Jumat, 25 November 2016

Bikin Cireng Sendiri...



Gurl's saya mau bikin penganan nih...

*busedd...pake saya, biasanya nyebut diri sendiri pake aku Mbul. Iya deh aku. Hahahah. Tapi tumben-tumbenan amat ya Mbul masyak. Biasanya bukannya rajin ngepost jajan kuliner ya? Yakaleee jajan mulu, ya kagak lah. Muahahahha... Ya begini deh, kalo mencoba memilih niche blog bab kuliner dan jalan-jalan. Isinya asyik-asyik terus. Jadi dikirainnya nda pernah masak alias tebar-tebar duit ke warung-warung, hihihi. Padahal sebenarnya mah tidak. Adapun berderet-deretnya postingan kuliner di laman ini emang cumak pencitraan semata. Ya keliatannya sih sering, cuma semua itu palsuuuh. Alias, stok foto kulinernya emang uda menggunung dari lama, dikumpul-kumpul-kumpul jadinya banyak deh. Waiting listnya jadi banyak bener buat diupload satu-satu. Kalo ga dipost....sayang-sayang karena fotonya bagus-bagus (setidaknya menurutku). Mangkanya keliatannya isi postingan di sini kuliner mulu, wkwkwkkw (maapkeun kalo bocaand). 

Cireng bikinanku sendiri ini lohhh gaez

Jadi ni ya, fixed, eke itu aslinya sehari-hari ya masak terus. Yang keliatan dari luar suka jajan sebenernya cuma pas Hari Minggu doang, itupun klo lagi empet banget ama masakan sendiri. Ya anggap aja sih bonus ya setelah 6 hari berturut-turut musti berjibaku dengan rumah. Tapi itu juga ga sering sih. Tergantung umur tanggalan aja. Apa udah masuk tanggal tua atau masih tanggal muda. Gitu-gitu gaez.

Nah ya, seperti biasa intronya suka kepanjangan. Langsung aja deh, kali ini aku mau urun rembug resep soal bagaimana membuat cireng yang baik. Maksudnya cireng dengan cita-rasa khas abang-abang gorengan yang suka mangkal di depan alfa. Tapi di sini cireng yang aku maksud yang jenis gorengan biasa itu ya, bukan yang model bulan (dibentuk-bentuk hati, bunga, segitiga, atau kotak-kotak yang isiannya macem-macem). Soalnya kalo yang itu jujur aja susah.Pernah nyoba bikin, nggak nemu formula tepungnya kayak yang di depan BNI Darmaga (karena cireng Bandung adalah jajanan favorit eke semasa kuliah, pokoknya nyisihin seribu marataus aja setiap hari cuma buat nungguin digorengin yang rasa keju uwuwuwuuw). Cimol juga sih, pokoknya sebangsa aci-acian gitu aku sugooooiiiii.

Resep cireng sebelas dua belas dnegan cimol

Bahan-bahan Cireng :

Tepung kanji/tapioka
Air panas (tapi kalo aku langsung kurebus sekalian ama bumbunya biar praktis)
Santan (sesuai selera sih, kalau ga ada bisa skip)
Daun bawang (kalau ga ada juga skip)
Minyak untuk menggoreng
Bumbu yang dihaluskan :Bawang putih, Garam, Air 

Langkah-langkah :

Iris daun bawang

Buat larutan tapioka. Rebus hingga mendidih.
Bumbu yang telah dihaluskan masukkan ke larutan tapioka yang telah mendidih tadi, aduk-aduk.Angkat.
Buat adonan tepung kanji/tapioka yang lain di atas wadah, campurkan dengan bumbu yang telah dididihkan tadi, tuang sedikit-demi sedikit. Uleni.
Kalau mau lebih gurih,masukkan juga santan cair sedikit demi sedikit. Kalau ga juga ga papa.
Masukkan irisan daun bawang, aduk hingga rata.
Bentuk bulat pipih. Pastikan adonan tadi bisa dibentuk ya dengan mudah. Kalo masih terkesan lengket (soalnya kan tapioka sifatnya nyebelin ya...lengket kayak kamuuh *eh), taburkan dengan sedikit tapioka juga. Uleni sekali lagi.
Panaskan minyak ke dalam wajan.
Goreng hingga matang.
Hindangkan selagi hangat.

Rebus air, masukkan bumbu halus, aduk-aduk
Bumbu halusnya (bawang garem)
Tuang bumbu ke adonan kanji dan irisan bawang
Aduk-aduk rata,klo mau gurih kasi santen dikit
Bentuk bulat pipih
Goreng dalam minyak panas
Angkat, sajikan hangat
Bikin yang tanpa daon bawang malah lebih gurih

Iritsss bukan pemirsa. Secara ya, kalo itung-itungan dikit #ala emak-emak medit, di kang gorengan sebijinya bisa dijual Rp 700, bahkan ada yang Rp 1000 hingga Rp 2000. Nah, kalo bikin sendiri ternyata mudah, dan rasanya pun sama wae. Podo banget. So, yuk ah bereksperimen di dapur masing-masing.


