Senin, 20 Januari 2020

Nostalgia Resepsi Mantenan Jaman Doeloe



Abis baca tulisannya Mbak Pipit yang ini, aku jadi pengen nulis tema serupa deh #ngapunten ya Mbak Pit, kalau Mbul sukanya tiruw-tiruw gegegek...Yup, sesuai dengan judulnya, sebenarnya dari kemarin aku uda kepikiran pengen nulis tema ini. Tapi baru pecah telornya sekarang, kemaren cuma diengkeun-engkeun aja saking lagi buntu mau nulis intronya. Ya bukan resepsi mantenanku sih, melainkan resepsi mantenan Tante-Tanteku jaman aku kecil dulu. 




Oh ya, Simbah dari ibu itu punya anak 5 cewek semua. Kalau dalam istilah jawanya disebut pancagati. Nah, ibuku itu anak mbarep (sulung). Jadi jumlah Tanteku itu ada 4. 1 yang bawahnya ibu pas ga menangin sih mantenannya gimana. Tapi 3 yang lain aku masih menangin. Walaupun dalam ingatanku, emang waktu itu  aku masih kecil banget. Mungkin baru berapa tahun gitu. Tapi di 2 Tanteku yang terakhir, kalau ga salah aku uda masuk TK dan SD kelas 3. Jadi lumayan masih inget sih hal-hal yang lekat dengan resepsi mantenan Tante-Tanteku ini--yang notabene diselenggarakan di rumah simbah (ga kayak jaman sekarang yang kebanyakan sewa gedung, termasuk gw juga sih pas nikahan sewa gedung wkwk).

Oke langsung aja deh, aku tulis dalam bentuk pointer aja ya. Biar singkat. Maklum lagi bunek kalau nulis panjang-panjang huahaha #alesyan aja luh Mbul !

Resepsi diselenggarain di Rumah

Pantas aja aku dulu suka mbatin, kenapa ya halaman rumah Simbah itu luaaaaas banget. Ternyata waktu anak-anaknya udah gede, kepake dong buat nanggap mantenan. Ya karena kan waktu itu kami hidup di kampung yang mayoritas warganya selalu memanfaatkan apa yang ada sebagai media untuk menyelenggarakan hajatan. Jadi istilahnya lebih ngirit gitu lah hihihi....#iya lah orang jaman dulu kan punya tanahnya buanyak Mbul, hahahah...

3 hari 2 malam Biasanya 'Lek-Lekan' dan Nyetel Campur Sarian

Pokoknya tuh rame-ramenya dari H-1 sebelum acara deh. Sore biasanya udah pada pasang tobong/tarub, kursi-kursi tamu, dekor yang dari janur-januran, merangkai bunga, meja akad, rewang bikin snack dan masak-masak, kamar pengantin, dll. Siraman juga biasanya pas sore-sore sebelum pengajian malem. Nah, malemnya para tetangga pada lek-lekan sambil nyetel campur sari atau tembang jawa. Pokoknya begadangan sampai pagi, sampai keesokannya resepsi kelar.

Oh iya, ada satu kejadian yang kadang bikin ku bertanya-tanya karena lumayan skerie juga sih pas tiap malam midodareni sebelum nikahan 3 Tanteku itu. Yaitu di kali yang ada di depan rumah Simbah selalu melintas ular lare angon. Ularnya blirik-blirik hitam putih. Ga gede sih, tapi ya entah kenapa kebetulan di 3 kali pas nikahan 3 tanteku itu, tu ular selalu melintas di kali. Entah deh ada kaitannya apa ga hahhaha...#keseringan nonton film horror sih luh Mbul ! 

