Kamis, 30 April 2020

Menu Buka Puasa Ala-Ala...


Oleh : Mbul Kecil 

Menu buka (sekaligus sahur) kali ini aku bikin yang simple-simple aja. Kali ini aku bikin bening bayem. Kebetulan di kulkas adanya cuma itu. Bayem seiket plus 3 tongkol jagung manis yang masih ngejogrog manja dalam kulkas. Wortelnya uda abis buat bikin bakwan kemaren. Ya sejak pandemi begini, emang bisa dibilang kami makannya cuma itu-itu aja. Kalau ga bayem, ya paling-paling kembarannya yaitu kangkung. Satu hari bayem, satu hari kangkung. Bayem dibening, kangkung dioseng.




Pasarnya sendiri aku bilang jauh ya. Ada di kabupaten sana. Yang pasar deket rumah ada sih, tapi kurang lengkap. Bukanya juga bentar. Jadi kurang totalitas nguprek-nguprek isi pasrnya. Memang sih bukan aku yang pasar. Tapi Pak Suami yang emang bisa nyempetin belanja sekalian sepulang doi kerja. Karena kalau aku kan kedapatan job njagain si kecil. Jadi yang masih bisa mobile kemana-mana ya dia. Karena kantornya ga memberlakukan WFH sih. Untungnya kantornya dekat. Dan pas puasa gini pulangnya juga jam 4 sore. 






Nah, biar ga bolak-balik ke pasar yang otomatis meminimalisir ketemu banyak orang, ya sekalian aja beli bayem ama kangkungnya berapa unting untuk semingguan hahaha... Sayuran lain suka bingung ngolahnya. Pasti ada saja bumbu yang ketinggalan. Lagipula bening bayem itu bumbunya tinggal ulag-uleg aja. 

Nah, memasak bayem ini juga ada karena masih nyisa jagung manis itu tadi. Di aku sih jagung manisnya dipotong gede-gede bareng bonggolnya aja. Ga dipipil. Biar kelihatan heboh gitu lah di panci, et sebenere males ding kalau pake acara mipilin segala. Suka loncat-loncat di atas talenan jagung tuh, huft. Jadi jagungnya dimasukinnya paling awal ketika air akan didihkeun. Abis itu masukkan bumbu yang dah dihaluskan, sedikit gula pasir (atau gula merah juga boleh), ama garam. Pake penyedap rasa dikit juga boleh deh, sesuai selera aja. Abis itu jelang mau mateng tinggal bayemnya deh yang dimasukin, simpel kan....

Terus kalau lauknya, ya standar tempe goreng ama bakwan sayur atau jagung aja sih yang emang cocok ama model bening bayem. Tapi kalau disuruh milih antara bakwan sayur atau jagung, aku lebih suka bakwan sayur. Entah kenapa, bakwan jagung di aku tuh masih suka keras bikinnya. Masih kurang pas gitu lah maduin antara tepung-tepungannya. Soalnya, sekarang kan aku ga pake tepung siap saji sih. Maunya pake formula sendiri yaitu yang menerapkan perbandingan antara tepung terigu ama tepung berasnya. Juga bumbu nguleg sendiri paduan antara bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lada (dikit aja), ama garam. Tepung berasnya juga rasionya jauh lebih dikit ketimbang terigunya, ya buat penyeimbang rasa supaya bakwannya sekelas ama yang ada di abang gorengan. Sekali-dua kali aku nyoba emang gagal. Kadang kurang asin, atau yang terakhir malah kepedesan karena kebanyakan lada haha... Tapi setelah diulang beberapa kali, akhirnya nemu juga tekstur yang mendekati bakwannya abang gorengan...

Kalau tempe bacem yang ada di foto....itu sebenernya iseng aja sih bikin buat alternatif yang pengen lauk agak manisan. Ya masa kan lauknya gorengan semua, atuh kering itu tenggorokan teak ahahaha...makanya boleh deh bikin beberapa potong buat dibacem karena bisa disimpan di dalam kulkas sesaat sebelum digoreng. Bumbu khas bacemannya itu terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, ama garem...ntar dia dihalusin dan direbus bareng gula merah dan juga tempenya. Nah, sebelum finishing, ya digoreng bentar biar kering dan kemriuk bagian luarnya. 









