medan aj dari saudara yang kebetulan tinggal disana<

    tapi puncake durian ak belum pernah rasa, perlu di coba ne kalo ke medan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhh kudu cobain pancake...enakk deh, kayak duren asli..

      Hapus
  48. Saya juga paling kepikiran Mba kalo ada yang keluar kota naik pesawat, apalagi kalo lintas pulau. Tapi alhamdulillah ya Mba, suaminya pulang dengan selamat, plus dapet oleh-oleh pula :p

    Saya suka yang bika ambon (dengan segala kemisteriusan namanya), pernah dapet dari temen kantor yang abis pergi dari Medan, dan langsung nagih pengen lagi hehe. Yang bolu gulung itu sumpah, unik banget kemasannya, beda sama yang lain.

    Wah, yang durian ucok, kalo ngga sesuai ekspektasi, bisa dituker gratis Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bay, semoga keluarga kita selalu dilindungi dimanapun n kapanpun ya kalo lagi ada urusan naik naik pesawat

      hihii misteri ya memang bika ambon tapi dari medan

      iya, jadi tuh kayak gimmicknya durian ucok, makanya laris manis terus tuh kedei

      Hapus
  49. Huwaa salah banget kalau mampir ke blognya mba Nita mah. Bawaannya ngiler dan laper. Besoknya berat badan naik gegara makanin makanan yang ada. Iya ya sampai sekarang masih misteri kenapa bika ambon dari medan :D Semoga aja besok-besok pesawatnya diganti ya mba sama yang gak suka delay, biar mba Nita tenang di rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii iyaaaa mending selain yang singa huhuh

      Hapus
  50. Paling suka bika ambon medan, rasanya lain dg bika ambon daerah lain. Enak

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...