Selasa, 13 September 2016

Kenangan Darmawisata ke Bali Waktu Sekulah...




Aku ngetik ini sambil ngunyah tahu yang terlanjur dingin. Gas lagi habis. Sementara atap dapurku masih bocor. Aku sebenernya bete karena nulis ini dalam keadaan lapar. Aku mau masak telor, tapi males-malesan ngepelin air yang trocoh dari langit terus tembus ke talang-talang air yang begitu enaknya ngalir lewat sudut eternit. Habis itu kompakan sama pasir-pasir yang ada di bawahnya buat ngotorin meja dapurku. Aku bilang ke Pak Suami kapan mau dibenerin, eh dijawabnya malah nanti-nanti. Terus pengumuman gasnya abis, eh dijawabnya malah : "Alhamdulilaaaahh (yang artinya nggak usah lagi makan masakanku yang kacrut itu, haha)." *bakaarrr!



Hari-hari ke belakang, rasanya  benar-benar suntuk karena diliputi hujan deras setiap hari. Mendung tebal menyelimuti langit dan bisa pecah kapan saja tanpa diminta. Bocornya atap sudah pasti membuatku malas untuk memasak. Kalau sudah begitu, paling-paling aku cuma bisa ndekem kayak kucing, terus ngeblog sambil nulis suka-suka. Sok-sokan ngegalauin hal-hal yang terjadi beberapa pekan terakhir. Kiranya apa yang bisa ditulis dan dibaca kapanpun aku sempat. Ah ya, tentang isi dompet yang sialnya makin hari makin tipis karena ada aja acara kondangan, lawatan kematian, dan lain sebagainya yang seolah ngalir tanpa henti. Kalau nggak, ya ngitungin jatah libur yang suka kebuang percuma lantaran salah satu dari kami pasti ada yang sakit. Kayak pas akhir Agustus kemaren, yang bisa dibilang 4 hari buat hanimun malah kepake buat nginep di RS karena tifus. Atau pas kepengen kemana gitu, eh sialnya pas aku lagi demam atau dipasrahin jadi penerima tamu di nikahan kerabat. Macem-macem. 

Makin ke sini, aku ngerasa semangat nulisku makin letoy. Jadwal ngeblogku juga kacau. Aku lagi badmood nulis. Ide banyak--bergelimangan. Tapi kadung puyeng memulainya dari mana. Rasa-rasanya perlu asupan gizi liwat tulisan yang ditranskripsikan dengan jalan-jalan. Semacam kudu ada momentumnya dulu biar ada sesuatu yang baru untuk dipost. Lalu aku merindukan udara Bali berikut kamboja merah jambu yang terselip diantara sesaji-sesaji yang diletakkan di sudut jalan. Aku merindukan suara rancak gamelan yang mengiring setiap lekuk liku penari Legong dengan bola matanya yang membelalak galak namun penuh sihir. Aku pengen menghirup udara pantai, main ke Bedugul, bercanda dengan monyet-monyet gemuknya Sangeh, atau memotreti setiap hijau basahnya sawah-sawah Ubud yang dikenal dengan sistem terasering atau Subak. Ya, aku lagi bener-bener pengen ke Bali. Dengan kata lain ngebet.


Aku saat kelas 2 SMA

Aku pake jeans cutbray...rambut potongan ala pulwan heheh



Udah lama aku nggak ke Bali. Eh, tunggu...kalimat barusan kedengerannya seperti : udah lama nggak bolak-balik ke Bali--iya nggak sih? Namun, sesungguhnya, aku baru ke Bali itu satu kali, yakni semasa piknik sekolah. Waktu itu aku masih unyuk-unyuknya dengan potongan rambut bob dan celana cutbray yang cukup hits, mengikuti darmawisata SMA bersama teman-teman satu angkatan yang berjumlah belasan. Menyeberang dari Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk dengan budget total kurang lebih 700 k untuk wisata selama 4 hari 3 malam. Ya 700 k saja dengan fasilitas bis, naik kapal, dan setelahnya booking hotel kelas melati. Sangat sederhana, walau  sesungguhnya pada masa itu adalah masa-masa takjubnya (baca : norak), ketika kaki ini berhasil memijakkan kaki di luar Bumi Jawa. Sampai-sampai ada seorang teman yang dengan pedenya berteriak lantang: "Welcome to Bali Islaaaaand !!" Dengan kosa kata islandnya yang bener-bener diucapkan is-land, wkwkwkw.

