Rabu, 24 Februari 2016

Daftar Film Horror Thailand Yang Wajib Tonton





Ga bisa dipungkiri bahwa film horror yang ‘sehorror-horrornya’ punya cerita adalah milik Thailand. Selain mengangkat budaya lokal yang begitu menarik, dari sisi penokohan juga aku rasa pas. Ga se-absurd penokohan hantu di film horror negeri ini....(yang kelas aneh-aneh tentu saja--kayak hantu keramas, pocong apalah-apalah, dsb).


Daftar film Horror Thailand yang Menyeramkan dan Wajib Tonton, sumber poster imdb



Kalo di Thailand kan alur yang mendominasi. Apalagi kalo ceritanya penuh dengan teka-teki, sehingga sebagai pemirsa yang cerdas, kita disuguhi oleh ending yang mau tidak mau kudu kita tebak. Tentu hal tersebut jadi point plus tersendiri kan? Istilahnya sumber pemompa adrenalin lah. Plus tentunya didukung oleh sound sistem dan setting yang sehari-hari menggambarkan kehidupan masyarakat sana. Ga heran kalo pada akhirnya film-film merekapun banyak yang sukses menembus pasar luar negeri. Kayak yang berikut ini nih :

Takien: Haunted Tree

Sinopsis : Yaibua merupakan bunga desa yang mengadu nasib sebagai buruh di salah satu perusahaan yang berlokasi di Bangkok. Ia menjalin cinta dengan Pichan yang merupakan pegawai kantoran dan biasa jalan bareng tanpa canggung meski mereka berbeda kasta. Suatu ketika, video ‘pleus-pleus’-nya tersebar dari handphone sang pacar lantaran Pichan mempertontonkannya kepada teman-temannya. Sebagai akibatnya, Yaibua merasa sangat malu dan memilih kabur ke desa. Namun naas, ia malah menemukan sang ibu dan juga adiknya tewas karena bunuh diri. Merasa tidak ada gunanya lagi untuk hidup, akhirnya ia pun memilih untuk gantung diri di sebuah pohon. Karena mati dalam keadaan tidak tenang, kini arwahnya pun kerap memperlihatkan diri dan membalaskan dendam keluarganya dan dendamnya sendiri pada penduduk desa dan juga kekasihnya.

Menonton film ini sebetulnya antara capek tapi juga takjub. Capek, karena alurnya demikian lambat—apalagi saat adegan sang pemeran utama aka hantunya sendiri tengah mengejar-ngejar siapa yang harus bertanggung jawab atas kematian dirinya dan keluarganya. Takjub, karena di beberapa sisi, kita disuguhkan dengan pemandangan prosesi pemakaman tradisional ala Thailand yang tentunya sukses membuat bulu kuduk berdiri. Upacara terkesan sakral dan mistis. Sampai-sampai detil piranti pemakamannya pun bisa dikatakan sukses menambah khazanah budaya di negeri yang sebagaian besar penduduknya menganut agama Budha ini.  324r75557765419 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons

She Devil

Sinopsis : Woen, seorang pemuda lugu nan setia merasa sudah saatnya harus bersanding dengan seorang mempelai wanita. Hal ini disinyalir oleh proses perjodohan yang dilakukan ibunya terhadap seorang perempuan muda, cantik, namun pendiam bernama Ploy. Saat keduanya sudah resmi bersatu, keanehan mulai muncul dari satu malam ke malam berikutnya. Setiap kali diajak menunaikan kewajibannya sebagai istri, Ploy selalu menghindar. Sikapnya juga sedingin es, meski Woen sudah amat berbesar hati menerimanya. Suatu ketika, sang ibu hendak pergi ke suatu tempat sehingga harus meninggalkan keduanya sendirian di rumah. Niatnya sih memberi keleluasaan pengantin baru itu untuk berduaan. Tapi sesuatu yang menakutkan kemudian terjadi dan membawa perjuangan keduanya untuk terbebas dari keanehan-keanehan itu. 

She Devil, dari segi pengamatanku terbagi atas 2 sisi cerita. Ya komedi, ya hantu-hantuan. Komedi yang diangkat lumayan sering kita dapatkan di film-film horror Tanah Air. Hal ini diperjelas dengan munculnya beragamnya karakter tokoh figuran yang menjelma sebagai teman-teman Woen. Yang paling kocak tentu saja adalah tokoh banci dan satu temannya yang penakut, dimana pada suatu kali merekalah yang pertama kali merasakan keanehan yang ada pada istri Woen.

