Selasa, 20 November 2018

Kenapa Menulis Blog


Bismillahirohmanirohim....

Tantangan Day 1 : #BPN30dayChallenge2018

Blog adalah media sosial yang paling aku sukai saat ini. Dalam sehari, ga keitung rasanya aku ngebuka dashboard blog. Sekali, dua kali, tiga kali, bahkan berkali-kali. Entah pagi, siang, sore, bahkan, menjelang tidur pun selalu ku sempatkan diri untuk ngeblog. 

Yassalam, sampai segitunya aku terjebak dalam dunia blogging yang kadang terasa seperti micin ini. Gurih-gurih nyoi. Sangat-sangat nagihin. Ga jarang aku jadi lebay kalo dalam sehari ga buka blog (tentunya aku juga ga sampe lupa akan kewajibanku yang lain seperti beribadah dan mengurus keluarga, karena kan blog cuma buat me-time-an ya, jadi ya tetep disempet-sempetin di sela-sela waktu yang sempit). 

Saking blog tuh udah kayak temen idup. Kepikiran apa dikiit, ingetnya blog. Abis plesir kemana mikirnya konten. Ada pengalaman terkait fasilitas publik apa, oh ntar ingetnya pasti berguna nih klo ada orang yang nyari tau informasinya lewat sini. Ya Alloh, apakah hamba akan jadi pengabdi konten wkwkkk.
*sawwry lebe*



Iya, bagiku ngeblog emang semengasyikkan itu. Semacam pelampiasan hobi yang uda ketanem sejak kecil yaitu MENULIS. Ya walau ga bisa dipungkiri juga bahwa tulisanku kebanyakan masih acak-adut ga beraturan kayak anak TK. Tapi emang aku suka style tulisan yang kayak gini sih. Celelekan. Soalnya klo kaku kayak bukan karakterku banget yang kata orang emang pribadiku lebih ke arah comical. 
*ciyeee gitu*
*monmaap narsis*

Aku angkat tangan lah klo disuruh bikin tulisan yang bahasanya serius-serius.
*kecuali klo jurnal ilmiah or skripsi baru laaaa.... boleh tu serius*
*e emang kewajiban kali klo jurnal ato skripsi tulisannya serius huuuw. 

Oh ya, ngomong-ngomong soal nulis, dulu aku selalu suka ama pelajaran Bahasa Indonesia. Klo ada ulangan atau tugas mengarang, pasti mikirin kalimatnya kudu yang bener-bener dipikiriiiiin banget (BANGEEEUD). Ampe ada kepengenan pokoknya kalimat-kalimat dalam paragrafnya kudu beda ama yang lain. Kudu keliatan lebih berbobot dan intelek. Jadi dari dulu cekelanku ya uda KBBI yang which is beda banget kan ama tulisanku yang ada di blog sekarang eaaaaa....
*apakah itu artinya aku jadi downgrade?* 
*cuma pembaca yang bisa menilai* 

Ya, meski ga luput juga bahwa aku selalu kejebak ama tulisan panjang yang moler-moler cem uler kadut ini, hahaha. Tapi ga tau kenapa, klo ngarang tuh ibarat kata lancar bener  ni otak nulisinnya. Beda ama pelajaran eksak kayak matematika, fisika, atau kimia yang very-very skeriii ituuu. Soalnya dulu kemana-mana aku selalu jadi kesayangan guru Bahasa Indonesia sih. Klo yang itung-itungan jand ditanya....medeniiih Cuy, wkwkkw. 

Nah, balik lagi ke urusan ngeblog yang emang udah jadi semacam habit sejak tahun 2015. Mulai nulis blog itu sebenernya tahun 2013, cuma waktu itu mentok di 3 postingan aja. Abis itu letoy karena blank ama template, ga punya temen, dan kayak belum nemu aja moodnya. 

Barulah jeda 2 tahun berikutnya bisa aktif lagi. Pemantiknya adalah pingin ngedokumentasiin cerita rempongnya persiapan nikahan abis safari ke blog-blognya para bridezilla. Mulai dari heboh hunting seserahan, fitting kebaya pengantin, riasan jilbab do dan make up-nya, juga segala keriwehan yang ada yang biasa dirasakan oleh CPP (Calon Pengantin Pria) dan CPW (Calon Pengantin Wanita). 

Terus sebelum deal nikah emang sengaja ga mau koar-koar dulu. Jadi berani nulisnya pas uda resmi nikah aka tahun 2015 itu. Nah, selanjutnya tema blog malah berkembang jadi kehidupan sehari-hari yang kali aja banyak dicari orang di internet. 