Oh ya, darmawisata SMA ini juga suka ngingetin aku sama kejadian-kejadian aneh deh. Dasar akunya yang katrok kali ya, jadi lumayan cemen juga pas pembagian kamar karena toh teman-teman udah punya gengnya sendiri-sendiri. Tinggal kami-kami inilah (baca : yang kalem-kalem) yang harus pasrah andaikata harus sekamar dengan anak yang lebih populer. Kadang malah sampai ada yang ngedoa-doa juga biar kami nggak sekamar dengan anak yang lebih populer, karena kan biasanya mereka ini suka menindas yang lugu-lugu macam kami, hahahha... #masalah klasik. 





Setelah diundi, untunglah aku dapet teman sekamar yang sealiran (maksudnya sama-sama kalem gitu, jadi biar nyambung obrolannya). Satu kamar dijatah  4-5 orang. Habis itu saling rebutan, siapa yang mau tidur di posisi ujung, tengah, atau pinggir (baca : menghadap ke tembok). Kan ada mitos tuh, andaikata kita tidurnya paling dekat sama tembok, maka biasanya kitalah yang akan sering dilihatin sama kejadian-kejadian mistis. Nah, karena semua pada cemen, maka dengan gagah berani aku bilang : yaudah deh aku aja yang tidur paling pinggir. Haha, iya ! Jadi pas malemnya itu, aku ambil posisi menghadap ke tembok. Eh, mungkin karena kualat atau gimana, jadi waktu kebelet pipis malem-malem, aku menuju ke kamar mandi. Sialnya, di kamar mandi kok ya tiba-tiba pintu ngejeglek sendiri. Udah gitu muncul aroma kembang yang tiba-tiba merebak ke segala penjuru ruangan. Puncaknya, pas keluar kamar mandi, sekelebat aku kayak ngeliat ada leak terbang tembus menuju pintu, aaaaak, sumpah serem abiz. Besoknya aku cerita ke temen, tapi nggak ada yang percaya, hahhahaha.

Sebenarnya banyak kejadian gokil yang terjadi waktu piknik 10 tahun yang lalu itu. Kayak pas hunting bule buat diajak foto dan diwawancara demi tugas Bahasa Inggris. Nah di situ akulah yang paling antusias, sampai-sampai tiap nemu 'target' yang dimaksud langsung kutodong buat foto. Nggak cuma orang barat sih, turis Asia juga suka kucegat buat nambah-nambah nilai. Karena kan kalau berhasil ngajakin speaking tuh berasanya : "Ih, kok gue keren ya, wkwkwk" (maklum namanya juga bocah ndeso). Namun sayang, kenangan tersebut gagal terekam secara penuh sih mengingat kualitas foto yang kala itu kita tahu seperti apa. Rekaman CD pun lenyap entah kemana karena udah saking usangnya. Huft.

Jalan-jalan lain kejadian di paruh usia yang lebih matang. Dulu jamannya masih jurnalis nih, kesempatan ngetrip pun kadang ada aja momentnya. Ya, emang sih dengan diselipin misi ‘ngejer berita’—yang tentunya nggak bisa disebut sebagai piknik. Meski didanai oleh kantor atau penyelenggara event, tapi pada dasarnya aku nggak bisa menikmati. Padahal sejawat lain yang masih sekantor nih ya, misal mereka dapet kesempatan yang sama, pasti langsung semangat banget, terus upload foto sana-sini di timeline medsos dengan muka-muka sumringah dan penuh ekspresi. Sementara di aku, kok ya anehnya nggak bisa menikmati. Mungkin karena sendirian kali ya, atau ngeliputnya bareng orang asing. 

