Rabu, 25 September 2024

Lovely Rain at Home 🩷



Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo...hallo. Jumpa lagi dengan Beby Mbul Nita di sini. Apa kabarnya Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul mau cerita-cerita lagi tentang sedikit dari keseharian Mbul dalam 2 hari ini, Selasa, 24 September 2024 dan Rabu, 25 September 2024. Dua hari yang lumayan mendung, bahkan Selasanya hujan dari pagi sampai sore. Pagi gerimis, siang tiba-tiba yang deres banget, sore gerimis lagi. Seru sih. Terus Rabunya adem. Sejuk gitu cuacanya. Sore baru ujan. Nih pas ngetik ini, di sini lagi ujan.









Selasa, 24 September 2024

Mbul cerita dari Selasa dulu ya. Pagi-pagi banget, Mas udah paham bahwa suara Mbul lagi serak-serak basah kayak Doraemon....jadi Mas ga minta dimasakin dulu dan langsung belikan masakan mateng. Mbul lagi kena flu. Dan kayak biasanya Mbul selalu kebagian yang paling akhir setelah yang lain. Ya, karena di rumah cuma ada kami, jadi kalau 1 kena flu otomatis yang lain kena juga. Muter-muter gitu aja terus kayak gasingan hihihi. Dan Mbul selalu kebagian yang paling akhir, tapi biar meriang begini Mbul tetep ngerjakan aktivitas harian lho, jadi Mas belikan Mbul sarapan matang biar paling ga Mbul ga terlalu repot. 

Singkat kata, Mas kasih liad Mbul nasi uduk yang dulu jadi langganan Beliau kala masih awal kerja di sini dulu karena emang masakannya enak. Tempatnya itu di deket bandara. Dikirain tutup karena pindah, ternyata sekarang buka lagi. Horeeee...Punya Mbul itu nasi uduk, paha ayam, oreg tempe, bihun+mie goreng, kering kentang, juga semur jengkol. Punya Mas nasi uduk, sambel goreng ati, usus, oreg tempe, bihun dan mie goreng tapi ga kefoto. Yang kefoto cuma punya Mbul duang. Lha mau Mbul foto punya Mas, Masnya langsung iseng maem sendok demi sendok gede........masuk ke dalam mulutnya aaaemmmm, ya otomatis nasi en lauknya jadi kecampur dah...Yaudah yang Mbul fotoin punya Mbul duank ฅ(^・ω・^ฅ)






"Meyasewww...Dedek ga iso foto nasi udukku...wlekkk....Ben e ae..kan nek difoto-foto terus nasine keburu adem.."
"ฅ(^・ω・^ฅ)"
"A payah lah Tamas...hoho.."
"Cup..cup.. ojo manyun...cuuuwps..." 
Hohoho...

Tapi nasi uduknya enak kok. Dibungkus kertas minyak dulu, baru abis itu dijabelin pake daun pisang, jadi kerasa enaknya. Kan kalau pake daun pisang kayak jadi nikmat dan kecium wangi gitu lauknya. Terus nasi uduknya sendiri juga gurih dan berbumbu. Lauknya itu kesukaanku banget, yaitu semur jengkol. Etdaaah...karena ternyata Mas lupa ga minta diambilke semur jengkol maka tetiba begitu nasi uduknya Mbul buka, Mas langsung ambil semur jengkolnya Mbul dan masukin ke dalam kunyahannya....Aaaaaah. 

(。・ω・。)
⊂(● ̄(エ) ̄●)⊃
⊂( ̄(ï½´) ̄)⊃




















"Aeeeemm....nyuwun yo Cah Ayu..." Sembari itu pula Mas meng-puk-puk diriku supaya sabar eaaa Mbul hahahhaha...Tapi tak pa pa...Jengkolnya ada 5-6 belahan, jadi masih ada beberapa buah buat Mbul. Selain itu paha ayam gorengnya juga enak. Tau aja Mbul suka bagian paha. Paha ayamnya Mbul itu gurih berbumbu dan dagingnya pulen. Bihun dan mie gorengnya juga enak. Emang paling cocok sih nasi uduk itu pelengkapnya bihun ama mie goreng. Kalau ga ada ini kayak ada yang kurang. Oregnya juga sama. Modelan basah. Jadi oreg tempe kesukaanku banget.