Yang terakhir dan ga kalah pentingnya adalah sambal. Sambal tomatnya bikinan Pak Su. Sengaja nyetok sewajan dapat resep khusus dari Pak Wawan yang biasa masak di kantor beliau. Rasanya sedep deh. Tomatnya juga digoreng duluan makanya agak berminyak. Tapi justru karena digoreng itu sambalnya jadi awet. Bisa untuk beberapa hari. Udah gitu ga sekedar pedes tok, tapi juga ada manis-manisnya kayak admin blog ini wkwkwkwk... karena kan aku suka yang pedes manis, jadi passs banget ama seleraku.

Nah, kiranya segitu dulu updaten ku kali ini. Maklum sukanya nulis yang ringan-ringan aja gw tuh hahahhaha.... 

Oh ya, kalian sendiri bagi yang muslim buka pake apa nih? Semoga puasanya lantjar jaya yaaaa

Yudadabubaaaayyy 



15 komentar:

  1. bisa bertahan dan makan aja udah seneng teh nit di masa pandemi gini, saya jug atiap hari makannya itu2 tok. dibilang bosen ya bosen, tapi lapar juga kan karena emang puasa. tahu hu hu hu tiap hari.

    saya juga pernah bikin smabel yang tomatnya digoreng dulu, kayaknya banyak juga orang yang nyoba begitu, tapi di kasus saya, nggak tahan lama, sehari kemudian udah berasa kecut. kayaknya ada yang salah atau gasnegaja campurannya ada yang nggak pas (masih banyak sisa air misal) atau pas nyendoknya.. entahlah, jaid pen balik ke rumah dan nyoba bikin, di kosan mah gabisa masak. kompor satu, yang make banyak, palagi pas situasi gini.

    BalasHapus
  2. Dari semua foto makanan diatas, aku lebih suka sambalnya malah. Maafkan daku mbul.😂

    Enak juga tempat kerja pak su dekat rumah mbak, kalo aku harus naik motor, tapi ngga lama sih, paling lima belas menit saja, yang penting mah masih ada pekerjaan.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara bikin emotnya kayak gitu gimana sih suhu, ajarin dong hu.😂

      Kalo aku udah lama ngga kesana kalo tujuannya Jakarta, misalnya buat beli apa gitu, tapi kalo pulang kampung pasti lewat Jakarta sih.😁

      Alhamdulillah sih masih ada kerjaan, dari pada ngerjain orang.😅

      Hapus
  3. Setelah saya baca bolak balik dari atas ke bawah dari bawah ke atas sepertinya es yang fotonya ada dua itu lupa dibahas apakah resep esnya itu rahasia?

    Oh ya bakwan sayur itu bakwan apa? Apa sayurnya dijadikan bakwan? kalau iya pasti rasanya unik (lagi ngebayangin gimana rasanya kalau sayur dijadikan bakwan 🤔) lalu sayurnya itu sayur apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nganu mas kal El, menurut terawangan saya, bakwan sayur itu bakwan yang terbuat dari jagung atau dari kol iris yang merupakan sayuran.

      Bayangin nya jangan sekarang mas, nanti sore aja jam tiga saat lagi laper lapernya.🤣

      Hapus
    2. Oh ternyata es memang lupa dibahas kirain cuma foto pemanis aja dan untungnya itu es ngga ngambek kalau sampai ngambek bisa-bisa postnya banjir sama es..hihihi..resep esnya ternyata gampang dibuat dan pas banget buat berbuka puasa tapi mesti nyari dulu bahan-bahannya..bahan yang ada cuma ketimun suri sama cincau aja..

      Bakwan sayur itu sayuran di jadikan bakwan saya pikir sayur yang dijadikan bakwan dan kalau benar sayur yang dijadikan bakwan pastinya repot banget masaknya sampai dua kali dan ngga kebayang rasa gimana kalau sayur dijadikan bakwan. Makan bakwan atau orang sering menyebutnya bala-bala boleh dibilang sering tapi baru tau ada bakwan sayur. Di sini yang namanya sayur itu masakan berkuah biasanya sayuran atau buah atau daun, seperti sayur bayam, sayur kelentang atau sayur daun singkong. Kan aneh kalau sayur dijadikan bakwan.

