Minggu, 12 April 2020

Hobiku....




Jam 23.07 menit

#habis nonton Escape Room bareng si Mas...
#tapi abis itu pingin lanjut ngeblog lagi. 
#walaupun isinya singkat-singkat aja. 
#Sebab ini malam Minggu,
#jadi adminnya pengen uhumb uhumb.... maksudnya uhumb-uhumb itu leyeh-leyeh sambil ngeteh bin ngupi-ngupi cantik atau ngemil nasgor gituw ((owalah ngemil kok nasgor, piye tuh pipi mo gembes Mbul?)), haha. 

Kali ini aku mau ngomongin hobi. Udah kayak tugas mengarang aja kan temanya hobi? Tapi biarlah. Sebab aslinya emang pengen majang gambar oret-oretanku yang ini nih.... Sedangkan gambarku yang lain bisa diklik di sini nih---> "Portofolio Gambar Iseng-Iseng Aja".



Yaps ! Aku memang hobi menggambar. Khususnya menggambar orang yang sok di-manga-manga-in gitu. Itu loh kartun Jepang yang matanya besar, pinggangnya kecil, badannya slim, rambutnya warna-warni, dan posturnya tinggi-tinggi #khayal banget ga sih

Gambarnya masih amatiran sih. Cuma iseng aja. Kebanyakan juga masih lihat contoh. Misalnya kalau ada sketch keren di sebuah komik serial cantik, maka aku jadi kepengen ikutan gambar. Atau kalau lihat pose manga yang kelihatannya cool, maka aku kepengen tiru-tiru juga. Senajan mung buat iseng-iseng aja. Walaupun andaikata dijajarin ama contohnya, ya hasilnya ga ada mirip-miripnya sama sekali. Babar blas bedo, haha..

Kalau boleh ngaku, sebenarnya aku pun ga jago-jago amat teknik menggambarnya. Cuma memang suka aja. Gambar orang terutama ya seperti yang udah aku katakan di paragraf awal. 

Mulai suka menggambar itu, sudah sedari SD. Yaitu sejak pertama kali dikenalkan sama yang namanya komik--itupun dapat dari hasil pinjam punyanya temen yang memang termasuk dari kalangan berada (sehingga koleksi komiknya banyak).

Jadi kalau ada pelajaran menggambar, pasti aku bakalan senang sekali. Misalkan teman-teman lain pada kompak gambar dua gunung yang tengah-tengahnya ada matahari, terus di bawahnya dikit ada jalan yang agak meliuk ke depan, samping-sampingnya pemandangan sawah dan di langitnya ada gambar burung dengan pola angka 3 kebalik, nah kalau aku...... aku pengennya beda dong. Aku tuh sukanya gambar yang lebih menonjolkan ke objek orangnya. Misalnya gambar suasana pasar berikut kemeriahan transaksi di dalamnya, suasana pedesaan, peternakan, atau kartun orang sekalian yang mayoritas kugambar cantik-cantik.

Kalau mau lebih antimainstreamnya lagi, aku ada sedikit permainan yang penuh kenangan dengan kakakku cewek yang beda 1 tahun denganku. Yaitu, tatkala masih bocil, kami kan punya koleksi boneka banyak banget tuh. Bentuknya pun bermacam-macam. Ada yang kelinci, beruang, kucing, anjing, bayi manusia, barbie, sampai botol minuman yang bentuknya doraemon, juga ada. Bonekanya itu dapat lungsuran darimana-mana.

Boneka-boneka ini masing-masing kami namain pake nama yang aneh-aneh. Entah itu Iin, Uwing, Kiking, Rio, Zedak, Au, Cokelat, Dino, Linci, Pipit, Nenes, Reni, Gagat (kepanjangan dari Agatha--dan kalau yang ini sih bentuknya barbie).

