Kamis, 02 Maret 2017

Soto Ranjaw Depan PI dan GI



Kita nyoto-nyoto yux...ama yang seger-seger namun dengan harga yang ramah-tamah sama kantong kaum pas-pasan kayak saiaaaa. Mau tau adanya dimana? Ga jauh-jauh. Cuma di PI aja, tapi depannya yaaaa...yang sebelahan ama kali pemisah ntu mol sama mol yang ada di depannya alias GI. Pokoknya yang ada di deretan abang-abang gorengan, nasgor, dan kaki lima lainnya. Judulnya juga gampang banget buat diinget yaitu 'Soto Ranjaw', dengan huruf akhir not 'u' yah but w di belakange.




Asal mula kenapanya aku tertarik sama soto ini adalah setelah dikomporin sama Pak Su yang emang duoyaaaan banget soto-sotoan. Beliau kan jaman bujang uda malang-melintang tuh nyobain kulineran dari A-Z, dari yang biasa-biasa aja, sampai yang aneh-aneh, jadiiii ceritanya Beliaulah yang menggantikan tukang marketingnya buat promoin ntu dagangan ke akuu #nahloh. Maksudnya saking terkesannya ama menu-menu yang disajikeun, jadilah seringnya Beliau yang merekomendasikan kami mau makan dimana (pas lagi males masak terutama ha ha ha).

Dikatakan ranjaw karena isian dari si sotonya ini yang notabene unik banget yaitu potongan ayam dengan ukuran 'sedeng' dicacah-cacah berbarengan dengan tulang belulangnya. Kalo soto biasa kan ayamnya disuwir-suir tuh. Nah kalo yang ini mirip ayam lauk yang diungkep bareng bumbu-bumbu rempah terus dimasukin gitu aja ke dalam mangkuk-mangkuk pelanggan. Ayamnya juga bukan sembarang ayam, karena dia makenya ayam kampung. Gede-gede dong? IYHAA.. dan balungnya itu loh yang identik dengan perumpamaan ranjau. Jadi musti ati-ati pas ngeglethakinnya (duh apa sih bahasa gampangnya ngeglethakin ahahhh). Ya pokoknya itu deh ! Intinya dagingnya istimewa sedangkan kuahnya segeeeeer banget cem keramaz di atas gerojokan aer terjun niagara :xd. Warnanya bening banget meski dominasi kuning kunyit dan rempah-rempah lainnya.











Kalo kaldunya sendiri bagaimana Mbul? Serius kaldunya nyatu banget. Yach namapun soto ya, pasti primadonanya jelas terletak pada kuah. Wong antara soto satu ama soto lainnya bisa beda-beda rasa kuahnya.

Selain balungan, isian lainya adalah ceker. Jadi pilihannya ceker atau ranjaw, selain tentu saja standar printilan soto-soto pada pakemnya kayak bihun, irisan tomat, kol, daun bawang, ama nasie berikut bawang gorengnya. Kerupuk sama emping silakan ambil sendiri, tapi jand lupa bayar yaaaa qaqa.

Nah kalo mau lebih nyamleng lagi, tentunya acar wortel dan ketimun plus sambal yang pedeusnya naudzubillah juga wajib banget tuh disertakan ke dalam mangkok. Karena setelah diaduk dan disatukan antara kuah, ayam, aneka sayur khas soto, emping atau kerupuk juga sambel dan acar, beeeegh...dijamin bakal ga mau pulang maunya digoyang..#digoyang ama makanan perutnya...hoho.

Apalagi kalo ente-ente cekatan membeli mendoan atau tahu krispy yang ada di lapak sebelah, gimana ga makin mantab tu acara nyotonya.

Karena lapak soto gerobakan ini ruameeeee banget, sebaiknya bagi kamu yang mau atau sedang mampir ke arah sini, aku sarankan kudu cepet-cepet tuh jawabin abangnya pas ditanya mau ga kamu menikah denganku yang ceker apa ranjau. Hal ini setidaknya akan mempengaruhi cepet enggaknya diladenin plus strategi menempati bangku di tengah suasana riuh para pembeli yang kebanyakan karyawan karyawatinya tenant-tenant mol GI maupun PI. Belom lagi kalo ada yang minta dibawa pulang alias pesennya banyakan, beuugh...kudu sabar-sabar aja nungguinnya.





