Rabu, 08 April 2020

Umami...




Mengapa yah, kadang aku merasa heran sama masakan sendiri yang kadang ga seenak masakan Pak Suami. Ya, bisa dikatakan Pak Suami itu hampir semua masakan bisa. Dan rasanya juga enak-enak terus. Ga kayak aku yang ga konsisten. Kadang enak, kadang ga enak. Malah sering juga terasa horror, haaaaa. Entah keasinan atau apalah yang istilahnya kurang pas aja di lidah. Meskipun kalau doi turun gunung ke dapur, yang ada bakal terjadi kekacauan. Dapur uda bisa dipastikan bakal  kayak kapal pecah. Semua alat-alat bodoh dikeluarkan. Entahlah itu pisau, sutil, baskom, saringan, wajan, kalo atau ayakan, leyeh, panci, dll. Pisau, kalau ga cocok ama pisau kecil yang biasa kugunakan sebagai pemotong sayuran, e doi malah ngeluarin pisau daging segala yang ukurannya segede gaban golok. Malah abis itu pamer memperlihatkan skill memotongnya kepadaku yang dia bilang ala-ala chef di kartun Shokugeki no Sōma...




Doi juga sebenarnya obsesi banget sih pingin beli pisau keren nan mahal kayak yang biasa digunakan oleh chef-chef itu. Padahal harganya bisa nyampe ratusan ribu bahkan jutaan dan setiap hari selalu dipandangin terus dong itu pisau merek ina inu di olx, jd.id, atau lazada, hahaha...(tapi ya ini sih cuma sampai tahap dimasukkin ke keranjang doang, soalnya jelas ga boleh lah sama aku klo sampe beli, mendingan buat beli yang lain yang lebih bermanpangat...iya kan iya dong Sayaaaank). Atau kalau biasanya aku ngiris bumbu dasar kayak bawang merah, bawang putih, cabe, dll cuma langsung iris aja di atas talenan, nah kalau Pak Su ndadak ngeluarin beraneka macam tatakan atau piring-piring kecil. Sutil juga dikeluarin semua, entah itu yang terbuat dari kayu atau logam. Leyeh pun sama, baik yang modelnya kayak lumpang atau yang biasa. Berikut ulegannya. Terus segala macam panci, saringan juga dikeluarkan. Tapi abis itu dibiarkan menumpuk di tempat cucian. Jadi doi fokus masaknya aja. Sedangkan asah-asah dan sebangsanya tetap akan jadi pekerjaanku, uhlalaaaa... tapi kalau dipikir-pikir kenapa masakannya selalu enak ya memang bagian ininya sih yang jadi pembedanya. Ketika doi masak, yang dikerjakan cuma proses masaknya aja. Sedangkan aku ya semua-muanya, mulai dari masak sampai kebersihannya. Jadi kalau Pak Suami bilang : "Mungkin aku masaknya pakai cinta, Mbul..", sedangkan aku ya sebenernya pakai cinta juga sih, cuma ditambahi bumbu kemrungsung aja, wakakakk......

Ngomong-ngomong tentang masak, Kangmas Papa juga sebenarnya sangat ekspert dalam hal membikin sambal. Sambal bikinannya selalu umami. Itu loh sebuah istilah dalam tingkatan rasa yang paling tinggi di atas enak atau lezat. Kalau berdasarkan informasi yang kudapat dari wikipedia, dia adalah jenis rasa ke-5 setelah rasa asin, manis, pahit, dan juga asam. Rasanya dominan ke gurih. Pokoknya intinya sangat lezat. Dah gitu aja coro gampange. 





Tapi ngomong-ngomong tentang umami, aku tahu istilah itu malah dari tayangan Master Chef Indonesia loh yang kala itu salah satu jurinya kalau--ga salah Chef Vindex Tengker atau Chef Degan ya (aing lupa)-- bilang rasa masakan salah satu pesertanya umami... Sedangkan Pak Suami tau istilah-istilah rasa masakan karena sering lihat di manga Shokugeki no Sōma.

Oh ya, sambal yang notabene jadi pelengkap masakan khas Indonesia ini nyata-nyata memang udah jadi keahlian Pak Su sejak lama. Yakni sejak pertama kali kami hidup berumah tangga, tahun 2014 silam. Ga kayak aku yang makan ga ada sambal pun sebenarnya biasa aja, nah Pak Su ini lain. Doi selalu menekankan pentingnya keberadaan sambal. Dan dibikinnya kudu yang niat. Ga asal nguleg atau cemplung-cemplung aja. Jadi dipilihin dulu bahan-bahannya yang sekiranya masih segar. Atau kalau terpaksanya cuma nemu bahan-bahan seadaanya--yang hampir layu dan sering ditemukan di kulkas, karena terus terang aja aku emang hobi ngoleksi bumbon tok, e tapi begitu beberapa minggu kemudian mau dimasak beneran malah uda pada layu alias alum. Kalau cabe uda pada keriting-keriting, kalau bawang merah bawang putih udah pada nyusut. 