Balik lagi ke intensitas ngeblog per-daily-nya kayak apa. Memang bisa dikatakan aku lebih banyak buka blog ketimbang medsos lain. Bukan berarti pilih kasih sih. Tapi semacam lebih gregetnya itu klo nulis yang lebih 'niatnya' ya di blog. Di medsos lain cuma sekedar suka-suka. Ga gitu niat. Tapi ya itu cuma di akunya aja sih. Klo temen-temen termasuk yang menseriusi media sosial ya sah-sah aja. 

Sementara aku ?  Kecenderungannya memang lebih memprioritaskan update blog ketimbang medsos lain. Kadang bahkan aku kliatan lebih judes, apatis, cuek, ataupun somse di medsos lain selain blog. Tapi ya gimana ya? Soalnya styleku emang lebih interaktifnya di blog sih. Sementara di medsos lain cuma buka sekedarnya aja, sesempetnya, semoodnya. Sama kan kayak pilihan temen-temen yang milih ga gitu interaktif di blog tapi di medsos lain selalu keliatan ramah, heboh, dan always update. Nah paling aku tinggal dibalik aja tuh. 

Pun demikian, aku ga gitu keliatan sering like status fb, love status ig, retweet twitter, atau komen di medsos temen, namun aku lebih seringnya (dan senengnya--tentu aja) bertandang langsung ke blognya. Baik secara diam-diam maupun sumbang komentar (klo lagi mood). Bukankah justru yang demikian malah yang ngebagusin angka statistik kalian (cem DA, PA, dkk-nya) wahai temen-temen blogger, wkwk. Nah, maka dari itu, keitungnya aku lebih sering nongkrong di blog ketimbang meramaikan medsos lain (klo punya temen).

Blog, diary digital yang udah kayak mendarah daging. Dimanapun dan kapanpun rasanya selalu pingin balik lagi dan lagi ke blog. Semoga aplikasi ini awet-awet aja ya, jangan sampe tutup kayak yang lain. Soalnya aku udah terlanjur ketagihan ngeblog. Apakah itu buat sekedar mencicil draft yang masih mentah, ngintip kolom komentar yang dimoderasi (walaupun kadang nyesek juga karena ga ada yang komen klo ga didatengin duluan untuk jenis pengunjung sesama blogger, klo jenis pengunjung organik sih lain lagi urusannya hahaha), juga statistik yang walau ngrangkaknya ga secepet para seniyooour tapi kalau ditelatenin ya insyaalloh naik juga.
*alon-alon asal kelakon*



Oh ya, sekarang aku memang menerapkan sistim moderasi sih, soalnya aku males ngapus-ngapusin bandar togel dan akun vokep yang tukang naruh link hidup di kolom komentar...mana link hidupnya banyak banget lagi wakakkka spam. Udah gitu aku juga pengen tau sih, seberapa niat pembaca yang mampir, apakah terbagi ke dalam tipe-tipe pembaca blog yang pernah aku bahas di sini apa ga. 

Untuk statistik, jujur emang aku paling semangat mantenginnya. Istilahnya, paling jadi mood booster buat nulis karena aku emang senang nulis yang ujung-ujungnya bikin orang pingin ngeklik. Entah itu sekedar tulisan pengalaman, review tempat makan enak, film horor/thriller/slasher, telenovela, sinetron, drama asia, atau sesuatu yang berbau nostalgia khususnya angkatan tahun 90-an, yang mungkin aja orang lupa tapi pengen cari tau jawabannya di internet. Nah, dengan nulis blog, seenggaknya aku nyumbang salah satu opsi yang mungkin bisa jadi jawaban atas pertanyaan mereka. 

Klo kata orang sih karena ingin berbagi ya. Berbagi informasi yang orang sering kepoin ulasannya, namun di internet masih dikit yang nulis. Atau kadang-kadang malah kampretnya ketemu artikel yang cuma click bait (kan ble'e banget ya, lagi nyari sesuatu di Mbah Google, begitu nemu judul artikel atau kata kunci atas pencarian itu, e pas diklik malah ga eneng isinya, wakakaaakk). Nah, dengan begitu, aku ada peluang dong buat mempermudah pencarian mereka--tentunya selama informasi yang aku tuliskan mencukupi kebutuhan. 

Terakhir, selama ini aku ngeblog emang dibawa fun aja. Sama ringannya kayak saat aku nulis status di media sosial lain yang sifatnya lebih ke to the point. Jarang banget aku ngedrat lama-lama. Istilahnya aku nulis spontanitas, ntar nunggu berapa menit ya langsung publish. Aku ga betah lama-lama nyimpen draft. Apalagi nyimpen judulnya doang. Pasti rasanya gatel banget pengen mberesin. Paling klo ada typo-typo dikit ya aku edit sambil jalan. Mungkin karena aku kurang menguasai tema berat. Dan aku juga takut kalau sampai salah tulis tema. Takutnya malah dibully, wakkaka....

