Selasa, 13 Februari 2018

Film Indonesia tahun 2000an yang Menurutku Bagus Tapi Jarang Diputer di TV



Ada ga sih yang kadang mikir sama kayak aku tentang film-film Indonesia sekarang yang kayaknya baruuu aja kemaren diputer di bioskop, e beberapa bulan kemudian uda tayang aja di Tipi. Itu kenapa ya? Semacam jadi kurang greget buat nontonnya alias ngerasa sedikit aneh. Jadi berasa kurang dari sisi eksklusivitasnya hmmm...



Padahal ni ya, jamannya eyke masih sekolah--nonton satu film yang akhirnya lulus sensor buat tampil di TV itu tu nyampe harus nunggu event-event tertertu loh yang jeda waktunya cukup lama dari jadwal dia tayang di bioskop. Ya semacam dijadikan film pas hari spesial apa gitu misal lebaran, natal, taun baru, imlek, valentin, kemerdekaan, hari ibu, dll. Jadi tu berasanya eksklusif gitu ketimbang nonton film sekarang yang kebanyakan pemainnya juga kurang variatif alias itu-itu aja.

Nah, contoh film Indonesia lawas pada awal 2000an sendiri yang menurutku menarik diantaranya :

Ungu Violet (2005)

Lando (Rizky Hanggono) adalah seorang fotografer majalah yang mengidap suatu penyakit sehingga ditinggalkan tunangannya pada saat sedang cinta-cintanya. Diapun cukup frustasi sehingga sempat terpikir unyuk mengakhiri hidupnya, sampa dia bertemu dengan gadis penjaga tiket busway bernama Kalin (Dian Sastrowardoyo). Pertemuan mereka cukup manis karena awal mulanya berada dalam satu metromini dimana ada pencopet yang ketahuan aksinya setelah difoto oleh Lando. Nah, waktu foto tersebut akan dicataknya, ternyata di kursi lain terekam wajah Kalin yang semi orientsl dan sangat pas untuk menjadi modelnya. Lando pun awalnya berniat kembali menemukan gairah hidupnya. Kalin yang hidup pas-pasan dengan omanya yang sudah sepuh pun tak kuasa menolak ajakan Lando demi bisa mendapatkan tambahan uang. Tak disangka karena beberapa kali bertemu, akhirnya muncul benih-benih cinta antara Kalin dan Lando. Namun Lando tiba-tiba merasa takut jangan-jangan nanti setelah Kalin tau dirinya berpenyakit, maka nasib ditinggalkan akan kembali terulang. Untuk itulah, Lando memutuskan menjaga jarak dengan Kalin meski dengan rasa sakit akibat tidak bisa berterus yerang bahwa sebenarnya dia juga cinta.





Aku nonton ini pas awal-awal ngefans ama disas jamannya masih sekolah dulu. Nontonnya juga sama kayak film-film yang lain yakni sampe diputer di TV karena ga ada bioskop di daerahku dulu. Dan tau ga, nonton film ini tu yang berasa baper senyum-senyum gajelas juga nyesek yang teramat sangat karena greget sams endingnya yang cukup ngegantung.

Belahan Jiwa (2005)

Bercerita tentang empat orang wanita yang terdiri dari Cairo seorang pelukis (Rachel Maryam), Farlyna seorang desainer pakaian (Dinna Olivia), Baby Blue seorang arsitek (Nirina Zubir) dan psikolog Arimby (Marcella Zalianty), yang memiliki empat permasalahan psikologis yang berbeda namun hamil dengan pria yang samabernama Bumi. Padahal Bumi sendiri juga sedang menjalin hubungan dengan wanita bernama Cempaka (Dian Sastrowardoyo), yang mengalami kejadian traumatis di masa lalu sehingga sifatnya berubah-ubah secara drastis.


Nonton film ini awalnya cukup rumit ya buat dipikirkan apa maknanya. Cuma karena tetlanjur gandrung ssma dian sastro kala itu ya film apa aja yang dia maen ya hayoook aja aku sikaaat wkwk....selain itu, sinematografinya juga kubilang cukup apik dan terkesan penuh misteri sehingga di ending ga bisa ditebak begitu aja akhirnya akan seperti apa. Tapi cuma agak terganggu dikit dengan pran 4 wsnita selain Cempaka yang menurutku masih terkesan kayak dibuat-buat.

