Selasa, 12 Mei 2015

Hitung Mundur Mei Kita



Bulan Mei rasanya menjadi bulan spesial. Tahun lalu, tepat saat angka 15 bercokol indah di kalender, resmi sudah aku diambil alih dari tanggung jawab ayahku. Ya, layaknya gadis polos yang belum pernah pacaran dari SD sampe kuliah, rasanya hatiku begitu sejuk saat ada seorang lelaki yang dengan gagah berani memintaku untuk serius. Kayak di dunia Disney, cukuplah aku berkomitmen dengan 1 orang yang jelas-jelas pertama dan insyaAlloh juga yang terakhir (Amiin).




Life happily ever after.... semoga.

Masi terngiang di kepala betapa manisnya saat perjumpaan pertama dengan suami. Hmm...ya ceritanya sih kenal lewat dunia maya. Apalagi kalo bukan facebook. Secara tahun 2010 cuma itu yang paling nge-hits. Twitter ataupun instagram??? Mana ada. Hahahha...

Kuakui dulu aku pernah mengalami masa-masa paling labil dalam sejarah. Seperti kalian-kalian inilah yang lagi ada di semester-semester akhir. Kalau ga salah waktu itu aku masih semester 6-an deh. Ya, karena kebanjiran tugas dan bolak-balik kudu ngeprint, aku jadi rajin nongkrong di warnet. Minimal tiap weekend musti kongko di situ. Alasannya sih tugas, tapi kebanyakan malah donlod-donlod animasi or walpaper kalo ga fb-an (cuma aktivitas ini yang bisa kumanfaatkan saat itu, soalnya gaptek sih aslinya).

Ampun-ampunan dah, sampe nyisihin uang makan yang dikasi ortu tiap bulan buat dispend ke warnet #maklum coy, dulu kan leptop cumak bisa diijabah oleh orang-orang kaya atau mahasiswa daerah yang dapet beasiswa dari pemdanya. Huhuuu...jujur dulu waktu masih mahasiswa aku tergolong kere.

Nah, cerita berlanjut ketika aku mulai punya banyak teman di dunia maya. Paling banter sih alumni SMA. Salah satunya yaitu suamiku, yang ternyata kakak kelas SMA, beda beberapa tahun. Sama aja bookk ga ketemu dong. Ya bayangin aja, kalo dia kelas SMA, aku masih SD. ..jangan dibayangin tampang kami andaikata lorong waktu mempertemukan di masa itu. Gembulnita)

Balik lagi ke zaman labil. Waktu itu aku bisa loh update status sampe 3 kali dalam sehari. Isinya ya aneh-aneh. Hahahah...

Misal suatu kali aku pernah nulis note geje macam gini...

100% piano Rock!!!

December 18, 2010 at 8:41pm

Itulah band asal inggris yg gue suka...saat ini 4thun terahir...semenjak gue mulai menyukai jenis musik dg aliran yg walaupun rada' melo tapi tetep ada bietnya--kayak lagu-2 keane..gue suka bgt...karena enak didenger saat kita lagi melihat sesuatu dari jendela---saat berada dalam bis...ato waktu2 tenang saat hanya ada burung hantu berbunyi--hug-hug-hug!!!" waktu waktu keramat jam 00.00 enaknya setel musik slow lambatttt abis kayak "she has no time...atau yg ada gerak dikitnya--"bend and break"

Terus tiba-tiba beberapa menit kemudian ada komen satu tertanda S (yang mana sekarang menjadi lelakiku). Jadi S : suami, A : aku.

Komennya gini :

S : yen ngrungokke langgam jowo karo qosidah yak e luweh ayem iki atine... gampang olehe turu...

A : -_____-" (DALAM HATI BERKATA, NI ORANG SELERANYA BEGINIII???)

Atau saat aku nggugah hasil gambarku berikut :
September 27, 2010

Judul : Let me hold you... 

Terus beberapa menit kemudian, ada seseorang yang urun komen.