64 komentar:

  1. aku juga suka buat sendiri mba paling gampang banget bikin cireng tgl bikin bumbu rujaknya mba jadi deh cireng rujakkkkk enaaakkk alah jd pengen bikin deh nti pulang kerja hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. e iya mb, klo dicocol pake bumbu rujak tambah nampol tuh, cuma susah biki bumbunya nyak hihii

      Hapus
  2. ternyata mbak mbull juga pandai masak, Gi mana itu rasa cirengya icip dong hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya gurih mas junaidi, ayo coba bikin hehe

      Hapus
  3. mbaaa aku suka banget cireng tapi suka bete kalo goreng cireng minyaknya suka meletup letup kemana-mana, alhasil beli ajalah saya didepan SD deket rumah hihihi

    BalasHapus
  4. Saya selalu gagal bikin cireng, dicokot mendal2 mbak....heran bin bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh adonannya terdiri dari apa mb? Apa mungkin kurang pilih? Hihi

      Hapus
  5. Aduh Gustiiii, aku ngilerrr liatnya. Kebayang itu kenyel2 (pdhl gk suka kalo kenyel2 wkwkwk) tp kalo dicocolin sambel enak keknya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb ning, cocolin bumbu rujak biasanya

      Hapus
  6. Ha ha iya nih. Jadi inget, sewaktu bulan puasa kemarin kan Teh Mbul lebih sering nulis resep masak, dibanding jajannya.

    Wah Cireng ya. Kalau saya dalemnya suka pake kacang plus rempah-rempah. Enak banget tuh.

    BalasHapus
  7. Asique kalo tinggal serumah sama Mbak Nita yang rajin masak, bisa makan tiap hari. Eheheh~

    Gampang ya cara bikin cireng. Biasanya kalo bikin sendiri, rasanya lebih enak ketimbang beli. Heuh, laper~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhhahah
      Iya gampang banget vi, praktis banget ternyata..
      Abang gorengan ngambil untunge banyak juga ya ternyata dg bahan semurah itu hehheh

      Hapus
  8. Pas gorengnya meletup-meeletup nggak? Aku agak parno ya kalau harus berurusan sama minyak panas ~_~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu takpanasin dulu, jadi nggak gitu meletup mb ran hihi

      Hapus
  9. ditambah saus abc, enak banget heheh

    BalasHapus
  10. Plus bumbu rujak mbakkkk 😍

    Nyobak ah ntar2, kalo lg mood hahah
    Kemaren dikasih cireng ya agak syusahh makannya. Untung gigi masih lengkap 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah yang terakhir bikin ngakak prisca ^_^

      Hapus
  11. aku suka cireng tapi gangerti gimana cara pembuatannya yang baik dan benar nyit untung dikau bikin hehe bisa nih dipraktekkin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii yg baik dan benarnya diclose up ya nyin

      Hapus
  12. Nit..berarti ini mirip bakwan, tapi pke kanji yaa? Eh..itu tepungnya yang dimasak sebagian..sebagian biar bisa mbentuk..ditaburkan mentah, begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukaand mb sulis ahahahhha, mirip gembus rasanya

      Hapus
  13. Cireng bentuknya begini ya? Anu gak familiar disini
    Tapi saya mau kok nyoba resepnya.
    Eh, kalau sama cimol apalagi bedanya? cilok?
    aduh maaf, orang kalimantan bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb liid klo binund jongkok mb lidh #mbul rese

      Hapus
  14. Cireng. Aci digoreng, hehe... Saya juga pernah ngerasai cireng tp di simpang 3 ipb mba, enak. Btw, makasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya blum pernah nyoba yg simpang 3 ipb tu mas ichsan hehe

      Hapus
  15. Kalo saya biasanya beli yang tinggal goreng aja. Soalnya kalau nemenin Nyokap ke pasar, itu suka jajan kentang goreng, cireng, sosis, gitu-gitulah, Mbak.

    Kalau bikin sendiri, Nyokap pasti gak mau. Kerjaan beliau udah repot. Ehehe. Etapi baru tau kalau pake bawang putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah yog kamu ma maunya tinggal makan aja kaaan wakaak

      Hapus
  16. ditunggu mba resep tahu bulatnya

    BalasHapus
  17. Enak nih, camilan favorite. Lebih enak sih bikin sendiri, selain lebih murah, lebih higienis dan aman dari bahan yang kagak kagak...