Aku aja nih ya, waktu itu mau makan di tempat kudu sa to de bar nunggu bangkunya kosong ampe sekian menit. Yang ngadonin sotonya sebenernya ada 3 abang-abang. Tapi tetep aja yaaaak......karena saking ramainya, ya ngantri juga kelezzz. 2017 masa masih main serobot ajeh. Burung nazar aja sabar. Iya, nungguin bangkunya tu uda kayak burung nazar ngincer hewan yang ada di padang gurun kalo ga ya mirip-miriplah ama ibuk-ibuk ambisius yang ngincer bangku di gerbong wanita #piece. Yah tapi emang bener sik bahwa usaha itu ga pernah mengkhianati hasil (apa daaaah bahasanya). Karena setelah menunggu dalam cemas dan gundah gulana akibat melihat bunyi cleguk-cleguk orang yang menyedot kuah soto, hati ini terasa lega juga ketika yang ditunggu-tunggu uda tiba di atas meja. Karena setelah itu yang akan kami lakukan adalah : "Sikaaaattt !"

Kalo ga...

"Teh botol 2, Om."

Kalo ga..

"Kerupuk nambah deh."

Ciyeee yang pada baper karena uda masuk jam makan siang.

Mbul mohon ampun ya.


Soto Ranjaw 
Depan Plaza Indonesia dan Grand Indonesia yang dipisahkan oleh kali
(Bentuknya gerobakan)
Buka dari siang-malam (jamnya kurang tau)
Harga miring (kalo ga salah inget udah sama es teh manis, nasi, ama krupuk 16 ribu--ahak lupa)


46 komentar:

  1. kirain namanya ranjau karena ada cabe-cabenya gitu nyittt ternyata enggak ya ranjaw itu bahasa mana btw buat ayam utuh gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan kirain, deng ada kata ranjau indikasinya bakal yang makanan puedes gimana gituuu hihihi...

      Hapus
  2. Gusti kuahnya menggoda hahahahha.
    Buat sarapan ditambah gorengan itu nikmat banget

    BalasHapus
  3. dek, main di GI masih ada yg bisa dibeli loh... antara lain beli printilan di Food Hall *gak penting banget*, beli buku di Gramedia, baju2nya jg msh bisa dibeli (kl lagi diskon)... tp kalau ke PI baru deh kejang2... (hahahahha)
    berarti yg ini letaknya di luar yah... Lain kali biar lbh afdol pake peta dek :) hihihihi

    BalasHapus
  4. haduh bikin ngiler liatnya :D sayang jauh banget dari sini

    BalasHapus
  5. hihi, ampun curcol mbak...Iya e, ada lomba blog yg sekarang harus pake gadget sesuai sponsor *lah sini kaga punya...yowes mundur alus

    kirain itu mau jajan di dalem moll, tapi enak jajanan gerobak-gerobak gitu biasanya ya, harga murah-porsi banyak-rasanya juga mantep

    BalasHapus
    Balasan
    1. mahal-mahal ya mbak, kagak sanggup...apalagi anak kost kaya saya *balik curcol

      Hapus
  6. Meskipun soto banyak macamnya tapi tetap aja rasanya seger ya Nit. Saya juga suka beli di dekat rumah. Dan yang nambah semangat tuh lawuhnya kan ya, terutama sate, tempe goreng dan perkedel. Satenya juga macam-macam , dari daging ayam biasa, jeroan sampai sate kulit. Nah sate kulit ini yang paling cepat habisnya, kadang udah nggak komanan :)

    Tapi kalau soto ranjaw kayak gini belum pernah saya, nggak tahu deh didaerah saya sudah ada apa belum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soto biasa aja Nit, yang kuahnya bening gitu, namanya soto Semarang kali ya hehe. Ada juga soto Surabaya yang kuahnya agak kental. Tapi saya lebih suka yang kuahnya bening, lebih seger dan mengundang keringat berleleran hihi..