Untuk segi sinematrografi, lagi-lagi aku harus acungkan jempol kepada sineas Negeri Gajah Putih karena tak pernah luput menonjolkan eksistensi budaya yang dimiliki Thailand. Misalnya adat pernikahannya seperti apa, hiburannya seperti apa, suasana pedesaannya kayak gimana, dsb. Apalagi ditambah kemunculan sang bintang perempuan yang kalo boleh bilang mukanya imut-imut seperti Tasya (Anak Gembala), dijamin pasti tambah betah untuk menontonnya.

The Coffin

Baru sadar, ternyata film Thailand yang satu ini justru mengandalkan akting Karen Mok, aktress Hongkong papan atas yang kerap wara-wiri di jagad laga Asia. Film ini lagi-lagi menonjolkan unsur kebudayaan Thailand yang cukup kental dan sanggup menghipnotis pemirsanya untuk menghirup kekayaan lokalnya.  Adalah upacara "Lhong Tor Tai" atau "Tidur di dalam peti-mati", yang menjadikan Karen Mok ingin mencoba satu-satunya jalan terakhir untuk mengatasi kankernya. Seperti dalil masyarakat setempat, upacara ini diyakini bisa membantu menghilangkan nasib sial bagi siapa saja yang menjalankannya. Mereka akan berbaring di peti mati dengan membawa sebuah harapan, kemudian para pendeta akan membacakan doa-doa untuk mereka. Setelah upacara tersebut, semua nasib buruk mereka akan lenyap di dalam peti mati itu, dan mereka terasa lahir kembali. Celakanya, ternyata ada hal lain yang harus dikorbankan, ketika harapan mereka terkabul. Apa itu? Tonton sendiri ya, biar pada penasaran...

Kalo di kehidupan nyatanya fotonya kayak gini nih 

The Eyes Diary’s

Adegan diawali dengan ceceran daging (manusia) yang tergilas kendaraan roda empat lantaran terjadi kecelakaan naas. Lalu salah satu petugas mencomotnya satu persatu untuk kemudian dimasukkan ke dalam plastik.324r75557765421 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons Hyiiiii ngeri....Saat ia menunggui potongan jasad yang sudah diangkut dalam ambulance, tiba-tiba terlintas pikiran untuk mengambil satu benda yang menempel di tangan mayat. Sebuah gelang. Rupanya petugas tersebut sedang melakukan investigasi spiritual dimana ia harus bertemu muka dengan almarhumah pacarnya yang meninggal dalam kecelakaan motor, dan konon kabarnya bisa diajak komunikasi setelah ia mengumpulkan benda-benda peninggalan orang mati. 

Terus terang agak gemes ngeliat film ini. Alur lumayan lambat ya. Kalau saja ga didukung oleh tata gambar yang bening sekaligus detail (entah kenapa kalo nonton fim selalu suka dengan sinematografi sekecil apapun penggambaran perintilan itu), mungkin aku sudah skip-skip-in. Ya, untuk penilaian hantunya sendiri lumayan mengagetkan pas bagian jasad pemilik gelang yang tinggal separuh menampakkan diri sih. Bukannya hantu cakep yang merupakan pacar dari si tokoh utama pria dalam film ini. Endingnya agak-agak kentang ya. Ga gitu yang bikin shocking banget sih, lebih ke drama-drama deh kayaknya.

The Couple

Berkisah tentang pasangan
yang baru merried namun sudah disuguhkan oleh tragedi yang begitu pilu. Suatu ketika, Anom si pemeran utama wanita yang berambut cepak ini menemukan adik suaminya, Sita tewas tergantung di kamar mandi. Tak ada yang tahu apa penyebabnya. Semua terasa janggal lantaran, Anom semakin hari semakin dihantui oleh sesuatu paska kematian saudara iparnya itu. Meski klimaksnya sedikit berputar-putar, dan kalau ga diperhatikan dengan seksama bikin yang nonton, tapi setting cerita yang mengangkat pasangan muda memang selalu menarik kok.

