Rabu, 12 Februari 2020

Mie Kangkung, Sekilas Rasanya Mirip Mie Ayam


Bismilahirohmanirohim
Halo halo halo...

Kalau dengar mie kangkung, apa yang terlintas dalam benak kalian ? Tentu saja mie yang mirip-mirip ama mie ayam. Bedanya paling sawi atau cesinnya diganti ama kangkung. Tapi untuk urusan mie dan ayam kecap yang jadi toppingnya sih mirip-mirip. 

Aku baru tahu sih ada makanan yang namanya begini. Mungkin karena kurang penjelajahan kuliner sebelum menikah ama Tamas. Secara, suamiku kan lebih kaya petualangan kulinernya ketimbang diriku yang katrok ini. Jadi ya, baru tau nama-nama makanan setelah tinggal sama dia wekekek... 



Ngomong-ngomong, mie kangkung ini ternyata berasal dari Betawi loh. Berarti tambah satu lagi dong kuliner Betawi yang bakal jadi list favorit ijk, secara uda ada nama lain yang selalu di hati macem soto betawi yang khas dengan kuah santannya, juga semur jengkol, karedok, dan gabus pucung. Nah, kalau untuk mie kangkungnya ini berarti yang makanan semi ringannya yes, soalnya karbonya diganti mie. Kalau yang lain kan dimakannya pake nasi tuh, nah kalau yang ini berasa kayak jajan mie ayam aja gitu.

Mie kangkung langganan kami biasa dijual sama bapak-bapak yang biasa ngider pake gerobak. Tapi muternya ga sampe komplek rumahku, ya cuma sekitaran kantor Tamas aja, atau dekat-dekat jalan raya. Makanya sering beliinnya ya sepulang kantor pas uda sore-sore menjelang magrib. Tau-tau doi pulang uda bawa surpraise buat Madam Beby Mbul yang seharian uda uplek sama bayi-bayi momsnen tercintah #alhamdulilah ya dibeliin ginian aja aing udah senang #wujud kebahagiaan sederhana #seperti biasa gw lebey. Ya, biasalah kalau malam minggu kan aku pengennya libur masak gitu hahaha #alesan terussss kamu Mbul.

Mie kangkung paling enak dimakan pas masih panas-panasnya. Pokoknya kalau judulnya beli buat dibawa pulang ya langsung aja segera pindahkan ke dalam mangkok biar mienya ga keburu mengembang. Soalnya kalau udah mengembang, rasanya jadi beda. Mie kangkung langganan kami siraman ayam kecapnya selalu banjir bandang. Maksudnya nuangin ayamnya ga pelit. Malah bisa sampai luber-luber nutupin mie sama kangkungnya. Potongan dadu ayamnya juga gede-gede, beda ama mie ayam yang biasa kami beli. Tapi kalau aku sih tetep suka banyakan mienya dari yang lain-lain. Jadi biasanya ayamnya malah aku hibahin ke Tamas sementara aku lebih milih ngemilin mie sama kangkungnya.







Kalau masalah harga, mie kangkung ini sih sekarang udah nyentuh harga ceban ya alias Rp 10 ribu. Lumayan masih terjangkau sih, mirip-mirip lah sama mie ayam atau bakso dorongan. *

6 komentar:

  1. Belum pernah makan mie kangkung. Aku baru tahu kalau ini makanan Betawi, hehe. Jadi penasaran sama mie kangkung. Dan kayaknya di sekitaran tempat tinggalku di Depok, kayaknya nggak ada yang jual ini, hiks.

    BalasHapus
  2. Mirip mie ayam biasa. Kalau dikasih pangsit nih langsung deh pasti aku ngiranya mie ayam pangsit wakakakaka

    BalasHapus
  3. Nggak begitu doyan teh nit saya ama mie kangkung, lidah saya rada ngeluh ya walo tetep diembat juga, sih. Tapi kalo makan mie yg pake sayur, ya, standar aja, sawi. kalo kangkung tetep enaknya dimakan ama bumbu gado-gado, atau digadoin ama sambel terasi dan dimakan langsung pas masih panas.

    btw itu murah bener dah harganya, dgn ayams egitu masih 10 rebu, sekitaran sini mah udah 15 rebu, ayamnya dikit pula.

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu ada mie kangkung dan itu makanan khas Betawi.
    Dan aku sedang ga makan kangkung, biasanya suka banget di tumis. Baik dengan campuran atau tanpa campuran.

    Nah, kalau dicampur ke mie? Kaya mie ayam ya? cuma beda sayurnya.

    Btw, antara Karedok dan Ketoprak aku lebih suka Ketoprak.

    BalasHapus
  5. Owh emang ada yang jualan ya.. ? Di area Ampera belum pernah nemu sih. Tapi saya kalo masak Mie Instant sering saya tambahin kangkung, kalo gak tauge, bayam, jamur enoki, sawi putih, pokcoy atau apapun yang bentuknya sayuran. Hahaha...

    BalasHapus