Kamis, 12 Maret 2020

Warung Es Masuk Solo : Hujan-Hujan Ngiyup Bentar Nyobain Bakmie dan Sotonya



 

Usai perhelatan wisudanya saudara, perut uda mulai kruyuk-kruyuk dong. Lagaknya uda minta diisi karena sedari pagi sarapannya ngaco. Malah ada yang belum sarapan saking buru-burunya ngejer acara, haha. Sempet ada drama kumbara juga, karena sebelum beneran deal makan siang kan rombongan dibagi menjadi 2 tuh. Satu ikut rombongannya Pakdhe (suami kakak), satu ikut rombonganku. Yang ikut Pakdhe ada Budhe (kakak red), ponakan ganteng, Uti, sama Kunyut. Sementara yang ikut denganku ada Pak Suami (ya iya lah doi kan yang nyetirin sebab Pak Agus sedang istirahat di hotel), Kakung, aku, A, en si Bontot. 



Nah, tadinya kan Kunyut uda ada agenda mau foto studio khusus untuk moment wisuda. Tempatnya kebetulan lumayan dapet yang mblusuk-mblusuk. Terus pas nyampe lokasi eh dapat antriannya jam 4 sore. Padahal waktu itu masih jem 12-an menuju jam 1 siang. Lama banget kan kalau musti stay di tempat buat nunggu sampai jam 4. Terus nyobain opsi di studio foto satunya. Jalannya agak jauh lagi, deketan ama jembatan layang. Mana parkirannya susah hahaha....Eh pas uda nyampe, malah background fotonya kurang banyak, walhasil jadi galau deh si Kunyut antara jadi foto apa ga. Nah, daripada uda muter-muter belum nemu foto studio yang bisa motret saat itu juga, jadi lebih baik kami makan siang dulu. Kadung ngelih jew... 



Tapi ya itu gegara ujannya semakin lebat dan ada acara rombongan mobilku balik ke hotel buat sholat dan ndulang adik juga kakak, yawes deh, ketinggalan pula kami masuk restonya. Jadi yang booking duluan akhirnya Pakdhe dkk dan mereka nentuinnya di Warung Es Masuk Solo yang Cabang Jurug--yang masih satu kawasan ama lingkup UNS, kira-kira adanya di jalan bagian belakang UNS lah. Sebenarnya Warung Es Masuk Solo yang terkenal itu yang daerah Gajahan, tapi karena udah terpancang hujan gede, yaude deh kami pesannya yang dekat-dekat aja yaitu Warung Es Masuk Cabang Jurug.




Setibanya rombongan kami di Warung Es Masuk, hujannya tambah gede aja dong. Untung aja restoran dalam keadaan sepi, jadi ga riweuh perkara parkirnya. Meskipun mobil tetep ga bisa masuk gerbangnya sehingga membuat kami harus dijemput pake payung satu-satu biar ga pada basah kuyup.

Nah, pas udah masuk ke dalam, ternyata rombongannya Pakdhe uda pada rampung makannya hahaha. Tinggal ponakan deng yang masih disuapin Budhe alias kakak. Terus di meja sih masih ada tahu krispy yang kelihatannya enak banget. Ya udah, ga pake lama, kami pun segera order juga. Kira-kira yang cocok dimakan pas ujan gini apaan ya? Sambil melototin nama-nama menu di buku menu, akhirnya pilihan jatuh pada 2 porsi bakmie goreng buatku dan Kakung, soto buat Pak Suami, tempe mendoan buat cemal-cemil (siapa tau kakak mau makan lagi karena kan dia doyannya ama tempe ya), 2 es campur buat aku dan Budhe, es jeruk buat Pak Suami, dan teh manis panas buat Kakung. Nah, pesanan kurang lebih diproses sekitar 15 menit. Yah, sembari menunggu makanan datang, kami bercengkrama dulu sambil ngawasin bocah-bocah yang pada kegirangan main payung karena ujan, wekekek...