Soalnya kadang-kadang tuh menakutkan loh klo jadi viral. Yang aku amatin nih ya, meski kadang nulis viral di tema tertentu maksudnya baik, tapi klo uda terlanjur heboh, pasti akan selalu ada celah untuk tercipta 2 kubu, baik itu pro dan kontra, haters maupun lovers. Jadi, sebisa mungkin (untuk sekarang ini) aku berusaha nulis yang netral-netral aja, yang aman-aman aja, yang hepi-hepi aja, dan tentunya based on pengalaman pribadi. 

"Tulisan ini diikutsertakan dalam #BPN30dayChallenge2018"

18 komentar:

  1. kalo aku dulu waktu kecil bercita2 jadi terkenal lewat blog karena ibarat rumah kita di internet itu blog. kita bisa share unek2 juga di sini. seru pokoknya, bia kenal teman baru yg punya keunikan tersendiri. salam damai ya. he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog emang jawara buat nuangin segala yang kita suka ya, nulisnya lebih pewe, karena ga terkendala panjang pendeknya karakter kayak media sosial lain. Uda gitu desainnya bisa dimacem macemin...

      Hapus
  2. Dirimu jauh lebih rajin Nit....aku jarang BW sekarang. twitter jarang ditengok. Bukan ga mau ..tapi kadang kalah bersaing sama tumpukan setrika yang cepat sekali beranaknpinak...

    Maafkan daku klo jarang bales koment/bw balik yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek aku jarang meramaikan kampanye temen yg jadi buzzer, lebih seringe dolan neng blog e langsung, lebih puas baca artikel tulisane di blog, nak kampanye kampanye di sosmed blas aku malah ra pati ngematke mb lis hahahahha....
      Makanya yg cuma ngeadd karena butuh follower untuk jadi tim hore2 di medsos selain blog kayake aku bukanlah tipe follower yang cucok buat mereka

      Hapus
  3. Duh, kita kebalikan, Tembul.. aku ngga terlalu suka pelajaran mengarang. mending itung2 sih, walaupun nilai kimia fisika ngga layak banget lah..

    Tapi kita samaan, mulai nge-blog tahun 2013. Aku pertama kali ke blog ini kayaknya pas baca cerita pernikahanmu sama Tamas deh.. di situ aku langsung takjub, wooow...komentarnya banyak bangeeeettt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widiiiih ajarkeun aku ilmu eksak mb rin #kebayang sesuk ngajarin ni bayi klo uda mulai sekulah, ada pr matematik, mamake fuyeng huhu

      O yg nikahan ntu kalo ga salah aku ikutkan lomba giveawaynya mb yasints itu huehe

      Hapus
  4. Aku tuh sehari bisa berkali-kalit lihat statistik blog yang nyungsep gak kunjung balik. Mending buat baca blog teman-teman. Kadang komen kadang juga nggak. Kalau mampir ke blognya mba Nita nih, senyum-senyum bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, kadang emang gregetan pingin ngatrol statistik mueheheee
      Pingin odop rajin tp kendalanya keteteran

      Jd bgitu ada challenge odop rasane smangat soale banyak ksncsne, buat seseruan

      Hapus
  5. Terbaiq memang si Embul ini. Dan btw kamoh kan rajin sekali ya, apa pernah merasa kesyal atau prihatin kalau misalkan kaya aku nih, angot-angotan gitu ngeblognya Nit? Pas kamu main ke blog eh tulisannya nggak update-update *pede abis ditengokin Nita mulu :p

    Aku pengen ngeblog asyique kaya dirimu, nulis sesuka hati, nggak mikirin begini begitu banyak sekali *lah malah nyanyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. O pernah banget dong pernaaaah wakaka, lebih tepate gemes mbaaa
      Kan ceritane aku punya list blog favorit, ning kadang update e suweeee banget, pingin takomehi, ayo ndang update...kamu uda ditungguin pembaca setia loh, ning cuma dlm ati thok sih hihihi, paling bulak balik takkepoin doang sapa tau segera dpt hidayah update wkkkk

      Hapus
  6. Ngeblog itu memang bikin ketagihan ya. Aku juga mulai aktif ngerawat blog ya di tahun 2015. Mulai membuang tulisan-tulisan alay, gaje dan super lebay.

    Dan setelah membuang tulisan-tulisan begitu, sekarang tinggal bingung mau nulis apa, hahaha.. kadang saya memang suka diketok dulu baru mau nulis:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayy kita kompakan mulai bebenah tahun 2015
      *sepertinya itu kayak tonggak mulai semangadnya kita2 ngebluq eh ngeblog deng ya hahaa

      Aku yang super alay masih malah, tapi waktu itu untunge belum terpapar para pembaca, jadi masi amaaan hag hag hag

      Hapus
  7. kalo sudah begini. mau tau pensiun ngeblog g bisa. keingetan terus

    BalasHapus
  8. Komen di blogku juga banyak banget iklan togel, bokep dan sejenisnya. Lelah awak meliati -___-

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...