Jadi misal bumbu dasar sambalnya baru ada seadanya, ya paling ga dicuci bersih dulu, abis itu digoreng bentar sampai tercium aroma mak sreeeeng, harum nyegrak gitu dan agak-agak keriput (entah itu tomatnya kah, cabe besarnya kah-baik itu yang merah ataupun ijo, cabe rawitnya kah, terasi, bawang merah, dan juga bawang putih). Nah, abis itu, kira-kiranya uda layu baru deh diuleg dengan komposisi garam yang pas. Bahkan kadang ditambahi dengan sedikit penyedap rasa, tapi ya porsinya sedikit aja....Jadi nanti rasa sambalnya terasa lebih jos. Kalau sambal dadakan atau mentah sih bisa juga, dan lagi-lagi bikinan doi lebih terasa hauceuk ketimbang bikinanku. Pokoknya kalau sambal menyambal urusannya langsung aja ama Pak Su.  

Nah, masalah masak sayuran yang paling gampang alias tumisan juga Pak Su lebih jago ketimbang aku. Iya, buatku sih sayur yang paling gampil itu ya tumisan. Bumbu dasarnya ajeg. Prosesnya juga cepet. Coba kalau santen-santenan atau sesuatu yang berhubungan dengan masakan berkaldu, aduuh udah deh rasanya bakal nyerah aja di tengah jalan. Mana biasanya kalau lagi masak 2 beibyku mendadak pada kakehan petengseng kabeh, hahahhaha... Ya kalau yang rumit-rumit kadang aku ga sanggup karena jarang berhasil... Tapi kalau tumisan alias oseng-oseng kan gampang aja, Boss. Cuma disreng-sreng aja jadi. Rasanya pun hampir semua enak. Tergantung sopo sing masak juga deng !





Untuk tumisan ala Pak Su yang aku pikir enak diantaranya adalah kangkung. Sebenarnya masak kangkung itu juga paling kepenak siih ya ? Kangkung kan lemes tekstur daunnya. Dia juga dijodohkan ama lauk apa aja cocok. Lauk ayam bisa, lauk ikan juga bisa. Ama tahu atau tempe juga jadi. Wong ama tempe goreng yang dibumbuin bawang aja uda enak. Kuncinya ya paling masaknya jangan sampai kelamaan. Biar warnanya masih ijo fresh dan teksturnya masih krunchy. Udah gitu kalau versinya Pak Su adalah......biar kerasa enak tuh dipotekinnya satu-satu pas misahin tu kangkung antara daun dan juga batangnya. Kalau aku kan biar praktis biasanya kupotong sekali grel grel..waktu masih seiketnya haha... Nah, ternyata kata doi, lebih enakan ga begitu Mbul.... Maksudnya biar keliatan telatennya gitu loh, wkwkw. Jadi kudu dipotekin atu-atu. Ga langsung grel pake piso. Nanti biar dia semakin umami, selain pakai bumbu dasar biasa yakni bawang merah, bawang putih, cabe, gula, garam,  Pak Su juga biasanya nambahin tumisan kangkungnya pake ebi kering sesaat sebelum matang. Mau ditambah pete juga boleh, asal petenya masukin pas belakangan, biar ga over lodong atawa overcook.







Lain hari, doi cuma goreng terong, jengkol, dan juga telur dadar. Pas ditambahin sama sambel juga enak. Goreng terongnya aku ikut bantuin deng. Sebenernya kalau terong justru dulu aku ga begitu suka. Malah cenderung benci aku. Ya, sayuran yang aku benci waktu jaman bocil itu adalah terong. Apa ya....., menurutku rasanya ga begitu masuk di lidahku. Kurang terbiasa akutuh ama teksur terong yang lembek-lembek gimanaaa gitu, huhu. Tapi setelah berumah tangga dengan Pak Su, dan suatu saat cuma digorengin terong kok rasanya enak. Digorengnya masih sama kulitnya sih. Jadi ungu-ungunya masih keliatan cantik. Terus digorengnya juga ga gitu mblenyek. Jadi, sejak saat itu lah aku jadi rada suka ama terong. Apa mungkin ketolong sama rasa sambel tomatnya ya... Karena kan pas goreng terong itu, doi kasih pelengkap sambel tomat. Lumayan, ngabisin stok tomat yang lagi-lagi hampir layu ngejogrok di dalem kulkas. Yang jelas Pak Su kalau bikin sambel selalu juara. 

Thengkyu Mamak Mertua yang telah berhasil mendidik Pak Su sedari kecil hingga tumbuh menjadi pribadi yang seperti sekarang. Super duper bertanggung jawab, telaten, mau bantu-bantu aku yang saban hari dirempongin 2 beiby, ga ingah ingih atau biasa aja ketika suatu saat harus turun ke dapur--malah semprulnya masakannya selalu jauh lebih enak ketimbang masakanku (walaupun asah-asahannya tetep aja aku yang nyuciin), pokoknya mengemong diriku dengan baik lah...walaupun jarene, dia dulu dididik Mamak Mertua dengan sedikit agak mengambil tipe parenting yang ala-ala ibu harimau (baca : tegas bin galak), haha... Tapi untunglah  hasilnya sukses...

Ailapyoupul lah pokoknya sama putrane Mamak Mertua . 















Nah, demikianlah postingan ini dibuat atas dasar kepengenan majang foto tomat yang lagi digoreng.

Kalian sendiri, ada masakan yang dirasa paling umami ga, meski jatohnya masak sendiri ? Boleh dah ah bagi-bagi ceritanya di kolom komentar Qaqa ..... Nah, abis ini aku mau ngaso bentaran ngeblognya (mungkin beberapa hari). Cz mau ngrampungin dulu streamingan film buat postingan selanjutnya ama ngerjain beberapa kerjaan lain. Okey, see you next time. Yudadabubay....