Rabu, 01 Juni 2016

Menu Sahur Praktis Ala Mbul (Bagian 1)



Ya Alloh pucing pala belbie. Ini lagi banyak ide--banyak foto, tapi bingung mau posting yang mana duluan, hahah.. Yaudah, berhubung uda mau puasa, maka aku tuliskeun hal-hal yang urgent dulu (ciyeh urgent) terkait kepentingan penulisan yang berhubungan dengan bulan Ramadhan. Harapannya sih biar ngejaring klik yang banyak, wakakkaka (maap ya terlalu jujur).




Nah mumpung aku lagi ada stok foto resep masakanku yang lumayan banyak (daripada ga diapa-apain, kan mubazir...mending akuh dropin aja di menu sahur kali ini). Biar ada range-range-annya gitu kalo pas lagi bingung mau masak apa. Ya simpel-simpel aja sih. Khas masakan anak yang baru bisa masak kayak akooh.

Langsung aja, ini dia :

Hari Pertama 
Oseng Mlinjo Campur dan Tempe Mendoan

Oseng mlinjonya gampang banget. Ala tumisan biasa lah ya. Bumbu dasar bawang merah, bawang putih, cabe, garem, gula merah. Bahan campurannya tinggal tambahin labu siem (sisa kemaren) ama kecambah. Udah, diongseng-ongseng jadi. 






Kalo tempe mendoan ini ni yang agak ribet. Secara, kalo pengen dapet rasa mendoan yang pas ya pakenya mendoan asli. Bukan tempe biasa dibikin mendoan. Itu loh yang di pasar dijualinnya agak lebarrr...terus dibungkus pake daon pisang n tipis-tipis. Bumbunya juga aku pake yang praktis aja lah. Abis dicelupin rendaman garam dan bawang putih, terus cemplungin aja ke Tepung Bumbu Kobe yang khusus mendoan. Ini tu tepung bumbu yang paling cocok deh buat mendoan. Rasa ketumbarnya kerasa banget. Abis itu goreng deh di minyak panas. Kalo mau yang model mendoan tidak garing ya angkatnya jangan lama-lama. Ni kebetulan pas Mbul masak lagi rada error jadi uda keburu garing deh. Tapi tetep ya bumbu ama tepungnya ngresep.




















Hari Kedua
Labu Siam Kukus, Telur Rebus, Kangkung Rebus, dan Pepaya, Tempe Mendoan

Males yang ribet-ribet lagi. Mending semuanya kukus. Daripada riweh mending makan sayuran sehat yang no kolesterol. Caranya ? Kukus !!! Wkwkwkwk. Tapi biar ga hambar-hambar amat, yaudah deh aku tambahin tempe mendoan aja hahhaha..Berasa kayak diet mayo ga siiiy?











Hari Ketiga
Telor Dadar Cabe dan Teri Medan

Ini masakan khas tanggal tua banget deh. Ga ada apa-apa di kulkas, kecuali telor sama teri, yaudah dieksekusi aja, hahahhaha.. Ini sebenernya resepnya Tamas sih yang suka telor isi cabe. Cabenya cabe ijo yang diiris tipis-tipis terus menyebar ke segala penjuru (ciyeh bahasanya). Ya semacam ranjau lah. Terus ngegorengnya juga ga usah lama-lama, biar kerasa lembutnya. Ya selera sih ya. Kalo aku suka yang rada gosong sedangkan Tamas suka yang medium. Jadi ya sutra lah. Hahahah. Sebagai mood booster penambah nafsu makannya, jangan lupa sisipkan teri medan goreng yang dijamin pengen nambah dan nambah lagi (nasinya).




Hari Keempat
Tumis Sayuran dan Ayam KFC

Yang ini juga resep awur-awuran Tamas nih, wakakaka.. Harap dimaklumi soalnya kami uda buntu banget mau masak apa. Jadi sayur yang ada di kulkas semua campur-campurin. Tadinya sih sosoan mau masak capcay, tapi jadinya kek bukan capcay. Ya semacam tumisan biasa sih. Tapi lumayan lah. Dari bahan yang ada kek kentang, brokoli, wortel, kobis, telur (diorak-arik), sama cabe, uda diosek-osek aja ama bumbu tumisan. Jadi deh ! Pelengkapnya (biar kerasa ada lauknya gitu) yaudah tambahin aja rejeki anak soleh (dapet KFC dari si bos). Hahahha...













