Senin, 19 Oktober 2020

Pengalaman Berkemah Kok Gini Amat ya?


oleh : Mbul Kecil 

Hai ! Admin demplon Beby Mbul datang lagi..

Ga ngerti lagi deh kenapa tiap kali cerita tentang masa-masa sekolah rasanya ati nelangsa. Apa mungkin karena ada kewajiban ekstrakulikuler yang harus diikuti siswa kelas 1 unyuk-unyuk (baik pas aku SMP maupun SMA) ya? Bisa jadi ituw.






Kalau pas SMP yang wajib itu pramuka. Nah kalau pas SMA ada 2 pilihan wajibnya, yaitu kalau ga pramuka ya PMR. Untuk yang terakhir ini, aku pilih PMR karena ngerasa jaman itu cara mlonconya kakak kelas lebih sangaran di pramuka ketimbang PMR. Padahal ya sama aja. Apalagi pas masa-masa aku kelas 1 itu ntah kenapa kedapatan kakak senior yang galak-galak semua, walaupun temen-temen ciwi pada bilang cakep-cakep, tapi kok menurutku ga ya..#bukan selera hamba...hoho....Lebih banyak overactingnya. Malah pernah pas sesi materi di kelas setelah moment baris berbaris yang menyebalkan itu, aku dapat pengalaman yang awkward banget karena kupikir kakak kelas yang paling berkarisma dan ada jabatan tinggi di pramuka sekolahku ini orangnya bae bin alim gitu.......Eh la dalah aku malah dikerjainya. Katanya : "Ya dek coba kamu yang rambutnya sebahu imut-imut kayak terwelu itu maju ke depan."Akupun segera maju dengan gemetar, takut dimarahi kan ceritanya. Walaupun ga tau juga aku ada salah apa. Terus tetiba aku disodorin kapur dan disuruh gambar sesuatu. "Dek katanya kamu pintar gambar ya..coba sekarang kamu gambar kartun." Terus ama senior yang lain disorakin suruh gambar kartun sinchan tapi yang ada gajahnya, hahahhasemb siaaaallll. Eh bukannya doi ngepretin temen senior yang lain malah tambah ngetawain aku dan tetep nyuruh gambar sinchan yang ada gajahnya...hoho..asem siwalannnnn. Dan saat itu juga aku langsung ilfeel ma tu kakak kelas yang kata temen-temenku paling hensem sejagad raya weleh-weleh...

Oh ya, tadi aku mau ngomongin pengalaman kemah kan? Kok jadi.. ngomongin perploncoan? 

Kemah pas SMP itu kemahnya ga pake tenda, tapi masuk ke dalam kelas. Jadi enak, kalau pas ujan ga kebasahan. Kelas 1 terdiri dari 8 kelas. Begitupula kelas 2 dan 3 nya. Dari A sampai H. A dan B kelas favorit. C sampai H buangannya hahhaha. Aku sendiri waktu kelas 1 dapatnya kelas C, sedangkan pas kenaikan kelas ceritanya upgrade. Horeee bisa masuk kelas A. Tapi ya paling aku cuma beruntung aja. Bukan karena pinter dari orok sih melainkan rajin jadi bisa rangking 1 sampai 2, naik turun di 2 angka itu terooossss #suombong amaaaat. Nah, gedung sekolahku itu termasuknya uda gedung tua. Sebagian malah ada yang bangunan Belanda, bahkan seberang jalan itu ada loji kosong yang tak terawat (loji = sebutan untuk rumah gaya Belanda di daerahku). Lojinya sudah dipenuhi oleh rumput-rumput tinggi walaupun di depan pagarnya ada deret tanaman bunga sepatu yang cantik. Sayang suasananya uda terlanjur serem. Sebab daun jendelanya yang menyerupai pintu itu tetiba suka ngablak sendiri kalau ada angin lewat. Langit-langitnya juga tinggi dengan gantungan lampu jadul yang berayun-ayun. Terus sampingnya SMP pas ada Puskesmas yang mana pastinya ada bagian kamar jenazahnya kah, huhu...Tapi masih mending karena depannya banyak warung tenda yang bisa menyembunyikan kesan sepi ketika malam tiba.

