Sabtu, 25 Februari 2017

Film Spesial Liburan Anak yang Dulu Sering Diputar di TV



Aku seneng banget ama dunia anak-anak, aku juga seneng banget sesuatu hal yang berbau dongeng anak-anak baik itu film maupun bukunya. Untuk buku, bahkan dulu sering ngabisin voucher sodexo demi sebuah buku bergambar Hans Christian Andersen ama Grimm bayangkaaahnd ahahahaha...ya lumayan lah ya buat bacaan masa depan, kali bisa buat ngedongengin anak sebagai pengantar bobok. 




Nah, sementara itu...untuk film, emang sih saat ini banyak banget film-film ana keluaran Pixar maupun Disney, tapi yaaa....pasti udah banyak aja ya kan yang bahas di blog masing-masing. Jadi kali ini aku mau andil nulis yang bab film spesial liburan anak sekolah jaman aku masih sd dan sering diputer di Rcti.

Baca juga : Kartun Hari Minggu yang Pernah Tayang di TV

Adapun list film spesial liburan yang dulu sering diputer menemani kami yang kecil di tahun 90-an (beberapa diantaranya juga nonton mandiri pakai VCD) diantaranya :

Thumbelina (1994)

Jadi ceritanya dulu Bapak punya sahabat karib bernama Pak Basuki (sekarang udah alm), yang suka mampir ke rumah terus minjemin VCD anaknya ke kami yang notabene jaraaaaang banget nonton film (yaeyaaalaah, namapun idup di kampung waktu itu, jadi ya hiburan andalan cuma TV aja dan alhamdulilahnya TV jaman kami masih ramah sama anak, jadi banyak lah acara anak yang bisa kami tonton ga kayak anak sekarang #miris). 

Nah berbekal VCD pinjeman itu, akhirnya kami dikasih 3 keping diantaranya Thumbelina, Bartok Magnificient, sama Jhonny The Appleseeds. Ketiga-tiganya masih terngiang sampai sekarang. Sriyusss.

Pertama Thumbelina ya. Thumbelina ini adalah film arahan Don Bluth yang diterbitkan sama Warner Bros. Jadi udah tau sendiri kan kualitas WB kayak apa. Bercerita tentang seorang ibu yang merindukan kehadiran buah hati yang suatu ketika didatanginga seorang peri yang memberinya biji bunga. Ibu tersebut disuruh merawat dan menanamnya hingga biji tersebut tumbuh menjadi bunga yang cantik. Saat kuntumnya mulai mekar, tak disangka muncullah seorang gadis cantik sebesar ibu jari yang kemudian ia anggap sebagai putrinya dan ia namai Thumbelina. 

Thumbelina tumbuh dalam hangatnya keluarga, lengkap dengan ternak-ternak ibunya yang selalu sayang padanya. Setiap pagi ia juga membantu ibunya memberi makan ayam, bebek, sapi, kambing, domba, dll sambil menyanyi dengan riang. Ia juga memiliki anjing yang setia menjaganya saat tidur.

Suatu kali saat didongengi ibunya tentang keberadaan pangeran, Thumbelina pun berangan-angan ingin bertemu. Ternyata mimpinya menjadi kenyataan karena Pangeran peri yang bernama Cornelius datang menemuinya setelah mendengar suara emasnya saat bernyanyi. Cornelius kemudian membawa Thumbelina berkeliling menikmati indahnya malam sambil mengendarai lebahnya. Namun sayang Thumbelina jatuh ke sungai lalu ditampung oleh keluarga kodok yang merupakan keluarga seniman. Sang mama kodok bahkan berencana mengorbitkan Thumbelina sebagai artis supaya bisa memperkaya dirinya. Bahkan yang lebih mengerikan lagi adalah ia akan dijodohkan dengan anak bungsunya si kodok buntel hahahaa...bagian ini sumpah aku ketawa ngakak soalnya ada part nyanyi-nyanyinya yang mana ternyata aksen mereka dibuat seperti orang espanya alias Spanyol. 

Ga sampe di situ aja kemalangan Thumbelina, karena setelah kabur dari keluarga kodok, ia malah kena jebakan tuan serangga. Tadinya pas didandanin mirip kupu-kupu, Thumbelina dipuji cantik, tapi pas ia mencopot kostumnya dan keliatan ga punya sayap, barulah ramai-ramai populasi serangga itu menyebutnya jelek, sehigga membuat Thumbelina sedih dan kemudian kabur lagi meskipun akhirnya ditampung oleh keluarga tikus. 

Nah si ibu tikus ini yang semula dikira baik, ternyata sama aja karena malah ingin menjual Thumbelina kepada tuan tikus tanah yang kaya raya supaya ia mendapat uang. Di sini ada adegan si ibu tikus yang kocak juga yaitu pas nyanyi aku jadi apaaaaaalll banget ama liriknya hahhaha.

Johnny Appleseed

Ini lebih ke arah film musikal sih. Bercerita tentang seorang petani bernama Johnny yang mendapat inspirasi dari seorang malaikat untuk melakukan perjalanan ke barat dengan membawa misi menebarkan bibit apel ke setiap daerah yang ia singgahi. Inget film ini pokoknya langsung ngeh deh ama lagunya, soalnya waktu itu aku sama adekku yang masih TK seneng banget nonton ini berulang-ulang. Apalagi ditambah ilustrasinya yang emang bagus banget. Kebun apel yang warna-warni, terus pas musim apa gitu pohon apelnya jadi keliatan pink, indah deh. Uda gitu ada macem-macem pengolahan apel yang mau ditunjukin dari film ini seperti apple pie, jus, sari apel, dll.

Melody Time

Ini masih dalam satu VCDnya Johnny Appleseed. Jadi kurang lebih isnya nari-nari gitu sambil diiringi musik juga para binatang yang ikut berdendang. Latar belakangnya salju es.