Hari Kelima
Sop dan Sarden

Kombinasi yang sebenernya maksa. Tapi ya mau gimana lagi. Tanggal tua cuy. Yang ada tinggal bahan sop-sopan ama sekaleng sarden. Hajarrrr !!! Oiya, sop-sopannya juga yang seadanya aja (main masuk-masukin), yang penting bumbu dasarnya uda pada ngerti kan? Bawang putih ama lada. 


Hari Keenam 
Bening Bayem dan Bakwan Sayur

Siapa sih yang ga doyan bayem. Bayi aja sukaaah. Ahahahah, termasuk juga gue. Bayem gampang sih bikinnya. Cuma nguleg bumbu bawang merah campur garem, terus kasi gula dikit. Nah...cemplung-cemplungin deh itu sayur beserta jagung manisnya. Kalo lauk pendampingnya, bakwan sayur juga bisa. Gampang !!! Kan sekarang ada bumbu bakwan ini !! Hahahha... 


Hari Ketujuh
Sayur Asem dan Tempe Goreng

Kata Tamas, ga ada sayur asem yang ngalahin bikinannya istri tercinta--yaitu aku sendiri. Hahahhahahhaaha (*langsung terbang-terbang*). Yang penting kalo aku sih cari bahannya satu-satu ya. Kan biasanya ada tuh yang uda paketan sayur asem dalam satu plastik. Nah, yang begono ono kadang potongannya kecil-kecil. Entah labu siemnya, jagung manisnya, kacang panjangnya dll. Terus banyak angsrak-angsrak (apa yah bahasa gampangnya, oh...maksudnya ribet banyak melinjonya lah), akhirnya bikin aku milih yang beli kepisah. Soalnya lebih fres, dan porsi juga kita yang tentukan. Terus Tamas juga suka request kacang yang melimpah sih. Soalnya kalo sayur asem tanpa kacang tanah bagai sayur tanpa garam kurang enak kurang segarrr, dari situ embul goyang agar semuanya senang....aaaakkk (malah nyanyi gueh). Nah terakhiran, lauk yang pas ya paling-paling tempe tepung. 





Hari Kedelapan
Capcai dan Ebi Furai 

Sebenernya ini masakan 'terlarang' sih yang diwanti-wanti jangan dibikin hahhaha... Tapi klo adanya bahannya ini, yaudah deh eksekusi aja jadi capcayyy... Paling-paling biar nambah enak ya sertakan aja lauk ebi furai goreng yang pastinya enak tenan.








Hari Kesembilan
Bening Bayem dan Bebek Goreng

Bening ama bebek? Emang cocok Mbul? Ya cocok-cocokin aja, wakakkaka.. Secara uda bingung ya kan kalo kudu masak apa per harinya. Nah bebeknya dari mana? Bebeknya beli sih di pinggir jalan. Hhahahaha.







Hari Kesepuluh
Sop Daging,Tempe Gembus Goreng, Semangka

Kalo urusannya ama daging, serahkan pada Duta Sheila on 7-kuh...aka suami sendiri hahahha.. Yup, yang paling manteb bikin sop ada unsur dagingnya si Tamas ya, soalnya ada kombinasi bumbu yang aku engga paham kaya pala dan sebagainya. Aku kan palingan faseh bikin yang sop simpel dengan bumbu lada bawang doang. Hahahah, jadi aku paling kebagian buat goreng lauknya. Yang ada kebetulan tempe gembus. Dan ini ternyata enak loh kalo digoreng tepung.  










Gimana temen-temen, uda kebayang ntar mau masak apa ga pas sahur? Hahahaiii

58 komentar:

  1. Hahaha aduh mata saya knpa ya itu kan tempe ya ? knapa mata dan pikiran saya mengatakan kalau itu goreng telur :D

    BalasHapus
  2. weleh2, belum juga puasa udah sahur aje

    BalasHapus
  3. Kreatif bener mahmud iniiih...kurang banyak ah menunya :p

    BalasHapus
  4. Wawww menunya variatif banget!!!
    Suka suka suka.
    Kalo aku biasanya masak oseng kulit melinjo, ga dicampur toge

    BalasHapus
  5. DOOOH GUSTI..
    JAHARAAAAA NIH NITAAA.

    aku ngidam semua sayurrrnya. Gilaaaa kangen banget masakan semua yang diatas, apalagi itu sayur bayam, terus capcay, goreng teri, tempe mendoan dan sayuran serba kukus.
    Khas dirumahku banget ituuuu.


    duh mana bulan puasa ngebangke di kostaaaan.
    makan apa aku atuh maaaak kalau dikostan huhuhuhuhu.
    jadi home sick giniiii :(

    BalasHapus
  6. Pintar juga kau masak yah, boleh dong dikirim.

