Sabtu, 25 Februari 2017

Film Spesial Liburan Anak yang Dulu Sering Diputar di TV



Aku seneng banget ama dunia anak-anak. Di samping sering kepoin instagram Baby Tatan ama bayiknya Venna Melinda yang emeesh banget itu, aku juga seneng banget sesuatu hal yang berbau dongeng anak-anak baik itu film maupun bukunya. Untuk buku, bahkan dulu sering ngabisin voucher sodexo demi sebuah buku bergambar Hans Christian Andersen ama Grimm bayangkaaahnd ahahahaha...ya lumayan lah ya buat bacaan masa depan, kali bisa buat ngedongengin anak sebagai pengantar bobok. 

Nah, sementara itu...untuk film, emang sih saat ini banyak banget film-film ana keluaran Pixar maupun Disney, tapi yaaa....pasti udah banyak aja ya kan yang bahas di blog masing-masing. Jadi kali ini aku mau andil nulis yang bab film spesial liburan anak sekolah jaman aku masih sd dan sering diputer di Rcti selain juga vampir china yang suka tayang Sabtu pagi jam 9 an ahahah (kapan-kapan aku mau bahas ini juga deh).

Baca juga : Kartun Hari Minggu yang Pernah Tayang di TV

Adapun list film spesial liburan yang dulu sering diputer menemani kami yang kecil di tahun 90-an (beberapa diantaranya juga nonton mandiri pakai VCD) diantaranya :

Thumbelina (1994)

Jadi ceritanya dulu Bapak punya sahabat karib bernama Pak Basuki (sekarang udah alm), yang suka mampir ke rumah terus minjemin VCD anaknya ke kami yang notabene jaraaaaang banget nonton film (yaeyaaalaah, namapun idup di kampung waktu itu, jadi ya hiburan andalan cuma TV aja dan alhamdulilahnya TV jaman kami masih ramah sama anak, jadi banyak lah acara anak yang bisa kami tonton ga kayak anak sekarang #miris). 

Nah berbekal VCD pinjeman itu, akhirnya kami dikasih 3 keping diantaranya Thumbelina, Bartok Magnificient, sama Jhonny The Appleseeds. Ketiga-tiganya masih terngiang sampai sekarang. Sriyusss.





Pertama Thumbelina ya. Thumbelina ini adalah film arahan Don Bluth yang diterbitkan sama Warner Bros. Jadi udah tau sendiri kan kualitas WB kayak apa. Bercerita tentang seorang ibu yang merindukan kehadiran buah hati yang suatu ketika didatanginga seorang peri yang memberinya biji bunga. Ibu tersebut disuruh merawat dan menanamnya hingga biji tersebut tumbuh menjadi bunga yang cantik. Saat kuntumnya mulai mekar, tak disangka muncullah seorang gadis cantik sebesar ibu jari yang kemudian ia anggap sebagai putrinya dan ia namai Thumbelina. 

Thumbelina tumbuh dalam hangatnya keluarga, lengkap dengan ternak-ternak ibunya yang selalu sayang padanya. Setiap pagi ia juga membantu ibunya memberi makan ayam, bebek, sapi, kambing, domba, dll sambil menyanyi dengan riang. Ia juga memiliki anjing yang setia menjaganya saat tidur.

Suatu kali saat didongengi ibunya tentang keberadaan pangeran, Thumbelina pun berangan-angan ingin bertemu. Ternyata mimpinya menjadi kenyataan karena Pangeran peri yang bernama Cornelius datang menemuinya setelah mendengar suara emasnya saat bernyanyi. Cornelius kemudian membawa Thumbelina berkeliling menikmati indahnya malam sambil mengendarai lebahnya. Namun sayang Thumbelina jatuh ke sungai lalu ditampung oleh keluarga kodok yang merupakan keluarga seniman. Sang mama kodok bahkan berencana mengorbitkan Thumbelina sebagai artis supaya bisa memperkaya dirinya. Bahkan yang lebih mengerikan lagi adalah ia akan dijodohkan dengan anak bungsunya si kodok buntel hahahaa...bagian ini sumpah aku ketawa ngakak soalnya ada part nyanyi-nyanyinya yang mana ternyata aksen mereka dibuat seperti orang espanya alias Spanyol. Terus kalo dipikir-pikir lagi si Mama Kodoknya ini mirip dandanannya Nicky Minaj deh. Hahahhaha..