Di Sini Ada Setan (2005)

Berkisah tentang rombongan remaja yang terdiri dari Choky (Thomas Nawilis), Lola (Indri Sathiya), Anya (Nagita Slavina), Anne (Marsha Tengker), Nico (Dude Harlino), dsn yangnlain lupa nama di filmnya kayak Lia Ananta, Jeniffer Arnelita, Intan Ayu, Diva Nadia, Tata, dll yang berlibur ke sebuah danau memiliki satu legenda dimana jika sepasang kekasih mendatanginta maka kisah cinta mereka bakal abadi sampai maut memisahkan. Awal mula liburan mereka berlangsung seru sampai akhirnya satu demi satu kejadian aneh tiba-tiba menghantui. Lola yang merupakan adik Choky memang semula sudah berfirasat buruk namun jarang ada yang percaya kata-katanya karena kejiwaannya sedang labil akibat ditinggal sang kekasih. Namun, ketika hal-hal aneh tersebut mulai dialami oleh masing-masing dari mereka, barulah mereka percaya bahwa ada sesuatu yang ganjil dari si danau. Apalagi bukti diperkuat dengan adanya ramalan yang melihat kartu ramalannya bermakna terror dan kematian.




Uhhh, pokoknya tuh inget banget nonton ini waktu masih sekolah. Dan baru ngeliat kiprah Shareefa Danish sebelum heits di rumah dara. Nah dia di sini juga disandaninnya jadi serem gitu, makanya sampe sekarang aku selalu terngiang-ngiang akan film ini. Setting danau dan butannya itu loh yang ngingetin aku sama kawasan hutan bakau di daerah PIK....miripp soalnya.

Tusuk Jelangkung (2003)

Dimulai dengan obsesi Rea (Marcella Zalianty), yang meminta pacarnya, Zacky (Iqbal Rizantha) untuk bermain jelangkung bersama teman-temannya yang lain seperti Visi (Dinna Olivia), Dudung (A.A. Gde Wipra) dan Unay (Thomas Nawilis) walau awal mulanya ide tersebut dimentahkan oleh mereka karens dinilai berbshaya jika berurusan dengan arwah orang mati. Sayangnya, Rea tidak mengindahkan perkataan sehingga setelah aksi nekadnya itu muncul kejadian kejadian aneh yang harus ia bayar mahal di kemudian hari. 




Inget ya yang ini judulnya ada tusuknya. Dijamin paling ngeri dan menguji adrenalin dibanding film bertemakan jaelangkung yang lain, termasuk yang paling anyar tentu aja. Menurutku jauuuuh. Bagusan yang ini kemana-mana baik dari segi pemain, karakterisasi, sampe plot maupun settingnya walau emang terkesan gelap sih di sepanjang pemutaran. Oh ya di sini aku mulai suka tuh ama Dinna Olivia, jadi klo deseu yang main pasti aku ada di garis depan buat nonton.


The Perfect House (2011)



Julie adalah seorang guru privat untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Setelah mengajar salah seorang muridnya, ia berencana untuk rehat sejenak dari aktivitasnya mengajar apalagi dengan kondisi dirinya trauma atas kecelakaan yang terjadi pada orang tuanya. Namun pada suatu hari ia mendapat tawaran dari seseorang yang bernama Nyonya Rita untuk mengajarkan les privat kepada cucunya, Januar. Hal ini terjadi karena Guru yang sebelumnya mengajrkan sudah lama tidak ada kontak. Karena mengetahui ltar belakang ortu Januar yang juga benasib sama dengan ortunya, maka Juliepun menyanggupi permintaan Nyonya Rita tanpa tau hal-hal janggal apa yang akan ditemuinya suatu hari di rumah nan misterius itu.







Waktu nonton film ini, daya tarik utama yang berhasil terletak pada karakter tokoh Nyonya Rita yang misterius. Sumpah Bella Experence tu jago bener ngatur mimik sedemikian rupa sehingga ekspresinya tu dapet banget antara ekspresi wajah kejam, misterius, dan juga tegas....atau bisa jadi malah menyeramkan ahahhaha...

Belenggu (2013)

Sebuah kota kecil sedang dilanda ketakutan yang mencekam setelah adanya kasus pembunuhan, di mana pelakunya masih menjadi buron. Penyelidikan pun dilakukan oleh kepolisian setempat namun masih belom menemui titik terang. 



