Selasa, 01 Maret 2016

Resep Ikan Mas Goreng



Minggu-minggu kemaren kami berasa makan enak mulu deh. Makan besar. Iya, soalnya kami khusus beli ikan buat perbaikan gizi. Sebenarnya ini kami lakukan karena ada misi gede....ya...namanya juga lagi usaha (usaha apaan emang Mbul?? Ntar deh koar-koarnya klo uda berhasil, sementara ini dikeep dulu biar upaya yang kami lakukan bisa maksimal sehingga keluarannya bisa dijadikan cerita sukses, pokoknya indah pada waktunya dah judulnya, amiin).

goreng ikan minyaknya harus tenggelem

Nah, masak ikan ini sebenarnya hasil inisitif dari Tamas sih...mengingat memang beliaulah yang duluan mencintai ikan....Jadi niatnya emang pengen mempengaruhiku supaya ikutan cinta sama ikan. Yaampun soswittt sekaliii sihhh biar samaan selera makann kitaahh...... ngga usah repot-repot deh bunny.....uwuww (ini dipaksa)...

Ikan yang kami jagal berupa 1 ekor ikan mas nan semlohai yang rupanya sedang bertelur (waduh, syadisss amat kita ini, mau ngegoreng ikan yang lagi bertelur ??). Ya pokoknya ama si abang, kami pengen dipilihin yang paling semok dari ikan-ikan yang ada di kolam terpal di sebuah pasar becek suatu pagi. Buat lebih praktisnya, kami cheating dikit dengan beli bumbu jadi biar ga ada acara uleg-menguleg yang begitu melelahkan. Hhahahahha...salah siapa di pasar ada bumbu jadi?? Ya kalo diitung-itung emang lebih murah sih. Bedanya udah berapa ribu sendiri ketimbang beli kunyit, dan kawan-kawannya dalam bentuk mentah. Cerdas kannnnd??

Sesampai di rumah, kami segera mengeksekusi ikan dengan kepala koki seorang Tamas...aku di sini sifatnya sebagai penggembira staf kebersihan aja--yang kalo di dunia chef cukup diperhitungkan juga peranannya karena kan tanpa dapur bersih, apalah arti sebuah makanan? wkwkwwk....

Oke deh, langsung aja aku jabarkeun step-step menggoreng ikan masnya. Uda durasi soalnya...

Pertama, bersihkan ikan dari jeroannya....Potong menjadi 2 bagian (pisahkan kepala dan ekornya). Biasanya aku doyan ekor, sedangkan Tamas mengklaim bahwa kepala adalah bagian terlezat dari ikan. 

ikannya gede-gede
baluri dengan bumbu

Kedua, lumuri ikan yang ada dengan bumbu jadi tadi. Kurang lebih kalau kucium-cium lagi terdiri dari 
1 sendok makan air jeruk nipis
2 sendok teh garam
2 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 centimeter kunyit
1 sendok teh ketumbar
daun jeruk
sereh  

aku paling suka dengan ekornya
Tamas suka kepalanya

Gorengnya hingga kuning keemasan ya
enakkkkkk nih, ikan mas goreng ala Mbul

Ketiga, panaskan minyak goreng dengan takaran ikan harus dalam keadaan tenggelam (supaya matang di setiap sisi).

Keempat goreng hingga kuning keemasan....
Sajikan bersama nasi putih panas yang mengepul, sayur, wuuuuuhhhh mantabbbbb

sajikan empat sehat dengan sayur dan buah...

Segitu dulu ya, menu masakan kami kali ini...semoga menginspirasi, dadaaaahhh...


62 komentar:

  1. hmm kalau nga ada ikan mas, bisa nga di gantiin ikan perak atau ikan perunggu ? trus kalau ikannya nga mau menguning ke emasan gimana ? ah mb nita tutorialnya nga lengkap nih masa yang ada di tutorial kan cuman ikan doang, eh pas jadi kok malah ada sayur, telor trus ada buahnya lagi.. boong nih boong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan perak atau perunggu muahal, musti mahat logamnya dulu wkwkk
      Hahha iya ya, lagi males nulis panjang eakkkk

      Hapus
  2. Bumbu yang diuleg mana tante Nita Mbul? hihi

    BalasHapus
  3. woow mantap mba lah itu. lha terus mba nit udah cinta sama ikan belum? samaan kayak bang tamas.
    kalo aku spendapat sama bang tamas, bagian kepala itu yang paling enak.
    emm bahan, cara masaknya gampang juga gak ribet, perlu di coba ini. nyari yang semlohai ikanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum, masih blajar mencintai ikan wkwkwkkwkw
      Bang tamas, panggilane lucu timennn hahhahah

      Iya di lawong tinggal beli bumbu jadindi pasar aja kok

      Hapus
  4. ikan mas, ueenak, mudah masaknya, tinggal dipraktekin resepnya

    BalasHapus
  5. Nih ikan pasti jenis kelaminnya cowok semua
    Ikan mas
    Coba kalo ikan mba
    Itu kunyitnya hrus 2 cm mba? Ga bisa apa kalo 3 atau 4 cm? Terus kalo 1 cm bisa juga engga?

