Senin, 14 Maret 2016

Opor Kacrut



Hutang puasa udah separo jalan. Duh nyesek bangaad yach keinget Ramadhan kemaren puasaku banyak yang bolong. Ini semua karena ketiban hamil pas bulan Romadhon yang sayangnya, waktu itu harus berakhir di meja kuret karena belum rejeki...Makanya sekarang ini lagi ngebut-ngebutnya ngelunasin utang, ya siapa tau bulan-bulan depan uda ada hasil...Aaaakk !!!! Amiiiiiinnnn.

(maap curcol)

Opor kacrut bikinan Tamas


Dan, kayak biasanya moment yang paling ditunggu-tunggu ketika puasa adalah waktu berbukanya et bukan ganti baju dot com lho ya..
Apalagi kalo puasa sendiri..wuhhh kebayang rempong banget nyiapin makanan. Sebagai istri yang baik bin tjantik menawan, meski puasa, tetep rasanya pengen masakin suami juga. Yah meskipun yang bersangkutan sukanya minta dimasakin yang aneh-aneh or misal kalo dah mateng, e...tiba-tiba dianya telpun kalo dia lagi di proyek, jadinya makannya ya mending di jalan ato sambil meeting *halaaaahh* lalu ujung-ujungnya membuat akuh ngambek
. Tapi kalo lagi di kantor aja ya balik ke rumah buat makan siang.

Pernah aku tawarin buat bawa bekal sendiri kayak di drama-drama korea, e tapi ngerti sendiri lah ya Tamas tu kayak apa. Gengsinya tuinggiii....daripada bawa bekel mendingan balik kucluk-kucluk makan di rumah. Soalnya, kantor Tamas ama rumah kan jaraknya kayak jarak antara hatimu dengan hatinya alias deket banget. Tinggal nggelinding aja kayak landak udah nyampek. Lumayan, bisa ngehemat gaji untuk ditabung dan merenov rumah yang dah mau ambruk.

Nah suatu ketika, saat jam makan siang tiba, doi muncul sambil mengendus-endus sesuatu. Aku tanya, ngapain?? Dia jawab, bau opor ayam. Baunya di depan rumah tajem banget. Pleus tentu saja sangat menggiurkan. Siapa yang masak?? Aku pikir dapur umum kali ya. Soalnya kan waktu itu sempet banjir di blok sebelah makanya, posko pengungsian dan dapur umumnya ditaroh di ruko kosong yang ada di belakang rumah kami pas. Nah mungkin asalnya dari situ. Soalnya kejadian dua kali. Besokannya ada bau opor itu lagi.


Buat netralisisrnya tambahin jamur

Karena uda ngidam sampe ke ubun-ubun akhirnya fix--malem-malem Tamas ngajakin aku ke Pasar Baru buat belanja ayam. Pasarnya sengaja milih malem hari karena pasar di sini bukanya 24 jam. Keren kan?? Selain itu suasana juga belum seberantakan siang, dan setok sayurnya juga masih melimpah. Komplit. Ada bumbu-bumbu jadinya juga. Pas banget lah untuk kami yang ga mau repot. Jadi beli ayam 1 ekor Rp 35 ribu sama bumbu jadi Rp 3000,-. Waktu aku liat bapak penjual bumbu jadinya nyidukin adonan, aku mikir...eh itu masuk-masukin bumbunya ngarang ga ya?? Karena banyak juga plus warnanya yang macem-macem, hahahha..

Tepat pukul 11 malem, kami selesai pasar, Sampe rumah jadi ga bisa tidur karena ada ayam ngejogrok di meja. Kalo ga segera diolah takut ga seger. Alhasil seperti biasa kami ugat-uget di dapur kayak emak-emak rempong buat ngolah tu ayam menjadi opor idaman Tamas.