Pun demikian pas ngeliat lomba yang hadiahnya jalan-jalan. Andaikata aku menang nih, lalu disuruh ngetrip sendirian atau gabung dengan orang baru, kok ya rasanya aneh. Malah jadi kayak nostalgia ke jaman pas masih jadi wartawan dulu. Kurang rileks. Lebih suka yang bareng-bareng keluarga atau malah berduaan aja dengan suami. Kalau sama orang baru, rasanya canggung, nggak bebas *ya...namapun juga orang introvert ya, jadi harap maklum, hihi...





Sebenarnya aku pengen ngerancang liburan yang simpel aja. Berdua dengan Pak Suami dan nggak direcokin ama telpon kerjaan atau yang lain. Bener-bener pengen ngadem bentaran, menghirup tempat-tempat baru yang selama ini jauh dari jangkauan. Nah, Bali itu salah satu dari sekian opsi. Ada beberapa alasan memang kenapa pilih Bali. Satu, karena kantor cabang tempat suami bekerja ada yang di Bali, jadi sekalian modus biar cutinya nggak yang gabut-gabut amat. Minimal ada lahhh alasan buat nengokin proyek Bali *terus bininya tinggal cemplungin aja ke danau Batur gitu #eaakkk. Dua, nggak tau kenapa emang suka aja ama jenis wisata yang banyak memblow-up kebudayaan lokal yang dimiliki masing-masing daerah. Dan di Bali itu, semua hal yang berkaitan dengan upacara adat selalu menarik perhatianku untuk membidiknya lewat lensa kamera *syukur-syukur bisa nampang lengkap di blogku terus narik visitor #eaakk. Tiga, Bali itu penginepannya serba murah. Apalagi kalau kita jeli ama voucher diskon hotel yang ditawarkan beberapa toko online Tanah Air. Dibandingin ama perjalananku 10 tahun yang lalu, pasti makin ke sini, makin banyak dong sistem booking hotel online murah yang salah satunya aku dapet di sini.

Jadi suatu kali aku berselancar di dunia maya nih buat nyari apapun yang bisa membuatku terbang ke Bali (yaeyalaaaah, masa nyelam--ntar ketemu ikan paus lagi, bhahahah). Aku baca-baca itinerarynya dulu, kira-kira enaknya ke mana nih, lalu finishnya ke mana. Mau ngunjungin wisata pantainyakah, kulinarinya, kebon binatangnya, atau cuma bobok-bobok tjantik di dalam hotel? Ke sananya juga harus jelas pake pesawatnya apa. Jangan cuma yang sekedar murah tapi malah taruhannya nyawa atau raja delay dan sebagainya. Kalau bisa sih yang promo juga, biar minimal kempis lah anggaran holiday selama sepekan. Karena kan sebagian besar anggaran emang jatohnya di transpot ya. Antar pulau gitu loh. 

Nah, kebetulan aku nemu webnya Saleduck Indonesia yang wich is membreakdown semua hal yang bersangkutan dengan akomodasi ke tempat-tempat wisata, termasuk Bali. Tadinya aku mau langsung kunjungin situsnya satu-satu nih buat booking hotel, pesawat, atau info-info lain yang terkait agenda ngetrip. Cuma kok ya mubazir kalau sampai terlewatkan info promonya. Nah, pas nyasar ke Saleduck ini, aku jadi ngeh, bahwasannya ada pihak ketiga yang khusus pegang promo untuk toko online lokal maupun internasional yang cukup bonafid di industri e-commerce dewasa ini. Misalnya Agoda, MatahariMall, Blibli.com, Lazada, dan anything about pertiketan, sampe portal oleh-oleh khas daerah, semua ada. Gampangnya gini, di tiap-tiap toko online itu kan pasti ada ya suatu ketika ngadain promo massal. Nah si Saleduck ini, nyoba ngasih info-info khusus seputar promo code bahkan diskon ekstra di e-commerce binaannya itu. Jadi sekali buka satu web, sekali itu pula bisa langsung berselancar di banyak toko online untuk mengetahui siapa saja yang sedang memberikan harga terbaik. 