"Enak tow Dek."
"He em...he em enak...enak....."
"Mbul suka?"
"Mbul sukaaa." pipi Mbul penuh dengan nasi, jadi menggembung di pipi kanan dan kiri.
"Ndisik takkirain tutup lho Dek."
"Apa iya Tamas?"
"He em. Eh sekarang buka lagi. Dedek pasti suka kalau liat lauke. Banyak gitu, dijejer-jejer. Coba kalau Dedek ikud pasti seneng..........lauke uakeeeeh tenan..., kesenengane Dedek kalau pas mau nulis tentang makanan...."
"Ow yach? Kok Mbul ga diajak?"
"Lha kan Dedek lagi meriang...iseh pilek tow Embul?" 
"Masih pilek." 
"Nah itu masih pilek..."
"Tapi udah ga anget lagie kayak maren. Nih Suara masih kayak Shirahoshi gini."
"Jajal nyuoro o koyok komenin hasil masakan ala ala-ala komik masak-masak....wkwkkw..."
"Aaach....rasanya....hhhhmmmm....ini....ini....seperti....sangat enaaaak. Seperti eng..... (menyebutkan kata-kata penuh ungkapan yang begitu ekspresif hahhahah, Mbul mah suka gitu ya hihi, maapkan ya Pemirsa, tapi Mbul emang begini adanya di keseharian. Suka bersuara kayak Shirahoshi gitu..."
"Mbul...Mbul..." Sambil ngraba kening Mbul sapa tau masih nyanyas.
"Besok kapan-kapan takjaki kalau Mbul dah ga meriang lagi." Mas mulai meledekku lagi yang langsung kusambut dengan kata....mauuuuuukkk...

Siangan, tiba-tiba gerimis yang tadinya kecil berubah jadi deres. Ujan sekonyong-konyong kayak turun dari langit tanpa diminta. Bunyinya kenceng banget...byur....byur byur...jeguuur jeguurr jegurrr....breeeesh......Ujan yang indah menyejukkan mata. Taman mungil Mbul yang tadinya gersang jadi basah kayak abis dimandikan. Titik-titik airnya jatuh satu-persatu menggenangi tanaman dalam pot yang kelihatan jadi berkilauan. Pohon berry-berryan yang semula kurus kini jadi menghijau kembali. Bahkan mulai muncul buah berrynya di antara tangkai-tangkainya yang mungil. Kemarin, Mas sempet memetik beberapa lalu menggenggamnya erat pada Mbul. Mbul disuruh tebag dulu apa isinya. Mbul pikir dia mau ngerjain Mbul dengan kasih liat ulat dari pohon jeruk, soalnya kan Mbul paling geli ama ulat pohon jeruk yang kenyuuuwt kenyuwwt itu...hihi tatud. Eh pas dibuka ternyata adalah...berry-berryan. Warnanya merah kecil mungil. Saat itu juga Mbul disuruh emut. "Nih...emut ya Dek...gimana enak kan rasanya? He em. Enak..manis...sedikit hacem. "Alhamdulilah, pohon berrynya dah tumbuh lagi Dek." Dan Mbul dah ga perlu siramin lagi langsung disiramin ama langit. Makasih ya, wehehehe..

Aduh dingin hari ini. Bener-bener ujan yang dereeeees banget. Karenanya Mbul masuk lagi ke dalam kamar, mencari kehangatan. Ga terasa ujan kayak awet aja, bahkan sampe sore, walaupun sore tinggal sisa-sisanya aja. Bonusnya, bell di rumah jadi bunyi sendiri. Kayaknya ga sengaja kena angin atau apa, maybe cipratan ujan jadinya bunyi-bunyi terus tanpa ada yang pencet. Mbul kira apa Mas udah pulang iya, biasanya yang paling semangat pencetin bel kan dia, iseeeng aja beliau tuh pencetin bel biar dibukain Mbul yang demplon ini udah pake senyuman paling manis datang menyambut. Pas Mbul ke depan...lha kok ga ada sapa-sapa. Ga ada yang pencet, Gaes hahaha...bener-bener bingung Mbul tuh. Mbul tanya Mas liwat Hp, kata Mas, kayaknya itu kabelnya kena air ujan. Jadi agak konsleting. Nanti kalau dah ga lembab lagi bakal oke lagi..."Ojo tatud ya Mbul, bentar lagi aku pulang..." Wkwkwkw...iya sih.
























Malamnya, ujan dah berhenti. Dan karena Mbul lagi ga masak, akhirnya Mas beliin Mbul rujak Cingur yang deket pintu air, namanya sih Rujak Cingur Cak Hazi Tombo Kangen yang reviewnya dah pernah kutulis di blog ini. Ga pake lama, rujak cingurnya dateng. Aaaah senangnya. Ini emang favorit kami karena petisnya banjir bandang. Petisnya kentel dan banyakkk. Cingurnya juga tebel-tebel gede bikin puas aja. Ada tempe, tahu, mangga mengkal, nenas, timun, bengkuang (besusu), kangkung bahkan lontongnya. Hmmmm....emang belom ada yang ngalahin rujak cingur Tombo Kangen ini. Favorit banget deh...



























Rabu, 25 September 2024

Hari ini mendung. Tapi ga ujan sih. Lumayan ada srengenge juga pagi-mpe siang. Kucing mengeong minta makan, lalu ngetem di teras. Kayaknya dia pengen ngomong : "Mbul mau makan." Hahahahha...Kucingnya Staydis. Namanya Kakak yang bikin. Dia emang suka iseng ngasi nama kucing yang aneh-aneh. Asal nyemlong aja. Katanya namanya Staydis aja. Kalau yang satunya Shinee. Wkwkkw..lucu bikin Mbul pengen ngguyu. Staydis yang putih sedikit kuning, Shinee yang putih item. Ada juga si Belang kucing jantan warna cokelat belang-belang kayak permen blaster. Lucu deh pokoknya kalau mereka datang, minta makan sama Mbul. Minta elus-elus juga.

