Jumat, 29 Maret 2019

Pengalaman Aqiqah Anak Laki-Laki



Pengalaman Aqiqah Bayi Laki-Laki

Punya anak dengan jarak yang lumayan berdekatan membuat kami harus pinter-pinter mengatur keuangan rumah tangga. Seperti halnya ketika lahir anak nomor 2 yang berjenis kelamin laki-laki, dimana untuk pos aqiqahan sudah dapat dipastikan bakal memakan dana yang lebih besar ketimbang waktu aqiqahan kakaknya (secara, kambingnya kan jadi 2 ya, jadi ya musti pinter-pinter aja nyusun rencana). 





Meskipun keperluab aqiqahan uda kami siapkan, tapi tetap aja rinciannya harus kami atur sedemikian rupa sehingga pas masanya tiba, ga terlalu melenceng jauh dari patokan. Acaranya diselenggarakan sederhana aja. Ya paling ga ngundang tetangga 1 blok juga teman kantor suami yang memang sudah rutin ikut guyub-guyub kalo ada apa-apa. Teteup diset 100 undangan sih. Eh malah dilebihin 20 ding, biar nda kekurangan andaikata ada tamu tambahan. Terpenting, walaupun sederhana paling ga ya pantes buat ngejamu tamunya lah ya *kedip-kedip mandjaaah*.

Untuk mendukung keberlangsungan acara aqiqahan si adek ini, lagi-lagi kami mengandalkan catering teman kantor Pak Su, yakni catering Mbak Rosi, sebagaimana yang pernah kami pake di aqiqahan anak pertama. Memang, kambingnya ini beli sendiri di pasar hewan, jadi catering Mbak Rosi ini tinggal masakinnya aja uda sekalian dengan paket nasi box yang untuk dibawa pulang dan snack piringan. Rinciannya nanti aku tuliskan di bawah. 

Oh ya, kenapa si kambing ini kami pilih beli sendiri? Kenapa ga sekalian ambil kayak yang biasanya disediakan ama jasa aqiqah jaman now? Karena kami pingin tau aja kualitas kambing yang dipilih tu kayak apa. Pinginnya yang gede, sehat, tur gagah. Takutnya klo dipilihin tu malah dipilihinnya yang cempe hahhahaha... Ya klo milih sendiri kan lebih puas aja di akunya. 

Sementara itu, printilan lain yang ngopeni sendiri paling nambah-nambahi snack buah, air mineral, dan biaya tak terduga lainnya.

H-7 sebelum acara, Pak Su uda nyicil survey kambingnya dulu sebagai menu utama aqiqahan. Surveynya di Pasar Kotabumi, Tangerang yang uda jelas variasi kambingnya. Mulai dari bobot badannya, jenis kelamin, jenis kambingnya apakah jawa atau domba, dll. Ya beliau sendiri lah yang lebih paham mana yang sekiranya pantes buat suguhan. Klo aku sih manut aja. 




















Akhirnya setelah dipilah-pilih, jatohlah pilihan ke 2 ekor kambing jantan jenis kambing jawa, yang saat itu juga uda di-DP-in dengan ditag inisial nama si adek sebagai penengernya. Biar ga ketuker gitu ama kambing yang lain. Dapetnya seekor Rp 2,6 juta. 

Nah, begitu acara tiba, subuhnya itu kambing uda diboyong ke tempat Mbak Rosi untuk disembelih dan selanjutnya dimasak dengan variasi menu sate dan juga gulai. Satenya pake bumbu kacang yang notabene aturan bisa kali ya klo pesen bumbu kecap. Tapi karena dah terlanjur yaudah deh. Yang penting rasanya enak. 

Si sate dan gulainya ini, juga kami requestkan untuk dibagi satu lagi antara yang mau dimasukin ke nasi box ama yang buat dimakan rame-rame. Jadi istilahnya abis acara, ada makan-makannya juga, walau di dalam nasi box-nya juga disediakan yang model bungkusan. 










Untuk paket box-nya kami ambil yang Rp 10 ribu aja. Paketnya terdiri dari nasi putih, sate kambing, gulai, acar, emping, dan buah pisang. Sama satu lagi deng, aku riquest sayur lain selain kambing, yaitu mie goreng jawa. Soalnya mainstreamnya kan kentang balado ya. Nah, aku pikir kentang baladouda banyak banget yang pake. Masa menunya pedesan semua. Yauda alternatifnya mie goreng jawa aja.





Step-Step Kegiatan yang Dilakukan Sebelum Acara :
  • Survey kambing di Pasar Hewan.
  • Survey catering yang untuk dimasukin di box, snack piringan, dan menu yang untuk dimakan di tempat. 
  • Snack piringannya pake 3 jenis jajan pasar. Tadinya bingung antara jajan pasar apa sama apa. Tapi kemudian pilihan jatuh pada opsi bolu kukus atau putu ayu yang ijo-ijo kayak kembang itu--atasnya ada parutan kelapanya, kueku, onde-onde ceplis atau klepon, ntar Mbak Rosi yang nentuin. Untuk kueku dan onde-onde klo bisa yang dalemnya kacang ijo putih huehehhe. Klo buah, berandai-andainya sih duku, secara bulan itu kan pas lagi musim ya. Jadi selain pisang maunya ada duku. Ya liat-liat sikon juga sih, klo ga ada ya bisa diganti pake buah lain.
  • Cari tiker ke RT-RW.
  • Cari kipas angin gede.
  • Sebar undangan via wa ke kerabat dekat dan tetangga.
  • Beli air mineral.
  • Ngrancang undangan dan selebaran nama yang bakal ditaruh di nasi box.








Waktu Hari-H Acara :
  • Subuh cari buah, ternyata ga dapet duku pagi-pagi, jadi diganti pisang, jeruk ama salak.
  • Siang snack piringan uda mulai ditata (klepon, kweku, bolu kukus)
  • Ba'da dhuhur catering dateng
  • Dapat tambahan snack dari Bulek berupa empek-empek
  • Tambahan snack dari Mbah tahu isi goreng
  • Persiapan (tiker uda ditata sampai teras depan, pasang kipas angin gede biar ga terlalu panas, perabotan sementara taruh di kamar sebagai basecamp 
  • Tamu uda mulai berdatengan termasuk Mbah-Mbah aku yang dari Ciracas
  • Sambutan Papa 
  • Doa dari Ustadz
  • Sholawatan sambil nyukur rambut plus ngiterin bayi
  • Makan-makan
  • Selesai

Review Masakannya 
(Catering Mbak Rosi): 

  • Menu utama yang dibikin sate dan gule : katanya sih enak, secara kan aku ga ikutan makan. Yang penting alhamdulilah ludes ga ada sisa. Dan yang disisihin selain paket nasi box tuh kepake sebagai jamuan tamu yang datengnya malem. Maklum beberapa ada yang datengnya sorean dan bahkan malem. 
  • Box nya yang paket 10 ribuan ada tambahan acar, buah, dan mie goreng (lumayan lengkap untuk ukuran ceban, di tempat lain keknya nda boleh klo cuma sepuluh ribuan uda ada tambahan sayur en buahnya).







Emang pengennya kami tuh simple-simple aja. Nda sah kebanyakan sambutan. Asal udah diadakan, udah sah kan ya. Lega gugur sudah kewajiban yang satu ini sebagai orang tua. Ya kewajiban yang lain setelah ini sih siap menanti ahhahahaha (www.gembulnita.blogspot.com)