Nah, kheseus boneka yang kami beri gender cewe, nanti kami haluin lagi pakai badan orang tapi wajahnya tetap masing-masing dari rupa bonekanya. Ya ada yang kelinci, beruang, kucing, dll-nya itu tadi. Terus ni tokoh-tokoh boneka semi orangnya bakal kami kasih cerita gitulah sampai kronologinya bakal menikah dan beranak pinak.....Nanti pada saat mereka nikah, di atas kertasnya lagi bakal aku ilustrasikan pake baju adat segala. Juga riasannya entah itu pake konde, ronce kembang, cunduk menthul, dll. Pokoknya waktu itu khayalanku cukup absurd juga dah, hahahha...

Oh ya, bakat menggambarku ini ((loh kok Anda malah mengaku-ngaku bahwa diri sendiri punya bakat menggambar Mbul ??---okey biarin haha..)) kayaknya nurun dari keluarga Bapak deh. Sebab yang aku tahu Simbah Kakung Bapaknya Bapak itu jago lukis--lukisan realisme terutama, sedangkan Bapak karena beliau ngambil teknik sipil, jadi sedikit banyak juga tau lah dalam hal desain rumah...



Ya walaupun klo nyampe di aku, skill gambarnya masih taraf ecek-ecek sih, belum se pro mereka. Sebab buatku ini cuma sebagai hobi aja. Belum ada kepikiran jadi professional. Soalnya alat aja masih belum ada. Alat gambar yang digital terutama. Jadi sementara memang masih manual punya. Walaupun sempat banyak yang nawarin juga sih suruh kerjain proyek ini itu, tapi kayaknya aku sendiri belum ngerasa pantes heuuu..

Oke...kiranya segitu dulu updatean kali ini. Kurang begitu berfaedah sih. Tapi ga pa pa lah ya. Namanya juga blog dengan kisah-kisah biasa...See you, next time...yudadabubaaay ! 

Kalian sendiri hobinya apa ? Pokoknya kegiatan yang sekiranya bikin happy deh, boleh kok cerita-cerita di kotak komen...gratiz :D.


44 komentar:

  1. My God, bagus banget mba Nita gambarnyaaa :O

    Selalu takjub sama orang-orang yang jago gambar :D meski saya sendiri suka gambar, tapi hasilnya corat-coret doang biasanya sampai sering diledek sama yang lihat :)))))

    Kalau bicara soal hobi, hmmm apa ya? Mungkin yang paling valid dan nggak pernah berubah adalah hobi makan :"""D hobi banget saya sama yang namanya makan, tapi anehnya nggak hobi untuk coba-coba makanan yang nggak familiar. Alhasil yang dimakan itu ke itu saja rotasi selama puluhan tahun lamanya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah mb eno suka gambar juga? Pasti bagus, hihi, jadi penasaran akutuw

      Wahahah klo aku biasanya diledek pk su, ayo dong mbul imajinasi ndiri, jangan lihat contoh mulu wakkaka, terus aku bilang beliin dulu pen digitalnya huahahha #nglunjak deh aku

      Soal makan, emang ada sebagian orang yang merasa 'aman' dengan jenis makanan yang biasa dikonsumsi, aku juga sih, ngerasa belom berani nyobain kuliner ekstrem atau yang biasanya anahe aneh, ntah terkenal karena super pedesnya atau yang porsinya jumbo2 hihi..

      Hapus
  2. Waahh.. ini mah bukan sekedar hobi lagi mbak tapi sudah termasuk expert ya, jago banget goresannya mbak. Kalau dibikin komik, eh kan emang udah ada komiknya tuh hehee, hasilnya bagus-bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga kok mas roni, masih jauh
      Masi banyak ngeliat contoh klo ekspresinya tuh hehe

      Klo komik mah itu cuma bikinan manual, pake kertas gambar atau hvs, terus pake bolpoin boxi aja, setelahnya kertasnya diklip, lalu yang taksuruh baca teman teman sekelas (haha, walaupun ceritanya ngalor ngidul gajebo gitu deh komikku dulu)