9-9-81

Unik. Itulah satu kata yang paling tepat dalam menggambarkan film ini. Kurang lebih cerita dilihat dari sudut pandang 9 orang yang berkaitan dengan kematian seorang calon pengantin bernama Vipawee. Ia tewas dengan gaun pengantin warna putih setelah terjun dari balkon apartement.324r75557765430 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons

  1. Pengantar makanan penghuni apartement : ia dihantui oleh arwah Vipawee karena mencuri barangnya.
  2. Penyewa Baru : setelah kematian Vipawee, apartment menjadi sepi. Ketika ada penyewa baru datang, iapun ikutan dihantui.
  3. Teman yang bertubuh gemuk : Teman dekat dari Vipawee ini ternyata ada kaitannya dengan persekongkolan.
  4. Kekasih : Kekasih Vipawee yang telah merekayasa kematiannya.
  5. Pembantu : Tukang bersih-bersih apartemen, yang memanfaatkan arwah penasaran untuk meminta nomor lotre yang akan keluar. Ynag ini adegannya rada kocak aniway.
  6. Ibu : Ibu dari Vipawee.
  7. Pengantin Pria : Karena Vipawee tewas ketika belum menikah, maka hantu Vipawee dinikahkan dengan seseorang. (hii, mengerikan juga kalau beneran).
    Prajurit Lama
    : Ayah dari Vipawee yang mantan tentara.
    Buronan Lama
    : Polisi yang sedang mengungkap misteri kematian Vipawee.

Dari sekian film di atas, yang terakhir ini sih yang menimbulkan efek kejut luar biasa. Apalagi didukung oleh sinematografi yang menggambarkan keseharian orang-orang Thailand. Entah itu dari pedagang makanannya atau kehidupan urbannya. Uh....keren bed dah.. Nonton horror pada berani kan? Segini dulu yak stok fimnya...Masih banyak PR film lainnya yang kudu dianalisis. 

Oh ya, blogwalking n balesin komennya menyusul ya, lagi flu berat saya-nya, heheheh...








62 komentar:

  1. Waaaa mba Nita, itu The Eyes Diary's bikin merinding. Pake ada adegan mungutin daging-daging yang berceceran. :(

    Di film she devil, budaya Thailand juga diperlihatkan. Kereeen

    BalasHapus
  2. Hiii...aku selalu bergidik kalo liat film horor, entah dari Thailand, Jepang ato dari dalam negeri..
    mending nonton film action ato kolosal ..

    BalasHapus
  3. Aduh ngeri juga liat film2 horor *kabuuuurr

    BalasHapus
  4. Wah aku penakut nih Nit, ngga berani nonton horor. Mau klik videonya aja ngga berani hihi :)

    Enakan nonton film kungfu :)

    BalasHapus
  5. Saya juga suka nonton horror, tapi emang Thailand lebih menggigit, bukan hantunya ya.. hihi..

    Saya punya The Couple itu.. tapi masih nampung doang, belum ditonton..hehe

    BalasHapus
  6. Saya pernah coba film horror Thailand yang Make Me Shudder, nggak ngerti. Dari situ stop nonton horror komedi Thailand. Kalau komedi romantisnya sih masih doyan. Mungkin next time mau bikin listnya, Mbul?

    BalasHapus
  7. saye taunya pee mak kakak......hehehe...itu film nya serem2 juga yah nampaknya

    BalasHapus
  8. Aku paling serem kalo nonton horor dari asia..krn serasa beneran. Mungkin krn mukanya mirip ma kita ya. Mending horor bule deh

    BalasHapus
  9. wohooo... gue masukin dalam daftar buat ntn ah... udah lama gak pernah liat film Thailand yg horor... terakhir yg judulnya 3 A.M

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiii, yg pengantin itu syerem... yg wig apalagi...

      Hapus
  10. Film-film horor luar negeri serem banget gak berani kalau nonton sendirian hahaha

    BalasHapus
  11. Wah saya elom nonton semuanya tuh
    Wajib ya nonton film2 diatas? Kalo ga nonton dosa ya?

    BalasHapus
  12. Mbaaaaak Nitaaaaa. Aku belum nonton semua film yang diulas disini. Sebagai orang yang ngaku-ngaku sebagai movie-goers, aku ngerasa hina. Huhu.

