Senin, 01 Agustus 2016

Ronde dan Kuliner di Alun-Alun Kebumen




Semangat pagi Sobat Mbul semua...Gimana Seninmu? Dah terasa Senin rasa Jumat belom?*mintak dipites. Kali ini aku mau posting makanan lagi. E gag denk..sebenernya lebih fokeus ke arah minuman sih. Moga-moga ga pada bosen ya aku nulis kuliner mulu. Ngepostnya ga kira-kira lagi, maen bablas aja, ga lompat ke label lain diantara jeda hari yang lumayan pendek. Abisan postingan ini  yang paling aman sih biar ga dikata-katain yang agak skeri...kayak pas nulis label laen *kek opinih misalnya* wakakak..



Jadi kali ini aku mau ngulas tentang pengalamanku waktu icip-icip kulinairrr di Alun-Alun Kebumen. Kalau ada yang belum tahu, Alun-Alun Kebumen ini terletak di depan Masjid Agung Kebumen. Ya emang sih aku nulis ini agak-agak latepost *BUKAN LATEPOST lagi Mbul, emang udaaa dari kapan tauuu harusnya dipost wooy ahahha*, tapi kan ya sayang kalau itu foto ronde dengan indil-indil-nya yang super cerah ceria merah jambu ga dibreakdown lagi jadi ulasan yang lengkaaaf..*if you know what i mean, aku kan pernah jadiin sekilas postingan kuliner ini waktu mudik hari pertama kemaren..tapi itu terlalu singkat*, jadi yaudah sekarang aku ulas lagi dengan paragraf yang agak panjangan.

Ronde di Depan Alun-Alun Kebumen

Nah, ngomongin soal ronde, uda pada tahu kan wedang jahe dengan aneka perintilan cem kacang goreng, irisan roti, indil-indil (kalau di bubur candil, ya itu yang bentuknya bola-bola), sama irisan kolang-kaling tipis ini? Yup, ronde emang identik dengan wedangan murah meriah khas anak tongkrongan di malam hari. Wedang di sini berasal dari Bahasa Jawa yang mengacu pada air minum panas. Ronde biasanya disajikan dalam mangkuk-mangkuk kecil yang kayak sajian sup miliknya orang-orang China. Rasa jahe yang pedes hangat inilah yang membingkai malam menjadi semakin syahdu dan menghangatkan. 

Kalau pulang kampung, kuliner yang wajib beli selain gembus ya ronde ini. Soalnya belum nemu rasa ronde yang pas selain yang ada di kampung halaman. Di Tangerang dekat tempat tinggalku sih ada, cuma belum cocok racikannya sama lidah. Kurang nendang kayak yang di Kebumen atau yang paling nyuss sih yang di depan alun-alun Prembun, deket pos polisi, cuma akhir-akhir ini sering ga ketemu sama yang jualnya : (.





Diantara banyak elemen ronde yang ditenggelamkan dalam air jahe, aku paling suka sama kolang-kaling dan indil-indilnya. Kalau keceplus itu (terutama si indil-indil), rasanya kayak puas aja. Makceproott gitu hahah...mirip klepon lah cuma dia ga pake isian gula merah.Selain disantap hangat-hangat, ronde juga enak loh disantap dengan sensasi es, misalnya kalau pas ga abis ya sisanya kutaruh di kulkas. Begitu haus, buka lagi ehhh enak-enak aja loh diteguk dingin-dingin gitu.

Nasi Goreng Magelangan di Alun-Alun Kebumen

Selain ronde, waktu mudik kemaren, aku juga berkesempatan mencicipi nasi goreng Magelangan di Alun-Alun Kebumen. Nasgor ini dijual persis di muka gerbang Masjid Agung Kebumen, sehingga begitu kaki memijakkan diri di atas paving pinggir Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Kebumen ini, maka aroma bawang plus terasi nasgor yang nyegrak itu akan tercium sehingga bikin yang lewat jadi kepingin mampir *etapi sriyus loh, aroma kosekan bumbu yang bikin kita hacim-hacim ini biasanya mang winuuukkk* 






Waktu itu kami datengnya pas rame-ramenya orang mau buka, jadi nasgor ini udah dikelilingin pemuda-pemudi Kebumen yang hendak bukber atau sekedar ngedate bareng pasangan. Antrinya lumayan. Tapi kayaknya sih worth it ya mengingat cuma kede ini yang paling penuh. 