Mbul hari ini masak cumi. Apa mungkin kucingnya nyium bau cumi ya. Mas udah belikan cumi seger itu kemarin. Jadi hari ini mau Mbul masak jadi beberapa macam hidangan. Pertama cumi goreng tepung, selanjutnya cumi saos padang. Mbul cuci bersih cuminya. Buang segala macam isi perutnya. Dan leretin juga kulit lualrnya. Jadi cuminya itu tinggal putihnya aja. Mbul telaten tuh kalau bersiin cumi walaupun jari-jemari Mbul jadi lengket-lengket kena lendir cumi. Tapi Mbul suka cuminya itu bersih keset gitu. Dan setelahnya bakal Mbul rendem pake jeruk lemon biar bau cuminya itu ilang. Cumi seger kan agak-agak kuat ya bauknya. Jadi Mbul kasih peresan jeruk lemon agak banyak. Abis itu Mbul bersihkah lagi sampai bener-bener bersih. 























































Mbul iris model cincin abis itu dibalurin ke tepung bumbu serbaguna. Mbul jadikan cumi goreng tepung yang gurih dan enak. Kayak masakan resto ya masakan Mbul tuw hihi. Hidangan selanjutnya Mbul bikin cumi saos padang. Cumi Mbul iris bentuk cincin juga. Bumbu blendernya ada bawang merah, bawang putih dan cabe merah besar. Kasih sedikit minyak biar enakeun blendernya. Tumis bumbunya sampe wangi. Tambahkan dengan irisan bawang bombai, sedikit garam, Ajinomoto, gula pasir, saos tiram, saos sambal, sais tomat. Abis itu ginger digeprek biar wangi, masukkan ke tumisan bumbunya. Masukkan irisan cuminya. Lalu air asem jawa. Masak sampai wangi jangan lupa tambahkan dengan irisan cabe merah dan daun bawang supaya lebih cantik lagi. Jadi deh. Cuminya empuk dan kenyal. Saos padangnya mantab...Ada rasa gurih, asin, manis dan sedikit pedesnya... enaaaaak banget...Nyamm..































Resep Cumi Saos Padang ala Mbul
Bahan-Bahan :

Cumi segar
Lemon
Minyak goreng
Air asem jawa
Ginger
Saos tiram
garam
gula pasir
cabe merah besar/keriting
daun bawang
bawang bombai
Ajinomoto bila suka, bila ga terbiasa diskip aja
Saos sambal
saos tomat

Bumbu yang diblender :

Bawang merah
bawang putih
cabe merah besar/keriting













































Cara Memasak :

Cuci bersih cumi, bersihkan lendirnya. Mbul juga ga sertakan isi perut dan kulit luarnya. Jadi cuminya putih bersih gitu. Iris model cincin. Kalau bagian kepala en tentakelnya biarkan aja apa adanya ga diiris lagi maksudnya, tapi tetep cuci bersih
Tumis bumbu blendernya
Masukkan irisan bawang bombai, gingger yang sudah digeprek, saos sambal, saos tomat, saos tiram, sedikit garam, gula pasir, Ajinomoto (sesuai selera ya), dan air asem jawa. Aduk sampai rata dan wangi
Masukkan irisan cuminya
Masak sampai wangi dan bila dah mendekati matang tambahkan dengan irisan cabe merah dan daun bawang
Jika dah matang sajikan hangat bersamaan dengan lauk cumi goreng tepungnya ฅ(^・ω・^ฅ)










Mbul gambar kemarin aja, Selasa 24 September 2024



Okey, demikianlah menu masakan Mbul hari ini, cumi goreng tepung dan cumi saos padang....masakan yang Mbul masak sendiri by tangannya Mbul dari awal mpe akhir dalam satu waktu, hehehe....Sampai jumpa lagi di menu masakanku selanjutnya. See you and bye bye...

7 komentar:

  1. Rujak Cingur Tombo Kangen paling manteb emang yang di situ. Petisnya kentel dan banyak, cingur sapinya tebel, ada tahu, tempe, mangga mengkal, bengkuang, sampe kangkungnya juga. Delicious

    BalasHapus
    Balasan
    1. Favorit Mbul rujak cingur Tombo Kangen yang petisnya banjir kental...slice cingurnya very thick and tender

      Hapus
  2. Delicious! I love esp. those squid rings.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Angie, kali ini Mbul masak sendiri cumi-cuminya. Mbul bikin jadi cumi goreng tepung dan cumi saos padang. Nice and warm for rainy days at home

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  3. ...Mbul, we have been so dry and then this week we have had rain and drizzle. Squid is something that I've never had. Take care and be well.

    BalasHapus
  4. My wife used to have squid for the holidays when I first met her. I tried it and liked it. Nice post, have a great day.

    BalasHapus
  5. Another beautiful post. Love that cat.

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)