Lalu gimana caranya mengaktifkan kode voucher dari Saleduck ini? Setelah aku praktekkan, ternyata simple banget. Pertama, tentu aku harus buka terlebih dulu dong website Saleduck Indonesianya. Setelah itu, dari tampilan homenya sendiri, akan terpampang toko online mana saja yang sedang menawarkan promo terbaik. Misal, aku lagi butuh promo pesawat dan penginapan nih. Nah, kebetulan pas di halaman depan itu (lebih tepatnya baris ke-14 dari judul yang ada), terdapat kode promo AirAsia Go 8% untuk booking villa di Bali, Sapporo, Cebu dan Okinawa. Dari pilihannya itu, ada opsi Bali kan? Otomatis aku langsung tertarik buat klik tombol orange yang bertuliskan 'buka kupon'. 
Setelah dibuka, maka akan muncul halaman lain yang berisi copy code yang berupa gabungan huruf dengan angka beserta masa berlakunya. Nah, dari situ aku tinggal pilih mau simpan dulu untuk digunakan lain hari atau langsung digunakan pada AirAsia. Misalkan ingin digunakan nanti, aku bisa klik 'simpan kode' dengan cara memasukkan alamat email. Nanti bila masanya tiba, email kita akan mereminder supaya kita bisa segera mengaktifkan kode tersebut. Praktis dan tentunya efisien kan? Apalagi kalau sampai ngaruh di potongan budget penginapan atau pesawat. Meeenn !! Itu akan sangat nolong sekali buat kamyu-kamyu yang merupakan golongan kelas menengah ke bawah seperti akyu jikalau mau liburan. 

Nah, supaya tidak ketinggalan info tentang situs mana saja yang sedang memberlakukan promo, aku juga ada niatan nih buat berlangganan Buletinnya Saleduck. Caranya gampang aja, yaitu  dengan mendaftarkan diri lewat email. Gratis !

Terus, kalau udah nyampe Bali kamu mau ngapain Mbul? Hmmm...yang pasti sih nggak langsung nyebur ke laut pakai bikini bottom sambil benamin kepala ke dalam pasir kayak yang dilakuin sama burung unta, aku pengen ngulang wisata baharinya sambil icip-icip kuliner khas. Habis selama ini cuma suka dipamerin Pak Suami sih yang udah sering bolak-balik ke Bali. Beliau bilang seafoodnya Jimbaran enak. Aku suka dipamerin kepiting asepnya, kerang ovennya, lalu udang bakar saus madu...aaaakkk *lap iler. Pokoknya rada jahat dia, soalnya cuma pamer doang dan belum sempet ngajakin aku ngrasain langsung, hahha. 

Aku juga mau tuh ayam betutu khas Gilimanuk yang pake sambel matah terus ada plecing kangkungnya. Lalu beli oleh-oleh kacang disko, pie susu, brem bali, salak, kipas, baju, pokoknya semua-mua deh sambil motretin semua pernak-perniknya ini buat kutaroh di blog. Makanya dari sekarang aku lagi gencar-gencarnya ngepasin bulan, yang kalau di Balinya sendiri pas lagi ada acara adatnya juga. Soalnya aku merasa keren sih kalau bisa mengabadikan itu semua buat pengunjung blogku di sini. Biar tak lekang oleh waktu gitu, mengingat setiap perjalanan pasti akan selalu ada kisahnya sendiri untuk dikenang. 







57 komentar:

  1. Wawww kamu dulu tinggi juga ya. Skrg juga ga sih? Kok kayanya selalu tenggelam kalo poto sama paksu.
    Beneran nanya nih, bukan ngebully apalagi ngebali :p

    Cie cie yg mulai ngereview. Ayooo ganti jadi dotcom biar makin banyak, makin semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciyeeeeh, bonus blogging mulai berdatangan niiiiih ^_^ ayuh ke Bali, bali bali :)

      Hapus
  2. Mba Nita kemana aza?akhirnya muncul lg dg komik keyennya :)
    aku jg blon pernah ke Bali harapannnya si Dinas dari Kantor biar gratis wkwkwk...