Balik ke area sekolah. Kalau mau menuju ke kelas juga ada lorong-lorongnya segala loh. Lorongnya panjaaaaaaaaaaaang banget dan kanan kirinya halaman kelas yang masih berupa tanah. Belum lagi yang lorong menuju kelas H dekat perpus dan juga kantin. Nah di situ tuh terdapat sumur matinya segala. Uh itu tuh kata orang adalah area paling beda dari yang lain. Kelas yang paling 'sesuatu' banget auranya haha. Makanya tiap lewat kelas itu yang ada adalah aku pengen merem aja. Terus tadi ada yang disebut dengan sumur mati kan ya? Ya bisa begitu karena uda ga ada airnya...juga sumurnya dikelilingi oleh puing-puing tembok yang tak terawat dan menambah kesan seram suasana...hiyyyy.. 

Untuk model kelasnya sendiri, lantainya itu masih tegel punya ya. Papan tulisnya masih item, pakenya kapur tulis, juga penghapusnya yang dari kayu ada kainnya jadi kalau kena kepala bisa menyebabkan kebocoran. Konon, di area belakang kelas 1 itu emang bekas perkebunan jadi kesan wingitnya masih kerasa ketimbang area kelas 2 atau 3 yang ada di depannya, bersisihan dengan lapangan upacara dan ruang kantor guru. Eh, tapi ada 1 spot lagi dink yang agak creepy pada bagian depan yakni keberadaan pohon beringin yang ada di dekat kelas 2 paling pojok. Pohon beringinnya singup banyak sulur-sulurnya. Yah selentingan kabar sih suka ada mahluk astralnya juga yang entah bener atau ga aku ga tau wong ga bisa ngeliat...tapi bagi yang uda pernah diliatin ya katanya ujudnya itu berupa sosok nonik nonik Walandi berbaju hijau hoho..seyaaaaamm....

Nah kembali lagi pada ceritaku tentang kemah pramuka SMP. Jadi kami itu kan dibagi menjadi beberapa regu. Nanti setelah acara sore dan nuju malam, kami akan diarahkan ke kelas. Kalau ga salah ingat aku masuknya ke grup sakura deh...soalnya aku dapat bordiran simbol sakura yang kudu dijahit di bagian lengan. Grupnya memang pake nama-nama bunga. Ada anggrek, mawar, melati, kenanga, cempaka, dan sakura. Tapi aku dapatnya emang sakura sih. Jadi kami bakal bermalam di kelas selama beberapa hari. Lah meja kursinya itu ditaruh dimana? Ada yang diinggir-inggirin atau buat sekat-sekat biar regunya ga tumpuk undung. Awal-awal kami harus gotong royong ngangkat tu meja kursi kayu terus nyapuin dan ngepelin lantainya pakai ampas kelapa (Oh my God bau ampas kelapa itu bikin aku pengen muntah-muntah, sesuatu banget hoho), abis itu bagi-bagi tempat buat per grupnya. Sebelumnya juga uda ada pembagian alat masak yang areanya ada di halaman luar kelas. Ada yang bawa kompor, wajan, panci, piring, gelas, dll. Malah biasanya dibarengi dengan moment lomba masak segala loh misal dengan tema utama bikin penganan dari singkong atau ketela. Asyik banget kan? Jadi inget grup aku pernah bikin combro yang sambal tempenya kepedasan ama cimplung. Tau cimplung ga Zeyenk? Nek corone wong Banyumas itu merupakan penganan berbahan dasar budin aka singkong yang digodog bareng gula pasir...Rasanya manis dan air gulanya sampai asat meresap ke dalam singkongnya. Nah ntar kalau udah mateng bisa dimam ramai-ramai. 

Nuju malam dikit biasanya abis ishoma acara santai dan hiburan sambil memutari api unggun. Biasanya pada acara ini, orang-orang pada nyetel musik tuh pake sound system kenceng banget. Malah pas SMP itu lagi happening-happeningnya lagu koi mil gaya dari film lejen kuch kuch hota hai ama bole cudiya wkkkk.....kalau ga, misal ada yang ultah ya disetelin lagunya jamrud yang selamat ulang tahun. Tapi aku ga kuat lama sih kalau disuruh nongkrong di malam api unggunan. Mata uda siwer pend bobok. Boboknya pake tikar...jejer-jejer kayak pindang. Tapi cowok-cewek kelasnya tentu saja dipisah ya. Meskipun tiyep kali mau bobok semua pada ribut mau posisi paling wenak, masalahnya pada ga mau yang paling ujung aka deket tembok jadilah Ubungwatie alias Baby Mbul yang jadi korbannya hoho... Aku disuruh bobok deket tembok, hiks..

