Kamis, 09 Mei 2019

Pengalaman Tiap Share Link URL Blog ke Facebook Selalu Diblock dan Cara Mengatasinya



Pengalaman Tiap Share Link URL Blog ke Facebook Selalu Diblock dan Cara Mengatasinya

Kemarin sebenarnya aku lagi sebel banget. Udahlah lagi period aka menstruasi, eh ketambahan ga bisa share link di facebook. 

Jadi tuh ya, nggak ada angin nggak ada hujan, tiba-tiba facebook kayak ngeblock alamat blog aku dan menandainya sebagai SPAM. Bolak-balik aku coba share dengan maksud untuk promo update-an blog terbaru di facebook, eh la kok nggak bisa kepublish terus. Tulisannya masa : "Postingan ini Melanggar Standar Komunitas Kami tentang Spam". 



Tadinya kan bahasanya rada njlimet tuh. Dan aku ngebacanya rada salah paham. Masa tiap kali nyoba publish link blog selalu dapat notifikasi : "Pesan anda tidak dapat dikirim karena berisi konten telah dilaporkan sebagai pelanggaran oleh orang lain di Facebook." 

Wadaaaaaw, dalam hati langsung berkecamuk. Dilaporin ama siapa? Perasaan blog ini isinya cuma curhatan, kisah sehari-hari, ga ada hate spech, copas, SARA, ataupun harmful content. Ngalamat kena autoblock aku rasa. Dan mendadak peninglah kepala ini karena yang tadinya sedang semangat-semangatnya nulis, eh pas tau hari itu nggak bisa share ke facebook rasanya alamak nyessss, langsung males ngapa-ngapain. Yang tadinya uda ada rencana mau ngembangin ide ini itu, mendadak jadi ngerasa semua sia-sia.Ya siapalah blog aku yang kalau ga dishare tuh emang ada yang langsung auto baca dan ninggalin jejak. 

Huh, pokoknya kemarin tuh nano-nano bangetlah rasanya. Biar bagaimana media sosial facebook buat ngebuka link blog itu jauh lebih powerfull ketimbang medsos lain karena kan dia bisa ngasih link hidup. Beda dengan instagram yang kalau belom punya follower banyak ga bisa swipe up. Huhuhu....

Nah, dengan adanya kejadian ini, tentu aku nggak bisa diam aja dong. Meluncurlah aku ke banyak blog tutorial dan alhamdulilah nemu yang beneran ngasih solusi. Solusi tersebut aku dapatkan dari blog www.gerbanginspirasi.com (thengs gerbanginspirasidotcom). Dari situ aku langsung mempraktekkan step by step yang udah beliau jabarkan di blognya. Dan alhamdulilah manjur. Setelah 1 x 24 jam kena autoblock facebook, kini blog aku udah bisa dishare lagi di sana.

Berikut step-stepnya : 

Cara 1 :

Buka halaman Sharing Debugger di Facebook for Developers berikut :


nanti akan muncul halaman seperti ini :


Ketik alamat url blog yang diblock facebook

Kalau link URL kita diblock nanti akan ada warning berbunyi : "We can't review this website because the content doesn't meet our community standard, if you think this mistake, please let us know."

Klik bagian let us know, tuliskan alasan mengapa blog kamu tidak pantas diblock. 

Di sini alasanku adalah : blog saya merupakan blog personal yang berisi seputar review, traveling, kuliner dan kegiatan sehari-hari. Blog saya tidak pernah menuliskan tentang hate speech, harmful atau malicious content dan aman dari segala malware. 


Untuk lebih meyakinkan lagi aku juga mengeceknya di : https://sitecheck.sucuri.net/



Cara 2 :

Test dengan mengetikkan url blog, nanti kan otomatis ada notifikasi : , “We removed your post because it looks like spam. Go to your Support Inbox to learn more.”

Klik help center yang ada di bagian kanan atas , yang ada simbol tanda tanyanya (?)


klik Support Inbox.

Klik : "This isn't spam"


Tunggu sampai keesokan harinya

Di kasusku besokannya uda beres sih, alhamdulilah bisa share blog ke Facebook lagi (Gustyanita Pratiwi).

10 komentar:

  1. Waahhh wahhh waahhh...

    Itu share ke timeline atau grup mbulsay?

    Saya kadang deg-degan kalau mau share ke grup, takut di semprit tim nya om Mark hahaha.

    Tapi Alhamdulillah sih, selama ini baik2 saja.

    Beteweeee, sebagai tips biar disayang tim nya om Mark.
    Sering2 update status dll atau interaksi di efbi say.

    Banyak banget temen2 yang ngeluh di tolak om Mark, pas saya liat timeline nya eeehhh isinya share link doang hahaha

    terus, kalau saya kan sekali share di grup itu sekalian beberapa grup, ada 4 atau 5 gitu.
    Tapiiii, kalimat pengantarnya diganti dikit2, gak sama persis.

    Alhamdulillah, dari dulu kala om Mark gak pernah marah ama saya (hadeehhhh marahan wkwkwk)

    Tapi bagus juga sih dengan pengalaman kayak gini jadi punya ilmu baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om mark lg galak ama saia mb ahah

      Iya klo dikiat emang fbku isinya flat gitu, promian blog semua ga dikasi pengantar yg ngalor ngidul
      Maklum ku tu anaknya pemalu klo promo2 blog di fb haghag

      Hapus
  2. Gawat juga kalau nggak bisa share ke Fb, padahal sarana promosi blog terbaik, untung masalahnya bisa cepat diatasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, untung saya dah nemu blog tutorial yg ngasi solusi, terus langsung takpraktekin

      Hapus
  3. memang FB kadang agak senewen sama web blogspot akhir2 juga mbak, sering kena filter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pilih kasih dong, padahal ga semua blogspot itu ecek ecek, ga semua yg uda tld tulisane keren huhu

      Hapus
  4. Penting ini. Tadi juga baru baca kasus block share link di blognya Mas Andi "diarymahasiswa". Mirip-mirip.

    Aku alhamdulillah belum pernah kena sih (dan semoga jangan sampai). Pernahnya itu akun Google+ ku mbak. Kena suspend 2 apa 3 hari gitu. Nggak tau penyebabnya apa. Tapi kayak e karena aku pernah ngeshare tulisan yg tentang kawasan RRI Solo itu. Aku mikir e "lah, padahal itu juga cuma tulisan biasa tanpa ada embel-embel *review pemakaian* embak-embak disana. eh, kena juga"

    Bar link share-share'ane tak hapus dari profil, eh beneran bisa dipakai lagi. Sungguh sebuah pengalaman yang berharga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah si andi kena jg y, bukannta blog dia uda dotcom

      Review pemakaian ki piye maksude nu

      Hapus
  5. Lho, aku baru tau soal ini. Alhamdulillah belum pernah ditolak share di beranda sendiri.

    Aku juga jarang sharing via fb nih. Apalagi ke komunitas, Nit. Blas.

    Dan kayaknya pengunjung blog ku emang dikit. Aku share ke fb, PV masih dikit aja. Hahaha malah curcol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kdg ku suka nyesel bis promo di komunitas, wedi dinyek tulisanku wagu n diarani pemulaaaa trus mb pit
      Sedih akutuu hahaaaaa

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...