      Hapus
  7. waaa aku suka main ke sana tapi belum pernah nyobain soto ranjaw ini. wajib coba nih kayaknya :)

    BalasHapus
  8. Waa..soto suka aku Nit.. Lagian bisa untuk semua. Maksude..anak2 dan orang tua.
    Itu termasuk jajanan sejuta umat. Tapi gara2 cabe mahal..jadinya jarang yang sambel sotonya mntap. Rata2 kurang pedes.. *malah curhat

    BalasHapus
  9. duh, namanya dipakein ranjau euy! hihihi :)

    saya juga suka sama soto Mba Nitaaa, pokoknya yang namanya soto ayam pasti saya suka deh :)

    BalasHapus
  10. lha kok ga film lagi reviewnya?
    padahal seru loh mbak, bisa sekalian nostalgia hehehe
    apalagi dirimu kalo posting selalu yang berbau jadul :)
    *inget paquita #eaa

    sering lewat gi/pi tapi belom pernah mampir
    kalo liat fotonya sih kayaknya menggoda nih soto ranjawwww
    *kapan2 pengen coba deh

    BalasHapus
  11. Apaan, aku maen ke PI aja nyasar gitu. Wahaha. GI ada Gramed juga, ya? Gak engeh, sih. Lebih sering ke Kinokuniya kalau GI.

    Aku kayaknya lebih suka yang disuwir-suwir gitu deh. Gede-gede gitu kalau soto malah aneh buatku. :(

    Ranjaunya pakai "W" ya jadi ranjaw. Kalau Awkarin yang punya nanti Soto Ranjawkarin. XD

    BalasHapus
  12. Beneran asyik emang makan soto disitu... aku juga pernah makan sekali disitu dan rasan ya lumayan enak sih....

    BalasHapus
  13. Wah murah juga ya. Awalnya ngira itu bakalan pedes-pedes gitu lho. Ternyata eh ternyata bukan pemirsa! Gila sih itu beneran ayam ditemplokin ke soto. Muahahaha. *meluncur ke thamcit*

    BalasHapus
  14. Ini nih, akunpaling seneng kalo baca kulineran gini.
    Aihh keknya aku perlu coba deh, aku juga termasuk yangbsuka sama soto. Apalagi kalo siang siang duuhh segwr banget. Eh tapi kalo lagi hujan enak juga makan soto.

    Murah harganya.
    Ayam kampung pulak yo mba, enak banget mesti.
    Oh nama ranjaw nya ada maksudnya, balunge ikut dimasukan juga tah.

    Lha itu mba nit ada blog khusus film juga po?

    BalasHapus
  15. soto varian baru nih, namanya unik SOTO RANJAW, jadi pengen nyoba..
    Ditunggu ya, informasi kulinernya.. he he he

    BalasHapus
  16. Enak donkk mbakk soto nya. Jadi mau saya.. Cuma sayangnya ga pernah main k gi ni mbak.. Ntar d coba kalau main ahhhh..

    Makasi mbbak yaa nie info :)

    BalasHapus
  17. Udah lama banget nggak ke daerah san mbul, semenjak banting setirrr :)) dulu pernah ngantor di dkt patung kuda sana

    BalasHapus
  18. penampilannya menggugah selera..
    itu jenis soto apaan yak? soto betawikah?

    BalasHapus
  19. aku penikmat soto, pastinya soto ini juga aku suka

    BalasHapus
  20. Duh itu kuahnya mba, ditmbh gorengan minumnya es.. beuh muantap..he
    kalau ke daerah situ bisa kali mampir ya mba..:)

    BalasHapus
  21. Aku biasa maennya ke PIM nit, Pondok Indah Mertua, wkwk

    Ini antara pedagangnya males nyuwir ayam atau pengen berinovasi, haha, tapi kalau gak disuwir gitu dagingnya jadi dapet banyak ya?

    BalasHapus
  22. Enak sotonya sepertinya Nit..mirip rasa soto betawi gak ya krn sama2 bersantan sepertinya.. Eh apa beda ya?

    BalasHapus
  23. Selama Desember 2016 hingga pertengahan Februari 2017 cuma numpang lewat doank. Jadi penumpang Busway tepatnya, tapi boleh juga buat di simpan infonya. Yah, lumayanlah untuk dikunjungi dikesampatan berikutnya.