    Oseng kulit melinjonya plus kikil tuh yah, bikin laper aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok tk DP dulu :D

      Labu siam, kalau tempat aku namanya waluh.

      Hapus
  7. saluuuttt nitong bisa ngepos segindang banyak soal sahuran *gue aja gak kepikiran mau masak apa ceplok telor juga jadilah hahaha :p biasanya masak buka tuh sekalian sahur sih kalo di rumah gak masak baru lagi

    BalasHapus
  8. nit aku doyan banget tempe goreng, mendoan pun.. jadi tahu kalau kudu beli tempe mendoan sendiri di pasar *kemana aja selama ini ah

    BalasHapus
  9. langsung ngiler mba, terutama mendoannya ^^

    BalasHapus
  10. Aku salut sama mba Nita. Kalo masak pasti nggak lepas dengan yg namanya sayur dan buah. Vegetarian banget hahaaaa.
    Tempe mendoan, uwuwuuww aku mauuu mbaa

    Bhhahahaaa (biar ngejaring klik banyak) mba Nita, kamu terlalu jujur mbaaa :D

    BalasHapus
  11. Nggak dibikin sampe full 30 Hari sekalian mba Nit. Nanggung amat. Huehuehue
    Kalo aku mah biasanya satu menu buat sahur dan buka 3 hari aja udah seneng.

    Nggak sekalian nih resepnya juga ?? :O

    BalasHapus
  12. onde mande...
    puasa masih seminggu lagi, tapi udah bikin jadwal menu sahur :)

    kalo saya sih, yang praktis cukup po*mie aja, cukup sobek cup-nya, rebus lima menit, n makannnn :)
    *maklum edisi ngekost heheheh

    BalasHapus
  13. Ngiler aku mba liat postingan muuu hehehe

    BalasHapus
  14. Tiap posting tentang makanan selalu ke goda dan suka ada bisikan harus gagal diet wkwkwk

    BalasHapus
  15. Waaah...udah punya resep 10 hari pertama ternyata. Saya paling suka yang kulit melinjo itu Mbak...haha.
    Makanan paling enak itu Mbak Nita. Whidiw jadi kebayang makan oseng kulit melinjo.. Hadeuuw....

    BalasHapus
  16. Wah mau memasuki bulan ramadhan udah persiapan nih mbak :D

    BalasHapus
  17. Yang pake kulit mlinjo itu aku suka banget...tapi sayangnya ga boleh dokter...asam uratku tinggi...salam kenal ya

    BalasHapus
  18. Ditunggu bagian dua dan tiga :D
    Kan mayan buat contekan menu bulan puasa ntar supaya gak bingung lagi. Haha.. Etapi disini nyari melinjo susah euy, kalau mendoan selalu nyetok, cemilan favorit.

    BalasHapus
  19. Waaa menunya udah banyak ya, Nit. Jadi ngga usah pusing mikir menu ya. Paling praktis memang goreng tempe mendoan pakai tepung kriuk itu ya hehe, dan tempe gembus rasanya juga juara lho :)

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya, semoga ibadah kita diterima Allah, aamiin :)

    BalasHapus
  20. resepnya cocok nih buat saya yang anak kost-an, terutama yang bahannya tempe-tempean, harganya murah + gizinya tinggi, mantap *jempol*

    btw thanks buat resep-resepnya Mba Nita :)

    BalasHapus
  21. Telor dadar goreng cabe.....dan terii....favorit gue banget :) Tapi penasaran gimana rasanya teri medan itu? Ama saudaranya teri di tempat gue apakah ada perbedaan? :P

    BalasHapus
  22. mantep Mbul...udah well preapred banget yaa.
    btw boleh ah dicontek idenya.
    aku dah laamaa gak maem syur kulit melinjo..mau dunggg

    BalasHapus
  23. Kebayang katamu nit??? Ya belumlah.. Gue sendiri malah bingung, nanti sahur siapa yang bangunin. Kalo soal makanan, bisa beli, sih.

    Tapi, kalo lagi rajin, sih, gue juga masak. :D Tapi, keknya ini referensi menu yang simple banget alias gak ribet. Bisalah, gue coba2 di rumah nanti. :)

    BalasHapus
  24. cieeee mbul, udeh makin jago aje masaknyo
    bsok klok sahur daku mintak dikau aja ya nit, boleh ya ? boleh pokoknya, hahaha

    BalasHapus
  25. Niit, tempe gorengnya aku sukaaa. Soalnya pecinta tempe bgt hahahha :p. Ini resepnya aku save utk referensi pas si mbak ART pulkam ntr . Kalo dia msh ada sih , makanan udh terjamin slama puasa :D

    BalasHapus
  26. Wiihhh bisa jadi rujukan nih...

