Minggu, 02 Desember 2018

Ke Kota Mana Kaki ini Ingin Melangkah ....


Bismilahirohmanirohim....

Tantangan Day 13 : #BPN30dayChallenge2018

Padang, Bogor, Jogja, Magelang, dan Wonosobo. Sepertinya kota-kota itu yang pengen aku jelajahi ulang karena ada nilai nostalgianya. Barangkali memang kepengenanku ga muluk-muluk dulu sampai ke luar negeri, karena posisiku yang uda jadi ibuk-ibuk rempong, bhahahaaaa.... Jadi, ngimpinya yang dekat-dekat aja, walau belom tauk juga ada hilal kesempatan pikniknya kapan *uhuhuhu...

1. Padang 

Kenapa Padang? Karena aku pernah ke sana satu kali waktu masih gawe jadi jurnalis di salah satu kantor media nasional yang berada di Jakarta Pusat. Tulisan lengkapnya pernah aku ulas di blog sebelah, kali ada yang mau kepoin.



Padang itu bikin aku jatuh cinta sekali pandang. Padang yang punya jalan berkelok-kelok yang sangat panjang, menyimpan sejuta tempat wisata yang subhanalloh indahnya. Padang membuat aku kebayang terus sama lemang tapainya. Sumpah aku baru engeh, rasanya tuh enaaaa banget. Padahal pas jamannya masih ngekos di Jakarta, terus uda musim puasa nih, sebenernya bisa aja kan aku beli yang ada di Pasar Benhilnya. Tapi tetep aja beda....beda antara makan makanannya langsung di kotanya sama yang engga. Begitupula dengan nasi padang. Beda deh antara makan nasi Padang di Padangnya langsung ama makan nasi Padang yang ada di Jakarta atau kota-kota lainnya. Serius beda.

Ada 2 tempat wisata di Padang yang ga bisa aku lupa. Satu Istano Basa Pagaruyung, dan yang kedua adalah Lembah Harau. Di Istano Basa Pagaruyung, aku sempat nyobain baju adatnya. Uh...suntiangnya berat ternyata. Tapi keren banget deh kain songketnya. Berasa jadi gadis-gadis kerajaan waktu makenya. Terus Lembah Harau....Rasanya pengen pamer ke Tamas gimana takjubnya aku waktu ngliat tebing-tebing raksasa yang bawahnya menghampar bulir-bulir padi dengan warna kuning keemasan. Juga legenda harimau Sumatera yang bikin kepo akut, pengen tau kebenarannya kayak apa. Ah andai waktu itu maen ke sana bukan pas karena tugas. Andai waktu itu maennya sama Tamas, pasti jauh lebih asyik hiks....



2. Bogor

Bogor udah kayak tempat dimana segala hal berlabuh. Mulai dari diapelin pacar untuk pertama kalinya setelah berkenalan lewat FB (sekarang udah jadi suami, red), jalan-jalan, kulineran, dsb. Ngapelnya pun sampai dibela-belain naik angkot buat nyamper ke kosanku yang patokannya deket tempat sampah pertama dari arah Duta Berlian yang kanan kirinya merupakan sawah-sawah, wakakaak... Terus ngedate pertama kali di KRB, tapi ujung-ujungnya cuma makan siang di RM Padang karena ujan, tapi aku sosoan pesen jus doang lantaran ngaku diet, soalnya waktu itu sempet kepikiran jelek, klo aku gendutan kok rasanya susah banget ya dapat pacar wakakak #sungguh pemikiran yang sangat aneh. Terus Tamas cuma pesen makanan keringan sembari terus ngebujuk aku supaya pesen nasi juga nemenin dia makan, tapi aku tetep kekeuh bilang uda makan dari rumah (padahal belom) dan maunya ngejus aja, hahaha.


