Selasa, 31 Maret 2015

Pernah Nyangsang ke Singapoe....




Well, bagi masyarakat golongan menengah ke bawah sepertiku, bisa nyangsang ke negeri orang itu udah prestasi. Ya, meski dengan embel-embel kerjaan sih. Dan tugas luar negeri yang kudapat pertama kali adalah Singapore. Ini kejadian setelah ada drama gagal ke Bangkok. Gegaranya cuma karena paspor. Yep, pasporku belum jadi, dan waktu itu pihak kantor malah sempet ngusulin buat urus sendiri itu paspor kalok aku masih niat buat jalan. 




Nah, mungkin ngelihat aku rada kecewa, dan kebetulan itu pas deket-deket ama ultahku, akhirnya Bos kasi undangan lain. Daaannn...Singapore inilah tujuannya. Ayeeeyy.

Memenuhi undangan kongress kesehatan 2013--yang notabene merupakan di lingkup internasional, aku pun berangkat dengan rasa was-was. Gimana enggak, wong ternyata yang berangkat cuma 2 orang. Aku dan pemred salah satu majalah pariwisata. Hmmm..bandingkan dong, masa aku yang anak baru kemaren sore disandingkan ama sesepuh yang uda makan asam garam di lautan? Dalam hatiku, moga 3 hari di sana berjalan cepat saja. 

Sampe tibalah hari yang dituju. Tanggal 10 Oktober 2013, karena waktu itu masi single, aku berangkat dari kosan jam 4 pagi via taxi. Saking takutnya telat, aku minta tolong diingetin bapak, ibu, sampai mas buat bangunin pake telpon. Nah, akhirnya malah ga bisa tidur. Cuma merem-merem ga jelas, tau-tau udah pagi. Ya Alloh, rasanya pengen banget deh membatalkan diri buat berangkat. Tapi ga enak uda dipesenin tiket pesawat.

Aku ke bandara dengan tergopoh dan di sana sudah ada si pimred majalah lain yang uda nunggu buat masuk ke dalem. Males banget kaan? Panitianya ga ikutan. Ampun, gimana tar aku nyampe sana?? Aku kan ga bisa bahasa inggris? Apa aku ngekor beliau aja pas wawancara tar??? Kebayang narasumbernya pasti orang-orang Tiongkok dan daratannya yang bahasa Inggrisnya kurang bisa kutangkap dengan baik. 

Hmm...pasrah.




Setelah masuk pesawat, beliau cerita panjang lebar tentang majalah yang diasuhnya. Tentang doi yang temenan ama orang-orang penting lainnya jebolan UGM. Bla..bla..bla...Dan ku cuma terbengong-bengong. Nah, akhirnya topiknya malah meluas ke MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang ujung-ujungnya dia merasa prihatin bentar lagi bakal ada persaingan kerja dalam lingkup regional. Tapi, sampe sekarang aku belum gitu merasakan. Bener ga?

Nah, setelah sejam-an mengudara, kami tiba di Changi Airport. Aku ngintil di belakang. Lumayan males sih, soalnya orangnya agak yagitudeh... Aku isi kekakuan ini dengan memandang sekeliling. Lalu bernapas dalam-dalam. Bapak-ibuk, aku uda di luar negeri nih !!!!

Changi Airport beda banget ama Soeta. Di samping lebih teratur, kepadatannya pun tak seriuh di Tangerang. Bangunannya juga guede. Menapaki lantai, kaki ini sudah disambut hangatnya karpet. Malah ada kayak eskalator, yang mendatar yang mirip-mirip di Soeta sih, tapi jalannya lebih cepat dan ukurannya panjang.





Ngomong-ngomong suasana, bisa kubilang tingkat kebersihannya hampir mencapai level sempurna. Sumpah bersih banget ini negara. Mampir ke WC pun sama. Kayak WC hotel berbintang. Wangi. Juga kering. Udara juga bener-bener bebas debu dan asap knalpot. Lalu kami juga ngelewatin rel kereta cepat yang terhubung langsung dengan bandara. Sungguh canggih. Tapi kami enggak naik, soalnya udah dijemput sama guide yang udah disiapin panitia.

Setelah berjalan sampe bibir bandara, di depan sana sudah ada pria berwajah India melambai.

"Ms. n pimred megazine X?

"Ya..benar.." jawab kami.

"Saya Augustar, yang akan pandu kalian selama 3 hari ini," pria itu memperkenalkan diri. 

WOW Amazing...dia bisa bahasa melayu. Syukur deh, paling ga kalo aku ga mudeng ama isi seminarnya bisa tanya-tanya.

Lalu dia menjelaskan asal-usulnya panjang lebar. Meskipun orang India, tapi dia ada darah Sumateranya. Karena ternyata bapaknya dari Padang. So, akhirnya kami diajak makan siang di resto masakan Padang. Rasanyapun jauh lebih enak yang di Indonesia. Menurutku pribadi.