Ga sampe di situ aja kemalangan Thumbelina, karena setelah kabur dari keluarga kodok, ia malah kena jebakan tuan serangga. Tadinya pas didandanin mirip kupu-kupu, Thumbelina dipuji cantik, tapi pas ia mencopot kostumnya dan keliatan ga punya sayap, barulah ramai-ramai populasi serangga itu menyebutnya jelek, sehigga membuat Thumbelina sedih dan kemudian kabur lagi meskipun akhirnya ditampung oleh keluarga tikus. 

Nah si ibu tikus ini yang semula dikira baik, ternyata sama aja karena malah ingin menjual Thumbelina kepada tuan tikus tanah yang kaya raya supaya ia mendapat uang. Di sini ada adegan si ibu tikus yang kocak juga yaitu pas nyanyi aku jadi apaaaaaalll banget ama liriknya hahhaha..






Johnny Appleseed

Ini lebih ke arah film musikal sih. Bercerita tentang seorang petani bernama Johnny yang mendapat inspirasi dari seorang malaikat untuk melakukan perjalanan ke barat dengan membawa misi menebarkan bibit apel ke setiap daerah yang ia singgahi. Inget film ini pokoknya langsung ngeh deh ama lagunya, soalnya waktu itu aku sama adekku yang masih TK seneng banget nonton ini berulang-ulang. Apalagi ditambah ilustrasinya yang emang bagus banget. Kebun apel yang warna-warni, terus pas musim apa gitu pohon apelnya jadi keliatan pink, indah deh. Uda gitu ada macem-macem pengolahan apel yang mau ditunjukin dari film ini seperti apple pie, jus, sari apel, dll.






Melody Time

Ini masih dalam satu VCDnya Johnny Appleseed. Jadi kurang lebih isnya nari-nari gitu sambil diiringi musik juga para binatang yang ikut berdendang. Latar belakangnya salju es.






Annie : a Royal Adventure (1995)

Ini khas banget nih yaitu cerita tentang anak perempuan berbaju merah dan berambut merah kriwil yang bernama Annie (Ashley Johnson) yang mempopulerkan lagu "Tomorrow". Dulu sering banget diputer di RCTI dan jujur terngiang ampe sekarang. Kalo ga salah inget ceritanya adalah perjalanan Annie dengan ayah angkatnya yang merupakan milyuner Mr. Warbucks juga temannya Hanna dan Mollie ke London, dimana Raja akan melakukan pertemuan dengan ayahnya itu. Di saat sang ayah sedang sibuk dengan urusannya, anak-anak malah berurusan dengan penculik. Pokoknya akhirnya malah jadi hari penuh petualangan gitu deh....paling yang kuinget banget selain lagunya yang khas tommorow..tommorow i love you tommorow, your always a day away..... aku jugainget ama anjingnya yang jenis rambutnya nutupin mata wakakakka...Shandy. Teris ada salah satu tokohnya yang namanya Mr. Punjab juga tuh ahaha..