      Hapus
    2. Ga apa-apa mbak, secara mbaknya juga udah lama di komikus, udah bagus banget kok... semoga kedepannya lebih sukses lagi dengan karya komik Indonesia yang saat ini mulai langka

      Hapus
    3. Wah makasih mas roni, jadi semangat pengen ngegambar lagi buat hiburan di rumah hehehe

      Hapus
  3. gambar yang dimanga-mangain itu termasuk yang bulu mata cetar badai itu ya mbak
    aku gabisa gambar mending mewarnai pakai pensil warna terus dikasih aer kayak iklan faber kestel itu

    jadi beli di penjual gambar di sekolah atau download sendiri terus di prin

    tapi sekarang hobiku adalah berkaraoke sampai entah wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakka ho oh mas ikrom, pokoke sik mripate gwde ngono kui loh terus bulu matane ndamar kanginan, eh ndamar langinan itu mah mripat ya, kalau idepe baru tumenga ing tawang hahhaha....#dibuka maneh nit buku pepak bahasa jawane

      Oiya kalau mewarnai jaman dulu juga sering tuh, malah ikut lomba kelas kecamatan juga, senajan ora menang wkwkwk

      Sampai entah opo kui hahhahah #ojo bilang sampai tape e pecah hahahh

      Hapus
  4. Bagus gambarnya mbak Nit, sukak! Saya sih bisa gambar, tapi harus ada contekannya, haha..

    Btw, hobi saya sih nulis mbak, itupun setelah punya blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tararenkyu mb kyndaerim, e aku manggilnya apa ni hehe

      Lah dikau juga suka gambar pula, toast deh klo gitu
      La aku pun masih suka liat contekan hihi, soale belum jagoooo

      Klo ngeblog aku maaih gini gini aja mb, belom terlalu nemu gaya bahasa yang cucok marucok qeqeqek

      Hapus
  5. gambarmu sepertinya selalu bagus-bagusss mba :D kartun-kartn gemas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakka makasih feb, tumben nongol lagi fwb, kirain udah ngaso ngeblognya, n beralih jadi selebgreim wakakakkak

      Hapus
  6. Gambarnya emang beneran bagus, mbak, ituh. paling nggak dibanding saya.

    tapi, masalah hobi tadi, disebut hobi itu ya karena kita nggak perlu jago buat ngelakuinnya. yang penting bahagia ampe lupa waktu. kalo dituntut jago, jadinya profesi.

    main game itu bisa disebut hobi nggak, ya? soalnya sering dianggap hal gak guna ama orang. kekanak-kanakan. terlebih mainnya kartu, yang gambarnya karakter monster. yugioh. tapi itu yang paling sering bikin lupa waktu dan seneng. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. E iya haw bener juga tuh logikanya, eaaa (((logika khas blognya Si Haw hahhahaha)))

      Gim juga kayaknya hobi deh, masi mending haw main game kartu daripada main kartu beneran trus kalah mulu, ntar dinyanyikan lagunya bang haji wakakkak #bcanda

      Apa kartu kwartet, kan dulu ada tuh pas jaman kita kecil main kartu kwartet ntar dikocok dijajarin suruh masang2 yang gambarnya sama

      Hapus
  7. Bagus sekali kok gambarnya menurutku mbak mbul, aku saja kalo nggambar itu yang gampang saja, misalnya sebuah gunung dengan matahari dan juga burung plus sawah dengan pohon di pinggirnya.

    Kalo aku hobinya main hape mbak, penginnya sih koleski diecast tapi apa daya duit ngga ada, akhirnya main hape aja deh yang murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah matur nuwun mas agus, heheh

      Owalah aku juga sih dulu pernah juga gambar gunung dengan sepaket pemandangannya itu tapi ada metode pake pulas atau crayonnya biar beda ama yang lain #eh tetep ya ga mau disamain maa yang lain hahha

      Diecast tu apaan ya, buru buru gugling deh aku

      Hapus
    2. Diecast itu mainan mobil mobilan lho mbak buat dikoleksi, harganya biasanya makin lama makin naik, apalagi yang limited edition, naiknya agak cepat. Misalnya waktu beli 50 ribu, dua tahun kemudian bisa naik 300-400 ribu. Kalo yang biasa paling naik dari 50 ribu jadi 150 ribu.