Bercampur dengan rasa kantuk yang teramat sangat, akuh kudu nemenin beliau mengaduk ramuan sang penyihir *uhuk maksudnya opor* sampe kira-kira bumbu menyatu dan meresap. Sukaaakkk syebelll, soalnya kalo dah ngantuk doi suka tiba-tiba rempong di dapur dan membuat aku mau tidak mau harus mengawasi jalannya memasak. Karena aku emang kebagian jadi tukang bersih-bersihnya. 
15 Pretending cute anime gifs of black and white cat emoji download


Setelah  sekian lama berjibaku dengan panci, akhirnya kami rasa opor yang kami masak sudah matang. Meski sebenarnya Tamas yang tadinya ngaku masak kek ginian keciiilll, e ternyata pas dah siap saji kayak ngerasa kok baunya ga sesedap opor yang kemaren kecium ya??? Ulalaaaa.....pas dicicip, e bener juga, ternyata rasanya kacruuuutttt...Rempah-rempah di bumbu jadinya agak random dan kerasa semriwing asem-asem gimana gitu di lidah. Apa dicampur kayu manis segala apa yah??? Hadduhh !!18 Funny red cat chat emoji download




tumis jamur bikinanku katanya enaakkk
yang ini agak keasinan dikit

Ya, karena uda terlanjur masak 1 ekor besar yang terdiri dari 10 potong ayam, akhirnya mau ga mau musti kami habiskan juga. Sebagai penetral rasanya, pas buka puasa tiba, aku tambahin sayur lain deh kayak tumis jamur dan jamur goreng krispi berikut. Lumayaaaan lah ya....

Untunglah jamur bikinanku rasanya aman. Yang sayur (jamur kancing) rasanya kenyil-kenyil, sedangkan yang krispy uda mirip kulit ayamnya kaepci....nyum lahhh, alhamdulilah masih bisa makan enak.
25 Lovely funny cans panda emoji gifs to download

70 komentar:

  1. Walah ada rasa semriwing asem-asemnya juga? Nano-nano ya rasanya :)
    Aku ngincer tumis jamurnya tuh, dimasak pedas pasti tambah enakk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya yg jual nambahin bubuk kayu manis mb, jadi agak nano nano tuk ukuran opor idaman hahaa
      Itu udah aku kasi cabe rawit banyak, dan huh hah pedeuuusss

      Hapus
  2. gelinding kayak landak, uget uget di dapur.. bahaaaa.. mba_mba ngakak bacanya.
    gensinya tuiinggi mending pulang kucluk_kucluk, tapi kan enak gitu mba, bisa ketemu istri. makan ditemenin barwng istri kan enak, rasanya beda. *apaan ini coba.
    lha enak ya pasar buka 24 jam.
    rasanya ada semriwing kayak relaxa ya mba, campur asem lagi kayak.... enak lah itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahaa, makasi dah terhibur dg tulisan absurd ini
      Iyaaa juga ya wkwkk

      Iya di sini gitu open 24 jam jadi bisa kapanpun blanja , nah loh
      Hahaaaa nggilani nek koyo relaxa

      Hapus
  3. Ini kalau disantap pas pulang kerja gini pasti nambah nambah dan nambah dijamin :D

    BalasHapus
  4. sekali liat jamurnya aja udah yakin enak kok :)
    "Pernah aku tawarin buat bawa bekal sendiri kayak di drama-drama korea" yang kebayang sih kayak istri2 tahun 70an yang suaminya kuli tambang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh jujur aku malah baru tahu sejarahnya

      Hapus
  5. Walah.. sekali sekali nggak sedap nggak apa apa. Yg penting jangan keterusan nggak enaknya.. hehe

    BalasHapus
  6. Aduh mbak.... Nambah rasa lapar aku. Mana hujannya belum berhenti dan aku paling doyan sama ayam.

    BalasHapus
  7. dbg istri yg cantik bin menawan.... enaknya kasih komen apa ya buat kalimat ini....gak jadi deh :))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. #sodorin kresek sapa tau mauk muntah
      Wakwakk

      Hapus
  8. sambelnya kok gk keliatan ? :D

    BalasHapus
  9. Mbak nit opor ayam segitu banyak di habiskan berdua hati-hati mbak nit nanti lemak ada dimana-mana hehehe

    Ko aku malah pengen nyobain tumis jamur dan brokoli ya mbak nit hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lemak alert O___________o
      Mau mb? Yuk masak

      Hapus
  10. Mending bikin bumbu sendiri daripada pake bumbu kacrut..wkwkwk
    kalo nggak tahu resepnya..googling dong dek Mbuuul :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akuh malas bukak interned mbaaaa...huhu

      Hapus
  11. Wihihi aku juga suka bikin tumis brokoli + jamur kancing. Enaaaaak hahaha. Aku salut kalau ada yang puasa terus mesti masak!