Return to Oz (1985)

Return to Oz pernah aku ulas sinopsisnya di blog film aku yang ini.
Kurang lebih ceritanya tentang Dorothy Gale (Fairuza Balk) yang insomnia berat setelah kejadian pernah terseret angin tornado dan terdampar di negeri bernama Oz. Nah setelah kembali ke Kansas ia jadi sering kepikiran sehingga akhirnya disangka ada hubungannya dengan psikologi ama Bibinya. Iapun dibawa ke terapi listrik untuk menyembuhkan penyakit tidurnya, meski saat akan dikenai tindakan ia diminta kabur oleh anak gadis misterius pada saat hujan badai. Saat dikejar suster klinik, Dorothy mentok hingga jatuh ke sungai. Paginya, ia malah sudah terdampar kembali di Negeri Oz meski menemukan banyak kejanggalan karena warga Oz telah dikutuk menjadi batu oleh raja nome king yang lalim itu. Begitu pula yang terjadi sama teman-temannya yang lain seperti singa, scarecrow dll. Untuk mengembalikan keadaan seperti semula, ia dibantu oleh ayam betinanya Billina, manusia timah atau manusia kaleng tik tok, Jack manusia labu, kereta kepala rusa, dll ke gunung batu setelah sebelumnya musti berhadapan dengan ratu yang punya banyak kepala (kebetulan bagian ini sih yang paling kuinget, soalnya si ratunya ini punya koleksi kepala di rak kaca yang bisa diganti setiap saat hiiiyyyy sereeemmm)



Bartok Magnificent (1999)

Ingeeeet banget nonton ini karena awalnya zbl si adek waktu tk kan muter ampe berulang-ulang ampe ga mau gnti channel ahahha..tapi jadinya ada kenangan sih. Kurang lebih ceritanya gini, Rusia sedang diteror oleh seorang penyihir jahat yang dikenal sebagai Baba Yaga (Andrea Martin), dan satu-satunya yang tidak takut padanya adalah Bartok Magnificent (Hank Azaria). Bartok, kelelawar albino, baru saja tiba di Moskow dan terkesan semua orang dengan penampilannya, termasuk Pangeran Ivan (Phillip Van Dyke). Namun, penasihat Ivan, Ludmila (Catherine O'Hara), menemukan Bartok mengganggu dan naif, dan dia mencoba untuk membuatnya berhenti. Pokoknya ada bagian cerita yang si Ludmilla minum ramuan terus dia berubah jadi naga, hahahahha...




The Parent Trap (1998)

Bercerita tentang si kembar Hallie dan Annie (diperankan oleh Lindsay Louhan), satunya tomboy satunya feminim masing-masing terpisah akibat perceraian orang tua. Namun keduanya bertemu untuk pertama kalinya di camp musim panas dan bertukar tempat dengan misi membuat rujuk kembali prang tuanya. Yang aku suka pas adegan kebun anggur tuh inget banget hihihi...terus yang jadi pacar ayahnya wajahnya jahat banget pingin mites wkwkwk.



Jumanji (1995)

Film yang mempopulerkan nama alm. Robin William sama Kristen Dunts cilik nih. Bercerita tentang sebuah permainan ajaib yang didalamnya terdapat binatang-binatang, dan binatang-binatang itu akan keluar jika tertera pada papan. Dan permainan akan usai jika salah satu dari pemain ada yang dapat mencapai titik Jumanji. Aku ngeri banget pas bagian singanya keluar, trus banjir en jadi hutan, sumpah pas nontonnya ngerasa itu nyata karena pikiran masih bocah hahahha.



Kartun Rumah Produksi Tora (Tora Home Entertainment)

Adakah temen-temen yang inget ada kartun-kartun yang berbasis dongeng yang ilustrasinya dari Jepang tapi diproduksi oleh Tora Home Entertainment (yang logonya singa kuning merah itu loh). Kalo ga salah dulu judulnya macem-macem ada Cinderela, Putri Duyung, Heidy, Guliver, Simbad, Beauty n The Beast, Putri Duyung, Gadis Korek Api, Hansel n  Gratel, Putri  Jempol, Alice in Wonderland, 3 anak babi, dongeng baju baru raja, dll. Sering diputer siang-siang jam 12.00 wib setelah kartun minggu cardcaptor sakura di RCTI. Sempet juga ditayangin di Spacetoon sebelum ganti jadi NET. Nemu beberapa di yutub tapi yang uda didubber orang arab hoho. Coba RCTI mau nanyangin lagi yah...jangan acara musik geje muluuuuk hahahhahaa... 