Selalu nemu syahdunya malam di area Taman Kencana waktu sering hanimunan dulu sembari nungguin datengnya testpack garis dua.... terus kulineran murah meriah di beberapa sudut kotanya. Bahkan klo disuruh nginget-nginget waktu yang lebih lampau lagi misalkan jaman kuliah, aaak....kangen rental komik deket Bara 1 yang sebelahnya Al Amin yang sering bener aku sambangin, terus rujak dan asinan setelah gang Bara 1 sebelum area kuburan, rental DVD, dan safari warnet wkwkkk...





3. Jogja

Sebenernya tiap pulang kampung selalu terbersit keinginan buat singgah ke Jogja yang mana cuma 3 jam aja dari rumah. Tapi tiap pulkam kok ndilalahnya pas libur nasional jadi udah jiper duluan sama keadaan jalan. Macettt. *ya Alloh tuluuung (ala Mpo Ati)*. Huh. Padahal banyak banget area Jogja yang pingin aku eksplore lebih jauh terutama sentra kulinernya. Bakpia, yangko, geplak yang warna-warni dan nyenengin mata, gudeg, brem, dll. Ahhh Jogja, kapan aku bisa ke sana agak lamaan? Bukan cuma transit lantaran mau naik pesawat aja dari Adi Sutjipto huhu..




4. Magelang

Kalo ngomongin Magelang, yang kebayang itu suasananya adem ya. Dekat gunung yang mana aku emang lebih suka piknik ke area-area gunung ketimbang pantai. Pantai ? Tatud item kakaaaa #kepret. 


Terus asyiknya lagi, klo dari tempat Suami menuju ke Magelang, rutenya itu lewat Purworejo yang terkenal ama area perkebunan durennya. Apalagi klo bukan daerah Kaligesing. Jadi kan bisa modus gitu, misal mandeg di tengah jalan pengen ngeduren kan tinggal capcuz hahaha...




Dan yeah, ke Magelang itu ga lengkap rasanya klo ga visit back ke Borobudur. Duh aku suka gemes deh sama orang luar Jawa Tengah yang ngira Borobudur itu adanya di Jogja. Padahal kan jelas-jelas adanya di Magelang #ayuk atuh diinget-inget lagi pelajaran IPS-nya.

5. Wonosobo

Aku pernah ke Wonosobo satu kali waktu silaturahim ke tempat teman kerjanya ibuk yang sekaligus ngopenin sapi-sapinya beliau buat tambah-tambah biaya kuliah adek per semesternya. Nah, mengingat di rumah kami hampir ga mungkin kopen klo ada ternak, jadi diutuslah kenalannya itu buat ngopenin. Ya nyiapin kandang, bersiin badan, ngransumin, sama ceki-ceki klo waktunya uda beranak.



Singkat kata, pada suatu hari kami sowan ke rumahnya yang ternyata ada di Wonosobo, dimana jalanannya meliuk-liuk menuju dataran tinggi. Uda gitu kanan kirinya merupakan hutan yang mana keliatannya ijooooo sekali dan lembab dicucuri embun sehabis hujan rintik-rintik, memayungi beberapa ekor unggas yang tetap nekad berlenggak-lenggok di jalan sambil bersahut-sahutan, walau sebagian lagi juga ada yang menepi. Aku yang sempat terobsesi sama film Totoro yang settingnya itu berupa rumah di pinggir hutan, lalu membayangkan klo rumah temennya ibuk ini ya mirip-mirip ama yang ada di desanya Totoro. Mmmm betapa syahdunya..




20 komentar:

  1. Balasan
    1. Kelingan ra biyen tuku biola karo kunis aku mabok pas ning ngarep tugu hahaaa

      Hapus
  2. Aku rung tahu weruh Borobudur mbak.. eruh e mung ning tipi.. 😭😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh agendakan mb, ke salah satu dari 7 keajaiban duniaaa ehehhe

      Hapus
  3. Weh sama mbak, mau ke Padang tu mau nyobain nasi padangnya. Mbak mas aku pernah tinggal disana dan mereka bilang nasinya emang beda sama yang di jawa.
    Anyway, aku pernah tinggal di jogja lhoo mbakk, dan orangnya ramah-ramah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang kurasakan nasinya lebih pera ya untuk lidah sumatera...