    BalasHapus
  3. Aiih tante Mbul langsiiiing yaa.. :v

    Itu beneran lihat penampakan? Iih..syerem. Trus skrg masih suka dilihatin penampakan2 gitu ngga? Katanya kan kayak gitu bakat yak?

    Betewe..aku juga mau lah ke Bali. Huhuhh..

    BalasHapus
  4. Tenggelam dalam timbunan lemak yang dalam. Wahahahaha *eh.

    Tapi iya kamoh dulu langsying banget Niiit. Diet gih. Besok :p

    Piknik sana laaah. Aku baru pulang piknik inih.*pamer* *lalu digetok Nita*

    BalasHapus
  5. Mbaaa, aku temani deh kalau mau piknik. Aku ikhlass. Bayarin tapi yaaa. hehehe
    Asyiik yaa saleduck punya banyak promo. Tampilannya kecee :)

    BalasHapus
  6. walah dari dulu sampe sekarang tetap Imutt ya...

    BalasHapus
  7. hihihi postingan nya asyik, jadi dapet info tentang saleduck mbak. btw, komiknya keren mbak...salam kenal yach

    BalasHapus
  8. mbak Gustiii kece banget ih selalu komiknya, tambah kece kalo diseriusin xP btw aku baru tau soal saleduck ini mbaaa hohoho thanks infonya, jadi nmbah daftar website buat nyari diskon :D

    BalasHapus
  9. Wuaah Nita waktu SMA keliatan tinggi ya.
    Samaan nih atap dapur bocor kalo hujan, jadi nggak bisa ngapa-ngapain nunggu hujan reda dulu baru bisa klontang-klontang lagi di dapur.
    Aku juga pengin ke Bali lagi *ish kok ikut-ikutan aja sih? Eeeh emang Bali bikin kangen kok, baru 2 kali ke sana :D

    BalasHapus
  10. wah, saleduck bisa nih buat salah satu cara untuk mengusir kesokgalauanku. eh, ngomong-ngomong itu buat kartunnya bagus, terus jaman SMA oke punya tuh tinggi badannya, hehehe

    BalasHapus
  11. Dulu tinggi semampai ya mb
    Seneng ya bisa mengenang masa2 darmawisata
    Btw sedih jg sih kalau rumah bocor dan duit nipis

    BalasHapus
  12. Komiknya keren ihh... pinter nggambar yak😊

    BalasHapus
  13. Saya masih belum menyimpulkan pada diri sendiri mba bagaimana sebenarnya intovert itu memandang dunia, kalau udah berhadapan dengan PC serasa dunia itu milik saya sendiri. ngk keluar kamar, apalagi jauh-jauh dari kosan, ngomong2 itu fotonya tahun berapaan mba hehe

    BalasHapus
  14. Apa cuma aku yang ngerasa mba nit jaman muda (SMA maksutnya) mirip banget sama suaminya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak, ciuussssss banget-banget...
      Mba nit kok jarang posting sih?
      Aku selalu menanti postingan muh...... T_T

      Hapus
  15. Kalau lagi bete emang suka flashback hal-hal menyenangkan di masa lalu ya mba Nita, jadi ketemu deh masalahnya apa...

    BalasHapus
  16. Hihihi, aku juga butuh piknik nih Mba.
    Yuk, ah, ke Bali..sapa tahu abis ini ada yg nyeponsorin.

    BalasHapus
  17. Ngakak aku baca postingan ini. Komiknya bagus mbak.

    BalasHapus
  18. Mba, aku malah tertarik baca komiknya.
    aih keren mba komiknya, gambarnya bagus. itu bikin sendiri pake tangan apa teknologi?
    eh mba komiknya diposting gak sih?
    yang banyak gitu.

    wahh Bali, ayo mba bali kebumen. hahaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah keren pake potlot, di posting bae mba.
      bagus e.
      aku tertarik buat baca.