Gimanaaaa ada yang inget masa-masa indah nonton ini ga ?

Sumber video : youtube

47 komentar:

  1. Parent Trap, itu salah satu film fav hahaha tapi aku sukanya ketika dah smp sma kalo g salah, kemudian cari semua film si kembar yang menurutku bagus-bagus. Ah, film produksi TOra tuh juaraaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh adablagie kah film yang tokohnya kembar, mau dunk listnya hihi

      Hapus
    2. Iya aku ingetnya parent trap doang sama film2 lindsay lohan macem kadet kelly. Yg lainnya, ga kenal -_-

      Hapus
    3. Iya ciri khasnya si lindsay pas kecil kulitnya bintik2, imut2 gitu sampe takkirain dia kembar beneran ternyata yang maen satu orang wakkakak

      Hapus
  2. Saya pernah nonton jumanji juga sewaktu masih kecil dulu, seru tuh filmnya ka. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga nyanka ya, jumanji ini cast si kristen dunts waktu masih abg hahhaha

      Hapus
  3. Jumaji keren banget! sesuai sama khayalan anak anak. Aku juga paling suka pas bagian banjir, terus ada singanya. fantastik!

    Cerita kartun yang ku ingat dari tora home, selain karena gambarnya bagus ceritanya menarik. Tadi nonton lagi tapi belum selesai sih, lumayan ngobatin kangen masa kecil. Sayangnya pake bahasa arab, masih ada yang gak ngerti kosa kataya :D. Ntar lanjut nonton lagi ehehee

    Iya, setujuu! Coba RCTI acaranya kaya dulu. Kangen juga nonton sakura. Musik musik gak mutu aja ditampilin. Mana lawakannya gaje lebih banyak daripada musiknya lagi. Ckckk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyabrum hahahah pas ada singanya aku langsung sembunyi coba wakaka
      Kartun tora mang de dest, pokoknya khas banget latar musiknya ya dia, terus gambarnya juga beda ama disney yang tastenya ke barat, kalo gambarnya yang kartun tora lebih ke jepang2 gitu

      Sebenernya aku pernah nemu satu judul yang bahasa indonesia rum yaitu cinderela, tapi pas aku kubek2 lagi di yutub ga ada huhuuuu
      Keren ya, paling suka yang kudulnya apa rum?

      Hapus
    2. Yha ampuun!! Ekspresif amat!

      Iya, setuju. Syukak banget dah! :D

      Sayang banget euy gak ada.
      Aku sebenernya udah lupa lupa gitu sama ceritanya. Apalagi judulnya. Kalo gak salah 3 kambing dan srigala atau 7 kambing dan srigala ya? Ceritanya tentang perlombaan kambing membangun rumah yang kuat. Gak tau kenapa dulu seneng sama yang itu, tapi sekarang udah lupa ceritanya lengkapnya gimana :D

      Hapus
    3. Ada rum yang 3 babi n serigala juga 7 anaknfomba n serigala, selamat menonton ahhahahahha

      Hapus
  4. Akkkk aku nggak gitu kenal, pas Kecil nggak punya tv soalnya. hahaha...
    Yang paling kusuka sih si Annie yang tomorrow tomorrow itu mba Nitaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas nyanyiin itu ampe takpraktekin ala ala annie ahhahah

      Hapus
  5. wah kayanya menarik yang thumbelina, aku belum pernah nonton yg itu hehe