Habis makan, tanpa ba-bi-bu ataupun tedeng aling-aling lagi, kami langsung di bawa ke kongres hari pertama. Sumpah, aku merasa puyeng karena bener-bener ga ngerti apa yang dibicarain. Hahahha...bener-bener istilah kesehatan yang rumit-rumit. Technical banget dah. Aku bergabung dengan wartawan asing yang kebanyakan kalau ga Chinese ya Indiahe..Hahahah..Cuma bisa mesam-mesem gajelas bow. Dalam hatiku, oke dah, besok aku rapel makalah-makalahnya aja sambil diterjemahin.





Lalu jam 4-nya kami cabut ke peristirahatan. Soalnya malemnya masi ada acara lagi. Semacam galla dinner gitu dah. Selama perjalanan, aku menahan mabok sambil ngedengerin Pak August bercakap panjang lebar dengan pimred majalah X. Yayaya. Sesama sesepuh, silakan saling bertukar pikiran. Hahaha..aku nyimak aja. Eh..tiba-tiba si Mr. Indiahe ini tanya...

"Nona...(Soalnya dia panggil aku Miss) sebelumnya sudah pernah ke Singapore?"

"Belum Pak, ini kali pertama saya ke luar negeri," ujarku jujur.

"Oke deh, karena Nona belum pernah ke sini, besok kita jalan-jalan ke tempat-tempat bagus," ujarnya mantab.

Sesampainya di hotel, gerimis di luar sana jatuh. Untung aja ya. Nah, ternyata kami menginap di Studio M, sebuah bangunan minimalis yang desainnya dirancang apik. Yeayyy !! Dapat kamar 1. Tidur sendiri, luaaasss lagi. HAHAHAHHA...Dan pas masuk ke kamarnya...aku takjub sejenak.





Serasa ada di kamar doraemon. Karena emang desainnya yang unik dan ga biasa. Langsung aku foto-foto deh biar ga penasaran.Nah, beres bersih-bersih badan, hendphone uda tulit-tulit. Waaahhh..dari ibu di kampung. Terus tulit tulit lagi. Waaahh dari Tamas di Indonesia. Dan pas sms 1 kali,..jentring...sisa pulsa Anda tinggal 0 rupiah. Kraiii....Terus gimana caranya komunikasi kalo kayak gini ceritanya??? Hmmm sambil mikir beribu cara, akhirnya ada panggilan kalo aku uda ditungguin ke acara selanjutnya. Apalagi kalo bukan "Opening Ceremony and Welcome Reception by Petinggi di sana". Ckckcck..narasumber kakap nih. Apa musti dia yang kudu kuwawancara? Secara aku ga bisa bahasa linggis kakaaaa..Hmmm...pasrah jilid 2
 
Yap, singkatnya itu opening berlangsung cukup singkat. Dan aku musti tebelin muka buat maju-maju ke depan dan mengambil gambar pak menterinya. Huft. Kelar acara, masi ada media briefing. Ampuunn deeh.. Di situ aku uda dihadapkan oleh pakar-pakar kesehatan dan praktisi dari berbagai negara. Dag-dig-dug dalam hati ini karena yang lain pada jago-jago banget bahasa Inggris. Sedangkan aku diam mematung menahan peluh dingin yang bercucuran karena AC.

Yahhh abis tanya jawab yang kurang lebih didominasi oleh jurnalis India, akhirnya aku dan si pimred X pamit. Niatnya sih mau cari spot-spot yang bisa dijadiin foto buat headline. Pas lagi cek booth-booth pameran, ehhh aku ketemu pakar dari Malaysia. Mayan nih buat dijadiin narasumber. Secara titelnya udah dirasa pas buat dijadiin narsum. Apalagi doi bisa bahasa melayu. Seenggaknya mayan dah buat quotation artikelku ntar. Bener, pas dideketin orangnya ramah dan berkarisma. Terus aku minta izin buat cekrek-cekrek-cekrek, foto. 

Si pimred X mupeng pengen minta hasil foto narasumberku barusan. Duhhh katanya pimred kok kamera aja ga bawa. Laptop pun dia bekal pinjem tiap abis kongres !!! Bukannya pelit, soalnya uda diijinin tapi beliaunya kayak pinjem terus. Masa malah dipake buat facebookan ama blogging. Lah...berat-berat bawa laptop dari Indo ampe tegang masuk ke pintu imigrasi kan buat kepentingaku nulis artikel. Ini malah hampir tiap hari dipinjem yang intinya ngeganggu kerjaanku. Yah...aku juga butuh buat kontak-kontakan ama keluarga dan Tamas pake facebook. Alhasil di hari ke-2 aku mulai tegas, kalo leptop seharian aku pake. Huft...

Malemnya aku curhatin semua kekesalanku ini ama tamas n mbk. Dan mereka sepakat bilang, udah ga usah pinjemin aja daripada ganggu. Dan habis lega curahin isi hati, akupun pamer ke tamas.. Pake tulis-tulis ke wall-nya dia lagi kalo aku uda nyampe Singapore. Terus aku juga cerita kalo belum apa-apa pulsaku uda kesedot entah sama operator mana, karena beda negara. Akhirnya si Tamas dengan berbaik hati mengirimiku pulsa Rp 100 rebuw. Hahahhaha...dasar..udik ya aku?