    Aku penasaran sama Haunted Tree, The Coffin, sama 9-9-81, Mbak Nit. Penasaran tapi takut nonton film horror Thailand, beraninya nonton thrillernya aja. Terakhir nonton film Thailand itu judulnya Meat Grinder, itupun bukan horror kayaknya. Tapi yang The Coffin asli penasaran banget. Ini bacanya juga untung pas masih senja, kalau malam nanti mungkin udah aku close tab kali. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, Mbak Nit. Sama kayak moviefreak. Cuman kalau moviegoers lebih ke orang yang suka nonton film ke bioskop, update gitu sama film ceritanya. Haha sok sok an aja sih aku ngaku moviegoers, sekarang udah jarang juga nonton. Dari laptop doang :'D

      Wuiihh iya kalau film Thailand nomor satu deh kualitas sound effect-nya. Selalu bikin merinding. Btw ulas film thriller Thailand juga keren, Mbak Nit. Huehehe. *kode banget minta postingan daftar film thriller*

      Hapus
  13. wahh saya nggak suka nonton thailand mb, nga ngerti mereka ngomong apaan. "nganging hap, cup hap,... hap, hap, hap, hap, tangkap, tangkap, kesempatan yang dataaanggg..." berarti saya berdosa dong mb ? apa dosa yang saya lakukan itu termasuk dosa besar ?? duh mb saya jadi takut nih, saya mau cepet cepet tobat mba :'(

    tau kagak mb temen saya pas sma itu suka nonton film gituan tapi saya nga suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa sayanya ??? hmm saya sih suka film bergenre war, sejarah, trilogy, hmm sama film ikeh-ikeh kimochi.........



      eh film jepang maksudnya tapi bukan dorama :'v

      Hapus
  14. Biasanya kalo thailand aku nontonnya komedi romantis yang mesti ada mario murernya muehehehehe

    Tapi boleh juga nih buat referensi film pas liburan, nyoba buat nonton horor thailand

    PEE MAK masuk ke horor gak sih?
    Itu hantu-hantuan juga, tapi gak serem sih heheh malah lucu (=^ ^=)

    BalasHapus
  15. Takut mbaaa kalo momtn horor, takut gabisa tidur :D

    BalasHapus
  16. Ternyata hobi mu ini toh suka yang seyem seyem...

    BalasHapus
  17. Ternyata tetangga kita juga demen dengan film horor ya ? kirain cuma di negaraku saja.

    BalasHapus
  18. Aku mau banget nonton semuanyaaa soalnya suka horror. Tapi mau nya nonton berdua sama jodoh biar kalau takut bisa meluk #eh

    BalasHapus
  19. suka nonton horror ya mbk?
    akusih nyerah hehe. nontonya sih gak takut, biasa aja. tapi pasca nonton beuhh, siksa batin banget. soalnya imajinasiku suka liar dan cendrung melebay gitu kalo abis nonton horror movie

    BalasHapus
  20. Suka salut tuh sama yang bisa menikmati film thailand. Soalnya saya pernah nonton beberapa judul malah enggak nyaman sama dialeknya. Pokoknya rada aneh aja didengerinnya. Lebih suka film barat atau film korea. Soal selera sih ya

    BalasHapus
  21. Saya tidak pernah berani nonton film horror Thailand. Serem...

    BalasHapus
  22. hmm, jujur gue penggemar film horror thailand banget. tapi rada asing sama judul2 diatas, cuma tau 2 biji. masih banyak film horror thailand yang lebih keren tuh mbak, banyak banget. cobain aja phobia 1 sama 2, coming soon, the house, the victim, buanyak banget deh :)

    BalasHapus
  23. Baca review review film horror, apalagi Thailand malem2 gini malah bikin parnoan mba nit.
    Yawloh !!

    Film horror Asia emang juara deh, Thailand dan Jepang itu kayaknya the best kalo urusan film horror. yang the Eyes diary awalnya udah disturbing banget dengan nampilin adegan tubuh yang berceceran, tapi endingnya ngehe. hmmmm

    Btw semoga cepat sembuh dari flunya ya mba nit !!

    BalasHapus
  24. Pernah nonton yang Nang Nak. Campur-campur, drama horor komedinya juga ada. tapi kok banyak horror yang gaje-gaje gitu ya? sering kurang paham alurnya, tahu-tahu adegan berdarah-darah, tubuh terpotong-potong. saya prefer horor yang ngagetin aja daripada yang slasher

    BalasHapus
  25. mantap memang film horor dari Thailand itu, syeremmmnya beneran. Yang paling nggak bisa saya lupa itu serial NangNak yang duluuu ditayangkan di salah satu tivi swasta.