    BalasHapus
  6. Ya ampuunn, jadi inget masa-masa kecil dulu, mbak niit:')
    my fave The Parent Trap! itu Lindsay lohan masih cute banget dan sekarang nggak tau deh mbak yang satu itu:)
    Kalau Jumanji itu aku nonton pas booming di puter di bioskop. Dan saat itu pertama kalinya diajak nonton ke bioskop, dan nontonnya pas liburan ke rumah tante di jogja pulak! waktu itu aku masih unyuk2... muahahaa...
    mbak, kalau nggak keberatan follback ya Gfc sma G+:)

    www.saycintya.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap cintya pokoknya nostalgic abis y
      Si lindsay yang aku dengar sekarang malah berhijab etapi denger2 dari berita infotement sik hahahha

      Wah syenangnya pas kecil aku blom kenal bioskop hihihi
      Baru nginjek bioskop tu pas umur kuliah ahahhaha

      Hapus
  7. Sing aku kenal..Jumanji thok Nit. Aku dulu terkesan sama film drama litlle house on the prairie..ah mungkin tulisane salah. Film drama keluarga jadul. Versi indonesianya suka kluarga cemara, ACI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumanji aku disilihi kancane bapak mb sulis, taktonton berulang ulang akpe vcdnya macet macet wkwkkw
      Little house on the prairie, kok kayaknya agak familier ya dengan judul itu, cari ahhhhh

      Hapus
  8. Mbak Nita, apakah rentang umur masa kecil kita jauh ya? Aku ngga tahu semua2nya.... kecuali Thumbelina. Tapi itu yang versi Barbie. Aku jadi ngga bisa komentar2. Hahaha.

    Tapi habis itu ngecek2 ke video youtube-nya ah. Caw!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau ya, mungkin kamu seangkatan adekku, dia kelahiran tahun 99, tapi dia tetep tau kartun2 ini, la wong nontonnya sama aku hahahhaha
      Selamat mencari

      Hapus
  9. JUMANJI!😤
    Kangen acara tv anak sih ya di tv, zaman dulu banyak banget malah dan ada stasiun TV khusus eh sekarang udah dibeli sama stasiun lain. Miris sih anak zaman sekarang tontonannya kurang bagus buat mereka.

    Btw salam kenal!😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya jumanji waktu itu heboh banget kan ya, diulang2 mulu di tipi
      Nah klo tipi sekarang yang aku heran film blom terlalu lama tayang di bioskop e beberapa lama kmudian uda tayang, khusus yang film indonesia (banyakan tema religi dewasa sih)
      Klo yang anak2 macem kartun kok uda pada mandeg ya, padahsl episodenya dulu blum pada kelar hiks...
      Jadi sekarang pelariannya pada ke internet
      Salam kenal kembali ya hanna, makasih dah msmpir blogku ^_^

      Hapus
  10. waaaa yang lainnya aku ngga paham mbak, tapi yang produksi tora tau.
    suka sama gaya ilustrasinnya, kayak "beda" dari film-film kartun lainnya gitu

    makasih info "nostalgia-nostalgia'an" ini mbak, bikin pengen balik ke jaman anak SD hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nu aku juga dongeng2 han christian andersen ama grimm lebih suka yang produksi tora, lebih feminim gambarnya haha

      Sama2, semoga bermanfaat ya

      Hapus
  11. untung aku banyak yg ingeeeet ^o^.. thumbelina, return to the oz, annie, the parent trap ama jumanji.. yg the parent trap aku sampe nonton 2 versi... yg pertama banget, lupa nama pemainnya abis jadul bgt, ama yg dimainin olsen.. suka dua2nya sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iyakaaaand? Klo buka buka youtube terus nemu film2 ini serasa dapet harta karun walau yang film kartun tora dapetnya yang dubber bahasa arab huaaaa, roaming hihihi

      Hapus
  12. Aku tahunya thumbelina, return to OZ, sama jumanji .... Itupun sudah lupa ceritanya haha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaayy samaaa
      Return yo oz itu suka ketimbang wizard of oz aku
      Ada ayam bilina, tik tok, scarecrow, kereta russ, singa, jack manusia labu, juga sepatu delima merah yang fenominil ituh