      Diecast itu bisa jadi pelampiasan bagi orang yang pengin punya mobil tapi ngga punya duit.😂

      Hapus
    3. Ealahhh aku yang terlampau katrok ampe ga tau diecast mas agus wakakak, taune cuma mobil mobilan tok, ga tau ada istilahe ternyata
      O itu mirip juga yang kayak tiruan mainan kayak robot atau action figur kali yes hihi

      Ga pa pa atuh mas, aku juga pengen sih, tapi ya keuanganku masih banyak buat nutup yang lain hahahahhaha #pos tabungan nyambat rumah misalnya wkwk

      Hapus
  8. buset.. itu gambaran nya mba? keren bangett hehe

    BalasHapus
  9. Keren gambarnya Mbak.
    Saya dulu juga suka ngegambar sih saat SMA, tapi gambar-gambar fantasi gitu, kayak cowok bersayap putih yang duduk di ujung tebing atau cowok bersayap kelelawar yang membawa pedang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gambarnya pasti oke mas rud
      Klo saya juga biasanya sosoan gambar orang ada sayapnya sih, tapi rambutnya puanjang banget, sampe malah lebih mirip kunti hahahah

      Hapus
  10. Bagus banget loh itu gambarnya. Aku butuh 4 bulan latihan buat bisa gambar kaya gitu. Iya hobi aku dulu juga menggambar karna suka liat kartun jepang. Sampai lama kelamaan aku sibuk dan hobi menggambarku tergeser dengan nonton film. Sampai sekarang. Jadi aku lebih happy nonton film ketimbang menggambar. Alhasil, skill menggambarku sudah hilang. Tapi sekarang aku lagi menggulati hobi baru yaitu membaca dan menulis hiyahahha semoga bisa istiqomah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh makasih ya, jadi smangat gambar lagi ni
      Ada yang muji, tapi padahal aku banyak liatin contoh sih hehehhe

      Oiyakah, sama sih, aku juga suka nonton film, bahkan di blog ini ada label khusus yang ngulas sinopsis film, film horror thriller terutama hehehehhe

      Hapus
  11. Wuaa jadi penasaran sama gambar kepala boneka dan badan orang plus cerita2nya.. hehehe.. cerita imajinasi anak2 kan suka unik2 tuh

    anakku skrng 7 th jg lg suka banget ngegambar, sampe bikin komik segala. Gambarnya sih lumayan, tp ceritanya suka lucu2. Khas imajinasi anak2 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wekekek, absurd banget pokoknya gambar boneka badan orangnya waktu itu mb tes, bener bener khayalan tingkat tinggi pas masih bocil tuh wakaka

      Wuih pasti anaknya mb thess menuruni skill mamahnya ya kan?

      Hapus
    2. Kayaknya dia suka gambar emank gara2 mamanya suka ngajakin gambar 🤣 jd inget dulu saat anak2 lain sebaya dia udah bs nyanyi ini itu, dia malah bisa nya gmbar macem2. Dan banyak ga tau lagu, gara2 mama papa nya jarang nyanyi n ga ada bakat musik 🤣🤣

      Hapus
    3. Hihi ga pa pa mb thess, malaham di bidang gambar jadi lebih kelihatan skillnya ya kan, pinter ih...^_____^

      Hapus
  12. Woow. 😱. Keyeeen banget mbak gambarnya... Akutuh selalu kagum pada dua hal, yg berkaitan dengan hobi ato bakat, yaitu liat orang pinter gambar, khusunya ciwi",koq kereen abis gitu dan cowok yg bisa main gitar... Ga tau napa sukaak aja liatnya... Pingin deh bisa nggambr kayak gitu... Sirik akutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak mb hen aku tadi kaget liat emotikonnya hahahah