S : Boleh kau pinjamkan sejenak kepada ku justi... (waktu kuliah aku sering dipanggil Justi)

A : Nih kupinjamkan...he
(tanpa rasa curiga or berpikir yang aneh-aneh, LEMPENG AJA BRAY...) 

S : Dengan penuh kasih ku terima, ku jaga dan ku rawat serta ku cover dengan asuransi agar tetap sesuai sedia kala....

A : Klo benar, akan kujaga hati ini biar ga lari kemana-mana....(masi dengan nada polosss...)

S :  Akan ku jaga kepercayaanmu setulus hatiku, semoga Allah Meridhoi apa yang terjadi.


CIEEE..... (langsung dipendel jomblo lewatt)

Jadii.....kurang lebih gambar itulah yang menentukan kami kopdar. Suatu ketika dia ada kerjaan di Bogor. Tak ada angin tak ada hujan, Malam Minggu yang syahdu itu hape Sony Ericson varian paling murahku bunyi. Centring ada SMS. Dari nomor orang yang ngakunya kakak kelas SMA yang sering komen di FB-ku. Isinya...dia pengen ditemenin jalan-jalan ke Kebon Raya. Alibinya sih ngurus kerjaan di Gunung Putri. Tanpa satu prasangkapun, dan waktu itu juga mikirnya kan ini kakak kelas, sedaerah lagi (walau beda kabupaten), otomatis rasa persaudaraan pun terasa sekali. Kuiyainlah ajakannya.

Deg-degan sih.

Secara cuma ni cowok yang berani betul ngajak ketemuan sama anak yang belum pernah pacaran. Tapi rasa itu kutepis lebar-lebar. Anggap aja temu kakak kelas.

Hari pun berganti. Di Minggu pagi aku udah siapin batin paling buruk sekalipun andaikata pertemuan itu berbuah pahit. Hhahahaha...Jadi aku bersikap sesopan mungkin, senetral dan sebiasa-biasa mungkin.

Sempat terbersit, ah paling doi cuma basa-basi. Buktinya udah jam sebelasan belum ada sms lagi. Jadi aku terlanjur males-malesan. Aku malah nonton infotemen sambil tidur-tiduran.

Eaaaaaalah ga lama kemudian HPku bunyi lagi. Katanya doi uda hampir sampe. Ya masih di terminal Laladon sih. Terus dia bingung jalur selanjutnya pake apa. Yoih, dia emang ngangkot. Hahahahha... Cintaku di jemputan angkot dah.
Aku kaget setengah mampus. Jadi ini beneran mau nyamper di kos? Kosanku kan terpencil ciiinn. Letaknya dikelilingin sawah daerah Bara 1 paling ujung yang dilaluin kotak sampah pertama dari jalan raya.

"Patokannya apa Justi?"

"Emm... tar kalo abis dari tempat sampah pertama mas turun, udah gitu ikutin jalan setapak lurussss teruss..tar di ujungnya noh ada rumah kosan," (Fuh tengsin bray ngejelasin tentang tempat sampah).

"Oke," katanya pendek.

Dalam sekelebatan itulah aku langsung blingsatan cari baju. Maklumlah belum pernah kencan. Bolak-balik aku setrika gamis yang rada kusut. Dan setelah capek ngaca, akhirnya kuputuskan buat pake baju gamis kembang-kembang pink sepasang dengan tas ransel warna senada. EPIC !!! (Dan sekarang dia merasa geli kalo aku pake outfit head to toe warna pink kembang-kembang !!! Katanya itu culun bangettt).

Tiba saatnya HP berbunyi. 

"Aku sudah nyampe di depan," katanya.

DEG. Udah deh ga usah ditanya gimana rasanya ni jantung mau copot. 

Hahahhaa

Langsung dengan malu-malu kubuka pintu, dan di sanalah lelaki kurus tinggi itupun memberikan senyum termanisnya. Kesan pertamanya padaku, katanya kaget, aku anaknya sepolos ini, mana lagi pilek lagi. Suara nyaris kayak kodok dan inguspun keluar masuk. Huft...ini karena flu. Makanya aku bawa-bawa sapu tangan.