    BTW sausnya nggak sekalian di share yang enak apa?! Saus kecap asin atau saus tomat??

    Ditunggu resep berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya mas sambelnya kursng, hahaha
      Ntar dek eksperimen dulu

      Hapus
  18. Aduhh.. kangen banget makan cireng.. Mau bikin sendiri juga masih dilarang makan yang alot-alot sama dokter :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh kak ir sakit upu? pet sembuh ka ir :D

      Hapus
  19. Wah, Mbak Nita ternyata jago masak ya hahaha. Deket sekolahku ada tukang jualan gorengan gitu, ada cireng juga, tapi kok berminyak banget ya jadinya kurang jos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga mb asma,aku blom jago masyak ahahahha
      iya yak,kalo yang di deket-deket sd,kebanyakan minyaknya warnanya pekat huhu

      Hapus
  20. kyknya udah bisa buka olshop nih dek :)

    BalasHapus
  21. kelihatannya mudah Mba Nitaa, nanti tak coba bikin ahhh :)
    semoga nanti rasanya tak mengecewakan, hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah banget mb ir, ayok cobain jajanan khas Bandung ini hehe

      Hapus
  22. Wah, akhirnya dapat resep cireng juga. Terimakasih mbak Nita ya, sudah lama nyari resep nya. Btw,mau tanya untuk yang dimasak (cairan berbumbu) berapa banyak kanjinya? Apakah 3-5sendok makan atau secukupnya seperti garem mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nakarnya 1 sendok makan aja mb klo yang larutan tapiokanya, terus dimasaknya ampe panas, biar adonannya jadi kalis yang tepung satunya :D

      Hapus
  23. nit, aku pernah beli cireng yang adonannya dikasih sambel kemerahan gitu. aseeli mantaap...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia, sambelnya aku nda iso jeng inay ahahah

      Hapus
  24. Paan sih nih, main-main dosodorin cireng. Mau minta pasti udah abis deh. Kelakuan Nita emang dah >,<

    Sambelnya nggak bikin mbul? Yang macem dijual di olshop2 itu loh, mirip cuko pempek keknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahahhah timpukin Mbul rame-rame
      eh mang dikau doyan cireng juga mb rotun, kirain sebagai anak kebumen terus tinggal di palopo dikau nda tau cireng hihi

      Hapus
  25. cireng, suka cireeeeeng :)
    sama cimol juga, sering beli di sd adik saya (rp 500/pcs)

    kalo bikin, saya di rumah pernah eksplorasi bikin cireng, eh jadinya malah emplang, akibat kebanyakan terigu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah?! Cimol 500perak perbiji, kok mahal ya mas wakakak
      Emplang kek gimana tu ?

      Hapus
  26. Aku dong goreng cireng frozen pernah, tapi bikin dewek belooom ;p
    Dicocol sambel rujak bisa bikin kalap nih maemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mb bikin ndiri biar nambah kalap hihj

      Hapus
  27. Cireng ini kalau di gerobakan biasanya cuma buat bonusan aja, Mbak. Beli gorengan 10 ribu dibonusin cireng. :))

    Kalau yang cireng isi itu gimana, Mbak? Pengin tahu cara buatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah cireng yang ada isinya, justru aku bingung bikin kulitnya rob, kalo isinya mah gammpang tinggal masukin keju, daging cincang,a ayam pedes, sosis dll

      Hapus
  28. aku pernah coba cireng sekali... beli di bandung... ada isinya gitu kan ya? pas beli, enak tuh...masih panas.... isinya jg gurih... trs sisanya aku bawa ke hotel... besok pagi makan lagi.. ajigileeee, jd alot kayak sol sepatu pas dingin Nit hahahahahaha... emang begitu ya cireng? itu kali pertama aku makan soalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cireng itu agak agak kenyel, kalo dimakan pas panas masih enak, klo dah dingin mengeras dia, soalnya kan bahan bakunya tapioka

      Hapus
  29. Iyaa klo bikin ini bisa irit ketimbang beli hihiii...aku pernah bikin jg mbul.
    Knp gitu gurih yg ngga ada daun bawang,hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang full daun bawang keasinan ci ahahah

      Hapus
  30. Wuah makasih resepnya ya Nit. Kapan-kapan aku mau buat sendiri ah. Oya ini makannya gimana? Dimakan gitu aja ato dicocol bumbu? Maklum belum pernah makan cireng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku biasanya takcaplok langsung mb huihui

      Hapus
  31. Yaayy, noted. Jd pengen buat juga niy Mbak. Mamaaciihh ya ;)

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...