    BalasHapus
  26. iiiih takuuut horor aku, kalau nonton biasanya dutemenin suami. cepet sembuh ya demamnya

    BalasHapus
  27. Kalo horror enggak dech, tapi kalo komedi thailand mah gw demen banget

    BalasHapus
  28. Kalau film horror itu, bikin penasaran sih. Tapi kalau udah nonton ya ngeri ngeri juga sih harus diakui hahaha.
    Tapi enaknya nonton ramean kalau horror mah haha.

    BalasHapus
  29. wah dari pembahasanya seru juga, coba nyari lah filmnya.
    belum pernah nonoton horor thailand.
    itu beby pinknya sealu bikin ketawa.

    BalasHapus
  30. tambah satu mbak, judulnya kraithong :)
    bertema buaya gitu, tapi ada bumbu 17+ sih...

    btw, gabung di grup fb KoMik aja, suka ngadain nobar gratis film thailand, bahkan premiere gitu

    BalasHapus
  31. Serem serem :3 simpen dulu ah, buat nonton bareng pacar oke juga haha

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah aku udahs elesai flunya, tandanya meler buanyaaak banget *eeeeh. Serem ach nonton horor thailand, aku pernah nonton sama suamiku, aku cubit aja dia..hehe

    BalasHapus
  33. Toss untuk flunya. Dah mendingan ini.. Tapi lumayan, kmu masih sempat nonton film nit...aku milih kemulan klo lagi flu. . he². Btw...nggak sempat update film diriku...tapi dulu dah pernah nonton horor thailand, alurnya lambat...jadinya gak tlaten

    BalasHapus
  34. Saya suka juga liat film horor, betah kalo liat Thrill, tapi belum pernah liat pilem Thailand. Jadi penasaran ama hantunya, hihi

    BalasHapus
  35. Biar yang jadi hantunya ganteng kayak Aa (((Aa))) Orlando Bloom, aku mah ga mau nonton film horor, Nit. Ga mau baper kebawa tidur :D

    BalasHapus
  36. Nggak suka horor gue, Mbak. Males kalo nonton untuk ditakut-takuti. :( Tapi kayaknya yang 9-9-81 itu bikin penasaran, ya. Dan nyeremin abis. Thailand gak perlu diragukan lagi deh. :D

    Btw, cepet sembuh flunya. :)

    BalasHapus
  37. alamak, kalau nonton film horor, aku bisa jejeritan manja dan nyata Gusty, jadi aku lebih baik gak usah nonton hihihih

    BalasHapus
  38. Semenjak nonton Pee Mak, aku kira film horor Thailand ya begitu-begitu aja macam film horor Indonesia. Tapi setelah nonton Last Summer, ternyata mancay juga seremnya :'3 Dan sepertinya film diatas lebih mancay, ya. Mau nonton. Tapi mana berani aku :'3

    BalasHapus
  39. Horro Tahiland, gausah diragukan lagi lah. Pastiii serem. Dijamin. Horror Indonesia apa kabarnya, nih?

    BalasHapus
  40. Hwadoohh apaan inii. Big noooo huhuhu

    BalasHapus
  41. duh untungnya saya berkunjung kemare bukan malam jumat ..... Jadi penasaran dengan horror thailand movie nih tak putar dulu ya... :)

    BalasHapus
  42. Akuuuu bukaan penikmat film horror :' wkwkwk suka kagetan aku kalau nonton horror gitu :'

    BalasHapus
  43. Flu berat ya, gws ya mbak..

    Aku belum tau filmnya semua, cuma pernah lihat sekilas film horor tapi ada komedinya gitu. Gak tau apa judulnya.

    BalasHapus
  44. Waduh senang nonton film horor ya Mbak. Kalau saya gak berani. Suka keingatan habis nonton soalnya :)

    BalasHapus
  45. Nit... Keknya aku salah baca ini tepat jam 22.40 gini? aduh... mana gue buka beberapa Trialnya lagi...

    Tapi jujur, nit. AKu akhir2 ini kurang suka sama Film Horor. Entah kenapa, padahal, dulu suka banget. Pake banget lho.