Pesanan kami di Warung Es Masuk Solo

2 Es campur
Teh panas
1 porsi tempe mendoan goreng
1 es jeruk
1 porsi Soto
2 porsi bakmie goreng

Begitu makanan tiba di atas meja, jepret-jepret dulu dong buat dokumentasi blog. Yang dateng duluan itu, tadaaaa ! Es campur, es jeruk, dan teh manis panasnya. Es campurnya beneran bikin nganga. Gimana ga, sajiannya pake gelas kaca berkaki yang ceper gitu terus isi buah dan pelengkapnya penuuuuuuuuh banget. Nyampe sesek itu gelas, karena isian es campurnya banyak. Sirop dan es batunya aja nyampe ketilep, hampir ga kelihatan kalau ga segera cair, haha... Isiannya itu ada cincau, pepaya, melon, jeli, nanas, sirsak, kolang-kaling, dan nata de coco. Rasanya seger banget. Apalagi aku emang sukanya kalau kolang kaling dan cincaunya melimpah. Serasa tenggorokan yang tadinya kering kerontang langsung segeran begitu diguyur ama es campur ini. Kalau es jeruk dan teh manis panasnya sih standar ya kayak di resto lain, haha...






Untuk makanannya, tempe mendoannya dateng yang paling pertama. Sepiring terdiri dari 5-6 potong tempe dengan balutan tepung yang lumayan tebal. Cocok banget dimakan pas dingin-dingin begini. Apalagi kakak juga mau tuh disuapin ama nasi dan tempenya ini. Alhamdulilah ya sesuatu kakak doyan makan pas lagi jalan-jalan begini #biasanya mah dia ge-te-em hahaha...#pasrah deh gw. Oh ya, tempe mendoannya ini juga asoy banget begitu dimakan pake cabe rawit atau cengek, bisa pula dicocolin pake sambal kecap.

Next, bakmie gorengnya dong. Yang ini pesenan gw dan Kakung. Seporsinya ternyata full bener. Banyak gelaaaa porsinya Coy ! Bakmienya pake model mie kuning gepeng dengan topping telor mata sapi di atasnya. Pelengkap lainnya ada irisan bakso sapi, suiran ayam, sawi, dan taburan bawang goreng. Rasanya yummy banget. Kerasa juga pedes mericanya. Ya campuran pedes manis gurihnya deh. Cocok dimakan pas hari hujan.




Sementara itu, sotonya sendiri modelnya kayak soto khas Jawa Tengah yang tentunya berbeda dengan soto Lamongan, soto Betawi, ataupun soto kuning di Bogor. Sotonya ini langsung dicampurin pake nasi di dasar mangkoknya. Persisnya di bawah timbunan bihun, irisan kol atau kubis, kecambah, seledri, suiran ayam dan taburan bawang goreng. Kaldunya beningan. Paling jos diceprotin pake sambel kecap yang udah dicampurin biji cabe. Sambel rawit biasa juga bisa sih. Sesuai selera pokoknya.  Teris dimakannya bareng tempe anget tadi. Begh....ngeunaaaaaaaaah klo kata si encez hehehe.





Untuk rate harga, masih kehitungnya lumayan murah sih. Tapi sayang aku lupa ga fotoin buku menunya, kadung udah kelaparan jew, haha... tapi ya untuk porsi 9-10 orang-an kira-kira Rp 120 sekian ribu (kayaknya). Apa Rp 100 berapa ribu gitu. Ntar aku check dulu strucknya kalau ingat, hahaha.

Demikian penjelajahan kulinerku di Solo pada hari kedua. Nantikan kulinerku selanjutnya ya. Yudadabubaaaay !









Warung Es Masuk Solo
Cabang Jurug
Jl. KH Maskur 101
Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Buka : Setiap hari (pukul 10.00-21.00 WIB)