    Soalnya aku suka nda sanggup karena bete gakbisa nyicipin rasanya gimana atau kurang apa. Hiks. Makanya kalau bulan puasa, soal rasa urusan mama aja atau gak nanti pas buka di icip dulu gimana rasanya baru deh diangetin lagi huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa tapi jadinya besokannya doi nemenin puasa, hahaaaaa

      Hapus
  12. Nah.. gitu atuh, perempuan harus bisa masak, kayaknya tumis brokoli ama jamurnya enak tuh he...he.. kalau mau butur resep kunjunggi Chefsiana aja yah.

    BalasHapus
  13. Baca ini jadi inget, hari ini dirumah lagi ada jamur goreng krispi. Ibuku sok ide gorengnya pake tepung ayam krispi. Jadinya ayam goreng vegetarian deh, hehe..

    BalasHapus
  14. Kalo jarak tempat kerja sama rumah deket memang mending pulang Mbak. Biar gampang nambahnya haha

    BalasHapus
  15. What?! Sepuluh potong cuma buat berdua? Bagi-bagi atuh. Kasihan saya kelaparan, Mbak. Sudah tiga hari ini belum makan. Makan janji manis gebetan. Emaap.

    Asyik juga itu deket dari kantor. Bisa tidur-tiduran dulu. Atau tidur bareng. Ehehe. Eh, ampunnnn. Saya masih polos. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini yog gue hibahkan, iklas

      Iya yog, mang kenyataanya bis makan siang tidur dulu, mayan mengefektifkan jam istirahat semaksimal mungkin

      Hapus
  16. kacrut kacrut tp abis kaaannn? kan kan kan ?.
    opor bikinan aku jg kacrut nit, yg enak malah opor bikinan suami, apa jgn2 jiwa aku tertuker sm suami yak *komen apaaa iniiihhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abizzzzz, horaaaayyy
      Bisa jadi bisa jadi >_________<

      Hapus
  17. Waaah ini opor ayam yang diceritain di akhir postingan sebelumnya kah, Mbak Nit?

    Mungkin itu efek udah larut malam kali ya, Mbak Nit. Makanya jadi kacrut gitu. Tapi kalau makannya berdua rasanya pasti jadi rasa cinta. Huehehe. *apa sih Chaaaaa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cha ini cerita lanjutan postingan yang sebelumnya
      Iyaaaak udah keburu ngantuk jadi angot angotan ngaduk opornya hahaaa

      Hapus
  18. Bhahaaa ngakak pas di bagian mba nyaranin ke Tamas untuk bawa bekal kayak di drama drama Korea. Hahahaaa :D

    Mba, jarak hatiku dan hatinya jauuuuuuhhh banget mba :( Nggak sedekat kantor ke rumahnya mba Nita.

    Bhahaaa, iya mba. Aku selalu salut dgn penjual bumbu siap saji di pasar. Cepet banget tangannya ngambil bumbu bumbu. Keliatannya kayak asal-asalan ya. Hahahaaa
    Mungkin itu karena udah saking hafalnya kali ya, Mba.
    Di sana pasarnya 24 jam. Wiiih rame terus dong sampai malam.

    Bhahahaa opornya gagal. Tapi nggak papa mba, itu tumis jamurnya keliatan menggiurkan. Bisa menutupi rasa kecewa dgn opor kacrutnya :))
    Heheeeew

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lan, ceritanya biar taperwernya kepake

      Iya yah, riau jakarta jauh...e darma bukan si ini?
      Piece

      Pasarnya khusus buat yg borongan dan biasa lan, open trus

      Bumbunya meragukan tapi huhu
      Cieeehhhh hasooy

      Hapus
  19. Lebaran kemarin adalah perdanaku masak opor. Berhasil berhasil

    BalasHapus
  20. Aku pengin nih kayak gini nanti kalo udah nikah, bisa masak berdua ah romantis banget biarpun ngantuk gitu mbak hahaha

    BalasHapus
  21. Meskipun Bumbu Random semriwingnya bikin pengen mbak....Apalagi tumis jamurnya itu. Waks, langsung lapar lihat foto-fotonya :D

    BalasHapus
  22. Jamur kancing mmng mantab. Kenyil2 gimana..? Nit...serius, 1 ekor ayam dimasak sekali...dan hanya untuk berdua...??? Uakeheeee....gimana ngabisinnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jabisnya dalam 4 hari, dingat nget ngat nget hahaaa

      Hapus
    2. Wkkk....njur rasane pasti....tambah kacau :-) beli bumbu yang ulek sendiri, 500an di warung...lebih enak. Raciknya di dapur ngandelin feeling. Asal dengan cinta...pasti enak...:-D

      Hapus
    3. Hahhaha jelas tambah kacrut hihihi

      Hapus
  23. klo ada rasa cinta, apapun rasanya pasti enak mba :)

    jamur krispinya mau dong..