      Hapus
  19. Aaaaakk....aku mau promonyaa. Aku juga butuh piknik nih, pengen mbolang kayak jaman gadis dulu *itu kan 16 tahun yg lalu. Appah?? *Te Mbul kaget :p

    BalasHapus
  20. saya juga pengeeeeeeeeeeeeeen banget ke bali Mba Nita, kemarin 2kali batal ke sana :(

    semoga suatu hari nanti keinginan saya menginjakkam kaki ke pulau dewata bisa menjadi nyata, amin..

    BalasHapus
  21. Wow, ini job review niat banget.. kirain ikutan lomba, wkwk..

    Kalo aku pengen ke Belitong.. pokoknya daerah yg ada kota tuanya.. hehehe

    BalasHapus
  22. waaah save dulu infonyaaa ^o^.. kebetulan lg nyari2 promo utk traveling thn dpn nit.. blm nemu yg cocok... coba ntr aku buka saleduck ini..

    sama nih, aku akhir2 ini jg ngerasa maleeees bgt update blog.. bnyk draft yg blm publish, tp kok ya ngerasa biasa bgt utk dipublish -__-. kyknya memang butuh libur buat cari ide tulisan baru -__-

    BalasHapus
  23. kemaren kamu yang sakit nit? pantesan lama gak update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paksu yang rawat inap nyin, jadi akuh nda sempet liat internet hihi, uda kebawa rempong aja soalnya ngurus ini itu,,..

      Hapus
  24. darurat liburan ya nit hahaha smg cepet terealisasi :D

    BalasHapus
  25. panjang bangettt nyiiittt

    repiunya keren ih

    BalasHapus
  26. Haha seperti biasa, komiknya kocak.

    Bener deh, sekarang mah kudu disempet-sempetin liburan. Buat penyegeran otak. Semanjak saya terjun di dunia kerja, bawaannya pengen main mulu. Gak tahu kenapa, padahal dari kecil ampe kuliah, gak terlalu suka piknik. Faktor beban pikiran, mungkin.

    BalasHapus
  27. foto peratma masih unyu2 mbak :)
    hi hi hi

    makasiih infonya mbak, jadi tertarik sama Saleduck nih, *langsung ke tkp

    BalasHapus
  28. Saya termasuk yang kurang piknik nih Nit. Ayo ajakin saya kalau ke Bali, biar sekali-kali pergi jauh gituu

    Apalagi dapat promo dari Saleduck, pasti semakin semangat pikniknya ya :)

    BalasHapus
  29. wahh akhir2 ini ujannya emang bikin senewen mbak Nita, rumahku juga sempet kebanjiran, huhuhu..

    btw, langsung meluncur ahh ke saleduck, penasaran..

    BalasHapus
  30. semoga tercapai liburannya ke Bali ya mbaaa, seneng ih masih berduaaaa aja sama suami pacaran terusss

    BalasHapus
  31. Mbulll buatin komik dooong...ayo dukung mbul nerbitin komik..

    BalasHapus
  32. Suka iiih sama komiknya, kece! Bakat yang harus diseriusin ini Nit. Aku malah baru tau saleduck, intip2 dulu aaahh... sapa tau khilaf *eh

    BalasHapus
  33. Walah ternyata pengenane samaan kite, aq jg ameh gawe plan ke bali iki, tapi pake provider lain. wkwkwk...

    BalasHapus
  34. Ke Bali ajaaa, berangkaaattt.. GWK sekarang bagusan lho Mbaak *bakaaaar* haha

    BalasHapus
  35. eh postingan dodlw itu apakah nyit? doodle an kah? gambarku gak selemes kamyuuu, ini lagi belajar pake cat aer nih. eniwei ngobrol di email aja yuk bwahahaha
    *nyepam postingan nita

    smg sehat terus dikau berdua yaa

    BalasHapus
  36. baca tulisan ini jadi nambah wawasan :-)

    BalasHapus
  37. Sepuluh tahun lalu..pipi kamu nggak bulet nit☺ ayo gek ndang pesen tiket. Iyo sih..jalan2 klo dlm rangka kerja, rasanya mmng beda... Soale plus ada kewajiban meski ngliput dsb...