      Iya bener bener orang jogja walau ga kenal ato baru kenal ramah ramah banget, menyedulur istilahnya, gemrapyak

      Hapus
  4. Aku malah belum pernah menginjakkan kaki di pulau sumatera Nit... Baru Jawa-Bali-Lombok aja yang sudah

    Dan untuk postingan inipun aku blm kelar ngrdrf e...

    Ya alloh ..aku kok keset saiki .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lombok aku rung tau mb, jarene apik pantenya uhuuu

      Buru mba buru diuploaaad, ben aku takdolan mbaca, lg smangat bewe doale nek ada chsllenge ginian eyke hehe

      Hapus
  5. Ih Padang juga wish list saya nih, makanannya enak-enak.
    Bahkan nasinya juga enak.

    Udah gitu budayanya keren banget ya.

    Kangeeeenn juga ama borobudur, udah lama banget ke sana dulu.
    Kayaknya udah banyak banget yang berubah sekarang.
    Ih temanya bikin mupeng, mana dekat liburan sekolah pula.

    tapiiii, bagi orang yang jauh dari ortu, kalau ada duit berwisata, mending dipakai jenguk ortu.
    Soalnya ortunya juga jauh, semacam berwisata sambil jenguk ortu, eh atau jenguk ortu sambil liburan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya padang bener2 ga terduga, menarik emang mb rey, pas ke sana aja ku jadi susah muvon pengen jgn cepet pulang, pingin ke sana lg tp bukan pas dlm rsngka tugas, pinginnya pure piknik hihihi

      Iya sekarang borobudur uda makin ciamik, tsngganya ga lucin soale ditambah alas kayu buat pijakannya, walaupun tetep lempoh kko mw nyampe atas gegegek

      Enak klo jenguk ortu sekalian liburan, sekali mendayung 23 pulau terlampaui

      Hapus
  6. Yg pasti aku sukanya kota yg bersuhu sejuk ahahaha... Dieng msh paling favorit sih. Krn paking dingin :p. Kalopun aku sampe suka ama kota yg iklimnya panas, itu pasti krn kulinernya enak2 banget hihihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaaa hihihi
      Biar kulit nda gosyong #eh

      Aku blom pernah nyampek diengnya mb fan cuma bru sampe kota wonosobonya huhu, ke sana pas musim lebaran ke 3 jd padet bgt jalanan

      Hapus
  7. Kalau ke Wonosobo, langsung sekalian ke Dieng dong Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengennya gitu mb langsung cuz ke dieng, apa daya waktu itu muacet paraaaa
      Moga2 lain waktu busa nyampe puncak plateunya

      Hapus
  8. wonosobo adem dan sejuk, damai buat liburan :)

    BalasHapus
  9. Aku juga pengen ke Wonosobo, pengen ke Diengnya sih. Kayaknya seru gitu di tempat adem tapi banyak situs sejarahnya.

    Pengen ke Magelang juga terus nginep di Amanjiwo atau Plataran supaya bisa minum teh sambil menikmati pemandangan Borobudur di kejauhan *ngayaaall aja teruuusss*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pokoknya yang sejuk sejuk mer
      Secara klo di gunung bawaannya pengen tidur #nah loh wkwkwkw

      Trus klo di gunung klo foto kan jadi keliatan lebih berseri2 gitu
      Biasalah buat taro di ig haduduudududuudu

      Hapus
  10. Aku masih inget dulu sik nyar-nyaran sambang di blog Mbak Nita ttg postingan yg waktu ke Magelang, saat di Borobudur, entah itu postingan yg mana hihiii
    Btw aku blum pernah ke Jogja apalagi ke Borobudur mbakkk
    *Pundung di pojokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah magelsng blom pernah maen tah hihi, hayuk kpn2 ,elancong jateng
      Aku mlh puingin bgt maen malang klo ga kota2 jatim lainnya tp yg adem2
      #anaknya takut item #dijitak

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...