Rasanya tidur di deket tembok? Merinding. Mata cuma kayak merem-merem doang, tapi ga bisa tidur. Ngerasa kayak ada suara-suara tapi ga tau apa. Mungkin cuma daun-daun jati yang ketiup angin karena memang di halaman kelas ada beberapa pohon jati yang tumbuh menjulang tinggi menambah rimbun suasana. Apalagi ditambah selentingan kabar bahwa di acara api unggun yang ada di depan sana ada salah seorang siswa yang kesurupan karena duduknya di bawah pohon beringin. Biasa, anak yang kena itu namanya Wahyu...orangnya suka ngelamun soalnya hahahha..tapi aku ga mau ngliat sih, uda seram duluan karena sampai teriak-teriak segala. Kedengeran si suaranya sampai kelas belakang.

Nah itu tadi kemah jaman SMP. Lantas cerita kemah jaman SMA-nya mana? Ada dong pastinya. Tapi kali ini beneran kemahnya di bumi perkemahan yang terletak di dekat pemandian air panas agak jauh dari lokasi sekolah. Kami ke sana diangkut pake truk terbuka uda macam sapi aja haha...lalu setelah nyampai sana ya beneran mendirikan tenda, ga lagi tidur di dalam kelas kayak pas kemah SMP. Kan bumi perkemahannya juga lapangan. Jadi ya pake tenda lah Fernando Hose Altamirano. Tendanya yang warna putih-putih lagi macam kain mori buat ngebungkus mayit (whooottt)...iya soalnya tendanya masih model jadoel-jadoel hoho...bukannya warna-warni yang kayak tenda jaman now. Dan untuk mendirikannya memang butuh waktu lama gegara harus masangin pasaknya, juga mraktekin tali temalinya supaya tendanya kuat ga gampang rubuh. Manalah cuaca panas banget lagi. Lalu karena abrag-abrag alias barang-barang yang kami bawa masih pada berantakan akhirnya posisi makanan atau minuman pun aku ga tau. Saking hausnya ini tenggorokan, lantas ngeliatlah aku bahwa di pojokan sana ada botol aqua yang di dalamnya ada minuman oranye agak kental. Ya kupikir kan itu jas jus atau nutrisari ya. Maka segera aja aku teguk gluk gluk gluk tanpa pikir panjang lagi padahal kan itu adalah....minyak goreng dong pemirsa. Atau malah minyak tanah? Waduuuuh apes tenan. Pantas aja aku kayak abis nelan bahan bakar... sueeeeeee. Tapi untung aja ga ada yang ngeliatin jadinya aku bebas dari bahan tertawaan. Tapi kemudian temanku Deasy datang. Deasy atau biasa disebut Eci, orangnya memang heboh kayak petasan, dia tetiba datang langsung nemplokin aku dari belakang. Dia emang teman paling kocak dan suka gemes nglendotin aku karena katanya aku emang menggemaskan dan berkarisma #halah... Terus doi bilang banyak kakak kelas cakep di luar sana yang pengen doi kecengin atu-atu termasuk para seksi PBB (alias yang paling angkernya yaitu seksi baris berbaris) walaupun ya aku ga tertarik sih hahahhahaha...Ya, tapi ga pa palah aku temanin Eci guyon soalnya dia bawain mie instan mentah buat kami gadoin begitu aja. Lumayan buat tombo abis nelan bahan bakar minyak hahahha... Dari sini aku diajarin Eci gimana caranya makan mie instan mentah yang rasanya enak ga kalah kayak pas udah matengnya. "Jadi gini Ta (iya cuma doi satu-satunya teman yang manggil aku pake sapaan Ta  sedangkan yang lain pake sapaan Nit, jadi aku berasa kayak Ta nya Cinta di AADC, hahaha). Oke balik ke Eci..kata dia, " Jadi gini Ta, semua bumbunya itu tetep dicampurin ke mienya. Termasuk minyak sayur, bumbu, dan bubuk cabenya. Ntar baru deh diremukin mienya. Rasanya ga kalah ama yang udah digoreng kan Ta." kata dia tetep sambil nglendotin aku dan memanggil aku dengan kata Ta, suku depan nama Nita.. aku emang anak yang berkarisma sih hahahha. Tapi kuakui tutorialnya itu memang cerdas. Aku jadi punya perspektif baru tentang bagaimana cara ngegado mie mentah yang ena.