    Aku juga ngerasa lbh nyaman jln2 ma keluarga drpd sendiri. Tapi kadang2 mmng butuh sendiri. Yang deket2 aja tp..☺

    BalasHapus
  38. Mbak Nit, kok di foto pertama keliatan tinggi gede en dewasa yak? Buahahhak! *dijambak*

    Eniwei.. Ku juga kangen ke Bali. Kuy lah trepeling bareng!

    BalasHapus
  39. "Dari ujung ke ujung bacanya senyum-senyum seolah-olah kegalauanmu adalah kebahagiaanku. Bahagia sekali diri ini, bila gas habis terus diajak ke bali sama dia. Sayang kisah kita berbeda.
    Eh, itu namanya unik ya saleduck, jadi mudah ngingatnya

    BalasHapus
  40. Komentar ini ramai sekali. Wuaaahhh. Hm, jadi suaminya entar-entaran betulin biar gak makan masakan, Mbak? Masa segitunya? Wahaha. :p

    Asyek dah bahas Bali. Ya, bikin gue mupeng banget nih karena belum pernah ke sana. Huhuhu.

    BalasHapus
  41. Mba Nita tinggi banget sih :) komiknya selalu bikin ketawa :D kalimat pembukaan bikin senyam-senyum juga. Saleduck yaa? Oke mau liat-liat ah. Cuss

    BalasHapus
  42. Mantep ih, bisa bikin komik. Aku baru tau apa emang ini baru dikeluarin? Kayaknya mesti sering-sering deh.

    Zaman SMA-nya dulu begitu ya. Nggak pake rok sepan. Hehehe. :))

    BalasHapus
  43. Weeew Mbak Gembul pinter banget bikin ilustrasi dan kata-kata yang ngebikin kita pengen mampir dan mbaca :D

    BalasHapus
  44. Gusty sayaaang, aku terpaku terpana ngeliat komiknya. TOP BGT! keep it up gurls! Keren ih, coba dikirim ke mana gt...laki deh pasti

    BalasHapus
  45. Serius ada yang nembus pintu? Aduh kok syerrem gitu yaah....
    Btw komiknya lucuuu...

    BalasHapus
  46. Akhir-akhir ini sering banget baca tentang Bali
    Ke sana sekitar 3 tahun yang lalu, duh pengen deh kesana lagi.
    Btw mbak Nita unyuuuuu banget banget suka deh ehehhe
    Aku mau join saleduck juga ahh, biar kalau ada rezeki langsung cuss berangkat

    BalasHapus
  47. Wah fotonya unyuu banget >_<
    wiiiih ada diskon...
    wiiiih.... ada promo
    komiknya lucu. Imut-imut gambarnya.

    BalasHapus
  48. Duh... Pengen piknik aja, dibayarin postnya. hehehehehe. Nice.... :) Tapi, keknya emang iya, nit. Lo perlu piknik. Biar gak galau mulu mikir yg kemaren (soal blog) disadap. Eh, udah amankan? Buruan, deh... ganti domain.. Biar makin kejte...

    BalasHapus
  49. Huaaaaaaa, aku jugak butuh piknik nih.. Apalagi abis menghadapi kenyataan rawat di rs juga. Huhuhu....

    Enaklah, Kak Mbul udah pernah ke Bali. Lah aku? Pernah juga sih, tapi masih di dalam mimpi. Huhuhu

    BalasHapus
  50. fotonya masih polos banget mbak .. Hahaha
    Duh jadi sama keinget pas jaman sekolah dulu ke GWK.

    BalasHapus
  51. Huaaaa, semakin mupeng pengen halanhalan ke Bali juga, blm pernah ke Bali, huhuhuh.

    Noted dulu infonya, coba nanti cek2 jg ahh.. thanks ya Mbak :)

    BalasHapus
  52. Kak 'Mbul,ke Bali lagi dunk hehehe..ada 'Maldives'-nya di Bali http://avillabali.com/nusa-lembongan/

    BalasHapus