Jumat, 27 Maret 2020

Bakpao Medan



Kalau aku hitung pake jari, tukang makanan yang biasa ngiter di tempat tinggalku lumayan banyak loh. Dalam sehari, bisa ada beberapa macam pedagang yang keliling menggunakan sepeda motor ataupun sepeda onthelnya. Ada tukang Sari Roti, Tahu Susu garis miring Tahu Bandung, Susu Nasional, Siomay, Es Kado, Chi Cong Fan dan Bakpao Medan. Ntar agak maleman dikit, baru ada bakso tik tok tik tok, tukang nasgor tek tek, sampai tukang sekuteng. Tapi memang akhir-akhir ini ga semuanya ngiter sih. Sekarang mah sepi...paling cuma ada 1-2 aja yang masih rajin keliling. Salah duanya ya Sari Roti dan Bakpao Medan. 

Baca juga : "Menu Masakan Padang ini yang Aku Suka"




Kalau aku amat-amatin, tukang makanan keliling ini hampir semuanya memiliki pola ngetem dan jam yang sama. Jam kedatangan maksudnya. Jam-jam pagi dikuasai oleh tukang roti, susu, dan tahu. Sementara jam siang dan malam dikuasai oleh yang lain. Ngetemnya cuma sebentar-sebentar aja. 'Sak jek sak nyet' coro Jowone. Sayur juga ada sih, kalau yang ini mah tengah sembilan atau tengah sepuluh pagi uda mangkal--pas wayahnya kita-kita pada mau masak buat makan siang lah kurang lebihnya. 

Terus, ntar agak sorean dikit baru ada bakul Chi Chong Fan yang meneriakkan kata-kata "Chi Cong Faaaaan" dengan nada agak sedikit meliuk-liuk yang sudah aku hapal betul cengkoknya. Chi Cong Fan ini lumpia isi bangkuang, lengkapnya pernah aku tulis juga sih di postingan sebelumnya. Menjelang magrib, giliran Bakpao Medan yang numpang absen. Nah, dia juga ga kalah ngetrilnya tiap kali tiba di depan rumah. Mungkin karena dulu jarang ada yang beli kali ya, jadi kayak cuma formalitas aja begitu dateng langsung balik arah lagi. Padahal mah belum tentu yah, bisa jadi ada yang mau beli, tapi keburu-buru nyari duit kayak aku. 

Tapi karena pada suatu masa aku jadi sering beli, maka yang aku lihat sekarang sih ngetemnya udah agak lamaan. Maksudnya uda ga seburu-buru dulu. Alias ga langsung puter balik sementara aku atau calon pembeli lainnya mungkin sedang sibuk mencari duit yang sedang ketriwal entah kemana....#haha

Tapi jujur aku merasa amat sangat terbantu sih dengan adanya pedagang makanan keliling ini. Bener-bener memberikan solusi..

Oh ya, ngomongin Bakpao Medan (kan biar sesuai ama judulnya ya, masa judulnya Bakpao Medan, tulisannya kemana-mana, kamooooh begimana sih Mbul huhu) #ooooopppppssss....tralala...fokus. Khususon makanan yang satu ini beneran deh...kadang-kadang aku takjub gitu dibuatnya. Soalnya yaitu tadi, pola dan jam kedatangannya selalu sama. Yaitu ajeg di jam-jam menjelang magrib. Belum sampai terdengar suara adzannya sih, tapi hampir selalu bisa dipastikan pada jam-jam setengah enem sore yang seringkali cepat betul balik arahnya sebelum aku sampai di muka pintu dan meneriakkan kalimat : "Beli Bang beliii, tungguin. Tunggu tunggu tungguuuuuuuuuuuuu !" (adegan Sugembulwatie lari-lari dengan badan gemoy dan tektihnya sambil terengah-engah menantikan bakpao panas mendarat di tangan). Untung saja si Abangnya mau berbaik hati memutar arah  karena mungkin kasihan ngelihat tampang Sugembulwatie yang sudah kelaparan ini, hik hik hik.

Setelah si Abang Bakpao meminggirkan sepeda motornya, ia pun menyambut antusias niat Sugembulwatie yang ingin membeli bakpao. "Ayo mangga Neng mangga, masih panas." (Bujug seketika langsung kaget, karena awalnya kupikir Abangnya ini beneran asli Medan sesuai dengan asal bakpaonya, tapi ternyata pas ngomong logatnya Sunda pisan euy, hihihi...).

Aku : "Oke lah Bang, Aku mau 2 biji aja ya, rasa kacang ijo satu, ayam satu." ~~ya ampun ternyata cuma beli 2 biji aja ni Tubul, dikirain belinya nyampe 50 biji gitu, hua haha...
Abang Tukang Bakpao : "Wah rasa ayamnya kebetulan habis Neng. Mau yang rasa lain ga ?"
Aku : "Bentar taktanya Suamiku dulu." 
Abang Tukang Bakpao : "O ya mangga, mangga Neng.."
Aku : "Piiiih dirimu mau rasa apa? Yang ayam abis nih. Tinggal kacang ijo sama apa Bang?"
Abang Tukang Bakpao : "Rasa cokelat Nelng."
Pak Suami : "Owalah yawes, rasa...h mbayar ada ga, eh maksude rasa cokelat aja."
Aku : "Oke deh Bang kacang ijo 1, cokelat 1."
Abang Tukang Bakpao : "Siyaaaap." 

Si Abang langsung dengan cekatan memasukkan bakpao yang masih panas ke dalam wadah yang terbuat dari kertas dengan pilihan 2 rasa, yakni bakpao rasa cokelat dan bakpao rasa cangijo.









Sesampai di rumah :

"Pih kayake bakpaomu lebih menggoda ya, rasa cokelat. Tukeran dong Pih...." #pasang mata ala Puss in Boots kucing yang ada dalam kartun Shrek
"Owalah Cubuuuullll, senengane kok ngrusuhi wong maem, huh ! "

Nah, demikianlah, akhirnya keturutan juga kami berdua menikmati Bakpao Medan yang saban hari selalu lewat depan rumah, tapi baru bisa kebeli pada suatu sore yang cerah itu.... lumayan, buat tombo-tombo ngelih....alhamdulilah ya Mbuuulll #monmaap kalau ceritanya gajebo, tapi betewe eniway busway....bakpao Medannya enak banget, masih nyanyaas eh maksudnya panas dan isiannya ga pelid. Terutama yang cokelat, meleleh Coy !