Kamis, 02 Maret 2023

Cerita Buka Puasa Pertama di Tempat Mbul



Hallo Assalamualaikum...

Apa kabar Teman-Teman semuanya? Semoga dalam keadaan baik ya. Bagaimana puasa kalian? Semoga lancar-lancar aja ya. Mbul sendiri menyambut Ramadhan kali ini dengan sukacita. Alhamdulilah bisa kumpul bareng keluarga di jam-jam sebelum magrib itu sesuatu ya hihi.... Senang pula karena Ramadhan tahun ini agak santai. Paling ntar gedubrugannya itu pas nuju mudik :D. Biasanya sih gitu. Tapi itu ntar kan. Masih lama. 




Terus....'dapet tamu bulanannya' dah di tanggal-tanggal awal, jadi semoga aja besok bisa gol sampai 30 hari. Amien. H-1 puasa dan puasa pertama kan pada libur ya, jadi kami bisa lebih santai lagi, mengingat di 30 hari ke depan, ceritanya kami pengen lebih menyederhanakan menu buka sekaligus sahur hihihi. Maksudnya menu buka dan sahurnya bakalan menu yang simple ga begitu banyak bumbu, walau ini agak bertahap ya. Ga langsung jebret ekstrem. Tujuannya apa? Ga kenapa-napa sih, wkwkwk. Pengen aja gitu sekarang menata pola makan yang ga gitu ribet kayak puasa-puasa sebelumnya. Walau kadang ada yang beli tapi insyaAlloh bakal banyak yang kumasak by tangan sendiri sih hihi...Jadi meminimalisir minyak, dan bumbu-bumbu yang terlampau berat. Alhamdulilah di badan jadinya enak wkwkwk... Walau body sebenarnya dah ideal (cenderung demvlond wkwkwk), tapi menata ulang pola makan ga ada salahnya kan? Mumpung masih muda 😉

Oh iya, pas ngabuburit puasa pertama kemarin, sore-sore tuh pantarannya jem 3-an, kami udah cabcus mblayang sampe ke area Pakuhaji yang sebelum area persawahan yang ada kuntul atau blekoknya itu loh. Yang pernah aku ceritain pas main ke Pantai Tanjung Kait. Mulanya aku ga tau akan dibawa kemana, soalnya Tamas bablas terus dari Sepatan ke arah-arah Mauk masuk pertigaan yang ada pasar menuju pelelangan ikan. Berarti kan area Pakuhaji. Beberapa bulan lalu jalannya masih dalam taraf pembangunan, jadi agak macet. Tapi sekarang dah alus. Jadi enak buat dilewatin. 

Sebenernya kami ga ada agenda beli-beli sih. Terutama takjil atau makanan berat. Soalnya diniatkan maemnya yang simple aja bahkan kalau bisa sekalian puasa gorengan gitu...(kalau bisa hahaha, ga tau ya di pertengahan jalan ntar bisa pa ga). Jadi ga tau kenapa malah pas nyampe Pakuhaji, eh ga sengaja mata ini malah nglihat kios tanaman hias dan ada wora-waribang merahnya atau sepatu kecil yang kelopaknya merah. Langsung lah Tamas mengetahui arti sorot mata Puss In Boots-nya Beby Mbul. Karena eh karena, Mbul itu suka banget kembangan yang cepat metuw kembangnya. Ya apalagi kalau bukan kembang sepatu. Kalau mawar memang cantik, tapi harus sabar, karena dia takes a time to blossom...Hahahhaha......Jadi biar paling ga taman mungilnya Beby Mbul ada warnanya, ya belilah kembang sepatu aja. Harganya murah pula. Walau kalau di desa pasti aku diguyu sih sebab kembang sepatu aja mawi beli. Di desa kan banyak. Di pinggiran jalan ngebentuk pohon, tinggal petik wkwkwk..... "Siro pengen to Mbem?" Seperti itulah kira-kira pertanyaan yang pas dengan arti kata sorot mata Puss in Bootsnya Beby Mbul. Mbul pun angguk-angguk cepad. Jadilah kami melipir sejenak untuk menengok ada apakah gerangan yang sekiranya bagus karena selain kembang sepatu ada juga yang menarik hati yaitu Soka Oranye, Soka Kuning, dan pupuk kandang atau cemindil wedhus, hohoho. Nah, sekalian aja karena depannya itu ada kios es degan manis atau es kelapa muda, maka kamipun sekalian beli sebelum akhirnya nyebrang ke kios kembangannya. 