Kenalan dikit, terus jalan deh ke Kebon Raya....sambil jalan aja ceritanyaa biar cepet hahahhaha....

Ada kejadian lucu sih waktu pertemuan pertama. Pas jam makan siang, saking bingungnya mau makan dimana, akhirnya kugiringlah ke Resto Masakan Padang. Padahalll....dia itu paling benci masakan Padang. Hahahhaha... Tapi dia gengsi lah kalau ga nurutin tuan rumah. Akhirnya doi makan dengan muka aneh....sedangkan aku cuma minum jus. Serius abis dipaksa makan nasi, akunya malah bilang udah makan, PADAHAL SEBENERNYA LAGI DIET.

Habis itu jalan-jalan, cerita-cerita....sampe sore dan hujan. Aku diantar balik ke kosan. Naik angkot. Hahahahah...

Jalanlah kami menyusuri gang. Sepayung berdua...sungguh romantisnya..

Dia juga nyebut namaku dengan aksen lucu...Justi itu diucapnya Jasti... Lalu aku protes dan ditertawakan.

"La iyaaa...Jasti kan artinya 'just for me'," gombalnya.
#langsung muncul kupu-kupu dari dalam hati...

"Memang diciptakan untuk kalangan tertentu, jadi harus jadi milikku toh, bakal takuyak-uyak mbuh tekan ndi... klo pun uda punya pacar, yo bakal takrebut, hehehee," terangnya.

1 bulan kemudian.....tepatnya 19 Desember 2010, aku diajak ketemuan lagi. Di kebon Raya lagi. Dan di situlah dia mau bilang serius (sembari nunggu aku lulus).

Kami memang LDR-an. Jarang banget ketemu. Sebulan bahkan 2 bulan sekali. Tapi kami sama-sama nyaman. Karena udah katam jomblo dari zaman sekolah, makanya justru aku risih kalau sms-an tiap menit tiap detik. Walhasil ada jam dimana kami leluasa sms-an. Apalagi aku dulu ngebet banget ngejer IP bagus makanya yang kuutamakan adalah belajar, baru abis itu SMS-an. Xixiixixi...

Lain hari aku dijemput pake mobil losbak, karena dia lagi ada proyek yang mengharuskan bawa-bawa barang pake mobil kantor. Sungguh ga ada rasa gimana waktu itu. Hihihiii...Kupikir ya dia cuma karyawan biasa. Barulah aku dikasi tau setelah nikah. Ternyata dia bukan karyawan, tapi lebih dari itu.... 

Umur 20 tahun emang rawan kena teror pertanyaan ortu udah punya pacar belum. Nah biar terhindar dari acara dijodoh2kan, langsung saja aku kasih kode keras, "Bu, ini loh pilihanku."

Lewat sepucuk surat kudownload pula salah satu foto profil si mas yang menurutku paling ganteng  (foto waktu dia lagi manjat gunung) tuk diberikan pada ibu. Hahahaaa...pokoknya ga mau tau. Ku cuma mau ma yang ini.... wwwwwkkk..

Seumur-umur aku hampir menemukan kriteria sempurna dalam dirimu...
tak pernah perhitungan
royal
ramah sama semua orang
dewasa
apa adanya
sederhana (anak seorang petani yang tidak pernah membanding-bandingkan status ataupun kerjaan dan lulusan mana...)
ga neko-neko
pengertian
sabar
bisa ngemong aku yang masih kekanak-kanakan. 
ya meskipun gengsimu tinggi. 

Counting down menuju anniversary...
Mungkin bahtera kami masih seumur jagung....namun itu tak menyurutkan langkah kami tuk meraih ridho ilahi

Jakarta, 12 Mei 2015


"Tulisan ini diikutksertakan dalam Giveaway Suarakan Cintamu"