      Wah bisa aje ni mb hen, ntar akunterbang loh klo dipuji hahhaha

      Etapi ga kok, gambarku mah masih ecek ecek wkwkwk

      Hapus
    2. Gak lah itu mah udah bagus bingit, kalo aku mah kaku banget ga bisa sama sekali,gak jauh" gbr pemandangan, kayak bocil, kalo mbak kan sukanya gambar kyk kerumunan orang dipasar aja kudu diteil banget, itu aja emang udah nunjukin bakatnya

      Hapus
    3. Wuahhh terhura aku mb henii, eh terharu hihi
      Makasih mb hen jadi semangat inih dakuw

      Hapus
  13. halah Mbul, bilang aja uhum lainnya bahahahahaha.

    Huwaaaahhh akoh pengen nonton escape rooommmm!

    Kaaann... kaannn... akoohhh iri!
    Itu mah bagus Mbul, kok dibilang ecek-ecek!

    Emang dirimu itu aslinya cucok jadi disainer, imajinasinya bagus-bagus, tangannya pun terlatih banget.

    Itu hobi ecek-ecek hasilnya gitu, gimana kalau sering dilatih ya?

    bentar lagi bikin komik ini mah, akoohhh PO duluan deh, asal cerita anak yak, anakku paling sukaaaa banget baca komik, apalagi yang gambarnya kayak terima paket itu loh hahahaha.

    Kalau saya hobinya apa?
    Nggak ada yang spesial, selain menulis, nonton, baca novel, nyanyi karaokean, main game.

    etapi sekarang saya suka banget nulis, bahkan mau nonton aja rasanya rugi waktunya, mending buat nulis atau blog walking hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak kak rey tau aje #ooops emang opo toh mbul hahhaha

      Ayok streamingan kak rey, lumayan menegangkan loh filmnya

      Agak agak mirip pola final destination
      Wuihiii
      Pingin ya Alloh aduh kapan ya ada yang mo ngorbitin wekekek

      I know, kak rey mah ga sah ditanya, uda pasti orang tau passion dikau itu menulis blog...wong blognya penuh cerita yang gregets gregets gitu kok, semangat trus kak rey, siapa tahu kelak dari sanalah dirimu akan bersinar #ceileh hihi

      Hapus
  14. Duluuu aku punya temen pas SD, yg hobinya gambar komik. Dan yg bikin salut, dia gambarnya pake pulpen, dan persis banget Ama gbr2 komik kayak pansy, candy2, lady antoinnete, yg gbrnya memang cakep2 banget gituuu. Anak SD pula. Aku iri banget jujurnya, Krn seandainya diksh bakat, aku pgn bakatnya gambar :p. Sayangnya ga diksh :p.

    Melihat lukisan yg bagus (bukan abstrak pokoknya) aku udh senengggg banget. Apalagi kalo menggambarkan suatu pemandangan. Lgs imaginasi kemana2. Gimana kalo sampe aku bisa ngelukisnya yaaaa... Bahagia bgt itu :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh kece temenmu sd pasti mbaaaa, aku pas sd nggambarnya masih sering nyontek, e sekarang juga masih sih, belum jago klo ga ada contohnya hihihi

      eiya yang modelan pansy, lady oscar emang cakep cakep banget, klihatan matanya shinee en rambutnya menjuntai-juntai, modelan ala ala jaman victoria, hihi...kebayang pasti keren banget soale bisa fasih pake pulpen sih ya

      Hapus
  15. Kawit cilik dirimu kreatif Nit... Klo aku, Yen di suruh gambar...pastilah yang golongan dua gunung ada jalan sama sawah dan burung itu. Hobiku pas kecil...nonton tv...��

    BalasHapus
    Balasan
    1. etapi pesti mb sulis gambare apik, aku yakin itu hihi

      Hapus
  16. Mbak gambarnya bagus kok, gambar seperti ini mengingatkan saya pada suatu peristiwa di kelas.