Riasan Pengantin Adat Jawa, Khususnya Adat Solo/Surakarta 

Tiga dari empat Tanteku yang waktu itu sempat aku menangin resepsi mantenannya, semua pake adat Solo/Surakarta. Itu loh yang kebayanya pakai beludru item ada corak emas di pinggirannya. Terus pakai sanggul atau gelung model sanggun bokor mengkurap. Dan dahinya pake paes. Atas gelungnya pake cunduk mentul yang kalau aku bilang waktu kecil namanya 'anthil-anthil' soalnya kalau pengantinnya jalan, bunganya ini bakal goyang-goyang, anggun sekali. Terus udah gitu sampirannya gelung ada roncean bunga melati yang memanjang sampai ke pinggang. Kadang bunga melati thok kadang ditambahi bunga kanthil dan yang merah-merah entah krisan atau mawar aku kurang paham. Tapi yang jelas baunya wangiiiiii sekali. Terus kalau pengantin wanitanya udah kelar dirias tuh, asli rasanya jadi manglingi banget. Makanya waktu kecil tuh aku pernah ada kepengenan pas nikah pake adat jawa, yah walaupun terealisasinya udah rada modern ya sebab di jamanku uda pada pakai jilbab huehehe...

Ganti Kostumnya 2-3 Kali

Pertama uda pasti pakai yang untuk akadnya. Yaitu kebaya putih untuk mempelai wanita dan jas untuk mempelai pria. Kebaya akad jatuhnya lebih simpel karena memang dipakenya cuma sebentar. Akad jam 8 pagi, abis itu langsung resepsi. Nah, pas resepsi ini, yang kira-kira mulai jam 11 siang tet yang diiringi dengan gending jawa, si pengantinnya uda pake kebaya beludru item corak emas di pinggirannya.  Sepanjang pake kebaya beludru item ini, rangkaian upacara adat berlangsung sesuai dengan arahan dukun manten. Abis itu, kira-kira selesai dzuhur ganti lagi pakai kebaya warna lain. Entah itu biru, merah, atau malah kayak 2 Tanteku--adik ibu yang terakhir dimana mereka langsung ganti pake gaun putih model internasional sementara lakinya pake jas. Nah, lucunya, begitu acara dah kelar kan ada sesi foto-foto tuh, biar efek ball gownnya semakin mekrok alias mengembang, maka fotografernya langsung manggil kami-kami para keponakannya buat masuk sebentar ke bagian bawah gaun Tanteku itu hahaha...

Terus kalau udah lepas-lepas sanggul dan riasan, rasanya rambut jadi megar banget. Tapi sisa-sisa bedak dan foundation masih agak nempel tuh, jadi rasanya agak ngerasa cantik gitu deh #ih apaan sih Mbul haha #gajelas booowk.

Obsesi jadi 'Patah' alias yang Ngipasin Pengantin

Dulu tuh ya, karena kecil-kecil kami (ponakan para Tante red) udah agak bendel (lenjyeh), makanya tiap ada Tante yang mau mantenan rasanya uda ga sabar banget pengen di pek sebagai yang orang yang ngipasin mereka. Kalau bahasa jawane patah. Nah biasanya patah ini diambil dari kalangan anak-anak pantaran SD. Kocaknya, yang selalu dijadiin patah adalah Mbakku dan sepupuku terus. Jadilah aku pengen ughaa, hahahhaha.... 

Trus pernah ya, karena saking udah ngebetnya pengen tau rasanya didandanin, akhirnya pas mantenan Tante paling bungsu aku kedapatan juga dong jadi patahnya. Yah, walaupun patah utamanya tetep saja mbak  dan sepupuku itu, karena dia nongolnya pas Tante masih pake kebaya beludru item. Sedangkan aku nongolnya pas session kedua, alias menit-menit akhir resepsi mau kelar...

Kagum ama Kecantikan Putri Domas atau Kalau di Sini Disebutnya Pagar Ayu

Berbeda dengan patah, putri domas ini diambil dari anak yang umurnya lebih remaja. Biasanya ada 4-5 domas sih yang kepake dan mereka diharuskan  mengenakan kebaya seragam yang mana ada pasangannya juga sih yang disebutnya putra domas. 

Paling Antusias Ngepoin isi Snacknya

Biasanya snacknya itu terdiri dari 3 macam yang terdiri lemper/semar mendem/wajik, emping/kacang bawang/pastel kering isi abon/kue sus kering, kue potong. Lemper ada yang isi abon ada pula yang isi ayam. Emping/kacang bawang/pastel kering isi abon atau kue sus kering masing-masing udah diwadahin dalam plastik yang ujungnya ditutup pake ujung lilin. Kalau kue potong udah lebih modern sih. Bahkan punya Tante yang terakhir uda ada cherrynya segala.