Memang jalanan agak ramai. Maklum puasa hari pertama. Jadi kayaknya orang-orang pada ngabuburit dan ngabisin sore sampai tiba waktunya bedug magrib. Kebetulan hari itu srengenge lumayan strong...jadi walaupun jam udah menunjukkan pukul 16.30 WIB, tapi rasa-rasanya masih kayak pukul 14.00 WIB. Di sepanjang pinggir jalan juga udah mulai berjajar bakul-bakul takjil dengan aneka hidangan mulai dari kolak, asinan, es-esan, gorengan, sampai sayur matangan ada. Melewati pasar juga tambah ramai aja dengan lapak kolang-kaling, cincau, jeli, singkong, ubi, dan lainnya untuk peranti membuat takjil. Aku ga beli sih, karena uda commited ama alasan yang dah kusebutin di atas. Haha. Ya sesekali boleh lah, tapi buat awal-awal puasa, bisa ga ya buka dengan sesuatu yang ga begitu mengenyangkan atau yang mengandung unsur gorengan banget.

Nah, karena takjil dan godaan makanan berat udah terlewati, akhirnya kami malah memilih melipir ke kios tanaman hias. Apalagi di situ ada kembang sepatu merah yang tentu saja beda bentuk dan juga warna dari yang dah kupunya di rumah yakni yang pink. Sebenernya aku cuma tertarik ama yang itu sih, karena yang lainnya adalah kepengenan Ramane. Kebetulan pula aku lagi ada warna hijab merah.....(nah lho?) kok ya ngepasi banget ama warna kembang sepatunya hihihi...#apa hubungannya ya...hahhaha. Ga ada sich. Mbul cuma lagi pengen pake theme merah aja di awal-awal menyambut puasa ini😉🤭 Biar kerasanya semangat dan ceria...hehehhe... Eh, ndilalah ngepasi ma kepengenen nandur wora-waribang merah. Padahal biasanya kembangan ini ada di tengah taman kecil diantara ruas jalan depan komplek. Memang tunasnya cepet. Mekar kuncupnya juga itungan hari. Yaudah akhirnya beli itu.

Nah, tapi tunggu bentar....di pojokan itu kok ada sesuatu yang menyembul dan lucu ndut-ndut panjang ya. Apakah itu? Eh ternyata tanaman yang aku cari selama ini. Hijau dong warnanya. Kalau di kios sebelumnya pas hunting pertama kan nemu cuma udah agak menguning...jadi ga jadi kami beli. Nah yang di sini hijau, ndut, dan panjang lagi.... Cake deh. Makanya ku jadi salfoks dan pengen membawanya pulang. Emangnya apaan sih Mbul? Itu lho....ekor tupai. "Owalah Dek Dek....Kamu itu ternyata pengen ekor tupai ya?" He em Mbul pengen buntut bajing...Aku nemu ada 3, tapi kubeli 1 aja deh, tunggalnya si cemara kipas, biar ijo-ijonya ada gandengannya, ga kembangan semua. Okey lah...ga pa pa. Nanti sekalian beli pupuk kandangnya juga atau cemindil wedus dan juga pupuk lainnya karena Tamas dah sinau bagaimana tata cara pemupukannya. 



























Tak terasa, asyik bercengkrama di kios tanaman hias, waktu udah semakin beranjak sore. Sebenernya sebelumnya udah masak, yaitu masakannya Mas Montogh dan juga Kakak A sih, jadi mikirku yaudah makan itu aja semuanya. Bening bayam dan kelor. Paling nuju magrib goreng tahu susu lagi dan ditambah nguleg sambal walau kali ini pakenya sambal bawang...ntar lah kapan-kapan nyambal terasi. Udah maem pake gituan aja cukup. Ya, walau pas pulangnya ada yang pengen beli sesuatu lagi buat dikukus-kukus keesokan harinya. Apalagi kalau bukan kacang tanah, labu, talas, singkong, dan ubi. Belinya di kios umbi-umbian langganannya Ramane. Dah sering beliau beli di situ. Apalagi kalau pas dapatnya kacang yang gede-gede. Aduh puas banget rasanya...Bapak penjualnya juga muleh banget lagi, jadi kalau beli 2 kg kacang tanah nanti dikasih bonus ubi sama singkong juga. Kalau labu sama talasnya sih beli. Nah, rencananya ini nih yang bakal jadi menu utama buka puasa di hari-hari selanjutnya...Wkwkwkw. Semangad ya Mbul... Semangadh dunk. Kan udah merah membara!!! 

Pulang-pulang, wah udah detik-detik bedug magrib. Langsung lah tata-tatain menu berbukanya sembari taruh air kelapa mudanya di mangkok. Sebenernya Mbul cobain kelapa mudanya yang original, ga takpakein es atau sirop. Tapi A request dikasih es batu sama sirop... Jadi okay lah biar sekalian bisa difoto ada warnanya kan hahahha #receh amat alasannya hihi.... Ya pokoknya sore udah mulai sibuk natain semuanya. Udah gitu sambalnya juga baru aja diuleg, jadi pas lah. Meski kalau versi maemnya Mbul tuh ntar aja abis tarawih. Jadi abis adzan magrib, Mbul batalin dulu pake nyruput air degan originalnya, habis itu mam tahu dikit. Udah....ntar ngemil mie gemez atu deng buat gurih-gurih mulut hahaha... maem beningnya abis tarawih... Ga kesusu-susu sih soalnya tarawihnya kan juga di rumh, bedua ma Tamas sambil jagain Kakak A dan J (Mas Montogh). Jadi jam berapapun okey, asal A dan J udah anteng.