Di sisi lain, Elang (Abimana), seorang pemuda yang tinggal di sebuah apartemen bobrok dengan satu dua tetangga yang terkesan aneh merasa sering dibayangi kejadian-kejadian aneh yang melibatkan sosok misterius berkostum kelinci.
Nonton film ini sebenernya kudu siapin otak dulu buat mikir ini alurnya gimana sih...konfliknya gimana...bla bla. Agakmrumit emang, tapi ga tau kenapa aku suka aja soalnya antimainstream ga kayak jenis film Indonesia kebanyakan. Apalagi aku kan emang pecinta genre thriler sejati...#ahzeg


27 komentar:

  1. yang pernah nonton disini ada setan, ga selesai, nonton film yang dari awal sampai selesai cuma titanic he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo titanic saya jg uda khatam puluhan kali tuh

      Hapus
  2. Kenapa akoh cuma tau yang Ungu Violet sama Di Sini Ada Setan?? Huhuu
    Nyari di web film gratisan ada nggak ya, Mbul? Penasaran~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ungu violet bagooos kan mbaaa
      #kedip kedip

      Aku dulu nontonnya pas diputer di tipi uhuhu
      Trus sekarang jarang nampilkeun film2 itu lg, kebanyakan yg diputer film jaman now hoho

      Hapus
  3. Paling suka sih, Belahan Jiwa sama Tusuk Jelangkung. Harusnya masukin satu film lagi tuh Mbak, 30 hari mencari cinta. konyol banget itu film.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horaaay ada yg tau jg film ini
      Bagus kan ya, alurnya rumit klo yg belahan jiwa
      Sempet bingung karena ngetwist di akhir
      Oiya 30 hari mencari cinta aku sukae karena ada dinna olivia

      Hapus
  4. Filmnya lawas-lawas ya mbak.
    Jadi nggak tau itu filmnya gimana. 😄

    BalasHapus
  5. di sini ada setan itu berkesan banget
    apalagi sama Thomas Nawilis
    temenku ngefans banget sampe beli posternya
    pas SMP ada tugas bahasa Indonesia buat drama njiplak ceritanya film itu
    ya tuhan sampe segitunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah menghayati banget bwrarti tu mas ikrom hahahah

      Sekarang thomaa nawilis kemana ya

      Hapus
  6. wah ternyata ada film horornya juga ya dan film di sini ada setan masih inget banget tuh pernah nonton di tv. seremnya lumayanlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dengan teknologi hantu nantuan pada masa itu...

      Hapus
  7. Aku pernah nonton Ungu Violet sama Disini Ada Setan di TV. Tapi kayaknya emang karena film zaman sekarang juga udah banyak yang bagus jadi TV juga lebih milih nayangin film yang sekarang kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa ada yang bagus beberapa ada yang ngebosenin mb dengan cast pemain yang itu itu aja huhu

      Hapus
  8. Semuanya aku nggak pernah nonton hahaha. Baru sering nonton ya 2 tahun terakhir ini aja, diajakin anak-anak ke bioskop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku 2 yahun terakhir malah jarang nonton hiks

      Hapus
  9. Saya baru nonton beberapa, hehe
    Tahun 2000an saya masih kecil mba jadi belum tahu film" horor, kalopun tahu ya takut, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bole diseraching mas klo gitu biar nambah referensi film indonesia 2000an

      Hapus
  10. Dua terakhir kok aku gak tau ya... cari ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. The perfect houseini susah nyarie mb ing
      Untung waktu iyu aku sempet liat dari dvd

      Hapus
  11. yang belenggu itu aku suka banget. jalan ceritanya tegang sekaligus bikin mikir. yg perfect house pernah nonton, tapi lupa endingnya gimana

    BalasHapus
  12. Masih kurang banyak menurutku :D Masih ada Janji Joni, Kala, Pintu terlarang, mengejar matahari, 3 doa 3 cinta, nagabonar jadi 2, ca bau kan, biola tak berdawai, petualangan sherina, sepertinya masih banyak yang bagus :D

    Kalau yang film jaman now gimana? Udah nonton ma suaminya? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, makasi tambahannya mas arief
      Btw pintunyerlarang baru mau aku tonton setelah liat pengabdi setan

      Hapus
  13. Wah jadi pengen nonton dehhh makasih rekorekomen nya ya shay

    BalasHapus
  14. Saya menantikan disini ada setan tayang di tv wkwk... lumayan masih ingat dan masih pengin nonton lagi.

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...