Selasa, 07 Januari 2020

"Menu Masakan Padang Ini yang Aku Suka"





Sebagai orang Jawa, ternyata aku menyukai masakan padang. Gimana ga, di kanan kiri banyak betul rumah makan padang. Walaupun kalau menurutku pribadi paling enak itu Padangnya Padang Garuda. Sebenernya pertama kali dikenalin masakan padang itu waktu aku masih SD. Yaitu, moment piknik keluarga di sepuratan Gembira Loka, Jogja dan Borobudur, Magelang. Bapak kan waktu itu masih pakai mobil carry. Tapi ga nyetir sendiri, melainkan minta tulung disupirin sama driver panggilan yaitu Mas Sugi. Soalnya kalau nyetir sampai Jogja-Magelang jauh. Takut kecapean. Maklum ngayah-ayahi wong papat alias aku, kakak, adek, dan juga ibu.

Baca juga : "Hakekat Nasi Padang"



Nah, ternyata arah pulange ini, ibu inisiatif buat mampirin kami ke rumah makan padang yang ada di Magelang. Maksudnya kesian gitu uda bawa driver dan perut uda dalam keadaan lapar semua. Agaknya opsi yang paling pas adalah makan di rumah makan padang karena variasi lauknya banyak. Kebetulan, waktu itu aku memang belum pernah nyobain, jadi dalam hati membatin, boleh juga nih. Terus ngeliat bapak ngadonin sendiri karena modelnya berupa prasmanan, aku cleguk-cleguk pengen dong. Sepiringnya berupa nasi, daun singkong rebus, paru yang digoreng mekrok garing, kriuk-kriuk, dan tak lupa juga sejumput sambal hijau. Aku ngeliatnya kemlecer banget. Lalu kuambillah menu yang sama seperti yang udah dicidukin bapak. Sambel hijaunya juga kata bapak ga gitu pedes jadi aku ga gitu kuatir bakal sakit perut. Nah pas dicobain, eh la kok enak ya. Keingetan deh sampai sekarang. 

Nah, sebenernya, kebiasaan makan masakan padang ini berlanjut ketika aku udah mulai misah dari rumah orang tua, alias lepas SMA dan lanjut kuliah. Di kota nyata-nyata rumah padangnya masih pada harga mahasiswa banget. Sering aku dapat paket lima ribuan malah udah dapat lauk dendeng-sambal merah-daun singkong. Bahkan kadang dibonusin sama paru, tinggal nambahin tiga ribu aja tuh. Murah banget kan jaman itu. Ga kayak sekarang yang begitu nikah harga masakan padang udah naik gila-gilaan. Ga usah udah nikah deh, pas lepas kuliah dan lanjut gawe di jakarta aja udah mulai mahal sih untuk paket 1 jenis lauk. 



Oh ya, ngomong-ngomong masalah judulnya, kalau untuk jenis menunya sendiri yang paling aku suka dari masakan padang diantaranya :

Paru Goreng

Ini favorit nomor 1 nih. Makanya kalau ke rumah makan padang, menu 1 ini yang wajib aku sertakan ke dalam piring. Parunya bukan yang garing banget ya, melainkan yang masih agak kenyal-kenyal jadi ada sensasi waktu ngunyahnya. Sayangnya, kadang diirisnya tipiiiiiis banget. Juga harganya yang terbilang mahal. 2 potong paru tipis dikenai Rp 15 ribu. Belum ama nasi dan sayur lain. Bisa sih bikin sendiri, tapi yang jago bikin ini ibu. Biasanya malah ibu bikinnya pas khusus hari lebaran. Jadi kalau orang bikin opor, ibu bikinnya paru goreng tepung. Kuncinya supaya ga amis, sebelum digoreng, si paru dialub-alub dulu pakai tumbukan bawang putih, kunyit, dan garam yang banyak. Habis itu diamkan sampai meresap, baluri tepung goreng, rendam dalam minyak panas sampai matang. Dijamin rasanya gurih banget. Matengnya pun merata. Kalau aku masih takut sering amis sih andai nekad bikin sendiri.




Balado Ikan Bilis

Ini juga favorit aku banget. Balado ikan bilis. Ikannya kecil-kecil yang dipedes manis, tapi rasanya kriuk-kriuk. Ikan bilis konon banyak ditemukan di area rawa-rawa atau danau, tapi ga menutup kemungkinan banyak pula dijual di pasar tradisional. Seporsi lauk ikan bilis kalau di rumah makan padang langganan kena Rp 15 ribu. Sedikit sih. Tapi enak, gimana dong. Biasanya kalau lagi mentok ga ada ide mau masak apa, ya kami beli aja Rp 30 ribu buat makan sehari 3 kali. Rasanya udah enak banget loh walau dimakan cuma pakai nasi panas.

Sambal Merah

Sambal merahnya masakan padang ga kalah enak dari sambal hijaunya. Yang aku suka karena pedesnya ga begitu nyegrak, jadi sekalian ama tumbukan kasar kulit cabenya bisa ikut kemakan. Meminimalisir mubazir. Mungkin karena pakai cabe merah besar dan keriting kali ya jadi pedesnya pas. Rawitnya sih ada, tapi dominan yang cabe gedenya. Terus yang bikin menggugah seleranya lagi adalah ada aroma daun jeruknya yang bikin sambel jadi kerasa wangi. Juga tomat. Jadi kalau diblend jadi satu, wslaupun masih model ulegan kasar, rasa sambelnya itu manteb.

Sambal Hijau

Sambal hijau masakan padang jelas ga ada yang ngalahin. Ga pedesnya itu loh yang bikin aku berani nyendok banyak-banyak. Apalagi karena sambelnya juga digoreng dulu, jadinya makin mantab walaupun cukup berminyak.

Dendeng Balado Basah

Dendengnya masakan padang juga aku suka banget. Sebelas dua belas lah ama paru goreng. Cuma emang biasanya setipis angin, jadi makannya kudu diawet-awet hihi. Dendeng masakan padang paling maknyoss kalau di atasnya dibejekin sambal merah. Atau biasa disebut dendeng balado basah. Jadi ada perpaduan antara si daging dendeng dengan pedasnya ulegan cabe khas balado. Cocok banget dimakan pake nasi panas yang masih mengepul. 

Daun Singkong Rebus

Ini sih udah paket ya ama 1 piring nasi padang dengan lauk apa aja. Yang kusuka dari daun singkong rebusnya masakan padang adalah, ada sensasi bumbu bawang putih dan minyaknya. Jadi rasanya ga hambar-hambar banget alias ada gurih-gurihnya. Apalagi kalau makannya dicampur sambal hijau, wuiihhh....josh banget. Pernah sih aku coba bikin sendiri. Tapi hasilnya zonk. Teksturnya masih wuled dan gurihnya ga merata. Tetep enakan beli sih ya kalau daun singkongnya masalan padang, praktis wkwk... 

Gulai Tunjang

Ini favorit Pak suami sih. Aku lumayan suka juga walaupun rasanya cukup berat karena santannya yang kental juga kikil dan jeroan yang cencuw saja full of kolestrol hihihi...

Nah kiranya segitu dulu updatean kali ini. Kalau kalian sendiri, menu masakan padang apa yang kalian sukai ?