Minggu, 17 Juli 2016

Gembus



Salah satu jajanan wajib yang masuk list pulkam adalah gembus. Bukan !! Yang ini bukan tempe gembus, melainkan penganan tradisional asal Cilacap (yang tentunya juga banyak dijumpai di desa kami). Kalo di kabupaten lain namanya binggel. Yang suka wayangan pasti paham deh dengan donat 'Jawa' satu ini yang berbahan dasar singkong (kanji). Bentuknya pun sangat khas, yaitu mirip lanthing, namun dalam versi basah. Karena kan kalo lanthing teksurnya keras (kering). 



Warna gembus putih, teksturnya kenyal. Cocok dimakan selagi panas dan baru mentas dari atas wajan. Gembus yang sudah mendingin biasanya akan menjadi alot dan susah dikunyah. Itulah mengapa, sehabis membeli gembus, biasanya aku selalu cepet-cepetan lomba sama adek, kakak, suami, ato pun ibu buat menghabiskannya.

Gembus ada yang dijual mentahan, ada pula yang dijual siap saji alias digoreng. Aku sendiri lebih suka membeli jadi karena takut salah dalam hal menggoreng. Pernah, aku beli 1 set gembus mentah di Pasar untuk dibawa pas mudik balik, tapi sampai kota malah kacau menggorengnya. Entah gimana teknik yang benar, yang jelas gembus yang kuhasilkan malah lebih mirip kayak cireng. Bentuknya sudah apakabar karena ketahan lama di dalam mobil hingga menghabiskan waktu 2 harian. Itulah mengapa bentuknya sudah bukan menyerupai donat lagi, tapi nyatu layaknya cireng, wkwkw.

Kalo gembus yang sudah matang, aku belinya pas mudik hari kedua di tempat ortu. Setelah mengantarkan Ibu buka bersama dengan anggota PNPM Desa, aku usul untuk sekalian cari jajanan berbuka. Karena kesian juga si Kunyut,. Kan dia jarang yang namanya jajan di luar. Mangkanya sekalian pulang, hayok deh puas-puasin minta traktiran sama kakakknya yang cantik lagi baik hati ini *hahahha*. 

Jadi ketika lewat di pertigaan sekulahan-ku dan suami dulu (ciyeh)...., kebetulan kami liat ibu-ibu jualan gembus. Akupun antusias dan minta menepi sebentar buat beli gocengan. Biasa, hasrat pengen foto-foto kek koran yang lagi ngeliput kulineran tumbuh. Entah kenapa aku suka banget motret candid pedagang-pedagang makanan yang dagangannya ini unik-unik. Kayak pedagang gembus ini. Yang cara masaknya bisa ditonton live dengan media penggorengan menggunakan tungku gerabah, dan senthir yang berguna sebagai penerang jika toh harus berjualan sampe malam hari. Selain itu, gembus-gembus putih yang mengembang setelah mandi minyak dalam wajan besar emang penampilannya minta dicomot banget, hihihi.

Kalian sendiri uda pernah makan gembus blom?


 

25 komentar:

  1. Donat jowo. Di pekalongan namanya jolobiyo Nit

    BalasHapus
  2. Jadi kek cireng gitu ya mbak, dasar otaknya mikir gorengan mulu.
    Ternyata beneran kalo salah gorengnya jadi kayak cireng, aku belum pernah makan ini :(

    Minal aidzin walwaidzin ya mbak Nita :)

    BalasHapus
  3. Nit, aku pulang juga makanin ini trus bawa ke Jakarta juga. Kalo di tempatku namanya geblek trus bentuknya angka 8, buka bunder-bunder thok gitu.

    BalasHapus
  4. Aku penasaran kirain gembus itu tempe gembus...ternyata bukan
    dan bentuknya kek donat gitu...enak gak mbak...
    cocolannya apa ya? Kan klo pempek ada kuah cuko klo gembus itu enaknya dicocol pake apa?

    BalasHapus
  5. Belum pernah nyoba ih... Rasanya jauh beda gak ama cireng?

    BalasHapus
  6. Prembuuuun juga yang khas akan bengkoangnya itu nggak sih? Rumah saudaraku disana juga dong mbak :D hihihi

    Eng... tapi untuk yang gembus ini kok aku belum pernah tau ya ._.

    BalasHapus
  7. aduuuh jadi pengen jugaa..kayaknya enak bangeet ;)

    BalasHapus
  8. Boleh dong kirim ke depok, hehe

    BalasHapus
  9. aku tau kuenya nit tapi gatau namanya apa hahha apeu

    BalasHapus
  10. Awalnya tak kira gembus tempe mba nit,
    ternyata donat singkong toh, hahahha aku belum pernah coba, taunya lanting aja

    BalasHapus
  11. baru denger dek nama makanannya :) Ortu pasti suka nih :)

    BalasHapus
  12. wah belum pernah nyobain gembut nih...

    BalasHapus
  13. Aku kenal namanya Donat ndesoooo, hehehe
    Nita, maaf lahir dan batin ya, maaf baru mampir lagi :)

    BalasHapus
  14. saya baru tau ada makanan yg namanya gembus kalo lanthing sih pernah denger dan nyobain? rasa gembus gimana kak> asin? manis? hehehe


    Regards,
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  15. belum pernah coba makan gembus :)

    BalasHapus
  16. Gembus ini pernah masuk di Tau gak sih Trans7 waktu syutingnya di cilacap.. tapi mereka bilangnya lanting..

    Tapi aku belum pernah nyobain ini sih..

    BalasHapus
  17. Saya belum pernah makan Gembus, Nit. Makannya pakai gula halus ya?
    Dari penampakannya kayaknya enak, nih!

    BalasHapus
  18. aku blom pernah tahu gembus ini mbul klo klanting aku dah tahu... gembus kupikir tempe gembus hahaha
    kirim seplastik sini mbul kayaknya enak :D

    BalasHapus
  19. Gembus ini asin apa manis mbak?
    Aku penggemar makanan yang rasanya melar-melar hahahaa

    BalasHapus
  20. Kaya kue cincin org betawi bukan sih?
    Btw kamu dan pak suami, se sma?

    BalasHapus
  21. Penampakannya mirip2 krupuk kulit yah. Baru kali ini liat gembus yg bukan tempe :)

    BalasHapus
  22. beluuuuum, dan aku jd penasaran Nit :D.. kenyal2 gitu ya... jadi rasanya sendiri apa nih? maniskah ato gurih ato tawar? dimakan gitu aja ya? g pake cocolan saus ato apaa gitu.. yg aku tau cuma tempe gembus ;p

    BalasHapus
  23. belum ada yang buat Gembus di Medan :')

    BalasHapus
  24. Mba, tempatku kalo gembus yg tempe gembus itu, dari ampas tahu. Yg kayak cireng blm pernah makan.

    BalasHapus
  25. Aku baru denger kalo gembus yang ini. Biasanya sih tempe gembus yang aku pernah makan, dikasih sambal kecap mantap deh. Kalo gembus ini tampilannya mirip dengan kerupuk rambak ya menurutku.

    BalasHapus