Sabtu, 02 Maret 2019

Pengalaman Hamil Jarak Dekat Post SC (5 Bulan)



Pengalaman Hamil Jarak Dekat Post SC (5 Bulan)

Kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku waktu hamil lagi setelah caesar (SC) 5 bulan. Kebetulan ini kehamilanku yang ke-3. Hamil pertama belum rejeki karena Blighted Ovum (BO) dan musti dilakukan tindakan kuret. Selang 2 tahun kemudian, hamil anak kedua dengan posisi placenta previa dan bayi terlilit tali pusat sehingga harus dilakukan tindakan caesar (SC). 5 bulan kemudian, tanpa disangka-sangka hamil lagi karena sebelumnya memang belum sempat pasang KB. 



Kenapa begitu? Seperti yang telah aku ceritakan pada postingan sebelumnya, bahwa abis nikah aku ga langsung cepet dikasih momongan. Jeda kosongnya nyampai 3 tahun. Jadi mikirku, ah ga usah pake KB dulu juga palingan ga langsung hamil. Kan dulu nunggu hamilnya lama. Jadi udah PD aja tuh akunya ga pasang KB.

Lalu ketambahan mikir pas nge-ASI itu kan otomatis uda KB alami ya. Jadi selow bae 'campur' ga pake pengaman ataupun kontrasepsi. Eh dasarnya emang uda jumawa (astagfirullohalladzim, ampuni Baim ya Alloh), ga taunya abis itu malah kejadian hamil beneran.....

Ya orang bilang diriku hamil kesundulan alias kebobolan karena anak belom ada satu tahun, eh emaknya uda hamil lagi. Namun tiap kali aku bilang gitu, Pak Suami selalu menegurku supaya menarik kembali ucapanku. Karena biar bagaimanapun ini sudah rejeki dari yang di Atas, ga boleh bilang kesundulan-kesundulan. Kesannya kayak ga menginginkan kehamilan yang ini yekan... Ga baik. Ya setelah dipikir-pikir, iya juga sih...Harusnya tetep sama-sama mensyukuri kehamilan yang ini maupun yang sebelumnya. Toh, Gusti Alloh juga menggariskan sesuatu itu pasti ada sebabnya kan? Yang dalam hal ini berupa diriku musti mengalami kehamilan jarak dekat dengan kondisi habis SC pula. Pasti Alloh tahu mana yang terbaik. Tahu bahwa aku mampu.

Namun demikian, saat tahu pertama kali hamil lagi, yang ada dalam pikiran adalah SHOCK !!! Galau berat itu pasti. Antara bingung, panik, sedih, campur seneng. Pokoknya jadi satu dan membuat diriku lumayan sering kehilangan konsentrasi. Mikirku gini, dulu aja buat bisa hamil nyampe nunggu lumayan lama. Naini, uda dikasih cepet, masa iya masih mau ngeluh. Tapi ya gimana ya, kadang pas ngeliatin si kakak waktu masih tidur--yang masih bayik banget--rasanya kok jadi trenyuh ya. Ya mellow, ya kesian, ya mumet gimana ntar manajemen waktu momongnya biar sama-sama adil, ya ga keru-keruan lah rasanya. Sampai akhirnya aku banyak-banyakin istigfar. Memasrahkan segala sesuatunya pada Gusti Alloh supaya hati tetap tenang dan terhindar dari segala macam pikiran yang nggak-nggak, huhu...

Selain berdamai dengan diri sendiri pasca tau hamil lagi dengan jarak yang lumayan dekat, hal berikutnya yang musti aku dan Pak Suami lakukan adalah memastikan apakah kehamilan jarak dekat post SC ini aman buat ibu maupun bayinya. Soalnya pernah baca pengalaman serupa dari teman maupun saudara, namun ujung-ujungnya musti dikuret karena faktor tertentu. Misalnya ada keluhan masalah napas (asma) atau something yang bikin kondisi nda boleh diteruskan. Nah alhamdulilah di aku ternyata ga. Semua insyaalloh baik-baik aja sesuai dengan kontrol rutin tiap bulannya. Kecuali pas trimester awal ding yang sempet ragu antara jadi atau ga. Masalahnya adalah pas awal-awal itu aku ngeflek terus. Perut kenceng suka kontraksi. Bahkan darah sampe ngucur deres kayak haid hari pertama-hari kedua. Warnanyapun merah tua dan kayak ada jaringan-jaringannya. Kan serem banget ya. Lumayan banyak pula keluarnya tiap kali aktifitas. Apalagi abis pipis tuh, pasti shock banget ngeliat CD penuh darah dan musti pake pembalut. Sumpah parno banget. Ragu antara jadi atau ga.

