Jumat, 03 Juli 2020

Cara Makan Nasgor Ala Kuw...



Sepertinya aku akan menobatkan nasgor sebagai makanan ternyelamatin-able pada saat kelaparan setelah mie instan. Apalagi kalau ada sisa nasi banyak--yang udah dingin ya, dan kalau bisa yang rada pera juga, jangan yang kelembekan ntar malah jadinya kayak bubur goreng lagi (u tatud aku). Terus uda gitu ada telur (yang emang wajib ada dalam kondisi apapun), cabe, bawang-bawangan, kecap, dan kalau bisa sih ada terasi. Yah, garem mah gosah disebut lah ya. Itu mah wajib ada, gegegegek.

Nasgor ala aku sebenernya gampang aja. Cuma kalau cara makannya sedikit beda dari yang lain, ntar deh aku jelasinnya belakangan. Sekarang mau nerangin cara masaknya dulu.  





Bumbu yang diuleg : cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garem. Banyaknya terserah, suka-suka lau aja mau kasih berapa, tapi kalau aku sih rawitnya ga kebanyakan, soalnya ni perut ga bisa kena pedes yang terlampau strong. Jadi rawitnya paling 3, cabe merah besarnya 4-5 biar tu nasgor terasa merah membara seperti cintaku padamu. Oh ya, bawang merah dan bawang putihnya juga terserah, tapi kalau agak banyakan bisa bikin tambah gurih sih. Sediakan juga ijo-ijoannya kayak kubis atau pokcoy, mentimun, tomat, atau kalau mau sekalian bikin acar by tangan sendiri juga boleh--dijamin tambah hauceuk, juga pelengkap telur, apakah mau diceplok atau didadar, terserah.

Jadi cabe, bawang merah, bawang putih diuleg kasar aja. Jangan lupa kasih sejumput garem. Kalau mau kasih kemiri juga boleh. Soalnya itu bisa bikin tambah gurih lagi. Cuma itu opsional aja sih. Yang wajib mah cabe, bawang merah, bawang putih. Terus terasinya diapain? Kalau caraku ditumis di awal setelah minyak panas abis itu osreng-osreng sampai hancur. Nah baru abis itu tumis bumbu yang telah diuleg. Kalau mau campur telur bisa banget, juga biar lebih krunchy-an dikit bisa tambahin irisan kubis atau pokcoy.

Nasinya kapan ? Ya ini ntar lagi...

Jadi begitu bumbu tumisan udah terasa semerbak harumnya, baru deh tuh dituang nasinya. Osreng-osreng sampai nyampur, lalu abis itu kasih kecap. Oh ya, betewe aku termasuk team nasgor yang agak gelap, jadi porsi kecrotan kecapnya agak banyakan. Abis itu diublek sedemikian rupa sehingga bisa nyampur jadi satu sambil sesekali dikoreksi rasa. Kalau misalnya kurang asin, bisa dikira-kira lah ya, mau tambahin garem lagi atau ga. Tapi sebenenya kalau kasih terasinya di awal dan itu agak banyakan, ya otomatis udah bikin asin juga sih.

Nah sekarang giliran cara makannya.

Jadi gini gais, selain nasgor itu identik dengan dimakan pake irisan timun (walau kadang keberadaannya suka dianggap antara penting dan ga penting), tomat, acar, telur ceplok atau telur dadar, juga kerupuk, buatku ternyata ada 1 item lagi nih yang wajib disertakan tatkala menyantap sebuah menu in the name of nasgor. Apalagi kalau bukan mayones yang makna harfiahnya terasa sebelas dua belas ama acar, timun, tomat, dkk-nya itu, hahaha. 

Kok bisa makan nasgor pake mayones ? Aneh memang. Tapi nyatanya hasil coba-cobaku ini berhasil membuat rasa nasgorku semakin umami. Aku pakenya merek Mayumi yang pedes sih. Tapi ini ga dibayar loh, hahaha...Ya sekedar info aja bahwa aku pengen ngasi tahu ke kalian semua kalau makan nasgor pake mayones mayumi yang pedes tuh enak rasanya. Uda gitu doang. Walaupun modelannya bukan diublek loh ya, tapi tiep nyendokin nasinya baru deh tuh kasih topping mayonesnya dikit-dikit..