Jumat, 13 Desember 2019

Oleh-Oleh Khas Bangka Belitung



Halo eperybadiiiiiih, yowasaaap breeeew...

Aku balik lagi dengan postingan bertema oleh-oleh nih, jand bosend ya. Oleh-olehnya berasal dari nun jauh di Bangka Belitung sana, walaupun bukan aku sih yang ke Babel.... Melainkan Tamas yang ke sana dalam rangka negosiasi kerjaan. Pulangnya tentu saja memberiku padjak oleh-oleh biar aku nggak drama pas ditinggal tugas luar dengan men-tackle 1 anak infant dan 1 anak toddler, hahhahaha... #salah sendiri ubuuuul ga diajak. Coba kalau aku ikut kan pasti ku tambah membabi buta lagi belanja belinjinya #e ini sih mintak ditabok ya gw...hohoho






Oke deh langsung saja ya. Ini dia daftar oleh-olehnya !

Getas 

Sekilas makanan ringan ini terlihat seperti kacang atom yang bentuknya bulat dan warnanya putih kecil-kecil. Namun ternyata, bahan dasarnya berupa ikan tenggiri yang dipadupadankan dengan bahan-bahan lainnya seperti sagu, telur, dan bumbu penyedap. Rasanya tentu saja gurih dan membuat ketagihan. Yah, mirip-mirip kerupuk ikan lah ya.

Sirup Jeruk Kunci

Minuman ini memiliki rasa yang sangat menyegarkan, antara manis, asem, dan segar khas jeruk kunci, jenis jeruk asal Bangka Belitung. Warnanya kalau dibuat sirup memang kuning agak kehijauan ya. Bisa diminum dengan ditambahkan dengan sedikit air, sehingga menyamarkan rasa asamnya. 

Siput Gung-Gung

Yang ini rasanya agak-agak mirip kerupuk kulit sih, asin-asin gurih. Katanya sih makanan ringan yang satu ini memiliki protein yang cukup tinggi.

Stick Cumi Goreng

Berbahan dasar cumi, tepung sagu, telur, dan bumbu penyedap. Rasanya gurih, mirip juga dengan kerupuk ikan tenggiri. Bentuknya panjang-panjang. Warnanya cokelat. Bisa juga dijadikan teman makan nasi sebagai pengganti kerupuk.

Kerupuk Kulit Ikan

Berbahan dasar kulit ikan segar, garam, dan bumbu penyedap. Rasanya renyah seperti kerupuk rambak, bedanya ya paling warnanya khas kulit ikan yang lebih gelap. 

Terasi Bangka

Kebetulan aku dapat yang bentuknya persegi empat. Bahan dasarnya tentu saja udang yang diolah menjadi terasi dan cocok untuk dijadikan bumbu tambahan aneka masakan. Pssst...kata Pak Suami sekotak terasi ini harganya lumayan mahal sih, hahaha...

Nah kesemuanya ini bisa dibeli di Pusat Oleh-Oleh Bangka Belitung, Otak-Otak Ase






Otak-Otak Ase
Jl. Kp. Bintang No.149, Bintang, Kec. Rangkui, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Buka : Setiap hari
Jam : 08.00-22.00




1 komentar:

  1. Wah jadi tiap kali suami keluar kota mesti dikenai pajak ya? Ini kayaknya serunya berumah tangga. hehe.

    Yang Getas itu kayak sukro ya. Dan kayaknya enak tuh ada rasa ikan tenggirinya.

    Yang sirup lumayan seger sih. Tapi kalau di saya (Cirebon/Kuningan) ada yang lebih seger lagi, yaitu Jeniper (Jeruk Nipis Peras), asemnya bikin melekkkkkk.

    Dan saya penasaran sama Terasinya. Soalnya di Kota Cirebon ada satu wilayah yang dikenal pembuat terasi. Tiap lewat, wanginya sremmmmmmm, menusuk hidung. Tapi hasil olahannya sudah pasti mantap. Apalagi kalau terasinya dibikin sambal buat jadi bumbu rujak kangkung dadakan. Ibaratnya, pas makan itu, mertua lewat ya lewat aja. hehehe.

    BalasHapus