    Saat saya lagi ngajar salah satu anak malah asik menggambar seperti di atas. sketas atau apalah gitu (bentuknya kayak komik) , saya kurang paham soal gambar si, nah Karena kesal saya ambil gambarnya dan robek deh, si anak menangis, urusan sampai di kepala sekolah. Setelah ditanya masalahnya bukan karena gambarnya yang saya ambil atau robek, tetapi karena saya menyakiti artis korea kesukaannya yang dia gambar... ampun deh, 'opo iki?,

    Hari berikutnya saya tanya anak itu, kenapa dia menggambar pada saat jam pelajaran saya?, sengaja saya lakukan, siapa tahu metode mengajar saya yang kurang tepat, tetapi ternyata tidak.

    Dia gambar karena malamnya nonton drama korea jadi dia terinspirasi untuk menggambar artis kesayangannya itu. ampun deh, ....

    Pokoknya bentuk oret-oretannya persis kayak gambarnya mbak di atas, cuma dia bentuknya komik.

    Soal gambar saya mundur mbak, pernah gagal psikotes hanya karena persoalan gambar. Mungkin hoby saya bukan di situ kali...,

    Mbak dulu pernah bercita - cita jadi desainer baju atau arsitek ya?

    Oh ya lupa, hobi saya main futsal, ya tidak sepandai pemain bola profesional tetapi melalui futsal ada banyak hal yang bisa diambil manfaatnya, bukan hanya soal kesehatan atau adu lari, dia lebih dari itu hehehe.... tetapi karena corona jadi total tidak ada kegiatan futsal lagi, semoga ini cepat berakhir ya...

    Sebelum saya akhiri postingan yang panjang lebar dan tak berfaedah ini, saya ucapkan selamat menjalani ibadah puasa mbak, semoga mbak dan keluarga kecilnya mampu hadir sebagai pemenang di saat menjalani puasa pada masa sulit seperti ini. Tetapi jangan lupa pastikan untuk menjaga kesehatan....Tetap semanagat menajalani ibadah puasanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata sapa ga berfaedah, komentar pak guru martin mah selalu berbobot hehehe
      makasih mas martin sudah bersedia sowan di blog yang acak adut ini

      wah pengalaman yang tak terlupakan pastinya dengan si anak muridnya ya mas, pelajaran baru nih buatku tentang pentingnya komunikasi, sebab mungkin juga murid mas martin iseng gambar tapi saat itu pula tetep memperhatikan pelajaran, walaupun tangan masih tetep aktif oret2an hihi, sama sih dulu pas ada pelajaran apa, biar kata mata tetep ngawasin papan tulis dan ajaran guru, tapi tanganku pun uthek nggambar gitu mas martin wekekke

      klo cita-cita? tau ga sih dulu aku malah pengen bercita-cita jadi guru loh, soalnya kalau di kelas aku perhatikan enak jadi guru, banyak disukai dan dihormati murid-muridnya. Tapi sayangnya ga kesampaian hehe, mungkin bukan jalanku jadi guru, sementara baru jadi gurunya 2 anak-anak ku aja

      wah futsal ya
      ini mah memang bermanfaat, bisa bikin badan sehat sekaligus nambah pertemanan...
      sayang sekarang apa-apa jadi terbatas sejak corona ya, semoga segera membaik deh biar kita beraktivitas ke depannya ga was-was lagi

      amiin, terima kasih mas :D

      Hapus
  17. ini sih keren bisa gambar manga, aku malah pengen bisa tapi ga seahli mereka mereka yang jago. bisa keren banget bikinnya, nampak real

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja mb ai, blom mb masih cupulah ini aku ahhahah

      Hapus
  18. Ohh hobinya dr nenek moyangnya toh hihi,,


    Ehm ehmm kalo hobi saya yg menyenangkan apa yah.....
    Oh iya saya hobi banget nolakin cewek hihi
    #sokganteng wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahhaha lanjutkan kisanak...bagus itu wkwkwkk

      Hapus