    BalasHapus
  27. Yassalaaam aku laper berat baca ini.
    Itu yang hari kedua kurang sambel mbak. beeeeuh pasti mantaph

    BalasHapus
  28. Menu hari pertama itu meggoda banget, oseng melinjo. Aku belum pernah makan, gimana rasanya? Sepertinya sedap kalo dioseng pedes ya.
    Tempe mendoan nggak ketinggalan, pasti enaaaak. Aku suka bikin juga kalo lagi pengin banget makan tempe mendoan, kalo nggak ya tempe aku goreng biasa aja biar cepet.
    Daaaaaan kalo lagi keluar malesnya nih, untuk lauk yang daging2an, ya beli aja, jadi aku tinggal nambahin sayurnya, apalagi kalo bukan serba tumis, masak sebentar sudah kelar deh. Asyik! :D

    BalasHapus
  29. makasih loh mbak nita, ini menunya saya print ya biar bisa dimasakin sama ibu :p

    BalasHapus
  30. Laaaah itu sayur asemnya kenapa berlimpah kacang tanah?? :o
    kalo emak yang masak kacangnya cuma dikasih seiprit -___-

    BalasHapus
  31. Mantap dan bervariasi. Rata-rata kayak masakan mamaku di rumah. Tapi kalo buat sahur makan sarden bakal dijauhin deh. Takut sakit perut, buang air terus, nanti cepet haus.

    BalasHapus
  32. Lah sahurnya lengkap amat ya? Kece. Aku biasanya paling sering dadar telur.

    BalasHapus
  33. Aaaaak mau dong nyobain sayur asem buatan Chef Mbak Nitaaaaaaaa :D Sop yang ada unsur dagingnya juga, buatan Mas Tamas :D

    Seru nih. Couple yang sama-sama bisa masak. Bisa dan suka. Suka makan. Tapi kelihatan Mbak Nita yang lebih suka sih. Makanya dipanggil gembul. Huahaha. Ampun xD Btw itu tempe mendoannya bikin kepengen, Mbak Nit. Aku suka tempe. Tempe bener sih kamu, Cha.

    BalasHapus
  34. wow sudah mateng ne persiapan Puasanya. Mau tak jiplak ne, boleh ya

    BalasHapus
  35. udah siap aja nih menu sahurnya, selamat berpuasa ya mbak Nita ^^

    BalasHapus
  36. Menu sahur sudah dilist tinggal menu berbukanya nih, Mba Nit. Hohohohoho

    Mau tempe mendoannya. Apalagi disiram bumbu saosnya. Menggoyang lidah.
    Yang sarden juga enak tuh.

    Mantap ini masenya juga bisa masak.

    BalasHapus
  37. wih wih wih, asik nih. udah nyiapin masakan buat sahur aja ya mbak.
    tempe mendoan emang asik tuh, tapi lebih asik kalau mendoan asli emang daripada tempe biasa dijadiin mendoan. sayur2 nya variatif ya, udah diperhitungkan secara matang ini :)

    BalasHapus
  38. AKU MAU YANG HARI KESEPULUH. UUUUUH ENAKS. *semua nya juga enak deng*

    Seneng deh masakan mba Nit itu masakan sehari2 yang simple dan rumahan banget. Pantes suami betah mba *eh*

    BalasHapus
  39. Wahaaaa :D banyaaak variasinya ya Mbak sahurmu :D hihihi Aku sih biasanya (karena emang sering mepet sahurnya) mentok juga ngindomie wkwkw kalau nggak ya telur dadar aja :D wkwk

    BalasHapus
  40. Aku suka tempe mendoan, tp males nggorengnya.. ruibet, suka potel potel tempenya kalau dibuka dari daun pisang.. biasanya dibawain adik ipar dr cilacap, di sini gak ada yg jual..


    Persiapan buat puasa itu sebenernya yg penting ada nuget, sosis, sarden sama telur, hahah,

    BalasHapus
  41. Udah ada persiapan nih. Saya lihat bahan apa yang ada di pasar aja. Ga ada persiapan khusus :-)

    BalasHapus
  42. Sudah siap menu sampai hari 9 aja, Mbak. Kalau yg sayur bening, sy seringnya malah jadi menu berbuka...