      Hapus
  13. kartun produksi Tora itu juga bagus2 lho kisahnya
    saya suka yang gadis penjual korek api, kasian gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bener gadis korek api syediiih abis, palagi pas bayangin bebek di meja makan pake koreknya dinyalain

      Hapus
  14. Eh iya kartun kartun jepang produksi Tora itu, dulu suka diputer jaman kecil yaaaa. Hihiii. Tapi pas return to oz mah aku belom lahiiir. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun1985 ini memang rilis film di negara asalnya, kalo tahun segitu pun aku blom lahir
      Namun kan diputer di tivi indonesianya bukan maksudnya tahun segitu, aku nonton maksudnya tahun 90an en 2000an pas aku sd gitu loh

      Hapus
  15. Aku nggak nonton, itu zaman2 aku kuliah hihi.
    Kalo waktu kecil dulu aku tontonannya Little House, si Unyil, Rumah Masa Depan, Keluarga Cemara dll *Hayoo pasti Nita nggak tau kan? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah masa depan sepintas kayaknya aku tau deh hihi
      Keluarga cemara favorit, tapi aku ga masukin di list film soalnya kan dia masuknya sinetron
      *\(´▽`)/* ξ\(´▽`)/ξ *\(´▽`)/

      Hapus
  16. kok ga ada yang gua kenal yah??
    ini tahun berapaan sih?
    yg faimiliar cuma produksi Tora aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartun tora sederhana tapi bagus, sayang dah ga pernah ditayangin lagi
      Itu tahunnya bukannya udah aku kasih tahu di postiingannya ya

      Hapus
  17. aku suka dulu tuh sama Thumbelina. Serasa diingatkan kembali dan jadi menerawang jaman2 dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya thumbelina ilustrasinya bagus banget

      Hapus
  18. iya nyit aku inget sama produksiannya tora
    johny appleseed tertarik deh sama gambarnya yg vintage tapi aku belum pernah nonton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain nonton nyiiin, gambarnya luchuuu, dia lebih ke drama musikal gitu, meski film lama tapi aku yakin ilustrasinya tu kamu banget niiin

      Hapus
  19. Huaaah baca tulisan mbak nita yang ini, aku kepengingin tayangan anak yang imajinatif kayak gini bisa ditayangangin lagi di tv. Sekarang ada sih, kartun. Tapi, yang dongeng-dongengan kayak Tora Home, thumbelina, dll.

    Dari semua di atas yang paling aku inget cuma Jumanji hahaha. Sekarang masih diputer gak ya? Aku juga kayaknya pernah nonton Bartok Magnificient deh, soalnya tokoh kartunnya itu, kayak pernah liat duhhhh.

    Oh iya, salah satu film spesial liburan (natal) buat nakanak yang sampe sekarang masih rajin banget ditayangin itu, Home Alone ya? Hueheu, ini ngapain nanyani ttg home alone ya. Muehehe, gaje.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa sriyus nov kartun tora ditayangin lagi? Jam brapa? Mau nonton maksudnya...pengen dengerin yang dubber Indonesianya, lebih krasa dongengnya klo didubberin orang Indonesia

      Hapus
  20. Uaaa, maaf mbak Nit. Aku typo, itu belum selesai kalimatnya; " Tapi, yang dongeng- dongengan kayak Tora Home, thumbelina, dll. Udah gak ada." Ehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ┌(˘⌣˘)ʃ

      Hapus
  21. kartun favorit aku Candy Candy hehehehe...dan unyil sama doraemon jugaaa...masih suka nonton re-runnya sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang nontonnya kebanyakan pada di youtube ya mb, statiun tv pada ga peka hihihi

      Hapus
  22. wah paling juara itu The Parent Trip sih!!! sebelum Lindsay Lohan aneh

    -M.
    https://inklocita.blogspot.co.id/2017/04/7-kota-dalam-9-hari-di-jepang.html

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...