Nah, setelah dikonsultasikan lewat obgyn, aku ditanya apakah aku masih nge-ASI waktu itu? Jawabanku iya. Kaget juga karena itu ngaruh. Mengingat aku punya riwayat janin ga berkembang sampai keguguran di kehamilan pertama, jadi disarankan untuk stop dulu nge-ASI-nya. Ya pelan-pelan dulu sih. Semampunya sampai ASI abis sendiri karena  jujur waktu itu ASI juga uda seret banget terpengaruh hormon kehamilan. 

Nah setelah si kakak aku sapih dan aku alihkan ke susu sambung, alhamdulilah kehamilanku udah ga ngeflek-ngeflek lagi. Kondisi janin juga oke semua. Dicheck apakah ada detak jantung janinnya alhamdulilah ada. Pokoknya memastikan banget berkembang sesuai umur kehamilannya atau ga. Lingkar kepala, perut, panjang kaki semua harus sesuai umur kehamilannya. 

Terus setelah dijalani sampai TM 2 dan TM 3 juga lancar-lancar jaya. Di sini aku rutin diresepin obat pengencer darah thrombo aspilet dan juga Asta Plus di TM 1, thrombo aspilet dan folamil genio di TM 2, thrombo aspilet dan folda di TM 3. Bahkan kehamilanku kali itu rasanya kayak biasa aja. Ga mual muntah kayak pas hamil si kakak. Apa aja hayuk. Ngopenin si kakak sampe perut buncit 9 bulan juga ndilalahnya masih bisa sendiri, meski kudu ati-ati banget. Paling yang dikurang-kurangin adalah porsi nggendong-gendongnya walau aktivitas momong lainnya masih Mama semua yang nackle. Pokoknya sedari awal kudu manut apa kata dokter, treatmentnya apa aja supaya sehat dan selamat sampai lahiran. 

Nah, begitu tiba masa lahiran, alhamdulilah semua lancar jaya. Bayi sehat tanpa kurang suatu apapun. Jahitan yang SC sebelumnya gimana ? Kebetulan di aku ga pake jahitan. Tapi lem-leman. Iya, jadi pas SC pertama, perutku itu dilem. Nah pas SC kedua, tentu ga pake sayatan baru dong, jadi otomatis sayatan lama alias lem-lemannya dibuka lagi. Pas operasinya ya nda kerasa sama sekali, lha wong dibius lokal. Yang kerasa paling kebas doang, perut kayak digoyang-goyang ama ditarik-tarik. Terus efek anestesi setelah operasinya itu klo di aku adalah gatel-gatel, biasanya kan klo orang-orang kedinginan sampe menggigil ya. Nah di aku itu guatel banget nyampe seluruh tubuh. Paling waktu efek biusnya abis ni yang ajiiib. Untuk pemulihan yang kedua ini emang aku pikir rasanya jauh lebih sakit sih dari yang pertama. Bahkan sakitnya itu nyampe ke ubun-ubun. Minta pereda nyerinya pun uda yang dobel-dobel, walau tetep aja masih kerasa sakit. Aku aja nyampe bolak-balik nyengkeram tangan Pak Su saking nyerinya. Ibarat luka, ya kayak luka lama yang dikorek kembali eeaaaaa... 

Detail cerita SC yang kedua dan cerita kehamilan trimester 1,2,3 untuk kehamilan yang ketiga ini aku tulis di postingan terpisah deh kapan-kapan. Tungguin aja ya. 

Bersambung...