Annie : a Royal Adventure (1995)

Ini khas banget nih yaitu cerita tentang anak perempuan berbaju merah dan berambut merah kriwil yang bernama Annie (Ashley Johnson) yang mempopulerkan lagu "Tomorrow". Dulu sering banget diputer di RCTI dan jujur terngiang ampe sekarang. Kalo ga salah inget ceritanya adalah perjalanan Annie dengan ayah angkatnya yang merupakan milyuner Mr. Warbucks juga temannya Hanna dan Mollie ke London, dimana Raja akan melakukan pertemuan dengan ayahnya itu. Di saat sang ayah sedang sibuk dengan urusannya, anak-anak malah berurusan dengan penculik. Pokoknya akhirnya malah jadi hari penuh petualangan gitu deh....paling yang kuinget banget selain lagunya yang khas tommorow..tommorow i love you tommorow, your always a day away..... aku jugainget ama anjingnya yang jenis rambutnya nutupin mata wakakakka...Shandy. Teris ada salah satu tokohnya yang namanya Mr. Punjab juga tuh ahaha

Return to Oz (1985)

Kurang lebih ceritanya tentang Dorothy Gale (Fairuza Balk) yang insomnia berat setelah kejadian pernah terseret angin tornado dan terdampar di negeri bernama Oz. Nah setelah kembali ke Kansas ia jadi sering kepikiran sehingga akhirnya disangka ada hubungannya dengan psikologi ama Bibinya. Iapun dibawa ke terapi listrik untuk menyembuhkan penyakit tidurnya, meski saat akan dikenai tindakan ia diminta kabur oleh anak gadis misterius pada saat hujan badai. Saat dikejar suster klinik, Dorothy mentok hingga jatuh ke sungai. Paginya, ia malah sudah terdampar kembali di Negeri Oz meski menemukan banyak kejanggalan karena warga Oz telah dikutuk menjadi batu oleh raja nome king yang lalim itu. Begitu pula yang terjadi sama teman-temannya yang lain seperti singa, scarecrow dll. Untuk mengembalikan keadaan seperti semula, ia dibantu oleh ayam betinanya Billina, manusia timah atau manusia kaleng tik tok, Jack manusia labu, kereta kepala rusa, dll ke gunung batu setelah sebelumnya musti berhadapan dengan ratu yang punya banyak kepala (kebetulan bagian ini sih yang paling kuinget, soalnya si ratunya ini punya koleksi kepala di rak kaca yang bisa diganti setiap saat hiiiyyyy sereeemmm)

Bartok Magnificent (1999)

Ingeeeet banget nonton ini karena awalnya zbl si adek waktu tk kan muter ampe berulang-ulang ampe ga mau gnti channel ahahha..tapi jadinya ada kenangan sih. Kurang lebih ceritanya gini, Rusia sedang diteror oleh seorang penyihir jahat yang dikenal sebagai Baba Yaga (Andrea Martin), dan satu-satunya yang tidak takut padanya adalah Bartok Magnificent (Hank Azaria). Bartok, kelelawar albino, baru saja tiba di Moskow dan terkesan semua orang dengan penampilannya, termasuk Pangeran Ivan (Phillip Van Dyke). Namun, penasihat Ivan, Ludmila (Catherine O'Hara), menemukan Bartok mengganggu dan naif, dan dia mencoba untuk membuatnya berhenti. Pokoknya ada bagian cerita yang si Ludmilla minum ramuan terus dia berubah jadi naga, hahahahha...

The Parent Trap (1998)

Bercerita tentang si kembar Hallie dan Annie (diperankan oleh Lindsay Louhan), satunya tomboy satunya feminim masing-masing terpisah akibat perceraian orang tua. Namun keduanya bertemu untuk pertama kalinya di camp musim panas dan bertukar tempat dengan misi membuat rujuk kembali prang tuanya. Yang aku suka pas adegan kebun anggur tuh inget banget hihihi...terus yang jadi pacar ayahnya wajahnya jahat banget pingin mites wkwkwk.

Jumanji (1995)

Film yang mempopulerkan nama alm. Robin William sama Kristen Dunts cilik nih. Bercerita tentang sebuah permainan ajaib yang didalamnya terdapat binatang-binatang, dan binatang-binatang itu akan keluar jika tertera pada papan. Dan permainan akan usai jika salah satu dari pemain ada yang dapat mencapai titik Jumanji. Aku ngeri banget pas bagian singanya keluar, trus banjir en jadi hutan, sumpah pas nontonnya ngerasa itu nyata karena pikiran masih bocah hahahha.

Kartun Rumah Produksi Tora (Tora Home Entertainment)

Adakah temen-temen yang inget ada kartun-kartun yang berbasis dongeng yang ilustrasinya dari Jepang tapi diproduksi oleh Tora Home Entertainment (yang logonya singa kuning merah itu loh). Kalo ga salah dulu judulnya macem-macem ada Cinderela, Putri Duyung, Heidy, Guliver, Simbad, Beauty n The Beast, Putri Duyung, Gadis Korek Api, Hansel n  Gratel, Putri  Jempol, Alice in Wonderland, 3 anak babi, dongeng baju baru raja, dll. Sering diputer siang-siang jam 12.00 wib setelah kartun minggu cardcaptor sakura di RCTI. Sempet juga ditayangin di Spacetoon sebelum ganti jadi NET. Nemu beberapa di yutub tapi yang uda didubber orang arab hoho. Coba RCTI mau nanyangin lagi yah...jangan acara musik geje muluuuuk hahahhahaa... 










Gimanaaaa ada yang inget masa-masa indah nonton ini ga ?

Sumber video : youtube