Rabu, 24 Oktober 2018

#ResepMPASI Sup Bola-Bola Ayam (11 Bulan +)


Bismilahirohmanirohim

Heluuuuuuuuuuw...

Mumpung lagi rajin masakin beby, abadikeun dulu atulah di blog. Buat eling-eling klo tar pengen masak dengan resep yang sama. Hahahaaaa... Jarang-jarang kan aku mau ribet-ribet gini, jadi momen udah ada beby memang sungguhlah istimewa. Melecut semangat emaknya buat berlatih tanggung jawab memberikan yang terbaik yang ia bisa #tsakeeep.

Nyuapinnya sambil takcuil kecil-kecil bola-bola ayamnya


Dan kali ini aku akan bereksperimen dengan menu utama berjudul sup (agaaaain), namun dengan tampilan yang lebih ribet sedikit yaitu dengan dibikin bola-bola ayam. Yah, sebelas dua belas sih ama pentol cumak yang ini ga pake gula ama garem. 

Bahan-bahan :

Daging dada ayam kampung
Bumbu penghilang amis (batang serai, daun salam, jahe geprek)
Air untuk merebus
Bumbu sup plus bola ayamnya (bawang merah, bawang putih, sedikit merica bubuk, kaldu ayam kampung)
Bahan buat bikin bola-bola ayamnya (daging ayam kampung, daun bawang, seledri, sedikit tepung terigu dan tapioka, telur ayam kampung, wortel parut)
Item lain di kuah supnya (seledri, daun bawang, tomat, bawang bombay, jahe)


Bumbu dan bahan-bahan sup

Adonan bola-bola ayam


Cara Memasak :

Rebus dada ayam kampung dengan batang serai, daun salam, dan jahe geprek. Sisihkan sebentar.
Haluskan bawang merah, bawang putih, merica bubuk. Cincang bawang bombay. Tumis sampai harum
Serut wortel dengan parutan keju
Iris halus seledri dan daun bawang
Potong tomat (buang kulitnya)




Cemplungkan adonan bola-bola ayam pada saat air mendidih

Cocok untuk hari hujan

Buat adonan bola-bola ayam dengan cara haluskan rebusan dada ayam, wortel serut, seledri, daun bawang, bumbu halus yang telah ditumis, tepung terigu+tapioka, dan telur yang sudah dikocok lepas. Bentuk bulat-bulat dengan menggunakan sendok
Buat rebusan sup
Masukkan bumbu halus yang telah ditumis
Masukkan bola-bola ayam ke dalam kuah sup yang telah mendidih
Tambahkan kaldu ayam kampung nonmsg
Tambahkan tomat dan seledri, daun bawang, serta bawang bombay cincang
Tunggu sampai bola-bola ayam mengapung dan matang
Sajikan hangat bersama nasi tim 

"Jangan lupa baca bismillah, ndulangnya sambil senyum, biar si beby luluh dan  mencerna tatapan Emaknya yang dah pasang mata memelas minta diberi tatih tayang seperti ekspresi Puss in Boots di Kartun Shrek (ngarep mangkuknya diabisin tanpa sisa, wokwokwok), huehehe..."

Respon beby : alhamdulilah abis, mungkin karena seger kan doi abis pilek setelah ganti-gantian flu ketularan Papa ama Mama...






6 komentar:

  1. Wahhh bener nih enak pas dimakan lagi hujan jadi anget, setidaknya rasa hangatnya bisa melupakan sejenak kenangan bersama mantan yang muncul saat hujan turun ...

    Eh kok hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. #eaaa eaa eaaa
      Ala enontonnya tukul arwana haha

      Hapus
  2. Ngiler luat kuahnya. Disantap pas cuaca dingin terus dipedesin pasti wow banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dipedesin atuh buat mak bapaknya dong bang haha

      Hapus
  3. Asiik dapat ide baru untuk makan Mukhlas. Thakyou mbaaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2
      Smoga mukhlas maemnya lahap ya mb enny ^_^

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...