Terus iseng-iseng dia massage aku : "Yank besok takjemput ya, kita langsung cau pulang kampung dari Soeta."

Dalam hatiku pun bertanya-tanya. Ada apakah gerangan?

Ga kayak biasanya...

Besokannya, seharian diisi dengan seminar-seminar-dan seminar. Uda kebayang dong otakku dipenuhi kepulan asap menelan mentah-mentah presentasi tentang bedah jantung. Hahahhaa.... Pokoknya tiada hari tanpa ngelihat video pembedahan dan organ-organ manusia hidup.






Abis itu saatnya sante-sante...Kami dijemput Pak August buat tour ke tempat-tempat wisata. Pertama ke Pulau Sentosa. Itu loh yang ada Universal Studio-nya. Menjejakkan kaki pertama kali ke situ, rasanya excited banget. Gimana enggak kanan kiri jalan dipenuhi dengan bunga-bunga merah jambu. Sampe tibalah kami di parkiran. Hufftt jangankan dalemannya, parkirannya aja super mewah. Rapi dan terang benderang. Terus di sisinya ada tempat cassino.

Yah pokoknya Studio Universal cakep dah. Kami juga sempet masuk ke wahana-wahana keren di dalemnya kayak akuarium raksasa dan operet sejarah Singapura. Makan siangnya di salah satu hotel mewah deket Marina Bay Sands. Dan kali ini aku dijamu buffet. WOOW MATA BELO !!! Uwenak-wenak tenan makananya. Kebanyakan Asian Food sih. Saking kemaruk atau mungkin lapar, akhirnya aku nyobain makanannya ga sungkan-sungkan lagi. Ya es duren lah, es krim, singkong thailand, laksa, de el el. Ampe kembung dan diketawain Pak August.

Sudah malem kami dikasi waktu bebas buat ngapain aja. Aku mending mindekem di kamar sambil facebookan en kangen-kangenan ama amas. Hihihikk dalam hatiku, rasain leptopnya kupegang terus nih, ga bakal kupinjemin lagih.



















Tibalah hari ketiga dimana sorenya kami uda bisa balik ke Indo. Nah, biar ga nyesel udah mampir Singapore, akhirnya setengah hari kami habiskan buat belanja-belinji oleh-oleh. Kami dibawa ke Little India yang semarak oleh pernak-pernik perayaan Pujawali. Serba oranye. Dan aku jadi keingetan ama bunga kenikir.

Di sana, aku belanja aneka makanan India ready to cook kayak sambosa dan kue canai. Yah biasanya keluargaku seneng ama yang kayak ginian. Mayan murmer kok. Maklum budget jalan-jalan cupet nih. Ga bisa beli yang banyak-banyak. Eh si pimred x uda ngeborong pake trolley dong, tapi pas nyamper ke aku dia bilang kalo dia ga punya receh mau pinjem duitku. Hwaaaa !!!

Kelar belanja, uda hampir sore nih...akhirnya kami mampir ke salah satu masjid yang berada di kawasan Istana Malaka. Wow...belum-belum uda ada pemandangan indah dimana di dalamnya habis ada acara nikahan. Hihihii..jadi ikutan nonton kan.

Habis itu kami jalan menuju Changi lagi. Sedih??? Mayan... Masih blom move on sih ama udara bersihnya Singapore????








Ya apa boleh buat, kami musti dadah-dadah sama Pak August yang baik hati dan pandai cerita. Sampai ketemu lagi Pak...

Nah...karena udah mau balik ke Indo, otomatis duit kudu dituker lagi dong ke rupiah. Daaaann...setelah kami nemu money changer..aku itung-itung lagi agak rugiii bandar. Pasalnya pas beli dollar singapore kemaren dapet 4 jutaan. Eh pas ditukerin lagi ke Rupiah jadi 3,sekian juta.....Aaaaahhh ga relaaa..

Pas ngelirik ke si pimred, doi lebih ngenes lagi karena ruginya jauh lebih banyak. Hahahhaha...Terus dia semacam nyesel gitu, katanya :"Tau gitu ditukerinnya di Money Changer Soeta aja," wakaaakk asli aku ga tau harus nahan ketawa ato malu ngelihatnya. Soalnya doi juga akhirnya cerita klo dulu sempet bikin resto steak-steakan tapi gagal, terus nyebur ke saham juga rugi bandar....Hmmmm..hidup memang kejam.

Pukul 8.30 pm, akhirnya aku diangkut Garuda Indonesia buat terbang ke Soeta. Kejutaann.. Aku naik pesawat yang guede itu loh...yang barisan bangkunya ada 6. Huawwww !!! Joged-joged gembira...

Habis dapat duduk, sengaja pejamin mata biar ga denger curhatan orang galau karena rugi bandar. Hahahahhaa..

Sekitar jam 10-an aku tiba di Tangerang. 

Dan di sana sudah ada amas yang menjemputku buat pulkam. Pas kutanya, emang mau ngapain? Katanya : mau LAMARAN...!!! AAAHHH...Manisnyaaaa...