    BalasHapus
  24. Hahahaha.. aku ngebayangin kacrut itu ky gmn ya.. ada asem2 pula.. mgkn di masukin asam kandis kali ya.. krn tetangga sy org padang suka masukin asam kandis di rendang dan gule nya. Tp ga smpe kerasa asem jg sih malah enyakk.. ah entahlah..
    Tp aku doain ramadhan tahun ini bisa isi lagi ya mba nita.. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaaa ternyata asam kandis yah bisngnya (histerizz)

      Hapus
  25. beneran deh..bau opornya sampe ksini..hahhaah

    BalasHapus
  26. duh hutangku juga belum lunas semu anih, makasih ya sudah diingatkan lewat postingan ini

    BalasHapus
  27. koneeeengnyaa maaak gak nahaan
    langsung srupuuut kuah opornya sueegerr gurh banget.

    itu tumis jamur .. dhuh ! provokator ..! pinter memadukannya.
    opor kacruuutt (hahahah apa maksudnya .. cobaa), berteman tumis jamur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixiixi, kayaknya kalo kuah-kuahan dikau lebih jago mbak...
      hahahahha,
      ajarin atulah mbak :D

      Hapus
  28. Ayo, semangat ngelarin hutang puasanya yang udah setengah jalan hehe. Kalo lagi puasa, yang ditunggu emang salah satunya adalah waktu berbuka hehe, dan buka puasa pake opor ayam udah maknyus banget di lidah & perut :D

    Wah enak banget itu bisa pulang dulu ke rumah untuk makan siang sekaligus melepas lelah, kantor idaman banget. :D
    Wah, belanja ke pasarnya malem hari, ya? Plus ada bumbu jadinya juga.

    It's okay opor ayamnya ngga sempurna (sampe dilabelin "kacrut" segala :p), toh masih bisa dimakan kan, apalagi ada penetral rasa, kayak si tumis jamur itu. Fix, foto-foto makanannya mengundang selera makan :D

    Btw, gua terhibur banget sama animasinya hehe. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bay, lagi ngebut huhuhu
      buka puasa ibarat nemu oase di tengah gurun aseggg

      iya bay, lumayan daripada di warteg atau makan di jalan, ga sehat
      hahahha kacrut banget tu opor
      tapi setelah ditambal pake bumbu sajiku (e kok aku promosi ya), jadi lumayan kok rasanya...abis dalam 5 hari.
      hahahha itu dari funnygifsbox(dot)com

      Hapus
  29. wah asyik ya...
    jadi cepat pengen berumah tangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyikkk banget, hayuk ah cobain aja san :D

      Hapus
  30. Walaaaah, itu banyak banget cuma utk berdua? Awas loh, tambah gembul nanti, hihihi

    BalasHapus
  31. wuahahaahha... opor apaan sih ada asem2nya ;p kalo aku pribadi sih mbak, nyerah deh kalo udh soal masakan yang memakai santan dan bumbu2 rempah yang segambreng itu.. mnding kita bikin yang mudah meriah yaa ;D.. tapi salut loh ama Tamas masih mau masuk dapur ;).. suamiku mah boro2 deh.. palingan masak indomie doang dia -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaaa kadang suamiku juga gitu kok mb fan, numpuk cucian kotor banyak beud hihi, yg bikin kotor dia, jadi aku bolak balik jd cleaning servicenya wkwkkk

      Hapus
  32. Jamur kriapy tuuh favorit bangeeet..gampang buatnya tepi berminyaaaak huahaha.. Nita pinter masak juga yaaah

    BalasHapus
  33. Nama masakannya lucu...opor kacrut :)
    Tapi sepertinya enak juga tu, boleh juga nich di cobain :)

    BalasHapus
  34. Eduuun..belanja sampe jam 11 malam? Alamak...saya mah kibar bendera putih dah..mending bobo. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii, ini juga pake merem mb lev...antuug beradd

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...