    BalasHapus
  24. Photo soto nya bikin ngiler aku. Kalo dagingnya nggak disuwir dapatnya banyak dong ya, puas tuh. Aku keknya naksir kali sama kuahnya. Disini soto kuahnya beda penjual beda rasa

    BalasHapus
  25. wah gerobaknya ga di foto yah? ada rencana mau nyari sotonya :D
    kalau bener harga cm 16rb itu miring bgt, asik ni makan kenyang xD

    BalasHapus
  26. nasibnya sama ama aku, pengen ikutan lomba blog tapi ngga punya hp bermerek itu.. ya wassalam lah.. Eh btw, aku suka banget jajan disekitar PI & GI itu hahahah enak2 dan waktu itu pernah makan goreng ikan mujaer pake sambel + urap endeeeus bangettttt.

    BalasHapus
  27. Asli ini mah, sotonya keliatan meyakinkan.. kalau dimakan ga php, pasti bisa membuktikan rasanya yang maknyuss..
    Isinya komplit pula.. hua jadi pengeeen

    BalasHapus
  28. aduw du....kuahnya bikin ngiler hehehehe tapi nasinya kurang ( buat saya ) ayamnya aja lebih banyak dibanding nasinya,,,pasti neg kalo dah makan separuhnya :D

    BalasHapus
  29. Lapeeeeerrrrrr. Aku doyan banget sesotoan. Apalgi yang gerobakan, enak banget makannya pinggir jalan gitu yaaah

    BalasHapus
  30. ooh jadi ranjaw nya itu tulang ayamnya ya, mesti ati-ati dong kalo makan.
    Dibanding soto daging, aku lebih suka soto ayam, apalagi yang pakai ayam kampung. Soto enak buat sarapan.

    BalasHapus
  31. aku pikir td, soto ranjaw karena ada cabe rawitnya nit hahahaha ;p... tp pedes ya sambelnyaa?? buatku yg ptg itu sih ;p... ntr ah kpn2 aku cari nih soto :D ..aku jg suka soto yg kuahnya seger gitu...

    BalasHapus
  32. wiwww ... saya kira bener2 anak gaul elit ...
    koq .. foto2 sotonya ga elit ya ... tahunya main ke thamcit hehe
    kalau saya lebih ga elit lagi dong maennya .. ndeso

    BalasHapus
  33. astaga jadi pengen, tapi mager ke thamcit hahahaha.

    BalasHapus
  34. kebayaaang maknyuuuus itu kuahnyaaa...enak bangeet nit. Aku kalau di Jakarta juga suka ngabur makan siang ke sini hehehe..sekalian cuci mataaa :)

    BalasHapus
  35. Aku nggak pernah main ke GI, Mbak. Tapi ya, bolehlah ini kalo suatu waktu nyasar dan inget GI. Inget GI, inget Soto Ranjaw. :))

    BalasHapus
  36. untung kemarin sudah makan soto, jadi gak mupeng lagi mampir ke sini hehe, itu jauh amat si di GI neng

    BalasHapus
  37. Sotonya nikmat dimakan panas-panas dan pedas. Btw, maennya jauh amat ampe GI :p . Anak gaul nih yeee

    BalasHapus
  38. Emang ih kalau lomba blog banyak syaratnya kadang bikin pusying ya mbae huhuhu ku juga suka sebel. Gapapa kok curcol juga, nih aku aja komennya curcol (lah).

    Alhamdulillah ya aku lagi puasa terus baca ini, terus aku gak laper kok, gakpapa, gakpapa, tenang ajaa... *otw nyari soto*

    BalasHapus
  39. ranjau karena pedes banget? My faveeee hehehehe

    BalasHapus
  40. Hmmm soto2an dimana ya paporitku? Duluuu banget, di kalimalang, di daerah gudang seng. Dan lalu tergusur karena ada pembangunan becakayu. Lalu sekarang blom punya tempat enak untuk soto2an

    BalasHapus
  41. Hmmm soto2an dimana ya paporitku? Duluuu banget, di kalimalang, di daerah gudang seng. Dan lalu tergusur karena ada pembangunan becakayu. Lalu sekarang blom punya tempat enak untuk soto2an

    BalasHapus