Jumat, 19 Oktober 2018

#Resep MPASI Pepes (Ikan, Ayam, Tahu) 10 Mo +


Resep MPASI Bayi 

Dua hari ini buah hatiku cekgu sedang dilanda mbegod maem (baca : ogah-ogahan maem walau belum tahap GTM). Klo disodorin sendok mecucu mulu mulutnya, kan Mamak jadi stress, huehehheh. 

Meskipun klo disabar-sabarin dan rada tricky bakal habis juga sih 1 mangkuk bayi, namun bukan berarti hati Mama lega. Soalnya selama ini lantjar-lantjar aja. Baru kali ini ngunyahnya lamaaaa banget. 

Jadi kayaknya, mulai sekarang Mama kudu mulai berkreasi deh. Yang biasanya flat hambar ga ada seasoning sama sekali, cuma ngandelin bahan-bahan yang ada seperti telur ayam kampung, tahu, ikan air tawar, ayam, daging, bayam, kentang, hati ayam, de el el mix jadi 1 sama nasi tim, sekarang kudu ada sedikit rasanya. Ya, bumbu minimalis aja sih bawang merah bawang putih dan kawan-kawannya itu. 



Contohnya resep pepes kali ini yang sakseis eke bikin tadi pagi setelah semalaman ga bisa tidur gara-gara deg-degan mulu ngebayangin Dedek besok mau mangap apa ga hahhahahah...

#Resep MPASI Pepes (Ikan, Ayam, Tahu) 10 Mo +

Bahan-Bahan :

Sepotong ikan salmon
Sepotong dada ayam kampung
Sepotong tahu putih
Wortel
Segenggam bayam
1 butir telur ayam kampung
Untuk penghilang amis daging-dagingan (daun salam, jahe)
Bumbu buat sedep-sedep (2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 butir kemiri, ketumbar, sedikit jahe)
Minyak untuk menumis bumbu

Cara Membuat :

Rebus ikan salmon dan ayam dengan menggunakan daun salam serta jahe yang sudah digeprek.
Rebus wortel sampe teksturnya lunak
Iris tipis daun bayam.
Bejek-bejek (lumatkan) tahu putih dengan menggunakan sendok.
Uleg bawang merah, bawang putih, kemiri, tumbar, serta sedikit jahe lalu tumis sebentar dengan minyak baru.
Setelah daging ayam, ikan salmon, dan wortel matang, angkat, lalu haluskan dengan blender. Campurkan dengan tumisan bumbu ke adonan tahu yang sudah dihaluskan, tambahkan irisan bayam, dan telur yang sudah dikocok.
Siapkan pinggan tahan panas (soalnya di sini susah cari daun pisang buat mbungkus pepesnya, hiks)
Siapkan kukusan. Masukkan pinggan tahan panas yang sudah diisi adonan. Lalu kukus selama 20 menit.
Koreksi rasa, klo udah oke, baru deh....
Sajikan bersama dengan nasi tim untuk si baby dan jangan lupa baca Bismillah. 

Respon baby : alhamdulilah sakseis...1 mangkuk bayi  habis per 1 kali sesi makan....lumayaaan.

Semoga semua anak-anak Indonesia yang sedang ogah-ogahan makan kembali lahap, sehat and ceriaaa amiiinnn......






4 komentar:

  1. Nggak bisa bayangin bikin pepesnya. Nggak bisa masak dan tipe yang masih jauh dari dapur. Hahahahaha.

    Sehat, sehat, sehat, Dedeknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa, warteg detected ni
      Makasi om adin

      Hapus
  2. Jangankan bayi, Teh, kalo bahannya salmon dan ayam begitu, saya aja nggak bakal ogah2an. keseringan makan tempe tahu saya. :( palagi bahannya dibikin pepes, ya alloh, itu cara masak favorit mah. apapun dipepes kok ya nikmat semua~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun pernsh merasakan jadi anaq kos, menu mie instan tiap hari gegegek, uda gitu muenya direndem lg gegara di kos ga bole pke kompor, ibu kosnya pelit ga minjemin dapur

      Pepes emang endeus haw, alternatif klo ikan utuhan lg mogok

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...