Nah, mam bening abis tarawih ginian malah kerasa lebih seger, apalagi kutambahin sambal agak banyak jadi saat nyruput kuahnya bisa sampe kepedesan dan keringatan gitu...Aku ga pake nasi sih... gini aja udah enak menurutku. 















































PS : Terakhir, sebelum penutupan...tetiba miss this cat...hahahha...Keinget kucing cewe gembil ini punya nama yang sama dengan admin blog ini...Mbul hahhahah

Bagaimana suasana puasa pertama di tempat kalian...Selamat berbuka ya

 ^____^





21 komentar:

  1. Balasan
    1. Hehe makasih Angie...iya ni iseng aja nungguin bedug magrib sambil berasa Mbul jadi red riding hood si kerudung merah hihi

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

      (。・ω・。)

      Hapus
    2. Your flowers are very pretty and the cat is so cute and adorable. Enjoy your weekend!

      Hapus
    3. Ya Bill...this cat looks so adorable...her fur is so soft
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  2. Mbul también se llama la gata? Tan bella como las flores que fotografías y todas tus preparaciones...

    Abrazo hasta allà.

    BalasHapus
    Balasan
    1. translate : Mbul disebut juga kucing? Seindah bunga yang kau potret dan segala persiapanmu...

      Berpelukan di sana.

      Jawab : Iya Sahabat Carlos. Nama kucingnya kebetulan Mbul seperti panggilan admin blog ini 🤭

      aku memanggilnya Mbul si Mpuss Meow Kawaii 😂

      salam temanku

      Hapus
    2. Kucingnya masuk jenis calico ga ya, soalnya warna bulunya ada 3 warna 😁😄

      Hapus
  3. Boa tarde, bom sábado e um ótimo final de semana.
    As fotos ficaram lindas, cardápio excelente e obrigado pela visita.
    Luiz Gomes.

    BalasHapus
  4. Bungamu indah terutama anggrek.
    Makanannya juga terlihat enak.

    Happy Sunday!

    BalasHapus
  5. Bagus bungamu, mbak. Banyak lagi ragamnya

    BalasHapus
  6. aduh mb Nita, ini foto2nya jadi horor di liat siang2 puasa. Harusnya bacanya abis buka puasa aja.

    Btw met menjalankan puasa Ramadhan ya. Smg selalu sehat dan menjadi hamba yang bertaqwa. Aamiiin

    BalasHapus
  7. Huaaa ngiler bgt ama es degan e mbul, padahal yo aku ora puasa hihihi

    kalau liat bunga sepatu jd inget jmn sekolah kembang sepatu jd primadona kalau pelajaran biologi karna unsur2nya lengkap hihi, jaman semono malah susah je golek kembang sepatu hahahaha

    BalasHapus
  8. Wuih seger banget es degan nya mbak, enak banget buat buka puasa, aku paling suka buka pake es dawet beras yang warna putih :D

    BalasHapus
  9. kalau di tempat saya, hari ini yang mulai rame banget, minggu kemaren cenderung sepi. hari ini puadet banget dah di jalan

    BalasHapus
  10. Pohon ekor tupai? Saya tau pohon palem ekor tupai tapi pas lihat foto-fotonya ngga ketemu pohon palem ekor tupainya yang ada jenis pohon asparagus yang fotonya di bawah foto kembang sepatu. Apa itu yang nama pohon ekor tupai?

    Memangnya enak bayam dicampur kelor? Gimana rasanya ya?

    Anggrek bulannya cakep enak dilihatnya, eh itu warnanya masuknya magenta atau ungu ya?

    BalasHapus
  11. biyuh merah merona
    jan lek panas panas pas puasa diguyur es mereh mereh rasane mak glek
    lek ditempatku malah hujan badai apalagi pas kemarin awal puasa malah banjir gede mbak
    akhire ngabuburit ndek rumah aja
    bayem ambek dadar jagung jan wenak
    aku prefer janganan bening gae buko timbang jangan santen mbak

    BalasHapus
  12. Aku baru tau namanya ekor tupai. Itu ada di salah satu koleksi tanaman mama, cuma ya itu, aku mana pernah nanya nama2 tanamannya 🤣. Tapi lebih suka aroma tumbuhan yg mirip Cemara , di sebelah si ekor tupai nit. Wanginya enak, seger aja.

    BalasHapus
  13. waduhh, juadah makanan berbuka puasa enak2 kabeh., hehe

    BalasHapus