    BalasHapus
  43. Menunya loveable dan laparable nih. Aku untungnya belum ribet mau sahur pakai apa, ada ibuk yang bikinin. Biasanya masaknya malem pas sahur tinggal diangetin deh.

    Btw bagian ke2 sama ke3 rada bahaya, soalnya ngepos di bulan puasa. Alamat laper nanti lihat postingannya.

    BalasHapus
  44. woi dikau kok membombardirku dengan komen sih nitong hyahahhaa
    selamat menunaikan ibadah puasa ya
    mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  45. Wah...wah salut bisa masak, aku nggak bisa cuma masak doang :D Ini postingan kalo di share pas siang disaat puasa pasti bikin lapar

    Paling ngiler lihat oseng-oseng Mlinjo, tapi agak takut juga sama kolesterol dan asam urat hehehe...

    BalasHapus
  46. Ngilerrrr aku liat kacang mengambang buanyak di sayur asamnya, Tamas suka jg yak...glek!
    Daaan makan dadar telor ada cabenya, emang ranjauuuu banget dah wkwkwk

    BalasHapus
  47. tempe gembus ini dari bahan apa sih kak nita ? apa gembus itu juga semacam tomat atau labu atau apalah itu ? aku baru tau lho .. hahaa

    Nah kak nita, pernah bikin buncis crispy ngga?
    Aku sih kalau makanan berkuah biasanya bikin buncis crispy, jadi ada gurih gurihnya.

    Masakannya macem macem ya.. enak kalau udah punya rumah dan punya dapur sendiri, bisa eksperimen semaunyaaa.. Aku cuma anak kos, yang punya magic com saja udah bersyukur. Hahaha

    BalasHapus
  48. Menunya sederhana tapi praktis dan juga sehat ya gan!

    BalasHapus
  49. Menunyaaa..jadi keidean. Iya, harusnya puasa mah bikin irit yaa, bukannya malah jor-joran. aku paliiing suka sama oseng melinjonya. Kalo ke purworejo pasti beli deh. Sayang si Solo jarang. :(
    Trus itu sayur asemnya, Ya Allah..kacang tanahnya banyaaak. Tapi emang paling sedep si kacangnya yaa.. :D

    BalasHapus
  50. Aku mau mendoan sama sayur asem nya, eh ada sambel nya kan ??? hahaha

    BalasHapus
  51. Huwowwwwww

    Mbaknya hobi nyayurrrr
    Di rumah ku sayurannya gak se -bervariasi ini nihh
    Jadi dapet ide deh mau bantu bikinin sayur yg kayak apa hahaha
    #Aku bisa dan suka masak juga dikit dikit hihi#

    Maacih mbak nitaaa
    Kok embul sih makan nya ijo ijo semua gini kan mestinya kurussss

    BalasHapus
  52. Saya suka yang ini :
    Hari Kesepuluh : Bening Bayem dan Bebek Goreng
    Sekarang harga bebek lagi mahal cin.
    Tapi tak apalah sesekali boleh dimasak.

    BalasHapus
  53. Untuk hari kesembilan, mengapa makanan tersebut dilarang dek?

    BalasHapus
  54. aku contek ya menunya jadi punya ide buat masak

    BalasHapus
  55. terinspirasi buat makan sahur nantinyah
    yess ipp... makasih mbak gembul *ketcup mba nita dri jauh :D
    tulisannya positif bikin aku menelan ludah..
    ehh puasa....

    BalasHapus
  56. Salam kenal mba..
    sayur asemnya kayaknya mantep banget tuh.. boleh minta resep sayur asemnya kah??
    makasih yaaa :)

    BalasHapus
  57. Yakin deh, ni postingan pasti bakal ngejaring banyak pembaca haha, soalnya ada kata-kata "menu sahur praktis" :D Mantap dah

    Oke, bahkan dari judulnya pun udah ketahuan kalau bakal menyajikan banyak foto-foto makanan. Untung udah ditahan-tahanin nih perut, jadinya dibawa santai bacanya :p

    Tempe mendoan itu juara Nit. Pokoknya semua yang mengandung tempe itu juara deh. That's why gua favoritin menu hari pertama, hari kedua dan hari kedelapan. Khusus yang hari kedelapan, yaitu sayur asem dan tempe goreng, wuih... itu menu emang cocok banget didampingin, apalagi kalo ditambahin ikan. Bener tuh Nit: "Sayur asem tanpa kacang tanah bagai sayur tanpa garam kurang enak".

    Cerita lengkapya bisa dapet ayam KFC dari si bos gimana tuh, Nit? :p

    BalasHapus