Senin, 28 September 2020

Masak-Masak




Jadi aku mau collab sama mas suami aja dengan agenda masak-masak bareng yang sebenarnya udah menjadi rutinitas kami saban harinya selama ugat-uget dalam rumah di masa pandemi ini #tsah.




Nah, jadi hasil collab kami (terkhusus di tanggal-tanggal tua begini), diantaranya aku contohkan pada masakan-masakan berikut ya. Masakan sederhana aja sih, bukan yang ala-ala chef hotel bintang 5. Jadi ya beginilah hasil prakarya kami berdua. Hehe...

1. Tumis Kangkung, Tempe Goreng

Di sini Paksu kebagian nguleg bumbunya, nah aku kebagian numis dan ngegorengnya. Soalnya sambil gantian jaga anak. Jadi ada pembagian shift haha... Tapi emang kuakui, setelah dikolaborasikan begini rasanya jadi jauh lebih enak. Kami bawa piring kami ke kamar (jangan dicontoh ya) biar bisa disambi sambil nonton ftv cz ftv tuh ya kadang ceritanya sungguh sangat imposible thing, tapi malah bikin kami jadi ketawa-tawa. Daripada mantengin berita politik yang bikin moci jiwa. Iya gag? Haha...





2. Nasi Goreng

Yang ini full masakan Pak Suami sih. Aslinya karena mau testing wajan idaman doi yang tempo hari bener-bener dipantengin terus di situs e-commerce warna ijo, dan ga kerasa besokannya tau-tau doi uda bisikin aku sesuatu : "Dek, Mas uda beli wajan seharga Rp 300 ribu loh...." (seketika Mbul berubah jadi anak toge naga yang siap menyemburkan api, tapi ga jadi setelah aku dibikinkan nasi goreng kayak gini, huehehe).



3. Pecel Suring/Daun Pepaya, Telur Dadar

Yang ini hasil kreasi kami tengah malam, memanfaatkan sisa suring dan daun pepaya yang ada, biar ga sampai layu njogrog di dalem kulkas. Lauknya telor dadar kriwil yang nyisa 1 dan untungnya waktu dimakan sepiring berdua bisa ngepasin ama nasinya. Bumbu pecelnya, beli dari Mas Agung teman kantor Pak Su buat nambah-nambahin penglaris dagangannya dia. Rasanya? Dimaem malem-malem, di tengah konser perut yang sedang melanda aka kelaparan akut,...enaa banget hehe. Walaupun ku merasa kurang karena belum ada rempeyek rebonnya. Coba kalau ada pasti tambah meriah lagi ini mulut pas ngunyahnya :D.



4. Mie Rebus

Mie rebus versi kami itu biasanya langsung masak 2 bungkus yang rasa soto mie, terus telornya 3. Telor dimasukin pas air mendidih, abis itu permukaannya diaduk sebentar pake sendok lalu setelahnya api kompor dikecilkan. Hal tersebut dilakukan untuk membentuk kuning telur yang masih nampak nyempluk seperti pipi admin blog ini juga kalau bisa setengahnya masih dalam keadaan setengah matang biar meleleh dan moncrot di dalem pas disendok bareng putih telurnya yang masih membungkus rapi si kuning telurnya. Tapi kalau akhirnya kuningnya mampyur juga enak sih. Jadi pekat dan nyampur ke seluruh permukaan kuahnya. Nah setelah itu barulah masukkan mie, bumbu, serta minyak sayurnya. Jangan lupa, terakhiran tambahkan sedikit saos tomat dan kecap supaya kuah lebih pekat lagi. Disruput panas-panas, sungguh nikmatnya huehehe :D.



5. Gulai Pakis, Paru Goreng, Tambahan Snack Singkong Goreng

Nah, kalau yang ini baru kreasiku semua. Di pasar, ndilalahnya Pak Su nemu pakis dan minta aku buat masakin dia gulai. Bumbunya ya mirip gulai daun singkong biasa sih. Cuma daunnya aja yang diganti pake pakis. Eh apa mirip sayur lodeh ya, ya pokoknya itu lah. Lauknya aku goreng paru sendiri yang pengen kukreasikan macam parunya masakan padang. Sama tambahan satu lagi deng, goreng singkong tapi yang sebelumnya adalah singkong rebus. Jadi untuk menangkal si singkong ini agar ga cepat basi, maka kalau uda agak dinginan kugoreng aja biar tetep bisa kemakan. Sayang kan kalau buang-buang makanan...takut mubajir. Caranya....biar ena, kugoreng gurih asin aja. Yaitu sebelum masuk ke dalam wajan, singkongnya uda kurendem bentar bareng ulegan bumbu bawang putih dan juga garem. Hasilnya, katanya sih enak. Alhamdulilah : D. Lumayan buat ganjel perut.





6. Tumis Rebung, Sate Hati Kambing

Tumis rebungnya aku yang masak, satenya bagian Pak Su. Beydewey rebung ini emang kesukaanku loh. Meskipun sebenernya dia bau pesing ya hahahhaha. Tapi kalau udah dipedes enaaaa...Kalau di kampung halaman sering disebutnya bung bendet. Aku suka tuh yang warnanya kuning...tapi paling mantab adalah bagian ujungnya yang masih muda. Masak rebung ini sebenernya kubikin tumisan biasa aja sih. Cuma biar lebih nyus lagi aku tambahin tomat selain bumbu tumisan dasar (bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah besar, gula jawa, garem, dan sedikit penyedap yang dihaluskan). Jadi dia ada rasa asem-manisnya dikit gitu deh seperti tarik ulur perasaanku padamuh saat pertama kali kita bertemu wahai Maskuuuuh #heleh gombalmu kiyo hahaha....#modus #biar dikasih hadiah headset buat karaokean di yucub :D.





^_________^

Okey sekian dan...Yudadabubay !!