Plastik Snacknya Jadoel Warna Putih Ada Tulisan Selamat Menikmati Warna Merah/Pink

Siapa yang pernah menangin kondangan yang snacknya masih dibungkus pake plastik putih bertuliskan Selamat Menikmati yang berwarna merah/merah muda serta di ujungnya diklipkan tissue kertas yang dibentuk segitiga atau layangan, nah berarti kita ada di era yang sama, huahahah...

Makannya Pake Piringan.

Ga kayak resepsi mantenan jaman sekarang, jaman dulu tuh model makannya masih pake piringan. Jadi begitu tamu dateng udah dipersilahkan duduk di kursi seng (biasanya kursinya warna ijo atau biru), abis itu langsung dikasih makan pake piring yang udah diambilin nasi dan lauk pauknya sekalian. Paling khas sih ada acar (acar timun, bawang merah, nanas), kerupuk udang yang lebar, ama sambel goreng kentang, juga mie jawa, dan ayam goreng atau telur pindang.

Ada Buah Potongnya juga yang Biasanya Pake Nanas atau Semangka

Jadi abis dikasih piringan yang berisi makanan utama, biasanya juga sekalian dikasih buah potongnya juga yang diselipin tissue kertas berbentuk segitiga. Buah potongnya  kebanyakan pake nanas atau semangka.

Minumnya Teh Botol Sosro

Sebelum era minuman mineral dalam bentuk gelas plastik merajalela, teh botol sosro udah sering dipake buat jamuan hajatan dong. Nah abis pada minum, tu botol belingnya biasanya dikumpulin lagi buat dibalikin ke yang nyediain.

Yang Bagian Laden (Anter Piring dan Snack Buat Tamu adalah Ikatan Remaja Masjid atau Mushola yang ada di Kampung)

Biasanya mereka pake seragam kemeja putih lengan panjang dan bawahan hitam. Kalau cewek pake rok span. Kalau cowok pake peci. Pokoknya remaja yang dinilai sigap dan mau guyub-guyub kalau ada hajatan deh.

Kue yang Ada di Depan Meja Pengantin Kelar Resepsi jadi Rebutan para Ponakan

Sebagai ponakan Tante yang waktu itu masih pada bayek-bayek, maksudnya usia bocah. Usai resepsi adalah yang paling ditunggu. Sebab inceran kami adalah kue yang saat acara ada sesi harus difoto dulu karena ada bagian ngiris kuenya. Itu loh kue pengantin yang bertingkat-tingkat dan paling atas ada boneka pengantinnya. Dan kebanyakan luarnya berupa krim putih semua, hihihi..

Dekorasi Janur yang Isinya Buah-Buahan, Bagian Buahnya jadi Rebutan Usai Acara

Yang ini kalau ga salah namanya gagar mayang ya. Itu loh yang ada di kanan kiri kursi pengantin. Biasanya ada hiasan buah-buahannya. Nah, kalau sekarang mayoritas pake bunga. Padahal dulu buah-buahan. Entah itu apel washington, jeruk sunkist, nanas, pisang, dll. Pokoknya yang menurutku buah-buahan mahal dan adanya di jakarta (#monmaap pikiranku jaman bocah emang masih se-innocent itu, jadi takpikir jeruk sunkist dan apel merah adanya cuma ada di jakarta haha). Nah kalau acara udah kelar, otomatis, tuh buah-buahan berhak dimakan siapa aja dong, ketimbang cuma buat pajangan, ya sebagai ponakan yang gragas baik kami langsung nyerbu aja sampai kadang ada yang dibawa pulang gegeggek.

Nah, kiranya demikian kenangan-kenangan jadoel tentang resepsi mantenam jaman doeloe. Lumayan berkesan makanya sampai sekarang masih inget deh. Ada yang ngalami hal serupa denganku ga ?