Jumat, 22 November 2019

Waroeng SS (Spesial Sambal), Jl Ki Samaun, Pasar Lama, Tangerang




Waroeng SS alias Spesial Sambal yang bercabang di Jl Ki Samaun, Pasar Lama, Tangerang beberapa tahun terakhir sudah geser posisi dari tempat semula yang saat ini beralih fungsi sebagai restoran seafood. Walau gesernya nggak begitu jauh sih, cuma kepisah beberapa bangunan aja.




Nah, SS yang baru ini bangunannya aku bilang sih agak gede ya dibandingkan yang dulu. Seenggaknya parkirannya jadi bisa masuk ke dalam karena sebelum-sebelumnya cuma bisa parkir di luar resto. 

Terus area makannya juga jauh lebih legaan daripada yang dulu, masih dengan konsep bangku biasa dan juga lesehan. Ada juga area smoking dan non smokingnya. Walaupun kalau dari segi pelanggannya tetap saja membludag ya. Bahkan buat pesen meja sering waiting list, terutama di jam-jam makan siang dan makan malam. Proses masaknya juga istiqomah lamanya, ya walaupun aku masih maklum sih karena kan pelanggannya emang banyak. Jadi, untuk menghidangkan sesuatu yang fresh from the oven kitchen, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.





Seperti pesanan kami waktu itu, yang mana udah memasuki jam-jam ashyar. Dan restoran uda ruameeeee bener cem lagi ngantri sembako. Pesenan kami sih simpel aja. Diantaranya, lagi kangen telur gobal-gabul, jamur krispi, paru goreng, sambal pete balado, sambal jengkol, sambal tomat, dan juga sambal hijau. Untuk si sulung, karena dia doyannya lele, ya udah Mbul pesenin lele aja. Minumnya aku jus nangka (karena mau pesen jus sawo, tapi sawonya lagi kosong), Aika jus alpukat, dan Papanya teh. Nunggunya lumayan sih. Lumayan bikin perut semakin krucuk-krucuk di titik ngelih yang paling level dududududu... #halah... Untunglah anak wedok yang udah menunjukkan tanda-tanda mau krengkie segera dialihkan ke tukang balon yang mangkal di depan sana, supaya Mbul bisa makan dengan tenang maksudnya, wakakk...

Singkat cerita, menu yang kami pesan pun tiba di meja. Pertama, telur gobal-gabulnya. Nggak tau kenapa tiap ke SS selalu pesannya ini. Maksudnya menu paling aman karena paling murah diantara yang lain Telurnya dibikin kriwil-kriwil di bagian pinggirannya. Terus dalemannya juga ada bejekan cabe rawitnya. Makan seporsi juga sebenarnya udah kenyang sih menurutku.




Terus berikutnya jamur krispy. Seporsi itu dipakein dalam wadah leyeh-leyeh ya. Ya terbilangnya lumayan imut sih walaupun sebenarnya juga udah pas untuk ukuran lambungku. Rasanya gurih, enak, dan nagihin. Kayaknya menu wajib juga tiap makan di sini kalau pas kebingungan mau pesen apa.

Next, paru goreng. Yang ini digorengnya ga gitu garing layaknya keripik masakan padang ya. Tapi masih ada tekstur kenyel-kenyelnya. Seleyeh juga terbilang imut sih ya, ya sama kayak menu SS lainnya. Tapi rasanya gurih walau aroma parunya masih kerasa strong ya (menurutku).

Untuk lelenya, seporsi dikasi 2 ekor. Ya rasanya layaknya lele goreng pada umumnya. Alias standar.










Lanjut, sambel-sambelnya dong. Tadi kami request 4 sambel kan. Secara, yang biasanya pesen banyakan itu kan Pak Su ya hahaha, gw sih senyumin aja sambil mbatin, silakan dihabiskan loh Bapak, jangan apa-apa diarahin ke Tobooooolll mentang-mentang makanannya nda abis, hahaha. 

Etapi sambel-sambelannya SS emang mantab-mantab sih. Sambel tomat, kerasanya seger ya, warnanya merah gonjreng. Rasanya pedas menggelegar bikin bibir nda usah lipstikan lagi dijamin kayak bibirnya Mbak Angelina Jolie. Terus sambel cabe ijonya juga tantaaaab ! #mantab kali Mbul, haduh jangan pake bahasa Aika deh. Rasanya memang nggak senyegrak yang tomat, tapi buat perutku, ini sih yang paling aman. 





Sambel berikutnya adalah sambel pete balado dan juga jengkol. Yang pete pedesnya nanceeeb. Ampe merem melek kalau nyecap yang pete. Tapi ketolong sih kalau disambi nyruput es teh manisnya. Sedangkan yang jengkol, lebih kayak semur jengkol. Sambelnya kentel. Warnanya merah gelap. Jengkolnya padet, empuk, dan remesep banget ama sambelnya. Pokoknya satu kata buat sambelnya SS, Juaraaaak !

Jus-jusannya sih standar ya. Paling yang unik-unik sih yang biasanya aku cari, kayak jus nangka, sawo, wortel, semangka, atau perpaduan buah-buahan lainnya. Yang terpenting sih, harganya masih terbilang murah. Sesuai untuk itungan dompet di tanggal-tanggal tua