Lalu, menuju agak sorean dikit, tiba saatnya buat Ishoma kembali. Ishoma = istirahat, sholat, makan. Jadi tentu saja aku pengen mandi dong, aduuus byur...Tapi cemana pula ini adus di bumi perkemahan? Apakah hendak berendam di pemandian air panas yang ada di situ seperti halnya orang-orang yang mandi di onsen- onsen jepang, yang airnya umeb penuh kemebul? Tentu saja tidak Pemirsa. Beby Mbul kan tidak punya uang. Maksudnya punya sih uang saku untuk kemah 3 hari 2 malam, tapi ya nda buat ciblon-ciblon manja juga di pemandian. Pan aing bukan liburan. Aing ini kan lagi kemah. Makanya alternatif terakhir untuk mandi ya numpang di rumah warga sekitar aja. Yah, meskipun riweuhnya bukan main karena kontur tanahnya agak naik cz udah masuk area pegunungan. Nah, aku naik nih dari lapangan menuju rumah warga sambil nenteng gayung isi sabun cair, facial foam merek ponds (((ehhh penting amat ya diumumin mereknya))), juga odol dan sikat gigi. Handuknya disampirin di bahu. Juga beberapa peralatan ganti. Nebeng pakpung sayaaaah ceritanya. Tapi ya begitulah namanya juga di desa orang. Jadi ya musti adaptasi juga meski kamar mandinya masih pada semi terbuka. Jadi atasnya tuh bolong ga ada payonnya. Mana pintunya model seng lagi yang ga ada selotnya. Jadi biar nutup 'krep ' gitu harus diganjel pake ember. Itupun airnya kudu ditimba dulu dari sumur yang dasarnya itu daleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeem banget sehingga kerekannya ga nyampe-nyampe. Uda nyampe separo jalan menuju atas, e timbanya tetiba oleng, ya ngalamat tumpah lagi lah airnya jadi musti ada acara nimba lagi dan lagi dan lagi....begitu terus sampe capek ngumpulin air seember ga penuh-penuh. Terus ya itu...karena kamar mandinya masih semi terbuka, jadi ngalamat ga pewe aku cebang-cebungnya, takut ada pesawat lewat atau orang naik pohon kelapa hahhahaha...sueee. Tapi mayan lah mandi bebek sekian detik bisa sedikit menghilangkan bau matahari setelah berkegiatan sepanjang hari.

Tapi, dari sekian keabsurdan yang kualami di atas, yang terpaling paling paling bikin ku susah lupa adalah saat api unggun tiba. Biasalah kalau api unggun kan acaranya nyanyi-nyanyi doang ya. Bahkan kadang cek ombak antara grup pramuka ama PMR lebih ramean mana. Koor gitu genti-gentian. Nah, kadang pas acara itu juga banyak yang tepe-tepe tuh...mungkin pada cari kesempatan buat cari gebetan kali ya. Tapi aku ga ikutan sih, maklum ku masih bayi...eh salah maksudnya masih culun soal begituan, jadi ya aku ga ikutan hahhahahhaha....Nah terus berhubung bumi perkemahannya itu ngadep ke arah bukit pas yang suasananya masih rimbun, maka otomatis kalau nengok ke atas, mataku selalu tertuju pada bukit itu. Dan ntah kenapa aku malah kayak ngeliat sesuatu yang berwarna putih yang ikut memperhatikan kami yang di bawah sini. Oh my God apaan tu ya ? Aku jadi ga konsen ngapa-ngapain. Tapi ga tau juga deng aku yang lagi halusinasi atau itu mahluk astral beneran hohoho..