Nasgor Magelangan ini bisa direquest dengan tingkat kepedesan yang sesuai selera, sehingga tidak ada pengunjung yang bakal merasa kecolongan misal ada yang ga demen pedes e malah dapet yang pedes. Tapi pas moment ini aku rada nyesel sih, habis aku pikir ga pedes yang kupesen masih ada lah sedikit sensasi cabenya, ehh pas uda mateng en disendok kok ga ada pedes-pedesnya. Trus ngelirik punya Pak Suami yang pesennya pedes standar eh la kok enakan punya dia hahahhahahsemb. Akhirnya tukeran *mbul memang resek...*







Nasgornya sebenernya standar sih. Isiannya seperti nasgor pada umumnya. Ada potongan kol, sawi, irisan ayam, dan baso. Selain itu taburan bawang goreng dan krupuknya juga jadi bonus sebagai toppingnya. Cuma--sekali lagi--yang pedes kayak pesenan Tamas kok ya rasa terasinya lebih pas. Jadi gurih nikmeeh bercampur pedaaz gitu lah. Porsinya juga yang ga semengenyangkan nasgor gerobakannya Jabodetabek. Yang ini takaran piringnya pas, sesuai dengan takaran orang Bumen yang emang langsing-langsing cem eykeh *ditampol.










Es Buah

Selain itu, kami juga kepincut sama es buah sebagai penetralisir jahe yang pedas, serta nasgor yang masih mengepul panas. Es buah di Alun-Alun Kebumen memang stand-nya berjajar dengan si tukang ronde dan nasgor tadi, jadi bisa saling melengkapi pesanan pengunjung. Es yang kami pesan porsinya 1 aja mengingat perut langsung full tank kalau keisi banyak makanan. Belom lagi karena rasanya yang dominan manis-gurih kabeh, huhu *dijamin abis ini bakal rajin diet karbo* hahahha.







Ga kalah rame dari bakul-bakul gerobakan di sebelahnya, es buah ini juga banyak diserbu pengunjung lantaran isinya yang khas. Ya, emang sih hampir sama kayak sop buah di Jabodetabek, cuma ga tau kenapa menurutku siropnya lain. Lebih berasa wangi vanili. Jadi enak gitu ga terlalu yang rasa sirop menstrim di pasaran.














Isiannya juga variatif. Ada apel merah, melon, buah naga (yang sayangnya putih), jeruk, nenas, pepaya, jambu biji, sama ager. Agernya juga lebih kenyal dan jelly banget, ga sekeras yang sop buah di Jabodetabek. Makanya untuk kali ini aku rela nyomotin agernya sampe abis. Karena kan kalo ager yang keras aku ga doyan. Pokonya over all, nancep deh. Enak dan pas di kantong pelajar *dikata gue dan Tamas masih pelajar kali yes, tapi biarlah itu artinya muka kami masih awet nom hueheheh*.




33 komentar:

  1. waaahh mba nit sekalinya ngelahap pesenya ya wedang ronde, ya nasgor, ya es buah.
    kalo yang es buah situ tuh udah kayak langgananku mba, seger banget.
    wedang rondene emang siip banget, pas dengan suasana kebumen.
    biasanya aku kalo es buah makanya mendoan mba masih berjejer juga disitu.
    seneng kalo baca soal kulineran begini mba, gak bosen.

    BalasHapus
  2. aku gak gitu suka minum ronde sih nit
    terakhir kali nongkrong diajakin senior minum ronde aku cuma makan telor kampung rebus doang LOL :D

    BalasHapus
  3. cock dah jadi duta kuliner nusantara.. heheheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nunggu reshuffle aja, mungkin di reshuffle lagi kak... heheh :D

      Hapus
    2. heheheh iya ya.. heheh :D sudah gk mau ikut ikut juga.

      Hapus
  4. Walaaa saya langsung ngeces kepengen ronde. Sebenarnya rondenya sih biasa Nit, cuma cara mendiskripsikan itu loh yang bikin pengen, emang Nita jagonya ngiming-imingi :)

    Es buahnya murah sekali ya Nit, buahnya banyak gitu cuma 5ribu. Nah jadi pengen es buah juga kan saya hihihi

    BalasHapus
  5. Aku juga suka indil2 di ronde.. di Malang ada vendor favoritku, indil2nya diisi kacang tumbuk sama gula.. sensanyinya jd mirip kelepon, heheh

    Oh nasgor magelang itu semacam nasgor terasi ya? pernah nyoba nasgor magelang vendor waralaba gitu.. kok aneh ya rasanya, kayaknya kudu nyoba ke jateng langsung ini, :D

    BalasHapus
  6. *dadah-dadah makin lapar kalo berkunjung kesini. Aduh aku terakhir makan ronde itu pas ke magelang, huhuhu kangen jajan jajan di central java, murmer semua enak pula.

    BalasHapus
  7. Mba gusty~~ rondenya keliatan enak banget.. Jadi ngidam :9 huwaaa pengen :)

    BalasHapus
  8. Ronde enaknya diminum pas dingin, pas hujan gitu. Minumnya ditengah-tengah hujan. Hehe..

    Nasi gorengnya enak nih, Magelangan style kalo disini nyebutnya mawut.

    BalasHapus
  9. Es buahnya kok murah bener itu, cuma 5 ribu? Wuah segeeernyaaa.
    Kalo ronde cocoknya dimakan anget pas hawa dingin ya. Ronde yang biasa aku beli di jember tidak pake yg bulatan2 itu, diganti kolang kaling :)

    BalasHapus
  10. wedang ronde memang enak... menghangatkan badan kalau lagi dingin-dingin gini...

