Senin, 06 Januari 2020

O Ini yang Namanya Chi Cong Fan...



Chi Cong Fan yang biasa ngiter di tempatku mirip lumpia tapi isinya bengkuang. Dimakannya pakai saus pedas manis yang dibikin encer. Juga beberapa makanan lainnya, seperti siomay, dim sum, uyen (bola-bola talas yang diserut) dan chai tau kwe (gorengan lobak yang dibentuk kotak-kotak, sekilas mirip ketan atau uli bakar). Per biji dikenai harga Rp 2.500,-. Cukup murah bukan? 










Oh ya, chi cong fan ini katanya makanan asli Medan loh. Tapi waktu itu aku baru nyobain chi chong fan yang isi bengkuang ama uyennya aja sih. Yang lain belum nyobain. Next pengen yang lobak gorengnya. Kayaknya kok enak, hihihi...

Update ! Akhirnya nyobain yang lobak gorengnya dong. Barusan aja beli wkwk. Rasanya gurih juga. Itu loh yang bentuknya kotak kayak ketan bakar

Kalian sendiri uda pernah makan chi cong fan juga belum ?


7 komentar:

  1. Aku baru tau makanan2 itu. Enak2 semuaaaa, ya Alloh ngileeerr.
    Btw, uyen bentuknya gimana? Rasanya? Terus aku penasaran ama lobak goreng krn di sini buanyaakk banget lobak. Seringnya cm kumasak pakai miso.

    BalasHapus
  2. Kalo chi chong fan banyak tuh yang jual di Depok terutama di perempatan lampu merah, ada yang mangkal disana, apalagi kalo pas malam mingguan..😂😂

    BalasHapus
  3. emang enak sih dimakan sode-sore gitu sambil dengerin radio + kopi, tapi gw gak ngopi wkwk.. kalo ditempat gw sih gak ada yang jualan chi chong fan, kalo cuma lumpianya aja sih ada :)

    BalasHapus
  4. Jangankan mencoba, Daku malah baru denger kak chi cong fan, hix sedih. Tapi kalau lumpia mah familiar kak, demen aja makan itu.

    Kalau di sini (di jakarta) mungkin dakunya yang kudet nggak pernah dengar atau gimana gitu ya.

    Hemm, mungkinkah daku harus ke Medan untuk bisa mencicipi si chi cong fan ini? Soalnya lihat bentukannya mah memang harus dicoba sih ya haha

    BalasHapus
  5. Belum pernah nyobain makanan ini. Aneh juga ya isiannya kok bengkuang. apa yang dirasa? Hahaha. Ragu rasanya bakal maknyus, soalnya saya penentang abis makanan yang dibalik-balik. Misalnya roti goreng (harusnya manis aja, kenapa dibikin gurih), atau botok roti (botok tuh asin dan pedas, bukan manis). Satu lagi, bakwan jagung (Itu jagung manis kenapa berubah gurih dan rasa telur gitu). Hehehe.

    Tapi sesungguhnya setiap makanan akan ada yang selera. Jadi biar saya kagak suka, kayaknya di belahan bumi lain banyak yang suka.

    BalasHapus
  6. Baru tahu namanya, baru tahu bentuknya juga. Seumur-umur makan bengkoang cuma pas dirujak.

    Bisa dibilang selera saya sama kayak yang dikomentari Hapudin. Kurang cocok dengan makanan yang mestinya gurih, terus jadi manis. Kadang juga sebaliknya. Bakwan yang biasa itu saya doyan banget, apalagi bikinan keluarga sendiri. Tapi kalau udah dicampur pakai jagung mendadak malas. Baru satu gigitan aja udah enggak pengin makan lagi.

    BalasHapus
  7. Kok Chi Cong fannya di goreng hahahaha. Kalo di Medan ga gini bentuknya. Tp basah, samasekali ga digoreng nit. Cm memang jd lekas basi sih. Aku jg ga sering2 makan ini. Kalo ke Medan blm nemu yg halal soalnya, Krn walopun ga pake pork, tp aku ga tau minyak yg digunain.

    Nah kalo di JKT, belum nemu yg jual hahahaha. Pernah sekali ada pas festival food Nusantara di ITC mangga dua. Secara Deket Ama kantor, minta tlg OB beliin. Not bad lah, tp rasanya agak hambar aja. Mungkin aku blm nemu yg bener2 enak. Krn kata temenku yg Chinese, bikinan mama dia jauh LBH enak :p

    BalasHapus