    Sekarang, ogah-ogahan. Karena pernah mengalami hal aneh juga, mungkin. XD Tapi, dibookmark dulu, ya nit.

    BalasHapus
  46. Samaan Mba Nita, saya mah suka banget nonton film horor/thriller, justru adrenalinnya itu yang bikin nagih untuk nonton haha. Horor Thailand saya akui emang bagus dari alur ceritanya, dan endingnya suka ngga terduga, a shocking conclusion :D

    Saya malah belom nonton semua film di atas hehe. Yang udah pernah itu Ladda Land, Phobia 1 & 2, Alone, Coming Soon, dan Shutter yang endingnya mengejutkan. Hebatnya film horor Thailand itu bisa ngasih kejutan dari sisi cerita, bukan sekedar penampakan.

    Saya jadi penasaran sama film 9-9-81 Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teka tekinya ngagetin kadang kadang hehehheh
      Toassst

      Phobia tapi bagusan yg sekuel pertama ga sih, palagi yg bagian cerita pramugari...e ada nyambung2 juga ke cerita 1,2,3 nya jg ternyata di beberapa pengalan kalimat dalam satu adegan tertentu
      Ladda land mbingungin sedikit ga sih bay

      9-9-81 mayannn seyreeemm

      Hapus
    2. Iya, bikin shock banget teka-tekinya emang
      *tos balik*

      Phobia oke semuanya, cuma emang ada beberapa cerita yang lebih menonjol dari yang lain, termasuk yang pramugari itu haha. Sukses lah menggedor jantung. Suka banget yang thriller-nya macem begitu :D

      He eh, Ladda Land rada bikin dahi berkerut pas nontonnya :p
      Coming soon, shutter, alone... bagus-bagus tuh alurnya.

      Hapus
    3. Cooming soon aku dah nonton, pertamanya bingung...tp pas ngeh...ya ampun ngeriiiii....si hantu di tipi kirain beneran ada, e ternyata masi idup n gila...dia legend bgt lagi y, nahhhh ternyata mlh cluenya itu di peran aktreess yg digantung mlh..huhuù kena bgt niiii horrorrnya..
      Palagi yg pas adegan digantung trus ada mata yg ngeliat, waduh seremmm

      Hapus
    4. Alone yg cerita cewe kembar kan yaakkk, yg endingnya ternyata cukup bikin kaget n sebenernya dah nebak itu juga sih dari awal

      Hapus
    5. Iya, coming soon oke tuh, dapet horornya. Yap, Alone yang cerita cewek kembar. Kekuatannya selain di alur ya di ending-nya juga :D
      Mantap lah pokoknya.

      Hapus
    6. asyik,k,k ada yg punya hobi sama

      Hapus
  47. KABUR AHHHHHHH

    #anti horor
    #penakut

    Eh tapi kalau drama thai aku sih byk nonton
    belakangan lagi nonton serial Ugly Duckling di youtube :D

    BalasHapus
  48. aduh nyerah deh klo film horor thailand, ngeri banget

    BalasHapus
  49. iya, thailand memang terkenal banget dengan film horor nya hiiiy, tapi saya lebih suka film drama thai saja

    BalasHapus
  50. belum pernah nonton film horor yang disebut di atas Mbak Nita, tapi saya pernah satu kali nonton film thailand yg judulnya maebia dan setelah nonton film itu jadi kapok mau nonton film thailand lg

    BalasHapus
  51. Ya ampun, Mbak, aku suka horor Thailand, tapi yang disebut kubelum nonton semua. Aaaaak wajib nonton ini mah kalo gini caranya hahahaha. Pas KKN hampir tiap malam nonton horor, horor favorit ya dari Thailand ini. Siplah, makasih, Mbak! :D

    BalasHapus
  52. duluuuu lumayan sering ngeliat film Thailand, pemain cowoknya cakep2 wkwkwk. Tp kao genre horor blm pernah sih, krn yaaaaa itu hantu kok serem bener keknya. 11 12 sm hantu Indonesia

    BalasHapus
  53. Ane dah nonton, pee mak, 9981,phobia, coming soon, shutter, ladaland, meat grinder, senior, ex, bangkok haunted, Alone, lupa dah apa lg....yg rilis th 2016 yg seram apa ya?

    BalasHapus