    BalasHapus
  11. Aiiiiih, es buahnya menggoda... Hahaha... Kalau ronde saya entah kenapa kurang begitu suka huhu

    BalasHapus
  12. pgn deh ngerasain ronde yg sensasinya makceprot gt nit, wkwkwkwk,
    mbul mbul mbok ya aku diajak gt klok kulineran, sekalian dibayarin gt mbul *lalu ditimpuk indil2* :D

    BalasHapus
  13. Weidyan...5ribu doang itu es buah serame itu

    BalasHapus
  14. Aku juga suka ronde tapi kalo beli di abang2 yang lewat bikin kapok, abis minum ronde malah sakit tenggorokan.. huhu

    Nasi goreng magelangan nya emang maknyus kayanya,, nyaam

    BalasHapus
  15. Wadaw sepertinya saya kalah embulnya nih sama teh embul yang satu ini, ahi hi hi bagaimana tidak menu makannya saja sudah buanyak begitu kalau saya mah mungkin langsung tepat atuh.
    Kalau yang paling saya sukai adalah buahnya kali mbak.

    BalasHapus
  16. Udah lama nggak makan ronde, jadi pengin nyobain :)

    BalasHapus
  17. Penasaran banget sama rasa Ronde itu kayak apa? serius belum pernah nyobain dari zaman dahulu kala, :D

    BalasHapus
  18. Aaakkk sodara deketku rumahnya di Kebumeeen. *terus ngopo*
    Itu emang mantap sih nasi goreng magelangan nggak ada yang ngalahin. Tapi coba beli mie goreng magelangan. Itu lebih nyooosss! (lha, berarti ada yang ngalahin ya?). \:p/

    BalasHapus
  19. Aku lebih kepincut sama es buahnya
    Bikin ngilerrrrr :9

    anaknya emang suka es es an hahaha

    BalasHapus
  20. Aku di Kebumen tapi belum pernah ke alun-alun. Maklum kebumen pelosok.
    Rondenya ini lo yang bikin ngiler.
    Es buahnya juga bolehlah.

    BalasHapus
  21. Mba Nita...enak2 semuanya ....jadi ngiler deh ...

    BalasHapus
  22. Wah pas banget nih, pas udan udan minum wedang ronde :D

    BalasHapus
  23. samaaaa nit , aku jg paling suka yg kolang kaling ama yg bulet2 itu kalo makan wedang ronde... ;) sebenernya aku ga suka jahe yaa.. tapi nth kenapa kalo dibikin bandrek ato ronde kyk gini aku doyan.. jahenya g bikin mual :D...

    itu nasi goreng walo kata kamu std, tp dr segi penampakan tipikal nasi goreng yg aku suka nih.. ga gitu coklat krn kecap :D..

    trs trs... itu kenapa es buah segede itu bisa cuma 5 rb only!! :D.. ya ampuuun beruntunglah org2 yg tinggal di daerah yaaa

    BalasHapus
  24. wah asyik juga berwisata Kuliner di Kebumen.. aku belum pernah main ke alun-alunnya.. paling cuma di Pantai Kebumen. Kapan2 semoga bisa mampir ke alun2 Kebumen aah.. :)

    BalasHapus
  25. wah keliatannya enak-enak :D untung baca postingan ini pas udah makan klo enggak bisa krucuk2 nih perut hihihi

    BalasHapus
  26. Wah enak nih. Kapan-kapan Saya ditraktir dong, Saya kan juga orang Kebumen hehehe ...

    BalasHapus
  27. dek, kayaknya lama2 aku takut jalan sama kamu... Kamu langsing tp rakus juga ya (bisa nambah saingan nih, aku kan rakus juga heheheh)

    BalasHapus
  28. Jadi itu ya, nit. Yang namanya Ronde-ronde.. Gue mah, orang Pekanbaru gak tau apa itu ROnde-ronde. hehehe. Kemaren sempet, sih. Diceritain sama temen. Tapi, ya sekali lagi. CUman diceritain. -_-

    Awalnya kupikir dirimu makannya sikit nit. Eladalah... Daharmu akeh banget rupane nit... Kapan2, kirimlah ke Pekanbaru. XD

    BalasHapus
  29. Adoh adoh adoh adooohhhhh wedang rondenyaaaaaa. Bikin pengen langsung ke kebumen. Kata mama aku di Jogja juga ada yang kaya gitu ya mbul, indil-indilnya itu kalo digigit kletus gitukaaan. Isinya apa sih? gula merah ya? KAyanya enak deh diminum ujan-ujan gituuu.. Jadi ngileeeerrrrrrr

    BalasHapus
  30. Malam minggu biasanya saya sering kesana, wedang ronde pastinya.

    BalasHapus