    BalasHapus
  6. Samaaa. Aku juga suka kepalanya, Mbak Nita. Apalagi kalau krenyes-krenyes. Hmmm yummy~

    Asiiik. Ada bau-bau mau buka usaha nih. Misi gede apaan nih, Mbak Nit? Mudahan lancar dan sukses ya apapun misinya. Yuhuuu :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang dibikin garing mang enak cha, kripspiiiiii
      Usaha apa dulu ya, wakakkakak...pokoknya usahanya bukan usaha yg ono kok #sokmisteriusà

      Hapus
  7. kurang sambeeellll.... hahahhaa, sambel dadak ala sunda sing pedes banget makin endeuss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Males nguleg cabe, jadine pake sambel jadi hahha

      Hapus
  8. wah ikan goren, aku tak suka aku vegetarian

    BalasHapus
  9. Waaaah gurih banget itu mba, keliatan dari fotonya. Aku sama kayak mba Nita, lebih suka bagian ekornya. Hehee

    Hahaaa bener banget mba, salah siapa ya di pasar ada bumbu jadi. Jadi enakan beli. Hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakkk lan, ikannya kebetulan dapet yg segerrrr, truss bumbunya juga ngresep jadi guri guri nyoi kalo kata bang ocid v_____v

      Hapus
  10. kl gitu bagian perut buat sayaaaaaa

    BalasHapus
  11. kalau aku biasanya minta bersihkan langsung sama tukang ikannya, jadi dirumah itnggal cuci. ah bikin laper aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kmaren juga kok mb lid, tapi biar bersih di rumah tetep dicuci lagi

      Hapus
  12. Berhubung aku nggak suka makan ikan aku nyimak aja nggak sambil ngiler deh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh sayang sekali mb wid, ini bergizi tinggi lo

      Hapus
  13. pliiis mbak.. kenapa selalu ada ikan disini. haha.. aku suka gak tahan soalnya kalo udah urusan ikan.

    "kepala adalah bagian terlezat dari ikan"

    bagi aku, semua bagian ikan adalah yang terlezat mbak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini memang gudangnya ikan thur
      Wkwkkw

      Kepala klo digoreng garing mang gurih ya

      Wahhhh pasti kamu anak cerdas ni, suka ama ikan

      Hapus
  14. Apalah ikan mas goreng, aku gak suka ikan :3

    Tapi ibuku kalo goreng ikan setauku pake bumbu yang sudah jadi, yang sachetan dan iklanya di tv itu lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu kan semua juga pengen praktisnya hihihi

      Hapus
  15. Cara bersihin ikan itu gimana sih? Aku paling dudulz kalau soal masak ikan.. takut salah bersihinnya.. haha, jd mending beli jadi.. jauh lebih praktis, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau minta tolong dibersihkan abangnya hehe

      Hapus
  16. kalau masalah makan, apalagi ikan saya jagonya sista. saya gak banyak komen ya, langsung copy nih menu dan cara membuatnya. makasih dan semoga berkah, amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah saya copy artikelnya sista. makasih ya. salam sahabat blogger.

      Hapus
    2. Wah mantabbb ni mbah dinan, penyuka ikan..saya ni lagi belajr buat ga pilih2 makanan termasuk ikan hihihi,

      Hapus
    3. Mangga mbah, makasih ya dah mampir, salam blogger jugaaakk

      Hapus
  17. Ya Allah.. sayurnya meuni seger pisan Nit.

    BalasHapus
  18. Ikan gorengnya bikin ngiler. Sumpah...

    BalasHapus
  19. *Bookmark* *tunjukkin ART* hahaha. Dasar emak malas dan mudah menyerah nih aku >.<

    BalasHapus
  20. saya ngincer sayurnyaaja tuh. gak doyan ikan air tawar :(

    ijin gabung blognya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka sayur ya mas?
      Makasih dah joint blog saya ya ^_^

      Hapus
    2. kan udah gede... jadi dah bisa makan sayur :)

      Hapus
  21. Aku paling males goreng ikan karena sering meletus di wajan...eh, iya boros minyak juga...hi..hi, soalnya pasca goreng ikan sering bingung..sisa minyak mo diapain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dats de point, minyaknya mubazirrr uhuk

      Hapus
  22. ikan mas goreng mmg enaaak.. apalagi dipepes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajarrkeunnn dunk mb lia, cara bikin pepes #kedipkedip

      Hapus
  23. kalo makan ikan juga saya lebih suka bagian ekornya Mbak Nita, lebih banyak isinya menurut saya :D

    BalasHapus
  24. kebetulan banget aku belum makan, jadi boleh ya nebeng makan apalagi ada sayur oyongnya :)

    BalasHapus
  25. Sayur dan kerupuknya menggoda sekaliiii >.<

    BalasHapus
  26. Aih, ngebahas ikan mas goreng, salah satu kesukaan gua nih, semua bagiannya enak Nit, dari kepala sampe ekor. Apalagi kalo dimakannya pas masih anget, plus nasi yang juga mengepul hangat, widih mantep lah pokoknya. Sumpah, ngeliat foto ikan di atas yang dengan pasrahnya menunggu untuk disantap ngebuat gua laper *as usual* :D

    Wow, jadi ikan yang dipilihin si abang-abangnya yang lagi hamil? Biar lebih maknyus kali ya hehe. Itu penjual yang ngejual bumbu jadi udah jeli baca peluang pasar :p

    Oke nih sajiannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantes bayu cerdas ya, suka ma ikan..iya ikan tu kyaknya yang paling aman deh dibanding daging atau ayam yang banyak isu aneh aneh klo di reportase investigasi hahhaha

      Hihihii, iya ikannya cewek yang lagi betelor, soalnya kayaknya dagingnya buanyakkkk

      Hapus
  27. Duuuh ngidam ini... belom kesampean... males bikin sendiri T_T

    BalasHapus
  28. wah seger banget sayurnya
    bener ituh kurang sambel mb mantebb pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambelnya sambel beli di indomaret aja mb heheh

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...