      #OOT : itu di bawah kolom komentar ada peringatan "jangan komentar saru" memangnya komentar saru itu komentar yang seperti apa? Yang saya tau arti kata saru itu "samar, tidak dapat dibedakan atau dengan kata lain sama" contohnya, karena berwarna hijau ular itu jadi saru dengan rumput" atau "untuk menangkap penjahat polisi itu menyaru jadi tukang gorengan"

      Hapus
    3. Oh baru tahu saya kalo mas Kal El itu guru bahasa Indonesia, sungkem hu.🙏

      Hapus
    4. Itulah saya kadang-kadang suka ribet sendiri karena ngga begitu ngerti banyak kata dalam berbahasa. Pernah chat sama orang Jawa waktu itu di bulan puasa mendekati lebaran dia bilang sedang masak ketupat janur otomatis saya langsung bingung janur kok dijadikan ketupat dan ternyata itu ketupat biasa dan di sini dibilangnya hanya ketupat tanpa embel-embel janur..hihihi..di blog mas Agus pernah saya komentar kalimat di cerpennya janggal dan akhirnya di edit tapi kata yang janggalnya itu justru ngga diedit mungkin mas Agus ngga tau kata yang janggalnya yang mana..hihihi

      Mungkin kalau di Jawa beda nama bukan kelentang entah apa namanya, kelentang itu buah kelor, sayur kelentang sayur buah kelor..

      Oh jadi saru itu bahasa Jawa saya pikir bahasa Indonesia, habis cuma saru aja yang bahasa jawa yang lainnya bahasa Indonesia.

      Hapus
    5. Bukan editor tapi suka iseng dan itulah saya tapi kalau itu salah saya minta maaf..

      Nah itu kalau di sini yang dibilang janur itu hiasan dari daun kelapa kalau ada hajatan pernikahan atau sunatan yang biasanya dipasang di mulut gang atau dipajang di pelaminan. Ngga kebayang kan kalau janur dijadikan ketupat. Kalau kulit / bungkus ketupat di sini disebutnya busung.

      Betul saya di Jakarta. Kalau pohonnya disebut pohon kelor tapi kalau buahnya disebutnya kelentang aneh kan nama pohon sama nama buahnya beda..hihihi..ya daunnya kalau dibuat sayur mirip sayur daun katuk di sayurnya campur jagung atau ubi jadi ada manis-manisnya.

      Iya juga sih bahasanya campur-campur dan butuh energi ekstra buat memahaminya dan maaf kalau saya suka bertanya.

      Hapus
  4. Busyet dah... Sambalnya sampe sewajan dan dihidangin sama-sama wajannya. 🤣

    BalasHapus
  5. mba nit,,,
    makan bayem, tongkol, plus sambel paduan yang pas, enyakkkk
    apalagi pas langsung mateng trus ditaruh di meja makan, langsung diserbu.
    nikmatnyaaaa

    BalasHapus
  6. Ga kuat liat sambelnya mbak, emang sih kalo buat sambel goreng tuh kudu banyakin minyaknya ya, sama harus tanek gitu biar ga cepet basi, apalgi dicocol pake tempe dan bakwan, haduuuh masih jam segini udah liat yg ginian, bikin gimana gitu rasane... Maknyuse pool...slereeep 😋

    BalasHapus
  7. Menu favoritku semua itu, kecuali yang tempe goreng karena....kenapa nggak pakai tepung sih, mbak? Kenapa??!! | Terserah dia, orang dia yang masak juga | Ampun mbak nita *sungkem*

    Apakah resep sambel yang dipakai itu juga sering diterapin ke warung penyetan deket kosan ya? Rasanya enak dan ya ada sedikit rasa manisnya gitu. Habis berapa hari itu mbak sambel e? Gila, sakwajan kebak. Hahaha.

    BalasHapus
  8. Sayur bayam juga andalanku nih. Paling gampang dan seger. Tapi sayangnya anakku kurang suka. Cuma jagungnya aja.

    Keriweuhan sebagai IRT, aku juga mengalami hal yg sama. Momong, masak, dan ngurus rumah kalau bisa beres dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ya, hehehe. Tapi ya gitu deh kondisi nyata di TKP. Capek tapi seru dan seneng jadi satu, ya.:))

    BalasHapus
  9. Saya kalau makan kudu pake sambel, dan harus pedes. Melihat postingan ini saat puasa sedang dimulai, sangat menguji iman. Sambelnya itu loh, sangat menggoda

    BalasHapus